20 Juli 2022

Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital

Pandemi memberi kesempatan Tukang Jalan Jajan belajar lebih banyak. Memanfaatkan situasi yang membuat kita lebih banyak beraktifitas dari rumah dengan terus menambah ilmu. Tidak melulu lewat bangku sekolah, ilmu praktis sudah banyak diberikan lewat media online, entah itu workshop, kursus bahkan pelatihan sekalipun. Semua bisa didapat dengan modal internet atau smartphone

Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital
Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital


Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital disa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Manfaatnya ada bermacam macam, mulai dari bisa menghemat biaya dan waktu, lebih praktis dan flexibel, pendekatan yang lebih sesuai, pengalaman belajar yang menyenangkan, lebih personal, mudah didokumentasikan, ramah lingkungan karena bisa mengurangi penggunaan kertas, dan yang terakhir alternatif selama social distancing.


Belajar Tanpa Batas di Ruang Digital

Pepatah lama mengatakan, belajar bisa sampai kenegi Cina, namun sekarang semua batas sudah bisa didobrak dengan teknologi bernama internet. Salah satu alternatif untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di tengah wabah Corona adalah melakukan kursus, webinar atau pelatihan berbasis online yang menyenangkan. 

Dengan kursus, pelatihan, webinar atau workshop berbasis online jarak belajar tidak menjadi hambatan dan bahkan menjadi tanpa batas. Apalagi saat ini banyak pembelajaran yang dikemas sangat menarik, walaupun berbasis online, materi disajikan dengan kreatif. Interaksipun dapat dilakukan secara virtual dan saling berdiskusi satu sama lain

Tak hanya materi yang disajikan, berbagai macam video pembelajaran berbasis online bisa disajikan. Membuat lebih bervariasi serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar karena lebih menyenangkan. Tak heran antusiame belajar online meningkat


Mempersiapkan Diri untuk Belajar Online

Ini penting agar kita bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin hingga memahami materi yang diberikan dengan baik. Persiapan yang matang membuat proses belajar jadi lebih baik. Apa saja yang sebaiknya dipersiapkan?

1. Ruangan Khusus yang Nyaman

Tukang jalan jajan memiliki ruangan khusus untuk belajar online, dengan ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik dan serkulasi udara yang nyaman ditambah dengan ruangan yang bebas gangguan. Tidak ada yang berlalu lalang atau bersuara bising. Kita lebih tenang mendengarkan narasumber dan jikalau membuka kamera juga aman karena pencahayaan yang baik.

Jangan diruang tidur ya, bawaannya mengantuk dan malah hilang konsentrasi karena kepikiran untuk meluruskan punggung dan alih alih malah mengantuk. iya kan? 

2. Jaringan Internet yang Stabil

Ini juga kunci utama, bahkan terkadang saya menyiapkan dua jaringan untuk berjaga jaga, semisal dari wiifi dan smartphone. Belajar online menyangkut audio video, maka sinyal internet juga harus kencang dan stabil supaya penerimaan pembelajaran juga baik. 

Jika sinyal terputus putus, bisa saja kita tertinggal materi yang disampaikan dan mood kita juga jadi buruk. Maka dari itu, pastikan semuanya lancar dan sudah ada backup sehingga bisa lebih fokus. Ssssttttt jangan lupa cek kuota sebelumnya.

3. Atur Jadwal dengan Baik

Kita boleh saja belajar sebanyak banyaknya tapi ingat, jadwal harus diatur dengan baik. Jangan sampai saling bertubrukan. Saya sendiri biasanya memilih kursus atau workshop sejenis paling banyak dua jenis dalam sebulan supaya dapat belajar dengan maksimal.

Mengambil kursus yang terlalu beragam terkadang membuat kita tidak fokus mau belajar dan mendalami yang mana terlebih dahulu. Sesuaikan jadwal kursus dengan kegiatan harian kita supaya tidak saling mengganggu

Dengan begini belajar online bisa berjalan dengan efektif. Belajar yang menyenangkan adalah dalam kondisi senang dan tenang. tidak terburu buru atau kepikiran mengerjakan sesuatu.

