Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak

Shoji Noodle Bar, ada lamian, tangmian, jamian dan telur onsen, telur soy, soy egg, suikiaw di jalan dr sutomo. Bar mi pertama di Pontianak. Kaldu ebi
Hai sabahat emih di Pontianak, mari berkumpul disekitar tukang jalan jajan. Ada noodle bar baru, namanya Shoji. Menjual 3 jenis mie yang siap memanjakan lidah penikmat mie di kota Pontianak. Beruntung bisa mencicipinya terlebih dahulu dan mencari tahu kenikmatan setiap helai mie buatan sendiri ini.

Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak
Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak

Mie memang punya tingkat kepopulerannya tersendiri terutama bagi lidah orang Asia. Makanan yang digemari anak hingga dewasa ini punya penikmat fanatiknya. Bahkan mie instant asal Indonesia juga merajai dunia. Ini bukti bahwa mi punya tempat dihat banyak orang. Perkembangan kuliner mie di Pontianak tentu sudah sejak lama. Apalagi dominasi kuliner tionghoa juga sangat kental d Pontianak. Siapa yang suka makan mie? angkat tangan dong!

Mengapa Mie disukai Banyak Orang.

Ada banyak alasan yang membuat mi menjadi makanan populer, pasti banyak orang punya pemikirannya masing masing. Tukang jalan jajan coba mengambil beberapa hal yang mungkin jadi pemikiran kamu juga.
1. Mudah didapatkan, dari yang instan di warung , gerobak dorong abang abang, sampe level mie restoran, semua banyak yang jual. 
2. Mudah cara pengolahan, untuk mie instant tinggal diseduh sama air mendidih, paling lamaa banget 20 menit udah tersedia di meja, solusi cepat dikala laper. 
3. Mudah dipadu padankan, dipadu sama telur enak, dipadu sama sosis juga enak, dipadu sama cincangan daging, jamur, pangsit goreng atau rebus, bakso goreng atau rebus makin enak 
4. Murah dan enak, semahal mahalnya mie dengan topping "Ayam kampung" atau mie goreng spesial ulang tahun, harganya gak lebih dari 100 ribu.
5. Banyak pilihan, berbagai jenis tipe dan model mie bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Ada yang suka dengan bakmi ukuran kecil atau bakmie tipe karet yang ukurannya besar
6. Faktor kebiasaan, jaman dahulu banget orang udah kenal yang namanya mie, dibawa berlayar oleh bangsa Tionghoa keseluruh penjuru dunia


3 Jenis Mi di Shoji Noodle Bar

Ada yang baru buka nih. Selamat buat Shoji Noodle Bar! Kayaknya noodle bar makin rame nih di Pontianak. Ada banyak noodle fusion Asia Timur Raya disini. Ngga sabar pengen cobain! Mie nya ada dislide berikutnya ya. Yuk kita cobain Shoji Noodle Bar nya dulu.

Jadi ada beberapa pilihan mie yang bisa dipilih baik kering maupun berkuah. Ada 4 pilihan mie type mie karet ini! Cuz kepoin, mereka baru buka hari ini lho!

Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak
Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak

Jadi disini type mienya lumayan besar besar dan kenyal. Tapi yang paling juara sih emang kaldunya. Pake kaldu sengkel dengan tendangan ebinya yang paaaaas banget ama mie dan toppingnya!

Ini dia menu Favoritnya disini
1. Jamian
Jam mian ini mie ayam khas Bangka yang dimakan tanpa kuah. Untuk tekstur mie-nya agak alot dan sedikit kering. Buat aku rasanya biasa aja sih, dagingnya juga gak terlalu banyak. Jammien atau yammien atau jamian adalah bakmi tanpa kuah yang diberi potongan daging cincang dan taburan daun bawang, diaduk dengan kecap manis

2. Tangmian
Mi segar khas Shanghai dibuat dari tepung tang mien sehingga sangat lembut. Jika tak ada, bisa diganti dengan mi telur segar atau mi telur kering yang berkualitas bagus.

3. Lamian
Lamian adalah mie tarik ala China yang terbuat dari tepung terigu, air, dan telur sebagai bahan utamanya. 
 
Membuat lamian terbilang unik karena adonan dipuntir, ditarik, dibentangkan, dan dilipat hingga membentuk benangbenang mie tipis. Beberapa restoran sengaja memperlihatkan cara membuat lamian karena merupakan atraksi menarik. 

Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak
Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak

Selanjutnya adonan lamian direbus sebentar. Disajikan dengan atau tanpa kuah. Ada juga  beberapa tambahan topping yang bikin rasa lamian makin enak


Menu tambahan di Shoji Noodle Bar

1. Telur Onsen
Telur onsen adalah telur yang direbus di sumber air panas atau pemandian air panas di Jepang. Keistimewaan telur onsen adalah teksturnya yang lembut seperti puding karena sudah setengah matang. 
 
Kalian juga dapat membuat telur onsen di rumah menggunakan panci dan termometer. Telur onsen biasanya disajikan dengan kecap atau kaldu dashi.

2. Soy Egg (Telur Kecap)
Cara membuat telur korea (telur dengan kecap). resep telur korea (telur kecap). Biasanya menggunakan shoyu, tapi dapat diganti dengan kecap merk Hati Angsa yang rasanya agak khas. 
 
Kemudian tambahkan cincang halus bawang bombay, paprika merah dan paprika hijau. Selanjutnya, campurkan semua bahan kecap ke dalam gelas ukur. Siapkan juga batang kayu manis dan adas bintang.

3. Suikiaw
Suikiaw merupakan salah satu varian jiaozi, yang diolah dengan cara direbus. Suikiaw berasal dari istilah shui jiao (baca: swei ciao). “Shui” sendiri berarti “air”, menerangkan cara pengolahan suikiaw yang direbus

Beberapa restoran China punya modifikasinya sendiri terhadap isi suikiaw, meskipun secara umum berupa cincangan daging dan bungkus kulit tepung terigu. Beberapa menambahkan potongan udang segar, menambahkan sawi putih cincang dan menggunakan daun bawang dan ubi. 
 
Suikiaw biasa ditemukan sebagai pelengkap mie ayam di restoran Cina. Bukan hal yang aneh jika suikiaw dimakan seperti ini.

Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak
Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak

Shoji Noodle Bar, Tempat Makan Mie Enak di Pontianak

Tukang Jalan jajan mencoba semua mi yang tersaji, mulai dari LaMian kering dan kuah. Memang mienya ngga dibuat didepan kalian langsung dengan tangan tapi percayalah mie kering dengan bumbu minyak aromatik dengan garlic dan wijen benar benar outstanding apalagi dengan minyak charsiu ayam yang super gurih dan legit.



Oh ya, baru kali ini Tukang Jalan Jajan merasakan saus charsiu ayam yang benar benar memanjakan lidah dan perasaan, menggunakan paha ayam sehingga dagingnya juicy dan kenyal dengan rempahnya beneran merasuk kesela daging. Begitu dikunyah.... PATOET DIPOEDJIKAN nikmat!

Ditambah dengan potongan jamur kuping dan kulit pangsit goreng yang membuat teksturnya makin kaya.

Bagi yang ingin mencoba kuah kaldu pedasnya. Super juwara dunia mengguncang Asia Tenggara! DIE DIE MUST TRY

Topping lainnya ada ayam charsiu ayam tanpa angkhak yang juga sedep dengan aroma smokey yang menggoda selera. Jujurly ini beneran sedep buanget! Lebih juicy lagi dari paha ayam dengan charsiu angkhak madu. Duh gusti... Sampe bingung!

Lain lagi dengan ayam goreng garlicnya yang beneran krispi diluar dan gurih didalam. Balance antara garlic, jahe dan lainnya. Pas untuk jadi topping mienya

Plus minced beef with garlic sebagai topping juga menggoda selera! Apalagi ditambah dengan taburan daun bawang! Sedep menggelora!

Side dish nya ada telur onsen, telur soya dan jiaozi juga patut ditambahkan dalam menu nikmat ini. Jangan sampe ketinggalan untuk cobain genks. Kualitas, bahan dan teknik memasaknya patut dipertimbangkan untuk dicoba dengan bahagia.

Tukang Jalan Jajan menikmatinya di Shoji Noodle Bar, Jl. Dr. Sutomo No.63, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113. 
Worth to try! Mari makaaaaan! Selamat Makan dan Salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.