28 Agustus 2020

Pangsit Goreng Viral ala Kwetiaw Asua 81 Pontianak

Kuliner Pontianak sedang meledak di Ibu kota, banyak juga jenis yang pernah mengisi daftar kuliner. Pangsit goreng sedang naik daun, sama seperti nasi telor, bakwan Pontianak, roti Serikaya dan pisang goreng Pontianak yang notabene nya kami makan setiap hari sebagai makanan normal. Iya, setiap hari dimakan dengan bahagia dan hampir bisa ditemui pagi, siang dan malam.

Pangsit Goreng Viral ala Kwetiaw Asua 81 Pontianak

Bagi kota yang hidup dengan budaya makan peranakan, itu semua biasa saja. Sudah jadi sarapan atau kudapan biasa saat ngumpul bareng teman atau makan malam keluarga. budaya makan yang tiga sampai lima kali sehari membuat menu makanan semakin beragam supaya orang tidak bosan. Selain itu, pilihan makanan yang beragam, makanan resep rumahan dari zaman lampau juga banyak diperjual belikan memanjalan lidah

Pangsit, Akrab di Lidah Kita

Pangsit sebenarnya bukan barang baru di lidah kita, Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus atau dicelor sangat cepat, paling sering biasanya disajikan dalam kuah sup atau yang lebih sering kita temui dalam mie ayam tau pelengkap makan mie. Pangsit digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit atau juga dikenal dengan nama wonton termasuk salah satu jenis dim sum yang bisa dimakan dalam rangkaian makan dimsum.

Cara Membuat Pangsit Goreng Viral 

Biasanya pangsit akan diisi dengan udang, daging babi, atau sayuran. Sampai di Indonesia pasti isi pangsit terutama dibuat dari udang atau campuran daging ayam dan udang dengan tambahan jahe, bawang bombay, atau bawang putih yang dicincang.  Bumbu untuk isi pangsit juga super simpel, ada kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen.

Lalu bagaimana membuat kulit pangsit yang enak? Biasanya, Kulit pangsit dibuat dari adonan tepung terigu, air, dan garam dapur. Kemudian Adonan ditipiskan dan dipotong-potong berukuran persegi. Jika tidak mau repot, kulit pangsit bisa dibeli dalam kemasan berisi 10 hingga 20 lembar. Pernah membuat atau makan siu may/siomay, kulit pangsit dipakai sebagai pembungkus daging cincang sehingga tidak berhamburan kemana mana 

Seperti yang sudah tukang jalan jajan infokan diatas kalau kulit pangsit tanpa isi bisa digoreng hingga renyah seperti kerupuk. Rasanya pangsit goreng ini tidak bisa dipisahkan dari makanan Indonesia yang memakai pangsit, misalnya: pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, hingga cwie mie dari Malang. Pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit kering ini diletakkan terpisah dalam mangkuk kecil supaya tidak lunyu dan tetap krispi. Selain itu, pangsit biasanya juga disajikan bersama semangkuk bakso daging sapi. Kebanyakan bakso Malang menggunakan pangsit sebagai tambahan isi bakso. Atau ada juga yang menjadikan pangsit renyah ini menjadi mangkok bakmie kering.

Pangsit Goreng Viral ala Kwetiaw Asua 81 Pontianak

Nah, sekarang, Tukang Jalan Jajan mau menunjuukan salah satu bakmie yam dan pangsit goreng Asua 81, no pork, no lard, hanya menggunakan ayam, ikan dan udang. Semuanya diolah sendiri, kalau beruntung, kamu bisa melihat pak Asua mengolah bakso ikan atau membuat pangsit dihadapan pengunjung. Kita bisa mengintip bahan sekaligus cara pembuatannya, tidak ada dusta diantara kita. Cek videonya biar makin seru ya



Nah pangsit goreng ini sebenarnya pangsit basah yang ditumis dengan aneka saus, minyak dan bawang putih goreng cincang. Cara membuatnya gampang banget *ini versi bapaknya yah*
  • Panaskan wok, masukkan minyak goreng, lalu hempaskan potongan sawi dan tumis sebentar. Ingat jaga api, ini adalah ciri khas makanan peranakan
  • Lalu rebus sebentar pangsit, tiriskan dan masukkan kedalam wok.
  • Masukkan aneka saus, kecap dan bawang putih goreng cacah.
  • Tambahkan aneka campuran, potongan kue ikan, bakso ikan, potongan ayam tumis kecap dan tauge
  • Sajikan selagi hangat dengan tambahan udang goreng tepung dan pangsit goreng
Yeaaay... Makanan hangat tersaji diatas meja, pangsit berisi ayam dan udang dengan tekstur kenyal berminyak begitu lancar melewati tenggorokan. Warnanya yang pekat karena menyerap kombinasi kecap. Aroma gurihnya bukan maen! Menyerang hingga syaraf kenikmatan terjauh. Aroma manja bawang putih goreng dengan aneka kecap bersatu dengan minyak dan air. Rasa gurih menyeruak paling pas jika ditambahin lada sedikit. Pangsit yang empuk meluncur manja langsung ke lambung. Sudah empuk dengan lapisan minyak dan air, walaupun isian pangsitnya tak terlalu banyak, namun tambahan kue ikan dan bakso ikan yang "ngikan" banget terasa membal saat dikunyah. Selain itu masih ada tumisan daging ayam yang kering dan gurih tercampur didalam pangsit, ada juga udang goreng balut tepung yang jadi tambahan tekstur bahagia saat dikunyah.Seperti biasa, tetap harus ada pangsit renyah yang kriuk kriuk yang harus dicoba.

Jangan lupa, masih ada aneka menu lain seperti bakmie dan pangsit yang juga bisa dipesan melengkapi rasa. Selain itu air tahu (soya milk) dan liang tea (chinese herbal tea) bisa jadi ilihan sempurna untuk melepas semua rasa dan menyempurnakannya kedalam lambung.

Pangsit Goreng, Makanan Sehari Hari di Pontianak

Disandingkan dengan yam Pangsit yang sudah berkali kali tukang jalan jajan bahas. Terasa makin melengkapi makan malam bahagia. Tak lupa air tahu es sebagai pelengkap yam pangsit dan pangsit goreng ala asua 81 di Jalan Tanjungpura, depan dealer Yamaha Pontianak. Cek di gmaps, sudah ada kok. 
Rumah tua jadul ini pasti jadi saksi sejarah panjang jualan nikmat yang ada disini. Rekomendasi Tukang Jalan Jajan untuk mampir dan menikmati aneka makanan yang dimasak super cepat dan nikmat.

Siapa yang pernah cobain menu ini? Silakan beri responnya

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

41 comments

Unik ya, saya belum pernah makan nih pangsit tumis. Kayaknya harus ke Pontianak biar bisa cicipin pangsit goreng viralnya.

pengen coba aku pangsit goreng ini, sausnya beda aku ga pernah lihat, ada cara buatnya ternyata, jika coba berhasil ga aku ya

Batu maj tanya ini halal atau gak, eh udah dijelaskan ya di bawah no prok no lard. Aneka pangsit aku suka bangte, wajib mambpir ke Asua kalo ke Pontianak ya

Pontianak gudangnya Pangsit ya. Semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki di Pontianak. Amiin

Entah kenapa saya selalu autolapar kalau baca postinganmu, Mas. Mungkin karena aku serius membacanya dan bahkan dengan rasa penasaran yang kuat

Belum pernah ke Pontianak. Btw...aku suka tuh pangsit. Mau goreng atau rebus sama² enak...
Kayaknya enak tuh...pangsit goreng di ca...Kenyel² kalik ya

Sumpah kayaknya enak nih kak, aku pernah liat juga di TikTok reviewnya. mantabbbbb

Aku baru tahu kalau pangsit goreng ini berasal dari Pontianak. Sering lihat beberapa hari ini lihat ulasan youtuber di youtube. Itu lho.. yg lagi rame di area jabodetabek.. apa cuma jakarta gitu . kurang nyimak lokasi hihi lebih asyik lihat mukbang nya ckck

Di Pontianak pangsitnya digoreng dengan kwetiaw ya...
Kalau di dekat rumah ada yang jualan Pangyam, pangsit yang disajikan bersama mie ayam. Yang uniknya, pangsitnya dibentuk sedemikian rupa dijadikan mangkok wadah mie ayamnya. Pangsit jadi penambah rasa renyah saat menikmati mie ayamnya

Yang di foto awal itu kwetiauw goreng, Mas? Mampir ke sini pagi-pagi kondisi perut kosong jadi tergiur sama taugenya yang panjang-panjang, pangsit, dan kwetiauwnya. Lebih menggugah selera karena warnanya yang pekat. Yummy...

masih penasaran apa artinya wok itu ya? benda atau barang? Aku malah mikirnya wok itu penggorengan.

Saya belum pernah cobain pangsit viral ini padahal tahun lalu singgah ke Pontianak tapi hanya cobain kwetiaw disana. Kalo uda viral gini biasanya pasti diserbu terus deh sama pembeli ya.

Btw,biasanya sih memang pangsit ini dimakan bersamaan dengan mie ayam kalo di Medan dan kayaknya gak seviral ini rasanya juga,hehhe

Kayaknya enak nih pangsit kwetiaunya dimakan malemmalem
Sama teh manis panas
Duduk di warung tenda gitu

Waduw, keknya enak banget nih pangsit goreng + Mie Kwetiaw. Kalau ditempat saya umumnya pangsit ini dimakan bareng bakso atau mie ayam hihihi.

Nyam nyam, jadi sembari menunggu pesanan datang gabosan juga ya karena sembari melihat proses masaknya. Pangsit isi udang sepertinya nikmaaath sekali :3

Huaaa ... Membaca ini di pagi hari, auto pengen ke dapur dan segera ambil makanan, Kak. Pangsit tuh memang enak banget. Ternyata ini masakan olahan peranakan, ya. Kupikir makanan dari Bandung, hahaha ... Sotoy banget.

Selama ini, isian pangsit yang kukonsumsi masih sebatas daging ayam dan udang saja, jadi pengen merasakan ada nggak sih yang isian daging ikan?

Makanan nusantara memang enak-enak ya apalagi kaya akan rempah-rempah yang bikin makanan jadi tambah enak.

Penasaran banget dengan pangsit POntianak, pengen tahu aja bedanya dengan yang biasa ada di Bandung

Masakan Chinese emang bikin ngiler sih. Tapi kalo di Medan rata2 non halal semua. Kwetiau Asua ini pasti aku cobain kalo ke PontianakPontianakPontianak..

Satu lagi kuliner khas dr Pontianak, Pangsit! Sesungguhnya lama2 benar kudu masukin kuliner khas Pontianak dlm bucket listku, rasanya yg perpaduan ini sepettinya jadi "khas", misalnya spt choipan juga

Makanan khas Pontianak idenya dari Chinese cuisine ternyata yaa..
Cakep banget, kak Don...Aku serasa ikut menikmati pangsit goreng dengan nonton video youtube nya.
Hanya gak kebayang wanginya...hihi~

Endeuuss~

Kalau nyobain pangkat di pontianak daku belum pernah kak, seringnya baca ulasannya kak dodon aja lihat di IG 😭. Tapi kalau urusan pangsit, daku mah nggak bakal nolak dikasih banyak haha

Pernah ini saya nonton di salah satu youtuber akan pangsit yang terkenal lezat dan pasti ingin balik lagi merasakan. pangsit pontianak

Wah jadi aman ya dinikmati sama yang gak bisa makan pork.
Aku juga suka sekali sama pangsit goreng. Kadang dimakan cemilin aja pakai saus kadang dimakan sama makanan utamanya kek kwetiaw jg :D

Belum pernah nyoba menu yang ini... semoga dapat kesempatan makan langsung di Pontianak.

Jadi pengen kwetiau deh. Terbayang kecap nya yg banyak dan pedas. Aduh tambah dengan pangsit goreng makin mantap deh ya

Ya Tuhaan..kenapa postingan Kak Eko ini selalu bikin perut mendadak lapar yaaa ...
Dari semua menu pangsit, saya doyan banget cwimie. Rasanya enyaak bikin lidah bergoyang dan nagih.hehehe..

saya termasuk pecinta noodle, dan mie/kwetiau itu gak lepas dari pangsit goreng favorit gue. menarik banget yaa kuliner pontinak tuh

Baca gini langsung ngiler pengen pangsit haha, kapan2 coba bikin juga aahhh

Masaknya harus dihempaskan ya, Mas? Aku biasanya memasukkan bahan makanan ke wajan, wok, atau apa pun dengan penuh kasih sayang :D

mohon maap ini mas no pork no lard beneran mas? wuahhhh beneran aman dong ya buat muslim? dri videonya kok produksi saliva ku meningkat mas. pengen nyobain ah koo ntar ke pontianak

Saya beneran baru tahu lho, kalau pangsit makanan tiap hari orang Pontianak, hehehe. Tahunya pangsit ya dari Bandung.

Pangsit goreng yang viral ini dari Pontianak pasti enak

Wuih bikin ngiler ini Bang. Aku suka deh kwetiau kayak begini. Ditambah pangsit goreng, jadi makin meriah rasanya. Di mulut ada yang lumer, dan ada yang kriuk-kriuk. Pedesnya yang banyak ya. Biar nyooos! :))))

Wah, ini unik dan enak sekali. Saya belum pernah ketemu yang begini di tempat lain.
Jadi harus dicoba ya

haduh aku ngileer, ini mah enak banget. padahal cuma foto tapi berasa rasanya sampe lidah hahaha. duh mauuu. mau coba ah nanti. makasih sharing-nya mba.

Nengok gambar dan baca postingan ini, makin semangat buat order makanan gini utk makan siang.

Baca ini pagi2 langsung laperrrr. Jauh sekali tapi di Pontianak uhuhuhu, semoga bisa berkunjung trus cobain kulinernya juga

Hmmm bicara kuliner sih aku hampir suka semua yg penting halal dah. Kpn2 klu ke Pontianak pengen coba Pangsit Goreng sm Kwitaw yg viral ini ahhh...

pangsit goreng..belum pernah nyoba saya
jdi ngiler nih
btw..sodaraan kah itu pangsit dengan kwetiaw ?
klu di tanjungpinang banyak yg jual kwetiaw

Khas banget yaa itu keliatannya isiannya udang atau ayam sm ada rempah atau bawang bombay, jadi beneran pengin nyoba. Selama inu nyobanya brt aku pangsit2an aja isinya ayam jamuur :D

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon