23 Mei 2022

UMKM Bangkit Saat Pandemi di Indonesia

Pernahkan kalian penasaran, apakah Pandemi covid selalu memberikan dampak negatif? Tukang Jalan Jajan tergerak untuk mencari tahu karena banyak hal seperti mata uang, memiliki dua sisi. Termasuk pandemi ini, Pasti ada hal positif yang bisa didapat, siapa tahu kita telah merasakan manfaatnya.

Pandemi Covid-19 menyebabkan diberlakukannya restriksi sosial, restriksi aktivitas yg bersifat langsung, sebagai akibatnya menciptakan UMKM mengalami kesulitan. Salah satu rekomendasi yg ditawarkan pada kajian ini yaitu melalui digitalisasi UMKM. 

UMKM Bangkit Saat Pandemi di Indonesia Bersama JNE
UMKM Bangkit Saat Pandemi di Indonesia

Kita boleh lihat sekiling, mulai dari UMKM Kuliner yang terus bertumbuh dan meluaskan pasar. Dulunya offline sekarang online bahkan sudah menerima pengiriman seluruh Indonesia. Semuanya bergerak cepat karena ingin survive dan mendapat cuan. UMKM Bangkit Saat Pandemi di Indonesia



Digitalisasi UMKM Jadi Lebih Cepat

Pandemi Covid-19 memang memberi tekanan yg akbar dalam sektor bisnis mikro, mini & menengah (UMKM). Tetapi pada sisi lain, adanya pandemi jua memberi keuntungan, satu diantaranya adalah meningkatnya kecepatan digitalisasi UMKM.

Berdasarkan survei Bank Indonesia mengungkapkan sebesar 87,5 % UMKM terdampak pandemi Covid-19. Dari jumlah ini, lebih kurang 93,2 % pada antaranya terdampak negatif pada sisi penjualan. Pandemi menaruh tekanan pendapatan, laba, & arus kas sampai pemilik bisnis menentukan bertahan sembari melihat keadaan.

Perluasan Pasar UMKM Cilegon dan Kerjasama JNE
Digitalisasi Memperluas Pasar Hingga Seluruh Indonesia

Di sisi lain, pada survei yg sama, masih ada 12,5 % responden yg tak terkena pengaruh ekonomi berdasarkan pandemi, bahkan 27,6 % memperlihatkan peningkatan penjualan dengan menggunakan memanfaatkan platform digital.

Boleh dibilang, UMKM sebenarnya mempunyai daya tahan terhadap gejolak perekonomian. Tetapi Covid-19 sudah membawa pulang krisis perekonomian Indonesia menggunakan taraf kompleksitas yg lebih tinggi dibandingkan krisis 1997-1998.


UMKM Bangkit Saat Pandemi di Indonesia

Digitalisasi adalah suatu yg wajib dilakukan, mau tidak mau ini harus dilakukan. Lantaran pada masa restriksi ini para UMKM membutuhkan bantuan teknologi digital buat permanen menunjang aktivitas operasional.

Hasil survei menampakan, sebagian besar UMKM mengalami kesulitan baik berdasarkan segi keuangan juga non-keuangan. Penurunan taraf pemesanan, sulitnya distribusi, & sulitnya memperoleh bahan standar menyebabkan UMKM yg terdampak kesulitan buat membayar kewajiban utang permanen & sebagian sampai menurunkan jumlah pekerja.

Asal tahu saja saat pandemi, digitalisasi ini mungkin butuh ketika kurang lebih 10 tahun lagi, baru kita sanggup catch up mencoba menyamai negara-negara lain yg telah lebih dulu melakukan digitalisasi. Namun pandemi membuat UMKM belajar lebih cepat dan menyesuaikan diri dengan keadaan.


Perluasan Pasar UMKM di Cilegon dan Kerjasama Jasa Pengiriman

Pandemi telah mengubah lebih dari 17,5 juta UMKM di Indonesia menjadi saluran digital, menggunakan berbagai  media sosial sebagai alat pemasaran. Tak terkecuali para penggiat UMKM Cilegon dan berusaha menciptakan terobosan-terobosan baru melalui kolaborasi. Tidak hanya terkait UMKM, kerjasama yang dilakukan UMKM Cilegon juga terkait dengan sektor transportasi.

 
JNE menggelar JNE Goll..Aborasi Bisnis online dalam rangka mendukung para UMKM
Talkshow JNE Goll..Aborasi Bisnis online

Dukungan JNE terhadap UMKM adalah kegiatan “JNE menggelar JNE Goll..Aborasi Bisnis online dalam rangka mendukung para UMKM, semoga dengan adanya  acara JNE Goll..Aborasi online ini bisa menjadi inspirasi untuk para UMKM  dan  kita semua.”, buka Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, telah diadakan Rabu, 18 Mei lalu.

JNE memperkenalkan dua pelaku UMKM pada acara tersebut yaitu Farah Kartika Sari selaku pemilik IKM Permata (sandal hotel Cilegon) dan Linda Yuli Yani selaku pemilik ELYECRAFT. JNE Cilegon memberikan Dukungan UMKM untuk Terus berkembang, JNE Cilegon memperkenalkan beberapa program kepada UMKM dan masyarakat sekitar. 

Talkshow JNE Goll..Aborasi Bisnis online
Talkshow JNE Goll..Aborasi Bisnis online

“JNE adalah perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, mengusung tagline Connecting Happiness, kita tidak hanya mengantar saja tapi juga memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat”.


JNE Goll..Aborasi Bisnis online

JNE Goll..Aborasi Bisnis online menghadirkan dua pelaku UMKM pada gelaran ini, salah satunya Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon). Ia bercerita bahwa perusahaan yang dirintisnya Tak luput dari berbagai kesulitan, termasuk angka penjualan beberapa produknya sempat turun drastis.

“Adanya pandemi ini menghambat produksi kita, sehingga adanya COVID-19 membuat kita menjadi lebih putar otak bagaimana supaya UMKM kita tetap berjalan. Melalui sosial media, e-commerce, lalu ekspedisi seperti JNE, kami sebagai UMKM manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kita juga berkolaborsasi di sana, usaha kita yang di masa pandemi krisis menjadi stabil lagi.” pandemi ini tak membuat pihaknya patah semangat, berbagai strategi terus ditekuni Kartika.

Sebagai orang yang berdedikasi di industri perhotelan, ia melihat pentingnya bisa membangun hubungan baik dengan tamu. “Kami percaya bahwa loyalitas pelanggan itu penting, kami selalu mendapatkan keluhan dan kemudian kami mencatat dan berusaha menjadi lebih baik. Kami juga sering memberikan penghargaan kepada pelanggan kami dengan memberikan kartu ucapan. Pembeli yang merasa dihargai dan terus mengulangi pesanan mereka.

Hiasan manik manik atasan wanita
Atasan manik manik khas Wanita Dayak sekarang mudah didapatkan secara online

Seiring dengan Kartika, hadir pula Linda Yuli Yani  selaku Owner ELYECRAFT yang setuju bahwa media sosial memainkan peran penting dalam keberhasilan UMKM.  “Hampir semua bisnis  mikro dan makro terkena dampak  pandemi, di masa lalu kami bisa mendapatkan pesanan 40-80 bungkus. Selama masa pandemi, produk kami hanya terjual 4 bungkus”

Menjawab persoalan tersebut, Linda menyatakan “Waktu itu masyarakat heboh mencari masker dan kita mencoba membuat konektor masker untuk wanita yang memakai hijab. Kita jual di marketplace, Instagram dan Facebook sehingga omzet-pun meledak.”

Topi Burung Enggang khas Dayak
Dulu harus ke Kalimantan dulu untuk mendapatkan topi ini, sekarang bisa dibeli onnline

Selain itu, Linda juga memberikan tips dan trik bagi UMKM untuk sukses dalam usahanya, “Jangan malas untuk membuat konten, kita harus berbeda dan tentu saja unik. Last but not least, tidak melihat pesaing sebagai musuh, melainkan sebagai kekuatan pendorong untukmaju, motivasi dan bahkan bermitra dan teman kolaborasi.



JNE dan Kegiatan Lainnya

JNE Cilegon juga sering melakukan program CSR. mulai dari pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama.

JNE Cilegon juga terus berupaya untuk mampu meningkatkan penjualan para UMKM. “Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya, yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.” ungkap Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon merupakan kota ke-sembilan dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Cilegon, gelaran roadshow ini juga sudah hadir di Kota Pasuruan pada 19 Mei 2022.

Kalau ada "JNE Goll..Aborasi Bisnis Online" di kota kalian, jangan lupa untuk ikutan ya!



Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

44 comments

Mantep memang semangatnya, bisnis tak terhalang pandemi. UMKM memang perlu dikembangkan, di masa seperti ini solusi yang tepat adalah bisnis online dan yang paling pentng jasa pengiriman. Terima kasih informasinya!

Info event-event gini dimana yaa, suka ketinggalan banget sama infonya nih. Tapi emang JNE ini mendukung banget untuk UMKM di Indonesia, tidak khawatir lagi soal pengiriman karena tersedia berbagai paket layanan yang bisa cepet sampai ke tangan pembeli.

Sepakat! Memang peran perusahaan-perusahaan jasa pengiriman seperti JNE, harus diakui memiliki peran besar dalam mendukung teman-teman UMKM sehingga tidak benar-benar terkapar di masa pandemi kemarin.

UMKM Indonesia tuh memang sekeren itu, ya. Ketika masa pandemi kayak gini, mereka tetap bisa bertahan dan mampu beradaptasi dengan zaman. Bahkan kalo nggak salah, ada juga pemilik usaha yang di masa seperti ini, dapat kesempatan untuk kenalin produk-produknya ke luar negeri. Maju terus UMKM Indonesia! 👍

Pandemi membuat hampir semua sektor terdampak, termasuk UMKM. Tetapi, sebetulnya pandemi pun jadi membuat para pelaku usaha untuk mau melek digital. Berkolaborasi dengan perusahaan ekspedisi terpercaya seperti JNE supaya usahanya semakin maju

Seneng banget dengan program JNE ini karena terus mendukung UMKM agar semakin berkembang. Semoga berkelanjutan programnya dan merambah ke semua daerah di Indonesia

JNE keren banget peduli sama UMKM dan berkali-kali melakukan kegiatan CSR. Semoga makin sukses JNE dan UMKM - UMKM di Indonesia

semangat terus yaa JNE.. soalnya memang banyak banget UMKM di Indonesia yang butuh support dari jasa logistik indonesia seperti JNE ini

JNE sudah banyak membantu UKM dan UMKM di Indonesia. Semoga sinergi yang baik ini terus berlanjut dan semakin membuat perekonomian Indonesia menjadi semakin maju.

Senang sekali, JNE sangat mendukung UMKM Indonesia. Di beberapa daerah saya baca beritanya. Kali ini di Cilegon ya. Mantap JNE.

There's always a silver lining between the clouds. Dampak positif pandemi ini memang berefek pada percepatan digitalisasi, misalnya perilaku shopping.
Yakin deh sekarang pasti pada lebih enak belanja online dibandimh offline. Tinggal klak-klik di smartphone dari rumah, barang nyampe deh
Thank you JNE, salah satu kurir yang sangat membantu UMKM bertahan di era pandemi

Tapi memang pas pandemi beberapa UMKM bisa memanfaatkan keadaan untuk maju karena penjualan online didukung oleh para kurir dan juga perusahaan ekspedisi seperti JNE yang bisa mendekatkan merreka dengan pelanggan

Semenjak pandemi dan terbatas untuk berkegiatan di luar rumah, semuanya menjadi serba digital, termasuk dalam hal jual beli. UMKM mempunyai celah yang luar biasa untuk maju saat pandemi, dibantu dengan pengiriman paket seperti JNE, tambah mantap lah

Bener banget kak di sisi lain pandemi ad a hikmahnya dg banyaknya UMKM bermunculan, bagus sekali JNE mendukug UMKM biar makin maju ya

Aku bener bener melihat dengan jelas perubahan alur digitalisasi UMKM. Dulu kita bisanya cuman belanja via offline atau titip. Sekarang mau belanja dari Sulawesi pun juga udah bisa. Ada banyak pendukung juga di sektor UMKM ini ,seperti misalnya jasa expedisi. Dengan begini, pelaku usaha juga terbantu

Disini kita baru bisa berkata, bahwasanya pandemi juga membawa hikmah dan kebaikan. Terutama untuk para pelaku UMKM, semoga setelah go digital usahanya makin berkembang ya

semangat utk para UMKM, dan pastinya butuh byk support dari berbagai kalangan, termasuk JNE dan kita-kita.

Eh baru tahu juga lho soal aborasi dengan JNE ini. keren banget programnya, bener2 ikut memberdayakan UMKM dan pekerja lokal yaa kak

Kalau melihat roadshow yang diadakan JNE dalam rangka maju berkolaborasi bersama UMKM, rasanya semakin ingin mengikuti acara keren yang rutin diselenggarakan ini.
Akankah ke daerah Jawa Barat?

Ikut senang ya UMKM mulai menggeliat lagi smoga terus berkembang usahanya dan meningkat omzetnya. Apalagi sdh dibekali ilmu tentang digital marketing. Makin joz itu...JNE pun support banget ya, salut ya deh krn programnya keren bantu UMKM.

Ikut bahagia asli deh liat perekonomian negeri tercinta ini mulai bangkit terlebih lagi banyak dukungan buat para pelaku UMKM nih salah satunya dari JNE yang komitmen dan konsisten gini ya

Ikut senang dengan kebangkitan UMKM ini
Apa yang dilakukan oleh JNE ini sangat inspiratif
Ini namanya kolaborasi yang menguntungkan ya

Semoga seterusnya UMKM semakin bangkit. JNE juga sangat menginspirasi dengan mengadakan kolaborasi yang saling menguntungkan. sukses buat JNE dan UMKM di Indonesia

Pandemi ini memang jadi seperti dua sisi koin ya, karena pandemi ini juga jadikan UMKM menjadi naik kelas sih, dari tadinya cuma mengandalkan jualan offline sekarang udah pada semakin mahir dengan juaran online apalagi JNE sebagai partner selalu memberikan pelayanan terbaik dalam membantu usaha UMKM lokal, kereen banget sampai Goll..aborasi hingga 60 kota.

Nah itu, ga selamanya hal yg terlihat negatif, bener2 ga ada manfaat. Krn terkadang di saat kepepet, manusia malah punya banyak ide utk survive. Termasuk munculnya UMKM, start up, dan banyak usaha lain yg akhirnya bisa menopang ekonomi kita ttp jalan :). Apalagi Indonesia yg terkenal orang2nya sukaaaa sekali belanja hahahaha .

JNE selalu jadi penyedia logistik kepercayaanku. So far puas, paket yg dikirim menggunakan jasa mereka selalu sampai selamat dan aman

Siapa sangka ya, ternyata pandemi COVID-19 juga mendatangkan banyak hikmah. Terkhusus bagi para pelaku UMKM yang awalnya sempat terdampak tapi tetap bisa bangkit bahkan makin banyak usaha dan start up baru yg muncul kala pandemi

"Jangan malas membuat konten." Hwaduh, tips yang sungguh menyentilku yang masih belum rajin bikin konten untuk barang2 jualanku sendiri :(

Di kala terdesak ide-ide kreatif, suka muncul, inilah efek positif yang ada karena pandemi, UMKM jadi bisa mengembangkan diri untuk mencoba merambah ke digital market. Semoga UMKM Indonesia lebih dikenal lagi di dunia, aamiin. Salut buat JNE

Pandemi udah kayak Ramadan, UMKM bangkit di waktu yang dibutuhkan, klo pas Ramadan dibutuhkan cuannya untuk beli baju lebaran, klo pas pandemi dibutuhkan karena berawal dari kebingungan, dan terus harus cari cuan. Ehh gmn.

Salut dengan Goll...Aborasi yang dilakukan JNE.
Senantiasa memberikan sarana bagi UMKM untuk terus berkembang dan maju bersama. Semoga lepas pandemi, semua bisa berbahagia kembali.

Yang kerasa banget saat pandemi peran digital ya kak. Semua jadi serba online karena berbagai pertimbangan semoga juga UMKM ita semakin melek teknologi dan terfailitasi dg baik

Setuju kalau setiap peristiwa ada sisi positif dan negatifnya, seperti pandemi ini. Sekalipun sulit, bukan berarti tidak bisa kan yah. Beruntung Indonesia memiliki JNE yang membantu para pelaku UMKM

Bangga bgt sama JNE krn perannya begitu nyata utk masyarakat. Mudah2an kualitas layanannya makin bagus, terutama jasa pengantaran jadi semakin cepat shg barang cepet sampai

Pandemi memang merenggut banyak hal. Tapi di sisi lain pandemi juga menuntut kita agar meningkatkan daya saing dan kreativitas, terutama bagi para pelaku bisnis UMKM. Goo digital dalam proses bisnis di zaman sekarang adalah sebuah keharusan.

JNE luar biasa ya, selalu support umkm.
Karenanya kita kian optimis dgn kondisi ekonomi pasca pandemi ini

saya sering sekali ketinggalan event-event begini. padahal ini ilmunya daging banget.
JNE memang paling the best sih soal pengiriman barang. Mereka banyak jasanya nih untuk membantu UMKM.
nice review mas!

Ternyata pandemi juga mendatangkan banyak hikmah ya, salah satunya membangkitkan UMKM setelah terdampak juga

JNE mendukung banget UMKM, ya. Jadi, UMKM Indonesia bisa terus maju. Walu dihantam pandemi, bisnis harus tetap berjalan agar roda perekonomian tidak berhenti begitu saja.

Keren nih JNE selalu mendukung UMKM Indonesia melalui program2 nya.. Smoga makin maju ya... Amiin.

Semoga UMKM di Indonesia cepat pulih. Beruntung masih ada yang perhatian dan peduli dengan kemajuan UMKM ya..

Ternyata meskipun pandemi ada juga ya UMKM yang justru makin bangkit

Bisa disimpulkan kalau UMKM yang beradaptasi dengan digital akan mampu bertahan di masa pandemi.

keren banget ya JNE, semoga programnya ini mampu mendorong para pengusaha UMKM agar lebih maju dan semua UMKM juga mulai melek dengan dunia digital yang pastinya akan mendorong mereka makin maju

Banyak sektor yang berimbas karena pandemi, tapi juga ngga sedikit yang masih bisa bertahan.
Khususnya untuk UMKM yang bisa Go Digital memanfaatkan pemasaran digital.
Program JNE juga membantu percepatan digital UMKM

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon