5 Jajanan Kaki Lima Favorit Tukang Jalan Jajan

Kampanye #SantapAman dari Sanofi digalakkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi dari penyakit tipus. Informasi @kenapaharusvaksin
Kalau ditanya jajanan favorit, rasanya susah untuk menjabarkannya satu persatu. Semuanya enak dengan ciri khasnya masing masing. Tukang Jalan Jajan termasuk yang hobi untuk berburu makanan kaki lima. Tersebar dibanyak tempat di Pontianak dan selalu jadi pilihan. Saking banyaknya, Tukang Jalan Jajan cobain memilh 5 Jajanan Kaki Lima Favorit.

5 Jajanan Kaki Lima Favorit Tukang Jalan Jajan
5 Jajanan Kaki Lima Favorit Tukang Jalan Jajan

Ini tidak bisa mewakili semuanya tapi paling tidak bisa menjadi panduan saat ingin bertandang ke Pontianak. Bisa jadi ini akan menjadi favorit kalian juga. Yuk ikut aku "hunting" makanan jalanan kaki lima di Pontianak.


Jajanan Khas Kaki Lima Pontianak


Ada banyak cemilan enak di Pontianak, tapi beberapa diantaranya menjadi favorit saya. Enaknya ngebuat nggabisa berhenti mengunyah. Yuk cari!


Kaloci


Kuliner ini memang asal dari Pontianak dan sekitarnya tapi sudah sulit didapatkan. Kaloci adalah makanan khas Pontianak,  disajikan sebagai camilan santai. Kaloci hampir mirip dengan moci, namun bedanya Kaloci tidak ada isi di dalamnya. Kaloci dibuat dari pasta tepung beras atau ketan, ditaburi kacang tanah yang dihancurkan dan wijen atau gula pasir untuk rasa manis dan lembut serta kenyal.



Pembeli bisa melihat langsung bagaimana Kaloci dibuat sebelum dipotong dan dicampur dengan kacang tanah dan wijen. Saat memakan snack ini, tekstur kenyal dan manisnya gula  dan kacang ini membuat kita ingin terus memakannya hingga suapan terakhir.

Coba saja cari disepanjang Jalan Gajah Mada Pontianak, Ada beberapa gerobak yang menjual cemilan ini. Ada pula yang menggunakan motor untuk menjualnya.


Lupis


Mungkin ini bukan asli Pontianak, tapi jajanan pasar ini punya tempat tersendiri di hati tukang jalan jajan. Lupis adalah jajanan pasar tradisional yang terbuat dari  ketan putih atau hitam. 

Lupis biasanya disajikan dengan jajanan lain seperti cenil, sawut, klepon, kentang goreng, ketan hitam kukus, dan kue gato (berbahan dasar tapioka). Kemudian taburi dengan kelapa dan celupkan ke dalam saus gula merah kental. Tapi di Pontianak biasanya disajikan "single fighter".

Lupis
Lupis kesukaan Tukang Jalan Jajan

Nah, favoritku ada di pasar kenanga, tidak jauh dari jalan masuk ke pasarnya. Sudah terkenal banget Lopez J-Lo. Semua orang akan menunjuk ke satu penjual lupis yang sangat suka ngobrol


Ce Hun Tiau


Ce Hun Tiau ini tidak sekedar menghilangkan dahaga dan  juga cepat membuat kenyang. Minuman menyegarkan ini disajikan dengan 7 bahan antara lain ketan hitam, kacang merah, cincau, bongko (ati pari), santan, gula merah cair dan Ce hun tiau

Ce Hun Tiau
Ce Hun Tiau ala Pontianak

Ce hun tiau yang merupakan sejenis cendol atau candil, berwarna putih. terbuat dari tepung dan panjang. Dalam bahasa Tio Ciu, Ce berasal dari kata chiu  yang berarti ubi, hun yang berarti adonan dan tiaw atau tiau yang berarti massa seperti mie panjang.

Kalau di Pontianak, gerobak penjual ce hun tiaw berjejer rapi di Jalan Waru atau Jalan W R Supratman. Rasanya yang legit dan segar membuat makanan ini pas dengan suasana kota Pontianak yang Terik.


Sotong Pangkong


Sotong Pangkong berasal dari bahasa Melayu “sotong” yang berarti sejenis ikan yang  mirip dengan cumi-cumi dan “pangkong” yang berarti dipukul dengan palu. 
 
Sesuai dengan namanya, Sotong Pangkong adalah hidangan yang terbuat dari daging ikan nus, namun disajikan dengan cara yang berbeda. Jika kita umumnya menyukai cumi goreng, Sotong Pangkong adalah hidangan cumi-cumi yang dimasak dengan cara dibakar.
 
Paling banyak dijual di saat bulan puasa, namun kalau ingin mencoba sotong pangkong dengan saus kacang atau saus sambal, datang saja langsung ke Jalan Mrdeka Pontianak. Ada banyak etalase disepanjang jalan ini.


Pisang dan Roti Srikaya


Ini jadi kudapan yang paling sering dinikmati bersama dengan kopi. Entah pagi, siang, sore. Cocokable saja untuk dinikmati. Pisang goreng Pontianak dibuat menggunakan pisang kepok dan dibentuk melebar seperti telapak tanganbaru kemudian digoreng dengan tepung. Baru kemudian dioles dengan selai srikaya khas pontianak yang harum dan legit.

Roti Kukus Srikaya
Roti Srikaya ala Pontianak

Lain lagi dengan roti srikaya Pontianak, saya suka varian roti kukusnya yang lembut dan empuk baru kemudian diolesi mentega dan selai serikaya dibagian tengahnya. bisa terbayang kelezatannya kan?

Pisang goreng Srikaya yang cukup terkenal ada di warung kopi Suka Hati di jalan Tanjungpura sedangkan roti  srikaya langganan Tukang jalan jajan adalah brand Aliong yang gerobaknya tersebar di kota Pontianak, salah satunya di jalan Purnama.


Jajanan Kaki Lima, Amankah?


Sebenarnya jawabannya bisa iya bisa tidak karena banyak sekali kuman dan bakteri tidak terlihat yang bisa mengkontaminasi makanan. Tidak ada yang bisa memastikan makanan itu benar benar higienis atau tidak.

Hal ini penting sebab risiko kontaminasi makanan atau minuman bisa terjadi pada tahap mempersiapkan bahan makanan, proses pengolahan, penyajian, pengemasan, penyimpanan, dan bahkan tahap pengantaran makanan – baik yang disiapkan sendiri, dibeli, maupun melalui pemesanan. 

Perubahan pola perilaku dalam pembelanjaan terutama makanan secara online yang meningkat sebanyak 97% juga patut diperhatikan. Pasalnya, tidak mudah untuk memastikan bahwa makanan atau minuman yang kita konsumsi terbebas dari kontaminasi kuman penyebab food borne disease seperti demam tifoid.


Apa itu Demam Tifoid?


Demam tifoid adalah infeksi sistemik yang disebabkan oleh Salmonella Typhi ketika Anda menelan makanan atau air yang terkontaminasi. Penyakit akut ini memiliki gejala demam yang meningkat dari hari ke hari dan semakin tinggi pada malam hari, nyeri otot, sakit kepala, mudah lelah dan lemas, muncul ruam-ruam. Pada anak-anak, tifus sering disertai  diare, sedangkan orang dewasa cenderung sembelit. 
 
Data WHO memperkirakan bahwa 11 hingga 20 juta orang terjangkit demam tifoid dan menyebabkan 128.000 161.000 kematian setiap tahun di seluruh dunia. 
 
Kasus  demam tifoid yang paling penting ditemukan di Asia Selatan dan  Tenggara. Di Indonesia, demam tifoid merupakan penyakit endemik karena tingginya prevalensi demam tifoid, hingga 500 kasus per 100.000 penduduk per tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di daerah kumuh  Jakarta, diperkirakan prevalensi demam tifoid adalah 148.7 per 100.000 penduduk per tahun pada rentang usia 2 – 4 tahun, 180.3 pada rentang usia 5–15 tahun dan 51.2 pada usia diatas 16 tahun.

Serem juga kalau kita sampai terkontaminasi, apalagi Tukang Jalan Jajan yang doyan jajan apalagi makanan kaki lima yang memang enak-enak kan?


#SantapAman dari Sanofi


Kampanye #SantapAman dari Sanofi digalakkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi diri dari penyakit tipus. Informasi lengkap ada di media sosial @KenapaHarusVaksin. Vaksinasi terhadap tifus dapat dilakukan di semua fasilitas kesehatan dan hal wajib untuk menjaga kesehatan diri terutama bagi si tukang jalan jajan.

Kebetulan saya mengikuti acara webinar kampanye Santap Aman kemarin yang menghadirkan 3 orang nara sumber

Webinar Santap Aman - Sanofi
Peserta Webinar Santap Aman - Sanofi

  • Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Suzy Maria, Sp.PD-KAI
  • Head of Medical Sanofi Pasteur Indonesia, dr. Dhani Arifandi T dan
  • Chef dan pecinta kuliner, William Gozali yang akrab disapa Willgoz
Perbincangan serunya benar-benar membuka pandangan baru bagi saya untuk menjaga kesehatan.

dr Suzy menyampaikan “Penyakit bawaan makanan seperti demam tifoid dapat dicegah dengan  menjaga kebersihan lingkungan dan  pribadi serta menghindari kontak dengan orang sakit. Mengingat Indonesia masih merupakan negara endemis tifoid, maka vaksinasi merupakan tindakan yang optimal dan efektif untuk mencegah demam tifoid. Cara mendapatkan vaksin tifoid adalah dengan memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan infeksi bakteri Salmonella Typhi. Vaksinasi dapat dilakukan sejak usia dua tahun  dan untuk  perlindungan maksimal, Anda harus divaksinasi terhadap tifus setiap tiga tahun. ”
 
Webinar Santap Aman - Sanofi
Narasumber Webinar Santap Aman - Sanofi 

Vaksin tifoid yang umum digunakan adalah vaksin tifoid suntik polisakarida Vi. Data tindak lanjut 20 bulan menunjukkan bahwa vaksin tifoid melindungi hingga 74% terhadap tifus.

dr Dhani juga menyampaikan, “Di Sanofi Pasteur, kami berkomitmen untuk menjadi mitra medis terpercaya yang menawarkan perlindungan kesehatan berkualitas melalui vaksin dan mengedukasi berbagai pihak tentang pentingnya vaksinasi. Dalam kampanye #SantapAman, kami mengajak semua pihak untuk mempraktikkan cara mengolah makanan yang baik, sering mencuci tangan, dan selangkah lebih maju dalam melindungi diri dan keluarga dari risiko penularan penyakit bawaan makanan. lebih tenang. ketika kita makan makanan favorit kita. "

Iyes! dengan vaksin tifoid kita jadi lebih tenang icip makanan karena sudah terproteksi. jangan sampai nambah penyakit gegara hobi makan diluar. iyakan?

Nah, Chef Wilgoz juga ngingetin, “Mencoba berbagai makanan lezat, termasuk membuat menu baru dan trendi, adalah hal yang mengasyikkan. Jadi saya memastikan bahwa pada setiap tahap proses produksi makanan atau minuman, kebersihan diutamakan. Hal ini sejalan dengan kampanye #SantapAman yang mengingatkan kita akan pentingnya vaksinasi tifoid agar kita dapat menikmati makanan dengan aman dan terhindar dari risiko  demam tifoid. "

Untuk informasi lebih lanjut, kalian harus follow Instagram @kenapaharusvaksin . Banyak informasi bagus yang bisa didapatkan

Penting untuk memulai memperhatikan kesehatan dengan membuat benteng kesehatan dari dalam diri kita sekarang. Temui dokter kalian untuk vaksinasi tifoid.


Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.