4. Catatan Selama Belajar

Walaupun dibagikan copy materi, saya biasakan untuk menyediakan buku dan pulpen untuk mencatat setiap quote atau pemikiran dari pemberi materi yang dianggap bagus dan relevan. Biasanya kutipan dari pengalaman mereka ini tidak tercatat dalam materi yang dibagikan

5. Siapkan Minuman dan Makanan Kecil

Supaya tidak mudah bosan saat mengikuti belajar online maka disarankan untuk menyiapkan minuman dan makanan kecil sebelum belajar online, Sehingga pada saat haus atau tiba tiba lapar, kita tak harus bolak balik ke dapur. Bisa-bisa tertinggal pelajaran dan hilang fokus.

Oh ya, mumpung ingat. Saya mau sedikit berbagi tentang kegiatan yang dilakukan oleh JNE yang kebetulan memberikan webinar kepada UMKM yang bagus untuk pengembangan Bisnis mereka, siapa tahu  sewaktu waktu webinar ini diadakan di Kota kamu, sekalian bisa ikutan kan


Webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi

Setelah sukses dibeberapa kota sebelumnya, kali ini webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong yang dihadiri lebih dari 100 UMKM, diisi oleh pembicara yang kompeten dibidangnya. Mereka adalah Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari selaku Owner Nami Craft, dan Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooipapua.

Latar belakan bisnis mereka menarik untuk diulik, Teguh Hidayat Iskandar selaku CMO Mooipapua memulai dangan ceritanya, “Mooi papua kan bergerak di bidang skincare, saat pandemi omset kita justru meningkat karena kebiasaan masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah. Peningkatan omzetnya mencapai 280% atau hampir tiga kali lipat.”,
ujarnya.

Ternyata, bisnis yang awalnya offline beralih ke online dan memanfaatkan jasa pengiriman untuk lebih memperluas pemasaraan. Berdiri sejak 2018, Mooipapua telah memasarkan produk yang eco-friendly dan social conscious. Dua hal ini menjadi value proposition sekaligus diferensiasi Mooipapua dibandingkan kompetitornya.

Teguh menambahkan, “Kami tidak terlalu banyak iklan tapi terbesar di value proposition. Produk kami eco-friendly karena bahan bakunya berasal dari alam, mulai dari buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya”. Keunggulan ini menjadi daya jual yang mempu bersaing dipasaran dengan produk sejenis.

Webinar-JNE-Ngajak-Online–GollAborasi-Sorong 1
Ratna Sari - Owner Nami Craft

Lain lagi cerita dari Ratna Sari selaku Owner Nami Craft yang membangun bisnisnya di sektor kriya menyampaikan pentingnya optimalisasi media sosial untuk memasarkan produk, seperti memaksimalkan produksi konten yang menarik hingga menggunakan hashtag atau tagar pada copywriting yang digunakan.

Pada webinar ini, Ratna menambahkan pentingnya diferensiasi dalam memasarkan produknya “Diferensiasi sangat penting ditambah saat ini kompetitor kita tidak sedikit yang awalnya bisa dihitung jari. Kami berfokus pada cara pengemasan yang berbeda dan menyediakan banyak kategori pengemasan seperti Korean Wrapping yang banyak digemari konsumen”, ujarnya.

Webinar kali ini memberikan gambaran kepada pengusaha lain bagaimana peralihan penjualan dari offline menjadi online dengan memanfaatkan internet dan saluran sosial media memberikan kesempatan produk dapat dikenal luas ke seluruh dunia.

Pasar yang semakin lebar membuat pengusaha ini harus dapat bermitra dengan perusahaan penyedia jasa logistik. Pengemasan yang ciamik dan aman serta pengiriman yang baik dan tepat waktu tentu menjadi nilai lebih perusahaan. Nah, JNE memang membuka peluang sebesar besarnya untuk terus bermitra dengan UMKM diseluruh Indonesia


JNE membantu Pengiriman Produk untuk Pasar yang Lebih Luas

Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan di 2024, 30 juta UMKM di Indonesia mampu digitalisasi. Untuk mencapai target tersebut diperlukan adanya kemitraan strategis antar pelaku usaha lintas sektoral. 

Tentu saja, dalam hal ini perusahaan penyedia jasa logistik berperan besar sebagai penggerak distribusi sekaligus solusi bagi UMKM Indonesia untuk melek digital melalui pelatihan. Adanya Webinar JNE Ngajak Online – Goll…Aborasi membuka jalan bagi banyak UMKM untuk maju bersama.

Webinar-JNE-Ngajak-Online–GollAborasi-Sorong 2
Fredi Luhukay - Branch Manager JNE Sorong

Hal ini disambut baik oleh Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, yang terus berupaya mendukung UMKM dengan berbagai program dan layanan, “Kami siap membantu dan memfasilitasi UMKM dari berbagai sisi. Untuk masalah penjualan logistik dalam kota hingga luar negeri, saya siap untuk membantu.”, sambutnya.

Fredi menyampaikan JNE Sorong bangga dengan adanya Goll..aborasi JNE yang mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online. Fredi juga menyampaikan bahwa saat ini JNE secara rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM

Program promo cashback, program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD, dan e-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.

Segala kemudahan ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk terus berkembang, memperkenalkan produk, meluaskan pasar dan mengembangkan bisnis. 

Jadi, belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan memanfaatkan teknologi, siapa tahu bisa dimanfaatkan ilmunya dalam waktu dekat untuk mendapatkan cuan.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

53 comments

Dulu itu, buku adalah jendela dunia ya, Mas. Dan sekarang bertambah lagi sesuai dengan perkembangan zaman. Kehadiran internet, membuat pengetahuan kita semakin luas, pertemanan semakin bertambah, dan terus bisa belajar tanpa batas. kapan saja, dan di mana saja.
Makanya harus dimanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada. Apalagi banyak webinar-webinar keren. Salah satunya webinar yang diadakan JNE.

Dengan teknologi digital, bisa banget ya belajar di mana pun dan kapan pun.

JNE menjadi salah satu bisnis yg bsa bertahan hingga puluhan tahun dan salah satu kata kunci yg saya dapat dari si empunya itu selalu melakukan inovasi dan memberi yang terbaik dan itu dibuktikan hingga saat ini

Kemajuan Internet saat ini lagi pesat-pesatnya, setiap saat selalu ada inovasi mengenai fitur-fitur layanan baik itu produk dan jasa. Nah, JNE pun hadir untuk memudahkan pelayanan berbagai proses pengiriman barang.

Ruang digital emang membebaskan kita melakukan apapun untuk pengembangan diri. Ibaratnya mau belajar sekarang nggak perlu harus duduk di kelas. Bahkan dari rumah pun bisa belajar segala hal.

Senang dengan jangkauan dari JNE yang makin meluas dan banyak dukungan yang diberikan untuk para pelaku usaha, apalagi bisa memanfaatkan ruang digital juga sekaligus. Ntaps nih

JNE sangaat membantu dalam hal pengiriman barang ke pelosok.negeri. Apalagi di saat pandemi kebutuhan akan ekspedisi tinggi untuk pengiriman obat, makanan dkk.

Keren banget euy JNE! Kolaborasi yang menuruku keren banget sih iniiii dan jadi jalan untuk rezeki orang lain. Udah gitu roda perekonomian jadi terus bergerak meroket meskipun dihantam badai pandemi

Zaman sekarang tuh, kalau cuma jualan offline rasanya memang kurang bisa berkembang. Sebab kebanyakan konsumen lebih suka belanja via online. Tidak perlu capek desak-desakan, antre, ataupun keluarin dana tambahan lainnya. yaa sebut saja makan bakso dan es jeruk karena capek ngider di pasar. Sudah pas keberadaan JNE sebagai salah satu penggerak roda online shop yang mengantarkan pesanan pelanggan sampai ke depan pintu.

Keren deh UMKM yang berani berinovasi. Apalagi yang kosmetik yang memang banyak saingannya. Juga seni kriya yang mungkin bukan menjadi kebutuhab primer tapi masih ada juga yang beli. Semoga jaya terus seni kriya Indonesia

Keren ya JNE ini memang selalu berikan motivasi ke UMKM dengan webinar-webinar yang menambah ilmu dan pengetahuan seperti ini. Selain memang juga sebagai dukungan logistik.

Sy juga pelanggan JNE bang, apalagi paket Yes membantu banget klu ngirim doc langsung smpe besoknya.. Tpi bagi sy itu namanya rezeki sekali klu JNE kerjasama dgn UMKM, jadi makin terdepan cari cuan nya.

