Kaloci Bakti Pontianak, Inovasi Makanan Jadul

Di balik hiruk pikuk kota Pontianak, tersembunyi sebuah jajanan tradisional yang memikat lidah para pecinta kuliner. Namanya Kaloci, kudapan kenyal
Di balik hiruk pikuk kota Pontianak, tersembunyi sebuah jajanan tradisional yang memikat lidah para pecinta kuliner. Namanya Kaloci, kudapan kenyal dan lembut ini memiliki sejarah panjang dan rasa yang tak terlupakan. Dibuat dengan perpaduan budaya Tionghoa, Jepang dan Pontianak, Kaloci menjadi ikon kuliner Pontianak yang wajib dicoba.

Kaloci Bakti Pontianak, Inovasi Makanan Jadul
Kaloci Bakti Pontianak, Inovasi Makanan Jadul 

Sejarah Kaloci: Jejak Budaya Tionghoa 

Asal-usul Kaloci dapat ditelusuri kembali ke era Kesultanan Pontianak pada abad ke-18. Saat itu, banyak pedagang Tionghoa yang datang ke Pontianak dan membawa budaya kuliner mereka. Salah satu kudapan yang mereka bawa adalah kue mochi yang terbuat dari tepung beras ketan dan kacang tanah. Namun setibanya di Pontianak, dilakukan modifikasi yang kita kenal dengan kaloci, di Pulau Jawa, kudapan ini juga mempunyai saudara. terlihat mirip dari segi rasa, tekstur dan bahan namun jika dilihat makan akan sangat berbeda tampilannya

Kalau kita berdebat apakah mochi ini dari Jepang atau Tiongkok? Silakan mengintip sejarahnya panjangnya terlebih dahulu. Memang budaya dan kuliner, sesuatu yang sangat sulit dipisahkan dan akulturasi membuatnya jadi serupa tapi tak sama

Mochi by Kaloci Bakti Pontianak
Mochi by Kaloci Bakti Pontianak

Mochi khas Sukabumi dan moaci Semarang adalah dua jenis mochi yang paling populer di Jawa. Meskipun nama dan bentuknya hampir sama, ada beberapa hal yang membedakan dua kudapan ini. lebih khusus, bagaimana mengolahnya. Oleh karena itu, keduanya adalah oleh-oleh dari tempat mereka berasal. Cara pembuatannya yang berbeda dengan ukuran dan isian yang sedikit berbedo karena sudah mengalami akulturasi.

Tapi kita tinggalkan kedua kudapan yang masih bersaudara ini dan kita fokus ke Kaloci yang menggoda selera!

Mencicipi Kaloci: Sensasi Rasanya yang Tak Terlupakan

Kaloci memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dengan rasa manis legit dari gula dan gurih dari santan. Kacang tanah dn wijen yang ditaburkan di atasnya memberikan tekstur renyah dan aroma yang menggoda. Perpaduan rasa dan tekstur ini membuat Kaloci begitu istimewa. Rasa manisnya tidak terlalu berlebihan, diimbangi dengan gurihnya santan dan kacang tanah. 

di Pontianak, kudapan ini bisa dijual oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak dipinggir jalan atau menumpang pada halaman toko bisa juga dengan dijual dengan gerobak dorong bahkan dengan dijajakan berkeliling dengan motor.


Menemukan Kaloci di Pontianak: Berburu Kuliner Tradisional

Kaloci mudah ditemukan di berbagai tempat di Pontianak. Dari kedai kaki lima hingga restoran ternama, jajanan ini selalu menjadi primadona bagi para pecinta kuliner. daerah jalan Gajahmada dan Tanjungpura sebagai pusat jajanan pecinan, bisa dengan mudah didapati penjual kaloci menjajakan makanannya pada sore dan malam hari. Biasanya berdekatan dengan penjual tau swan atau bubur gunting.

Apalagi saat ini kaloci sudah disajikan lebih modern dengan berbagai macam varian aroma dan diberi warna warni yang cantik. Bagi saya yang jadul, original dan pandan tetap jadi yang terbaik dan menyenangkan untuk dicoba


Kaloci Bakti Pontianak, Inovasi Makanan Jadul 

Bagi kebanyakan orang, agak sulit menolak camilan manis, gurih dan legit ini. Seperti roti srikaya Pontianak yang mulai menjamur, Kaloci Bakti memanfaatkan budaya jajan warga Kota Pontianak dengan membuka booth di banyak titik di kota Pontianak. Boleh berkunjung ke instagramnya atau tinggal googling saja.

Kaloci Bakti siap santap
Kaloci Bakti Original dan Pandan

Kaloci Bakti punya banyak pilihan varian aroma dan warna seperti original, pandan, blueberry, orange hingga strawberry. Tak hanya itu, inovasi lainnya adalah menjual kaloci siap kirim keseluruh Indonesia dengan adonan dan taburan kacang yang terpisah. Tak sampai disana, Kaloci Bakti juga menjual bahan kaloci yang bisa dibuat sendiri dengan mudah dirumah! Mantap buat oleh oleh karena semua sudah dikemas rapi, Masih ada diversifikasi produk lainnya seperti daifuku mochi premium.

Kaloci Bakti Original dan Pandan
Kaloci Bakti Original dan Pandan

Rasa kalocinya sendiri kenyal dan disesuaikan dengan aroma yang dipesan. Dengan taburan kacang yang dihancurkan halus menambah rasa gurih dan harum. Jangan ditanya teksturnya, semakin kaya karena ada perpaduan kenyal dan buliran kacang tanah tumbuk.

Lokasi Kaloci Bakti Pontianak

Kaloci Bakti CFD GOR
📍Jln. MT. Haryono
⏱️Minggu, 06.00 - 10.00 WIB

Kaloci Bakti Untan
📍Depan Aula PKM ( sekitaran taman sepeda )
⏱️Senin - Minggu, 16.00 - 23.00 WIB

Kaloci Bakti Karya Baru
📍Jln. Karya Baru ( sebelum simpang tiga indomaret
⏱️Senin - Sabtu, 15.00 - 22.00 WIB

KalociBakti Siantan
📍Jln. GS. Mahmud ( depan Citra Siantan )
⏱️Senin - Minggu, 14.00 - 21.00 WIB

Kaloci Bakti Kota Baru
📍Jln. M. Yamin( depan toserba Citra Niaga )
⏱️Senin - Minggu, 14.00 - 21.00 WIB

Kaloci Bakti Purnama
📍Jalan Purnama ( disebelah booth teh Poci )
⏱️Senin - Minggu, 16.00 - 23.00 WIB


Lebih dari Sekadar Jajanan: Kaloci Sebagai Simbol Budaya

Kaloci bukan hanya sekadar jajanan tradisional yang lezat. Kudapan ini juga memiliki makna budaya yang mendalam bagi masyarakat Tionghoa Pontianak. Menyantap Kaloci bersama keluarga dan teman menjadi momen yang hangat dan penuh makna. Hal ini menunjukkan bahwa Kaloci bukan hanya tentang rasa, tetapi juga tentang kebersamaan dan tradisi. Kaloci yang lengket, memperat ikatan keluarga dan tentu membuat bahagia

Bahan Kaloci berupa kacang tumbuk
Bahan Kaloci berupa kacang tumbuk

Kaloci Pontianak adalah perpaduan unik antara budaya Tionghoa dan Melayu yang terwujud dalam sebuah jajanan tradisional yang lezat. Rasanya yang manis, gurih, dan kenyal membuat Kaloci begitu digemari oleh semua kalangan. Lebih dari sekadar jajanan, Kaloci juga merupakan simbol budaya dan tradisi masyarakat Pontianak yang patut dilestarikan.

Prosen pencampuran Adonan Kaloci dan Kacang
Prosen pencampuran Adonan Kaloci dan Kacang

Ingin merasakan sensasi kelezatan Kaloci Pontianak? Kunjungi Pontianak dan langsung makan dimana kaloci berasal. Selamat Makan dan Salam Yumcez!





Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.