Pecel Eyang Ti, Njawani dan Lekoh Nikmat

Pecel eyang ti banyak merekomendasikan via Instagram, menjawan pertanyaan saya tentang dimana pecel atau gado gado yang njawani di Pontianak
Siapa bilang di Pontianak tidak ada jualan pecel yang enak? Ada lho! Aku doyan banget jajan disini, cuman memang harus pagi pagi banget untuk bisa merasakan kenikmatan sambel pecal yang njawani, gurih, legit dan lekoh ini. Pecel ini saya temukan Ketika banyak yang merekomendasikan via Instagram, menjawan pertanyaan saya tentang dimana pecel atau gado gado yang njawani di Pontianak.

Pecel Eyang Ti, Njawani dan Lekoh Nikmat
Pecel Eyang Ti, Njawani dan Lekoh Nikmat

Bagi masyarakat Pontianak, makanan dengan citarasa manis legit bukan sesuatu yang akrab di lidah. Tentu agak sulit mencari lokasi yang pas dengan lidah saya. Kalau mencari pecal Madura, akan sangat mudah ditemukan hampir ada disetiap sudut jalan atau didepan gang. Eh tapi pecel dengan pecal itu beda ngga yah?

Pecal atau Pecel? Beda Ngga Sih?

Ya…. Hampir tidak ada beda ya. Beda E dan A yang kalau disebutkan hampir tidak ada perbedaan yang jelas. Persamaan yang jelas adalah sama sama lezat di lidah penggemarnya.  Nah, jika di Pontianak biasanya penjualnya berbeda. Kalau Pecal biasanya dijual bibik bibik (panggilan ibu penjual) yang biasanya dijajakan Bibik Madura sementara kalau pecel biasanya di jual Ibu atau Mbah dari daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Cara menjualnya juga berbeda, biasanya pecal dibuat langsung saat dipesan, dimana kacang akan diulek bersama bawang putih, cabe dan kencur dan gula merah baru ditambahkan air dan diberi bumbu garam dan penyedap. Masing-masing penjual punya citarasa dan kekentalan yang berbeda, namun cenderung terasa gurih dan pedas dengan semburat manis. Sementara pecel biasanya sudah dibuat sambelnya tinggal diencerkan dengan menambahkan air saja tanpa harus menambahkan apa apa. Selain asin gurih, biasanya ada tambahan rasa manis dan asam yang lebih kencang dan aroma daun jeruk yang segar.

Isian yang digunakan juga berbeda, pecal Madura lebih sederhana, biasa menggunakan rebusan daun singkong, kangkong, kacang panjang, timun dan tauge ditambah mie kuning. Biasanya boleh menambah ekstra tahu, tempe, telur dan kerupuk. Pecel Jawa biasanya menggunakan aneka sayuran yang lebih beragan tergantung daerahnya, biasanya menggunakan kenikir, selada air, bunga turi hingga tambahan daun kemangi dan potongan timun. Kemudian mie goreng dan tahu, tempe bacem baru kemudian rempeyek kacang atau teri.

Jadi menurut kalian beda atau sama?


Pecel Eyang Ti, Njawani dan Lekoh Nikmat

Ini pesen buat Bapak, Abang, Kakak yang suka ngedumel kalo ngantri di Pecel Eyang Ti dan Tukang Jalan Jajan sewotin dan sindirin. Mohon maaf ya, ini eyang uti udah sepuh ya. Dia tidak secepat anda sekalian apalagi yang digunakan mulut doang!

Aku rela antri dan nungguin kenikmatan yang haqiqi ini, pernah sampe setengah jam dan aku selow! Iya ngga apa apa, emang layak buat ditungguin.

Eyang Ti ini humble dan baik banget, berasa kaya nenek sendiri karena walaupun sibuk, beliau masih nau bercerita. Jadi pecel ini dijual mbah ti bareng sama suaminya yang sama sama sepuh dan ngga ada yang bantuin. Rumahnya juga jauh dari tempat gerobakan jualan ini.

Beliau juga yang menenangkan saya waktu nyewotin pelanggan lain waktu ngedumel dan bilangin lama. Lhoooo.... Si eyang nya malah bilang, "saya sudah biasa digituin namanya juga jualan". Nah ini nih yang memancing saya untuk menulis caption ini, semoga yang doyan ngedumel dan ngantri ditempat jualan orang sepuh bisa nyadar diri dan ngebayangin orang tua sendiri!

Eyang ti berjualan karena hanya ingin mengisi waktu luang saja. Jadi weekend sabtu minggu, eyang ti libur ngga jualan. Kalau badan juga ngga enak, eyang libur. Tapi saya pernah lewat saat hujan, eyang ti masih jualan. Saya sampe berhenti dan beli. Sempet nanya, mengapa jualan? Karena udah janjian sama pelanggan!

Duhhhhh setianya Eyang ti ama pelanggan. Awas aja yang udah ngomong mau beli sampe ngga datang!

Pecel Jawa Sesuai Lidah Tukang Jalan Jajan

Pecel sayuran disini type jawa yang terasa manis, gurih dan pedas. Jadi begitu dicampur dengan paitan, seperti pare dan daun pepaya rebus tetep enak! Sayuran lain ada daun singkong, kangkung kadang bayem, jantung pisang, kacang panjang dan tauge. Ditambah dengan mie goreng, tahu atau tempe bacem dan #peyekteri atau #peyekkacang yang membuat teksturnya makin kaya

Masih dilapisi dengan daun pisang supaya makin ciamik aroma dan rasanya, selain bumbu yang suer gurih, pedes dan manis, masih ada rasa kencur dan aroma daun jeruk yang membuatnya makin sedep. Ditambah dengan nasi hangat kumplit, harganya cuman 12K

Eyang ti ngga pernah bawa banyak, cukupan saja karena emang untuk mengisi waktu luang. Lokasinya ada didepan Magister Ilmu Hukum Universitas Tanjungpura, menggunakan gerobak di pinggir jalan dan hanya berjualan Senin – Jumat dari pagi sekitar 06.00 – 10.00 (sampai habis) Selalu berjualan ditemani sang suami tercinta! So sweet banget, selamat makan dan salam Yumcez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.