6 September 2022

Bakmi Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan

Tempat humble dengan menu yang sederhana tapi ngangenin. Kalian pernah merasakan hal yang sama seperti Tukang Jalan Jajan sekarang? Tipe comfort food yang sederhana dengan bumbu secukupnya tapi menjejakkan rasa yang menyenangkan

Pangsit-mi-Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan
Pangsit Mie Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan

Tukang Jalan Jajan punya tipe makanan yang masuk dalam daftar makanan simpel namun ngangenin. Biasanya tidak sulit memasaknya dan juga tidak banyak bumbu yang digunakan. Semuanya serba sederhana, dari bahan, pelengkap sampai bumbunya. Kalau kalian apa genks.

Makanan Simpel ala Selera Indonesia

Mungkin yang dimaksud simpel atau sederhana ala tukang jalan jajan mulai dari proses memasak, menyiapkan bahan, pelengkap sampai bumbunya tak perlu membuat lidah berusaha keras untuk mencerna rasa. Tentu saja, bisa dinikmati dalam suasana apapun dong.

Comfort food adalah makanan yang menenangkan, rileks, dan menghibur. Ada banyak makanan enak, tapi masakan rumahan biasanya makanan yang selalu laris.

Secara umum masakan rumahan adalah makanan yang diolah secara tradisional dan memiliki daya tarik tersendiri serta menghadirkan rasa nostalgia. Di satu sisi, ada juga pemahaman bahwa comfort food adalah makanan yang membuat kita merasa enak, biasanya dikaitkan dengan makanan yang kita makan saat kecil, atau mungkin masakan rumahan, bisa juga diartikan sebagai makanan enak. Wow, banyak orang yang menjabarkan apa yang dimaksud dengan comfort food, bukan?

Banyak orang mengatakan dapur ibu adalah yang terbaik. Selain rasa, makanan ini memiliki nilai sentimental. Oleh karena itu, makanan yang disiapkan oleh ibu tergolong sebagai makanan yang menenangkan.

Comfort Food dalam Kamus Kuliner

Menurut kamus Merriam-Webster, comfort food adalah makanan yang disiapkan dengan cara tradisional dan memiliki daya tarik nostalgia atau sentimental. Sedangkan menurut Oxford Dictionary, comfort food adalah makanan yang memberikan kenyamanan atau kenyamanan. Makanan ini dikaitkan dengan menu masa kanak-kanak dan masakan rumah. 

Makanan yang menenangkan juga termasuk makanan yang mudah dimakan dan dicerna, seperti: Bubur atau sup ayam. Ada beberapa hidangan yang umumnya diklasifikasikan sebagai makanan yang menenangkan, tetapi ini mungkin berbeda dari orang ke orang.

Anneli Rufus, penulis dan kontributor tetap Psychology Today, berbicara tentang makanan yang menenangkan di Gilt Taste Juni lalu. Menurutnya, mata, tangan, dan mulut memulai rantai komando saat makan. Kemudian otak bekerja. Disanalah diputuskan apakah makanan ini nyaman keseluruhan atau tidak.

Setiap Orang Punya Comfort Food yang Berbeda

Setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda tentang apa itu comfort food, jadi comfort food berbeda untuk setiap orang. Misalnya, jika seseorang suka menghabiskan waktu sendirian, mungkin merasa menu masakan rumahan yang biasa dinikmati bersama keluarga membuat nyaman. Itulah mengapa makanan bisa menjadi pelarian saat kita tidak merasa dihargai atau kesepian. 

Psikolog mengatakan comfort food adalah 'teman' yang tidak pernah mengecewakan. Makan hidangan ini membuat kita merasa tenang dan tenang. Demikian pula, penduduk lokal yang bepergian ke luar negeri sering merasa rindu untuk makan negara mereka sendiri dan makanan rumahan.

Masakan juga dipengaruhi budaya, sehingga tidak heran setiap orang memiliki makanan favoritnya masing-masing. Di Indonesia, bubur identik dengan makanan hangat dan lembut, sehingga dianggap sebagai hidangan yang baik untuk orang sakit. 

Selain itu, ada makanan yang menenangkan seperti mie instan, soto ayam, martabak, tahu dan tempe. Di negara lain, seperti Amerika Serikat, makanan rumahan seperti ayam goreng, hamburger, dan pizza adalah hal biasa. Jadi inti dari comfort food adalah makanan yang dapat membangkitkan rasa nyaman dan kerinduan akan sesuatu.

Bakmi Joko, Makanan Ngangenin di Pontianak

Bakmi Joko sudah berjualan sejak lama di pojokan jalan Haji Abbas. Tapi buat kesana, agak malas karena jauh dari rumah. Tapi kebetulan cabang keduanya ada di Jalan Tani Makmur didepan Puskesmas Gang Sehat. Akhhh Kangen terobati dan bahagia

Menu disini super simpel
😍  Bakmi kering atau Yam mie
😍  Bakmi Goreng atau Bakmi kuah
😍  Nasi Goreng

Super simpel dan humble karena semuanya comfort food


Saya sebagai #sahabatemih sudah pasti memilih yammie, bakmie kering yang dimasak dengan tauge dengan bumbu sederhana, hanya minyak bawang putih, kecap asin, cuka, garam, penyedap dan rajangan bawang daun


Bakmi Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan

Tekstur bakmi nya yang kenyal dengan ukuran yang kecil kecil membuat bakmie ini tak perlu banyak perlakuan. Topping simpel seperti ayam jamur kecap, fish cake, pangsit goreng membuat makanan ini bisa dinikmati diberbagai suasana.

Gurih, asin dan asam yang menyegarkan. Berpadu dalam mulut dan memberikan kenikmatan paripurna apalagi ditambah dengan ekstra semangkuk kuah kaldu dan potongan daun bawang. Rasa pedas dan langu ini justru menciptakan kenikmatan dalam mulut.

Tak cuman itu, nasi gorengnya juga ssangat sederhana, dengan ketepatan panasnya wok membuat aroma #smokey jelas melekat di setiap butiran nasi pera berbaur tauge dan daun bawang. Kecap manis, kecap asin dan lada yang terkena wok panas menciptakan aroma tersendiri yang membuat perut semakin keroncongan.

Tempat ini menyediakan makanan sederhana dan simpel. buat yang mau mencoba bakmie kering versi halal, maka bakmi joko adalah pilihannya

Mie Pangsit Joko beralamat di Jalan Haji Abbas 2 di pojokan sedangkan cabang ke dua nya ada di Jalan Tani Makmur di depan Puskesmas Gg Sehat. Selamat Makan dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

42 comments

Makanan yang menenangkan. Hmm. Rasanya makanan yg menenangkan bagiku adalah mie instan, tapiii dg catatan, yg bikin bukan aku. Kebetulan ada satu warung mie instan plus plus plus, yg termasuk hidden gems di Jogja, yg lokasi dekat rumah. Hmm. Ntar mampir, Mas, klo ke Jogja. An Nuur Mie Mercon. (Agustina -Blogger Hub)

Aku suka makan bakmi. Anak-anak juga. Kalau udaj nemu tempat favorit, bakal sering deh pesan dan pastinya pengen nambah. Save ah alamatnya sapa tahu langsung ke Bakmi Joko.

Iya bener banget.. makanan yang menenangkan apalagi yang selalu pas d perut itu bubur sih. Aku jadi kangen! Oiya comfort food aku pun masakan mama. Tapi ga masalah juga mencoba makanan lain, karena tetep penasaran.. hehe

Comfort food saya juga nasi dan mie. Secara itu yg sudah melekat di benak sejak kecil. Hehehe ...
Bakmi Pak Joko boleh dicoba nih semoga berkesempatan ke sana ya

Kalau bakso, aku juga lebih suka yang tipe bersih gitu. Ga banyak bumbu tapi udah sedap.

Comfort food saya Burger sih, tapi kalau ada mie enak ya nggak nolak. Kepo ih sama rasa Yam mie-nya apalagi pakai tambahan toppingnya wuih... Jadi lapar.

ah, selalu yang aku cari kalau pas travelling gitu, entah kenapa ya, kayanya paling aman tuh makan mie aja pas pergi-pergi hehe.. apalagi nemu yang enak begini ya

Saya salah satu pecinta mi-mian langsung pengen cobain deh kak, duhh jadi laperd

Penggemar berat mie juga aku. Ngeliat bakmi jadi pengen beli bakmi juga,, topping-nya itu loh menggoda sekali

Makanan menyenangkan itu baik saat disantap maupun bikin bahagia dari segi harga dan rasa juga hehe. Komplit sih jadinya

Kuliner itu ga ada habisnya pasti banyak inovasi ya.. jadi laper

Setuju sih aku kalau comfort food emang punya rasanya masing2 buat tiap orang. Tapi menurutku kalau comfort food emang yang bikin kita ngga perlu mikir menerjemahkan rasa2 didalamnya, cukup menikmatinya udah bikin happy. Jadi penasaran ama bakmi joko ini.

Aisssh Mie ayam.makanan kesukaan saya baru sore tadi jajan mie ayam. Next kalau ke.pontianak jajan mie pak joko

Wahh bakmi
Bakmi memang g pernah salah
Kalau Nemu bakmi enak seperti ini, pasti ketagihan
Pengen makan lagi dan lagi ya mas

kenapa aku pas awal baca judul ngiranya bakmi jowo, wkwk, ternyata joko ya. Aku juga pecinta mie sih, tapi entah kenapa belakangan ini kalau makan mie apapun perut langsung nggak bersahabat,,huhu

Bakmi ini salah satu makanan kesukaan aku, karena mengingatkan aku sama alm.embah.
menurutku, Bakmi enggak cuma enak tapi nyimpen kenangan juga, hehehe

Sekilas aku bacanya bakmi jowo hahaha ternyata bakmi joko, btw aku lebih suka bakmi kering atau yam mie sih mas, jadi salah satu comfort food ku menu ini

aku paling suka mie kering atau yamin nih koh, enak sih emang yaa. apalagi klo mie nya kenyal, 1/2 mateng, nyaamm

Mie always jadi comfort food buat banyak orang yaa..
Dan Bakmi Joko bisa menjadi salah satu langganan karena rasanya yang yummiii~

Kalau lihat bentuk mienya kayaknya enak tuh sampe ke teksturnya yang ngga terlalu lembek ya kak.. duh ngiler euy jadinya baca ini pagi2 wkwkwk blm sarapan lagi

Tim makan bakso yang ga pakai banyak saus-sausan, paling suka dikasih sambelnya doang. Tapi pagi-pagi ngelihat postingan bakmi begini kan jadi pengin wkwk

Wuih udah ada cabangnya dong, artinya emang enak dan banyak penggemarnya. Saya tuh selalu nyari penjual bakmi dan makan bakmi saat ada di luar kota, rasanya bisa jadi referensi nih, bakal mampir ke bakmi Joko juga pesan 3 porsi!

Kalau di sini ada yang mirip seperti itu dan disebut mi ayam Jakarta. Mungkin karena beda ya. Hehehe
Enak banget sih mi seperti ini. Biasanya memang mi-nya kecil dan kenyal-enak serta kuahnya bening. Jadi (kalau saya) akan merasa eman-eman jika ditambah saos dan kecap.

Sama dengan saya sih, Mas. Makanan sederhana, tidak banyak bahan dan bumbu, tapi selalu bikin rindu. Dan memang ada banyak masakan itu tidak perlu banyak bumbu. malah kalau dimacam-macamin, jadi lain rasanya.
Dan kalau Bakmi Joko ini sih, lihat fotonya saja langsung ngiler, Mas hahaha.

Bakmie emang jadi comfort food selain bakso nih!
Kayak gak pernah bosen makannya, selalu suka, dan seneng icip2 dari berbagai tempat.
Apalagi biasanya yang sederhana ini yang justru rasanya wah. Jadi pengin cobain

Bakmi memang jadi menu yang banyak disukai. Nah ini boleh banget buat jadi pilihan, apalagi itu topingnya banyak 🤤

Kenangan dalam makanan memang selalu membuat makanan menjadi istimewa. Bahkan seringkali lebih istimewa daripada citarasanya sendiri.

Namanya bakmi dimana2 selalu menjadi makanan andalan. Kebetulan saya orang Jawa, saya sangat suka dengan bakmi Jawa yang biasanya perapiannya menggunakan tunggu. Pasti bakmi Joko ini juga nikmat banyak penggemarnya. Apalagi ada bakmi kering dengan cita rasa yang enak. Tentu makanan berjenis bakmi selalu menjadi andalan penggemarnya.

Kuliner indonesia ku sukakk apalagi yg tempo dulu...kalau mie serumah pada suka apalagi mie godog jawa....Dalam hal kuliner indonesia juara

Kalau nemu makanan comfort food saat dicecap lidah, mata rasanya auto terjaga dan wajah juga auto senyum, memang menenangkan banget rasanya.
Bakmi Joko bikin ngiler yang membaca nih.

Mirip mie Ayam tp mie nya lebih kecil" ya.. Atau bisa jadi sejenis sama Yamie ya mie nya ini.. Suka sih saya jenis mie seperri ini.. Jadi pingin nyobain juga nih..

Makanan yang menyenangkan memang mie. Buat saya, mie adalah makanan yang kapan saja dan di mana saja bisa dinikmati . Apalagi bakmi Joko ini, rasa yang otentik membuat kita selalu merindukannya. Pengen balik lagi dan lagi.

Hujan hujan liat bakmi jadi enak nih, pengen bisa buat sendiri di rumah biar kalau pengen langsung sat set sat set masak hahaha. Btw enak banget yah kak bakminya huuu jadi ingin

Ehmm...yummy...comfort food. Aku baru denger istilah ini dan menarik ya. Aku lihat bakmi keingetnya pangsit hehhee

Ah iya, bakmi emang enak banget
Apalagi dinikmati saat cuaca dingin atau hujan
Duh, jadi lapar jadinya

Makanan yang ga akan pernah ditolak adalah mie. Disajikan dalam menu apapun selalu enak. Sepertinya aku juga mau nyoba menu ini kalau mampir ke Pontianak.

Wah saya suka banget dengan bakmi kak Don, dimana saja ada bakmi enak kalau berkunjung ke sekitarnya pasti saya samperin.tar kalau ke Pontianak lagi saya mampir ah ke sini

Sebagai pecinta mie garis keras aq mesti nyobain bakmi ini juga kak, jadi mesti buru2 diagendakan biar gak sampe ngiler ya. Hehe

Bakmie yummy enak banget rasanya! Saya pun dikenalin sama suami ke tempat yang menjual Bakmie dan rasanya nendang banget! Paling suka kuahnya nyegerin dan enak banget dimakan sore jelang malam bareng orang tersayang. 🤗

Di Bandung sini juga ada Bakmi Joko. Apa sodaraan ato franchisenya ya? Enak sih, aku cocok. Porsinya pas, engga kebanyakan dan engga eneg...

Aku jadi kepo pengen icip-icip sih, tapi kok ya jauh. Jujur,aku suka banget sama bakmie, enak...

Bakmi makanan favorit keluarga ku nih, suami sama anak2 juga doyan banget, jadi kami satu rasa deh soal bakmi heheheh..bakmi Joko jadi referensi deh next semoga bisa menikmati juga

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon