Bakmi Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan

Bakmi Joko sudah berjualan sejak lama di pojokan jalan Haji Abbas. cabang ke dua Jalan Tani Makmur depan Puskesmas Gg Sehat. Bakmie kering simpel
Tempat humble dengan menu yang sederhana tapi ngangenin. Kalian pernah merasakan hal yang sama seperti Tukang Jalan Jajan sekarang? Tipe comfort food yang sederhana dengan bumbu secukupnya tapi menjejakkan rasa yang menyenangkan

Pangsit-mi-Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan
Pangsit Mie Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan

Tukang Jalan Jajan punya tipe makanan yang masuk dalam daftar makanan simpel namun ngangenin. Biasanya tidak sulit memasaknya dan juga tidak banyak bumbu yang digunakan. Semuanya serba sederhana, dari bahan, pelengkap sampai bumbunya. Kalau kalian apa genks.

Makanan Simpel ala Selera Indonesia

Mungkin yang dimaksud simpel atau sederhana ala tukang jalan jajan mulai dari proses memasak, menyiapkan bahan, pelengkap sampai bumbunya tak perlu membuat lidah berusaha keras untuk mencerna rasa. Tentu saja, bisa dinikmati dalam suasana apapun dong.

Comfort food adalah makanan yang menenangkan, rileks, dan menghibur. Ada banyak makanan enak, tapi masakan rumahan biasanya makanan yang selalu laris.

Secara umum masakan rumahan adalah makanan yang diolah secara tradisional dan memiliki daya tarik tersendiri serta menghadirkan rasa nostalgia. Di satu sisi, ada juga pemahaman bahwa comfort food adalah makanan yang membuat kita merasa enak, biasanya dikaitkan dengan makanan yang kita makan saat kecil, atau mungkin masakan rumahan, bisa juga diartikan sebagai makanan enak. Wow, banyak orang yang menjabarkan apa yang dimaksud dengan comfort food, bukan?

Banyak orang mengatakan dapur ibu adalah yang terbaik. Selain rasa, makanan ini memiliki nilai sentimental. Oleh karena itu, makanan yang disiapkan oleh ibu tergolong sebagai makanan yang menenangkan.

Comfort Food dalam Kamus Kuliner

Menurut kamus Merriam-Webster, comfort food adalah makanan yang disiapkan dengan cara tradisional dan memiliki daya tarik nostalgia atau sentimental. Sedangkan menurut Oxford Dictionary, comfort food adalah makanan yang memberikan kenyamanan atau kenyamanan. Makanan ini dikaitkan dengan menu masa kanak-kanak dan masakan rumah. 

Makanan yang menenangkan juga termasuk makanan yang mudah dimakan dan dicerna, seperti: Bubur atau sup ayam. Ada beberapa hidangan yang umumnya diklasifikasikan sebagai makanan yang menenangkan, tetapi ini mungkin berbeda dari orang ke orang.

Anneli Rufus, penulis dan kontributor tetap Psychology Today, berbicara tentang makanan yang menenangkan di Gilt Taste Juni lalu. Menurutnya, mata, tangan, dan mulut memulai rantai komando saat makan. Kemudian otak bekerja. Disanalah diputuskan apakah makanan ini nyaman keseluruhan atau tidak.

Setiap Orang Punya Comfort Food yang Berbeda

Setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda tentang apa itu comfort food, jadi comfort food berbeda untuk setiap orang. Misalnya, jika seseorang suka menghabiskan waktu sendirian, mungkin merasa menu masakan rumahan yang biasa dinikmati bersama keluarga membuat nyaman. Itulah mengapa makanan bisa menjadi pelarian saat kita tidak merasa dihargai atau kesepian. 

Psikolog mengatakan comfort food adalah 'teman' yang tidak pernah mengecewakan. Makan hidangan ini membuat kita merasa tenang dan tenang. Demikian pula, penduduk lokal yang bepergian ke luar negeri sering merasa rindu untuk makan negara mereka sendiri dan makanan rumahan.

Masakan juga dipengaruhi budaya, sehingga tidak heran setiap orang memiliki makanan favoritnya masing-masing. Di Indonesia, bubur identik dengan makanan hangat dan lembut, sehingga dianggap sebagai hidangan yang baik untuk orang sakit. 

Selain itu, ada makanan yang menenangkan seperti mie instan, soto ayam, martabak, tahu dan tempe. Di negara lain, seperti Amerika Serikat, makanan rumahan seperti ayam goreng, hamburger, dan pizza adalah hal biasa. Jadi inti dari comfort food adalah makanan yang dapat membangkitkan rasa nyaman dan kerinduan akan sesuatu.

Bakmi Joko, Makanan Ngangenin di Pontianak

Bakmi Joko sudah berjualan sejak lama di pojokan jalan Haji Abbas. Tapi buat kesana, agak malas karena jauh dari rumah. Tapi kebetulan cabang keduanya ada di Jalan Tani Makmur didepan Puskesmas Gang Sehat. Akhhh Kangen terobati dan bahagia

Menu disini super simpel
😍  Bakmi kering atau Yam mie
😍  Bakmi Goreng atau Bakmi kuah
😍  Nasi Goreng

Super simpel dan humble karena semuanya comfort food


Saya sebagai #sahabatemih sudah pasti memilih yammie, bakmie kering yang dimasak dengan tauge dengan bumbu sederhana, hanya minyak bawang putih, kecap asin, cuka, garam, penyedap dan rajangan bawang daun


Bakmi Joko, Rasa Bersahabat dan Menyenangkan

Tekstur bakmi nya yang kenyal dengan ukuran yang kecil kecil membuat bakmie ini tak perlu banyak perlakuan. Topping simpel seperti ayam jamur kecap, fish cake, pangsit goreng membuat makanan ini bisa dinikmati diberbagai suasana.

Gurih, asin dan asam yang menyegarkan. Berpadu dalam mulut dan memberikan kenikmatan paripurna apalagi ditambah dengan ekstra semangkuk kuah kaldu dan potongan daun bawang. Rasa pedas dan langu ini justru menciptakan kenikmatan dalam mulut.

Tak cuman itu, nasi gorengnya juga ssangat sederhana, dengan ketepatan panasnya wok membuat aroma #smokey jelas melekat di setiap butiran nasi pera berbaur tauge dan daun bawang. Kecap manis, kecap asin dan lada yang terkena wok panas menciptakan aroma tersendiri yang membuat perut semakin keroncongan.

Tempat ini menyediakan makanan sederhana dan simpel. buat yang mau mencoba bakmie kering versi halal, maka bakmi joko adalah pilihannya

Mie Pangsit Joko beralamat di Jalan Haji Abbas 2 di pojokan sedangkan cabang ke dua nya ada di Jalan Tani Makmur di depan Puskesmas Gg Sehat. Selamat Makan dan Salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.