15 Januari 2022

Lamongan Ala Pontianak Lalapan Terasi Ulek

Pecel Lele Lamongan, sesuatu yang hampir bisa ditemukan diberbagai sudut penjuru negeri. Pontianakpun sama, banyak warung Lamongan yang merata tersebar di berbagai lokasi, mulai dari pojok jalan sampai ruko yang bagus. Salah satu yang kekinian adalah Lalapan terasi ulek, konsep lamongan dengan citarasa Pontianak yang menggelora. Terpampang nyata dari namanya, bukan?


Lamongan Ala Pontianak Lalapan Terasi Ulek
Lamongan Ala Pontianak Lalapan Terasi Ulek

Mengapa Banyak Pedagang Pecel Lele Lamongan?


Pertanyaan yang bikin penasaran dan menimbulkan rasa ingin tahu. Berbicara tentang pecel lele lamongan tentu sangat erat kaitannya dengan soto lamongan yang juga dijual berbarengan. Makanan yang selalu identik dengan tenda yang memiliki spanduk yang sangat berwarna warni cerah dengan gambar hewan yang mirip antara gerobak satu dan lainnya.

Pasti juga penasaran, mengapa lele? banyak jenis ikan yang lain. Dari obrolan dengan banyak penjual, ternyata karena ikan ini memiliki ketahanan hidup yang luar biasa, walaupun minim air tetap bisa. Demi menjaga kesegaran ikan, maka lele merupakan pilihan yang tepat. Segar sebelum disajikan!

Seiring dengan berkembangnya waktu, ikan lele tak hanya sendirian, banyak ikan lainnya yang juga disajikan termasuk ayam, bebek bahkan seafood.

Lalu Bagaimana dengan sambalnya? Bagi penikmat sambep pecel sayuran atau sambal pecel lele pasti langsung bisa merasakan perbedaannya bahkan dari sekilas pandangan mata.

Sambal pecel sayuran dengan tumbukan kacang tanah yang banyak disertai dengan rasa yang lebih beragam dan tajam karena ada beberapa tambahan bumbu dapur yang mempunyai aroma dan rasa yang khas. Sambel pecel lele lamongan dibuat sangat sederhana dengan cabe, bawang putih dan tomat yang banyak. 

Proses pengulekan dilakukan setelah semua bahan digoreng dengan minyak, baru kemudian ada yang menambahkan terasi atau kacang mede bahkan wijen untuk menambah rasa gurih dan sembagai penciri dari rasa.

Adaptasi Warung Lamongan 


Menjadi comfort food bagi lidah orang lokal bukan perkara mudah. Beberapa penjual terpaksa malah menghilangkan lele dan mengganti dengan ayam supaya orang lokal merasa lebih "nyaman" menikmatinya. Maklum saja, banyak juga yang merasa geli dengan lele.

Bahkan tak hanya dari segi proteinnya saja, beberapa warung lamongan yang saya temui malah menambahkan pilihan nasi uduk untuk teman makan ayam goreng dan sambal lamongannya, termasuk dengan tambahan kol goreng yang super berminyak. Jadi jangan heran, ada beberapa warung lamongan yang justru lebih terkenal dengan makanan lainnya.

Tentu tidak itu saja, ada beberapa warung yang mengganti sambalnya. sesuatu yang sangat krusial dan menjadi hakekat penting sebuah warung lamongan dengan sambal korek atau sambal bajak cabe ijo. 

Perubahan yang cukup ekstrim namun tak bisa ditolak demi perkembangan dan kemajuan bisnis. Mau tak mau, adaptasi harus dilakukan atau mati.

Lalapan Terasi Ulek, Lamongan Ala Pontianak


Tergambar sudah bagaimana rasa dari lamongan ini bukan? Mengandalkan sambal terasi sebagai point of view nya. Menemani semua kelezatan sumber protein dan serat yang disediakan warung ini

Apa saja yang bisa dinikmati disini? Dari catatan saya, bebek gorengnya adalah ancaman yang menakutkan dan tak boleh dielakkan. Awalnya tukang jalan jajan beneran penasaran deh ama yang baru buka @lalapanterasiulek ini kan ya.

Bebek Goreng Sambal Terasi Ulek
Bebek Goreng Sambal Terasi Ulek

Semacam lamongan, tapi masa iya pake sambal terasi ulek? Tukang Jalan Jajan auto penasaran dan pengen cobain dong! Pesennya bebek setengah ekor! Iya... Ini setengah ekor dan besar. Bebeknya sudah diungkep lalu digoreng dengan tepung sehingga ada sensasi renyah dibagian luar. Bebek berdaging tebal ini sungguh mantap dimakan dengan nasi panas.

Tak melulu ayam atau bebek, ada pendampingnya sambal terasi yang diulek dan aneka lalapan! Ahaaay ada daun ubi rebusnya. Auto lahap. Jika ingin menambahkan rasa berbeda tinggal memeras jeruk kecil untuk menambah rasa asam seger pada bebek, mengikis rasa minyak yang melekat. Sudah lapar belum sih??

Bebek Goreng dan Lalapan Sambal Terasi Ulek
Bebek Goreng dan Lalapan Sambal Terasi Ulek

Duhhh mantap banget, bebek goreng empuk ini beneran terasuki bumbu sehingga ngga ada aroma amisnya lagi. Hanya ada rasa rempah ungkepan. Dagingnya masih bertekstur dan masih memberikan perlawanan.Tepung renyahnya beneran menggoda. Berbumbu dan gurih. Paling sedep dipadukan dengan sambal terasi yang pedes menggoda dengan aroma kemangi.

Begitu dipadukan dan dimasukkan kedalam mulut langsung meledak manja. Duhhh enak. Lalapannya bisa ditambah dengan pesan ekstra. Eh jangan lupa. Disini juga ada udang yang direbus lalu ditumia. Rasanya manis dan buttery. Nikmat dicocol dengan sambel.

Kalian juga bisa pesen sambel teri dengan sambel ijo yang pedas mengigit. Duhhh ini makanan jahat banget dengan nasi putih! Yuk nyobain lalapan sambal ulek biar kamu tahu juga enaknya

Makan Enak, Lalapan Ala Lamongan Gaya Baru


Aneka Gorengan
Ayam
Bebek
Lele
Nila
Udang
Cumi
Patin
Ati Ampela

Aneka Tumisan
Kangkung
Tauge
Terung
Kol

Aneka Sambal
Sambal Terasi
Sambal Cabe Ijo

Aneka Tambahan
Tempe
Tahu
Telur Dadar
Telur Biawan
Semuanya dibuat saat dipesan oleh pelanggan. Benar benar fresh from the oven. Mari kita makan dengan bahagia. Selamat makan dan salam yumcez!
Lalapan Terasi Ulek
Jl. Tamar, Simpang Polda Lama
Buka mulai 11.00-22.00 WIB

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

34 comments

Duh jadi lapar kalau lihat lalapan kayak gini yang nagih banget rasanya, hemmm memang khas makanan kayak gini apalagi ada terasinya sedap.

Hmm sepertianya enak sambelnya, pake terasi ... orang Jawa Timur senang nih ada warung Lamongan di Pontianak.

Enak-enak semua ih, jadi ngiler saya liatnya mana belum sarapan�� kalau ke pontianak kudu cobain nih.

Sebagai orang Lamongan, aku langsung kemecer dan ngiler lihat ayam kriuk yang dicocol ke sambal terasi di atas cobek. Uniknya, di Lamongan sendiri ga banyak yang jual sambal di cobek gitu yang langsung diulek waktu dipesan. Kebanyakan sambal pecel lele di Lamongan kota adalah sudah siap dan tinggal dibungkus. Apa pun pilihannya, Lalapan Terasi Ulek memang maknyus!

Wkwkwk, ancaman yg menakutkan tapi tak boleh dilewatkan ya. Saya setuju nih sama peristilahan ini. Jangan nolak kalau ada pilihan makanan lezat.

Yang bikin lamongan selalu jadi pilihan karena harganya yang murah dan rasanya yang enak, ditambah dengan aneka lalapan dan aneka sambal bikin makan jadi makin enak

Maknyusss bangett!
Aku auto kalap dan bisa habis nasi sebakuuul dah kalo menunya cem gini, dan sambelnya aduhai!
Btw, klo di lamongan tuh kayaknya ngga ada orang yg jual lele goreng loh :D
walpun judulnya pecel lele lamongan, tapi....
Yg paling banyak di sby.

Aku dulu agak aneh sm kol goreng, karena kebiasaan aku lalap mentah. Ternyata setelah nyoba enak ya. Akhirnya jd sering bikin kol goreng meski minyaknya gak asik, hahaha

waduh...auato lapar pas mau komen, gurih-gurih pedesssss endol bakal bisa nambah 2x nih, or bisa 3x nih hahaha...mau kesituuuuuuuuuuuu

Auto lapar, Bang Don hahaha. Apalagi saya suka sekali dengan lele. Dan lele itu termasuk ikan segar. Jadi pas akan dimasak, baru diolah. Jadi dagingnya manis. Hanya memang, Makanan dari daerah lain yang dijual di daerah lain, kadang disesuaikan dengan lidah orang lokal, Mas. Misalnya, di Makassae ada yang jual gudeg yang aslinya cenderung manis, itu disesuaikan dengan lidah orang makassar yang tidak terlalu suka makanan manis.

Ga bakal nolak deh sama bebek goreng sambal plus lalapan. Auto laper nih padahal habis makan wkwkw.

hua ini mah wajib banget kalau misalkan pergi ke Pontianak untuk mampir ke sini mba Don, duh bikin laper kebetulan pas banget jam makan siang

hmm bayangin makan lalapan sambal terasi, bisa nambah berekali-kali nih karena maknyusnya.
iyaah ya, kalau warung/resto gak mau mengikuti selera pengunjung, yaudah deh siap-siap aja gulung tikar, makanya malah jadi banyak tempat makan yang terkenal malah karena makanan modifikasinya ya bukan menu utama :D

Dulu sempet bingung pas nyobain warlap Lamongan. Katanya pecel lele tapi kok jualnya ayam? wkwkwk but yummy banget, apalagi sambelnya. Padahal lele kan gurih yah enak.

Nikmatnya membuat bahagia yang menyantapnya. Sepertinya sama daku gak hanya untuk makan di tempat aja, bisa bawa pulang juga hihi

Wah malah lebih mantep klo sambel nya diulek begitu kak, bikin lebih nendang rasanya

Pecel Lele Lamongan mah di Depok sini juga menjamur. Buanyak banget di mana-mana. Aku juga sering beli karena harganya enak dan murah.

waahaha ternyata makanan jawa timuran udah banyak yaa di pontianak. ekspansi kemana2 dah.. udah kayak sate madura :D lumayan ya kak jadi menambah variasi untuk lidah. aku sendiri malah penasaran sama kudapan asli lokal pontianak.. kapan2 bisa coba sendiri deh kalau ke Pontianak.

bener nih, emang lele nih jenis ikan yang humble dan tidak picky soal makanan dan tempat tinggal ya kak. Ikan yang merakyat banget lah kalau dibilang..


aku juga suka berkunjung ke penyetan lamongan nih, sambelnya nih sayang suka kurang nampol kalau di lidahku mh

Jd di Pontianak gk terlalu suka lele ya mas org2nya? hehe
Paling enak emang nih makanan sambelan pakai lalapan, pokoknya makin pedes makin nikmat, sama lauk apapun kyknya bahkan cocok yaa

Wooaahhh nambah lagi nih kuliner rekomendasi buat makan malam, apalagi dengan lalapan terasi. Sudah pasti endeeuuusss!

favorite aku sama suami nih, malam malam kalau lapar pasti pesen pecel lele atau soto lamongan. aku jadi penasaran sama lamongan ala pontianak nih

paling maknyus emang sambal lamongan tuh, bisa aja gitu makan nasi pake sambelnya doang wkwkwk sedeeep pol :)

Hihi kok sama ya Bg,, di daerahku yg ada orang melayunya jg geli makan lele, meskipun sy sendiri kenalan dan suka lele penyet karena dulu berkuliah di Jawa.

mbak aku lagi pengin makan bebek. Ya Allah, baca ini jadi mupeng. Kemarin masih searching kuliner bebek yang endes di Batam. Tapi belum nemu.

Wah lalapan Lamongan ada juga ya di Pontianak. Aku juga sukaenu makanan ini. Apalgi ada sambal terasi uleh ..hmmm

Wah ada cumi keshayangan aku..
Sajiannya cantik dan didukung fotografi dari kak Don, sukses bikin pembaca ingin menikmati sajian nikmat menu Lamongan ala Potianak.

Wah aku suka pecel lele, makanan enak dan pas buat anak kosan kaya aku. Apalagi kalau sambalnya udah enak, makin lengkap aja.

Nasi sambel lalap Lamongan memang the best. Di mana-mana ada. Mau ke kota adap juga ada. Mungkin karena banyak banget yang suka. Saya salah satunya.

Menu favorite Saya setiap ke Pecel Lele malah bebek goreng... Ya ampuuun. Seenak itu sih ya, adapun kol goreng yang super berminyak itu kesenengan suami Saya wkwkw

Omoooo bikin ngiler deh lalapan nya, khas pontianak banget yah, jd pengen coba nih

di pontianak juga ada sambelan yak. khas lamongan pula. kirain lele gak ada di sana loh, saya salah kaprah ni. emang tiada duanya, kalo sambelan mah saya pasti nambah nasinya karena gak cm lauk lele yg gurih tapi sambalnya jg bikin nagih

Kalo lalapan di Sidoarjo sih jarang ngelihat ada embel2 Lamongan.. biasanya Soto Lamongan.. jadi ngiler baca inii

Udah ga tau lagi lah tiap mampir kesini dan baca postingannya, cuma bisa menatap, tapi datang ke ponti ntah kapan bisa 😭😂😂😂..

Ya Allah, ngeliat sambelnya mas, langsung pengen ambil nasi 🤣. Kalo yg begini mas, sambelnya harus mantep, jadi segala gorengan lauknya pasti enaaak 😁

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon