3 Kuliner Sintang Wajib Coba

Saat liburan ke Sintang, Tukang Jalan Jajan mencoba rekomendasi kuliner Sintang wajib coba lalapan terasi ulek sintang, Warung A & D, Sugi ramen
Saat liburan ke Sintang, Tukang Jalan Jajan mencoba beberapa rekomendasi kuliner Sintang wajib coba yang bisa jadi pilihan saat bertandang ke kota kelahiran. Ini sesuai selera dan juga memperhatikan tingkat kenyamanan saat datang. For your information saya datang dengan keluarga dan anak.

Kuliner Sintang Wajib Coba
Bukit Kelam Sintang

Beberapa tempat sudah berjualan lama, lainnya masih baru dan menjual makanan kekinian. Jujur, kaget dengan perkembangan kota. Akhirnya punya banyak kuliner popular yang bisa dikunjungi dan dinikmati. Dari pada lama lama, mari ikut Tukang Jalan Jajan menjajal kenikmatan yang mungkin menggugah selera. Walaupun bukan masuk kategori makanan khas Sintang tapi beberapa tempat ini wajib dicoba


Lalapan Terasi Ulek Sintang

Ini tempat wajib coba dengan tipe makanan yang bahaya banget kalau sudah ketemu nasi. Sekarang mari ikut Tukang Jalan Jajan menikmati kuliner di Lalapan Terasi Ulek di Sintang sembari mengisi waktu liburan di kampung halaman

Sebelumnya aku kasi tips dulu kalau makan disini yah! Kalau pesen ayam atau ikan atau lauknya biasanya sudah sepaket sama lalapan & sambal yang pedesnya sudah membahana, tapi buat yang gemar makan pedas boleh banget pesen ekstra sambel dan lalapan.

Lalapan Terasi Ulek Sintang
Lalapan Terasi Ulek Sintang

Lauk Pauknya belum termasuk nasi, jadi pesen terpisah, kalau merasa kurang seporsi pesen lagi ya dan yang ngga tahan pedes boleh pesen minum lebih dari satu biar ngga kewalahan hahahah.

Kalau merasa pengen cobain beberapa menu segera pesen diawal yah, karena mereka masaknya fresh dari dalem wajan akan ada waktu tunggu dan antri dengan pesanan lain, kalo rame ya siap siap nunggu lebih lama.

Seperti biasa, sambal disini tipe yang galak dan langsung menyerang dari awal tanpa permisi. Menendang manja dalam setiap kunyahan. Yang aku suka makan disini, potongan ayam, bebek atau ikannya konsisten gede yah!

Kremesannya udah enak dan rangup, menciptakan tekstur kunyah yang sedap. Apalagi aneka tumisan disajikan dengan tingkat kematangan yang pas! Ada menu menu bahaya lainnya seperti ikan asin goreng yang bikin awur awur makin nikmat.

Ayam dan bebek sudah diungkep terlebih dahulu dan bebas bau tak sedap. Lalu digoreng dengan minyak panas sehingga dibagian luar kering namun didalam masih moist. Daging berserat empu yang disobek lalu dicelup dalam sambal memang nikmat.

Pilihan sambal disini cukup banyak dan sambal terinya beneran bikin saya melepar lahap dan konsisten mengunyah. Ini nikmat dan patut diapresisasi!
Duh, ini emang tak sah kalau tak nambah. Terlalu berbahaya dengan nasi hangat. BTW aku juga coba bawa pulang dan makan dengan nasi dingin sambalnya tetaaaap bikin makan nikmat tak terkendali.

Masih banyak lagi menu pendamping seperti telur dadar goreng, tahu tempe goreng dan lainnya. Beneran masuk rekomendasi kuliner Sintang

Jangan pernah remehkan sambel yah! walaupun pelengkap yang terkadang diletakkan di pinggir piring tapi bisa menciptakan ledakan rasa nikmat yang berbahaya

Alamat Sambal Terasi Ulek SIntang, Jl. MT. Haryono Pal 4 Pasar Kapuas Raya Tradisional Modern. Sintang, Kalimantan Barat


Warung A & D

Kalau sudah pulang kampung, semua kuliner pengen dicobain dong! Nyobain makan apa lagi nih di kuliner sintang ? Yuk ikutan Tukang Jalan Jajan eksplore lagi

Salah satu yang menyenangkan di Warung A n D ini adalah spot 2 lantai di pinggiran sungai Melawi tepat dibawah jembatan Melawi, selain bisa melihat air sungai yang mengalir deras juga bisa melihat sunset dan hiruk pikuk kendaraan melintas jembatan

Jembatan ini dulu jadi tempat bermain saya, melompat dari atas bukan masalah, bahkan tanpa ada rasa takut. Beberapa kali saya juga melintasi Sungai Melawi dan berenang menyeberanginya dengan berhenti di tiang tiang jembatan. Bener-bener kenangan yang menyenangkan.

Warung A n D Sintang
Warung A n D Sintang

Okei! Balik ke warung ini lagi, boleh dibilang tempat ini serba ada, yang lebih bikin happy ada tempat bermain anak anak yang disediakan namun tetap dalam pengawasan orang tua.
Tukang Jalan Jajan memesan Paketan mie ayam pangsit dengan bakso dan es teh. Tak lupa nyobain gado gado dan bubor paddas

Rasanya oke juga, mie kenyal dengan potongan ayam yang legit dan gurih berpadu dengan renyahnya pangsit dan bakso sapi yang membal. Ah Kuliner Lezat Sintang yang patut diperhitungkan.

Gado gadonya mantep, bumbu kacangnya berlimpah dengan rasa gurih dan pedas tipis sesuai permintaan. Kejutannya ada disayuran yang sepertinya baru selesai direbus sehingga menjadi hangat.  dengan tambahan telur rebus dan kerupuk membuat rasa dan teksturnya semakin kaya.


Pilihan lain yaitu bubbor paddas, olahan dari sambas dengan beras berempah yang sudah digongso kemudian dimasak sehingga menjadi bubur dan kemudian diberi aneka sayuran serta diberi topping kacang dan teri. 

Rasa gurih rempah dan sayuran segar yang teksturnya masih cakep, disajikan hangat sehingga nikmat dikonsumsi malam hari.

Masih banyak lagi menu lain yang bisa dipesan sesuai dengan selera keluarga. Hampir semua makanan kaki lima ada disini. Keren sih untuk ukuran warung!

Ini bisa jadi pilihan ciamik buat keluarga yang kepengen makan kenyang dengan aneka selera atau anak nongkrong yang sekedar ingin santai dan berbincang!

Alamat Warung A & D, Jl Teuku Umar Rt 006 Rw 002, Kampung Ladang, Sintang, Kalimantan Barat (dibawah Jembatan Melawi)


Sugi Ramen

Dulu, Tukang Jalan Jajan pernah mengikuti pertukaran Mahasiswa di Jepang selama 3 bulan, Kebetulan kota yang didapat adalah Osaka, Kota yang menurut saya apa-apa mahal tapi beruntung, ramen kaki lima nya masih banyak yg murah!

Menemukan Sugi Ramen di sintang atas rekomendasi @ferzricardo seperti memancing kenangan masa lalu, terlihat semangkuk Tori paitan muncul dengan sup berwarna putih susu yang tinggi akan kolagen, sup nya sudah beraroma dengan rasa gurih dan lezat. Bagi saya, kuah ini penentu karena topping taklah terlalu penting.

Sugi Ramen SIntang
Sugi Ramen SIntang

Lanjut pula dengan mie nya, walaupun tak seperti mie ramen Jepang tapi jenis mie yang digunakan sudah berkualitas baik dengan tingkat kematangan yang pas! Memang mie ramen tidak kenyal seperti mie Tionghoa yang menggunakan abu dan telur. Mienya cantik sekali teksturnya saat dikunyah, beradu dengan kaldu yang gurih

Lain lagi dengan Tam Tam Ramen, dengan sensasi sedikit pedas. awalnya mengira ini adalah tantan Ramen yg merupakan fusion dengan makanan tionghoa menggunakan chili oil khas Sichuan. Namun Tam Tam Ramen di Sugi Ramen lebih bersahabat. Kata si Mbaknya “level pedesnya spt mie instant kebanggaan Indonesia”.

Nah, sedikit menyinggung gyukiniku yg ditambahkan diatasnya, sepertinya menggunakan daging brisket nevel end alias beef belly yang kaya akan lemak tebal, diiris tipis kemudian ditumis dengan shoyu. Menciptakan rasa gurih yang berlemak dengan tekstur empuk bercampur kenyal. 

Etapi kalian sudah bisa membedakan kimbab (gimbab) dan sushi? Biasanya Pada kimbap, nasi yang digunakan tak cuma putih tapi bisa juga coklat atau hitam. Lalu, dicampur dengan minyak wijen. Sementara itu, nasi pada #sushi diberi cuka dan isian gimbab biasanya makanan matang (kalengan) sementara sushi bisa menggunakan bahan mentah. Tempat ini masuk kategori kuliner populer Sintang dan Ternyata makanan ini juga ada di Erando's Kitchen Pontianak.


Disini rata rata isiannya hampir sama namun beberapa saus yang digunakan memberikan perbedaan rasa yg signifikan. Overall tempat ini menyenangkan buat mencicipi ramen, tak terlalu banyak menu pilihan membuat owner akan sangat fokus dengan rasa makanan yg dihasilkan, seperti halnya kedai kaki 5 di Osaka yg bahkan puluhan tahun dari beberapa generasi hanya menjual 1-2 jenis ramen saja. 

Alamat Sugi Ramen, Jl. Bhayangkara, Ladang, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Kira kira kalau kalian mudik, makanan apa yang kudu bener dicari?
Selamat makan dan salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.