Aku sering pake JNE buat kirim2 barang. Selama ini sih pelayanannya bagus dan tepat waktu. Jadi suka pake JNE

Dunia digital memang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari2 ya, banyak pilihan kelas upgrade skill juga

Program Goll..aborasi JNE ini masih terus diadakan yaa..
Keren banget membuka kesempatan banyak UMKM untuk belajar dan berkolaborasi mengembangkan bisnis bersama.

sekarang memang udah banyak space untuk belajar banyak hal ya kak. salah satunya tentang penjualan produk maupun jasa.. yang terpenting juga kita kudu jalin kolaborasi biar bisa terus berkembang

Gaya hidup serba digital ini kalau dimanfaatkan secara tepat memang bisa membuka pintu-pintu rezeki yang baru ya kak. Penting banget juga buat para pelaku umkm untuk memilih jasa logistik yang tepat dan memanfaatkan internet, agar makin cuan

Salut ya sama JNE ini, msh bsa bertahan hingga puluhan tahun dan salah satu kata kunci dari siempunya itu selalu melakukan inovasi dan memberi yang terbaik dan itu dibuktikan hingga saat ini

Wahh teknologi memang membantu banget dalam berbagai aspek dan menjangkau semuanya disetiap lapisan masyarakat, semoga dengan hadirnya JNE ini bisa membantu pengusaha serta UMKM untuk terus bangkit dan mengembangkan usahanya tanpa perlu khawatir dengan pengirimannya. Karena sudah ada JNE yang membantu dan memfasilitasi semuanya..

Pandemi ini meski awalnya sangat menyusahkan akhirnya justru menjadi berkah bagi banyak orang.

Sebuah program yg keren utk mengajak UMKM agar bisa memanfaatkan ekosistem digital demi memperluas jangkauan pasar, apalagi saat ini pengguna internet semakin banyak

Setuju belajar tanpa batas kini gampang saja..ruang digital memberi kemudahan termasuk bagi UMKM untuk terus berkembang, memperluas pasar dan bisnisnya. Dan JNE sebagai perusahaan jasa logistik siap sedia memberi dukungannya. Salut

Sebagai pelanggan JNE terasa sekali berbagai manfaatnya dalam kehidupan. Selain mempermudah bisnis kini juga berbagai program JNE dirasa menyentuh berbagai lini. Keren!

Wah, ternyata pelaku UMKM di Sorong kini semakin melejit ya. Dengan bisnis skincare ada pula craft, tentunya ini akan menjadi usaha yang mendatangkan rezeki serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di Papua. Salut buat JNE yang ngajak online melalui webinar keren ini!

Kita beruntung hidup di masa ilmu pengetahuan bisa diakses dengan mudah, ya, Kak. Berkat internet, belajar bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Kemajuan teknologi membuka banyak peluang belajar dan kesempatan mengembangkan diri ya, tinggal gimana memanfaatkannya aja

Saya kalau kirim-kirim juga lebeih prefer menggunakan layanan JNE.
Pelayanannya memuaskan, jaringannya luas.
Internet memudahkan kita memantau info terbaru dan ilmu baru. Ruang digital memperpendek 'jarak' dengan informasi.

JNE keren ya terus memberikan edukasi untuk para UMKM di berbagai kota agar go digital sehingga pemasaran makin luas.

Kalau belajar memang harus diimbangi sama mencatat pelajaran.
Apalagi Quotes dari narasumber itu gereget buat disimak dan dikaji

Apa yang dilakukan oleh JNE ini emang keren dan inspiratif ya kak
JNE mendukung UMKM untuk terus berkembang, dengan cara Go Digital

Semoga y dengan adanya program JNE ini semakin maju dan berkembang UMKM.apalaginkalau sudah ada digitalnya ya...

Semakin suka pakai JNE makin bnyk promonya

Program JNE ini membantu banget ya. Produk jualan saya juga pake JNE karena emang ini yang terbaik, jarang bahkan hampir tidak pernah ada masalah, cepat dan sigap.

Sekarang sudah memasuki dunia digital, jadi penting banget selalu melakukan kolaborasi supaya lbh maksimal ya ka 😍

Pandemi benar-benar merubah segalanya ya. Kebiasaan, gaya hidup, kesehatan dan segala macamnya. Tapi berkat internet yang handal, gak jadi masalah apabila bisa mengatur dan memanfaatkan waktu dengan baik

JNE ini adalah expedisi favorit aku, udah paling gampang nemuinnya soalnya. Cabangnya ada dimana-mana
Dengan internet semakin mempermudah kerjaan juga ya, kursus digital juga bisa lewat online. Gampang

Bener, bener. Selama pandemi jadi bisa dapat ilmu macam-macam secara online. Ikiut workshop, seminar, dll yang diadakan di berbagai kota. Tapi paling sebel kalau jaringan internet nggak stabil dan kepental keluar melulu >.<

Keren nih JNE menggandeng UMKM. Harapannya dengan adanya kolaborasi ini omzet penjualan jadi meningkat ya

selama pandemi ini penjualan online untuk produk makanan dan juga skincare itu meningkat tajam ya, orang jadi lebih aware untuk perawatan kulit di rumah, dibantu dengan pemasaran secara digital lewat media sosial tentunya jadikan pasarnya lebih luas lagi.
JNE membantu banget usaha UMKM ya :)

Jadi ingat kata2 bang don, jadikan belajar sebagai hobi belajar pasti menyenangkan 😁 apalagi jaman sudah modern ❤️ semua bisa dilakukan dari rumah baik itu belanja maupun belajar online.

Sekarang belanja online lebih digemari yak daripada belanja offline, banyak yang omset meningkat sejak beralih ke online ya mungkin karena jangkauan lebih luas kali yak. soal pengiriman mah JNE selalu jadi idola, aku soal kirim2 paket dari dulu emang selalu milih JNE sih, terpercaya jjuga.

Wah program Goll.. aborasi ini patut diacungi jempol nih, bisa membantu para pelaku bisnis memaksimalkan potensi produknya, pemasaran jg bisa lebih lancar ya

Wah, JNE memang keren ya. Dengan program Goll-aborasi bisa menebar manfaat lebih luas, melalui acara-acara webinar, dll. Makin cinta sama JNE, deh...

JNE Goll...Aborasi ini rutin diadakan sehingga membawa dampak yang baik bagi pelaku bisnis UMKM. Banyak mendapatkan pelajaran terutama di bidang digital marketing. Semoga produk UMKM Indonesia bisa semakin dipercaya dan dikenal masyarakat Indonesia.

waaa seru banget nih JNE Goll...Aborasi ini yaaa, membantu banget buat para UMKM jugaa, semoga acaranya bakalan terus diadain ya hihihi

Tempat khusus buat belajar itu emang ngaruh ke mood belajar. Apalagi kalau punya ruangan khusus yang dihias sesuai selera kita, waah makin semangat lagi belajarnya..

alhamdulillah ya sekarang banyak wadah untuk belajar :')

wah JNE keren, umkm memang seharusnya di dukung penuh. asyik banget nih sama program JNE loyalty Card, gratis jemput paket tanpa minimal berat, itu menguntungkan umkm banget deh, sukses terus buat JNE.

JNE sangat mendukung para pelaku usaha untuk gak hanya mahir berbisnis tapi juga naik kelas dengan wawasan menarik melalui webinar

Keren ya moipapua sampai naik 3x lipat gitu omzet nya. Apalagi memikirkan diferensiasi segala untuk pengemasannya. Salut juga dengan JNE yang bikin webinar

setuju nih kak, kalau belajar tuh paling enak punya ruangan sendiri . ngga harus luas, yang penting nyaman dan bisa kita bikin fokus saat belajar secara online

Sekarang teknologi lebih mudah diakses, segala dipermudah. Tapi sayangnya, kadang internet suka kurang stabil :')

Enaknya hidup di era digital ya, urusan belajar jadi lebih mudah dan praktis dengan memanfaatkan ruang digital. Jadi tidak terbatas waktu dan tempat. Btw salut banget dengan kontribusi dan dukungan JNE untuk para pelaku usaha atau UMKM

Keren bgt ya JNE, program2nya membantu & mendukung UMKM biar lebih berkembang

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon