Lamongan Ala Pontianak Lalapan Terasi Ulek

Lalapan Terasi Ulek, Lamongan Ala Pontianak. Makan Enak, Lalapan Ala Lamongan Gaya Baru. Jl. Tamar, Simpang Polda Lama 11.00-22.00 WIB
Pecel Lele Lamongan, sesuatu yang hampir bisa ditemukan diberbagai sudut penjuru negeri. Pontianakpun sama, banyak warung Lamongan yang merata tersebar di berbagai lokasi, mulai dari pojok jalan sampai ruko yang bagus. Salah satu yang kekinian adalah Lalapan terasi ulek, konsep lamongan dengan citarasa Pontianak yang menggelora. Terpampang nyata dari namanya, bukan?


Lamongan Ala Pontianak Lalapan Terasi Ulek
Lamongan Ala Pontianak Lalapan Terasi Ulek

Mengapa Banyak Pedagang Pecel Lele Lamongan?


Pertanyaan yang bikin penasaran dan menimbulkan rasa ingin tahu. Berbicara tentang pecel lele lamongan tentu sangat erat kaitannya dengan soto lamongan yang juga dijual berbarengan. Makanan yang selalu identik dengan tenda yang memiliki spanduk yang sangat berwarna warni cerah dengan gambar hewan yang mirip antara gerobak satu dan lainnya.

Pasti juga penasaran, mengapa lele? banyak jenis ikan yang lain. Dari obrolan dengan banyak penjual, ternyata karena ikan ini memiliki ketahanan hidup yang luar biasa, walaupun minim air tetap bisa. Demi menjaga kesegaran ikan, maka lele merupakan pilihan yang tepat. Segar sebelum disajikan!

Seiring dengan berkembangnya waktu, ikan lele tak hanya sendirian, banyak ikan lainnya yang juga disajikan termasuk ayam, bebek bahkan seafood.

Lalu Bagaimana dengan sambalnya? Bagi penikmat sambep pecel sayuran atau sambal pecel lele pasti langsung bisa merasakan perbedaannya bahkan dari sekilas pandangan mata.

Sambal pecel sayuran dengan tumbukan kacang tanah yang banyak disertai dengan rasa yang lebih beragam dan tajam karena ada beberapa tambahan bumbu dapur yang mempunyai aroma dan rasa yang khas. Sambel pecel lele lamongan dibuat sangat sederhana dengan cabe, bawang putih dan tomat yang banyak. 

Proses pengulekan dilakukan setelah semua bahan digoreng dengan minyak, baru kemudian ada yang menambahkan terasi atau kacang mede bahkan wijen untuk menambah rasa gurih dan sembagai penciri dari rasa.

Adaptasi Warung Lamongan 


Menjadi comfort food bagi lidah orang lokal bukan perkara mudah. Beberapa penjual terpaksa malah menghilangkan lele dan mengganti dengan ayam supaya orang lokal merasa lebih "nyaman" menikmatinya. Maklum saja, banyak juga yang merasa geli dengan lele.

Bahkan tak hanya dari segi proteinnya saja, beberapa warung lamongan yang saya temui malah menambahkan pilihan nasi uduk untuk teman makan ayam goreng dan sambal lamongannya, termasuk dengan tambahan kol goreng yang super berminyak. Jadi jangan heran, ada beberapa warung lamongan yang justru lebih terkenal dengan makanan lainnya.

Tentu tidak itu saja, ada beberapa warung yang mengganti sambalnya. sesuatu yang sangat krusial dan menjadi hakekat penting sebuah warung lamongan dengan sambal korek atau sambal bajak cabe ijo. 

Perubahan yang cukup ekstrim namun tak bisa ditolak demi perkembangan dan kemajuan bisnis. Mau tak mau, adaptasi harus dilakukan atau mati.

Lalapan Terasi Ulek, Lamongan Ala Pontianak


Tergambar sudah bagaimana rasa dari lamongan ini bukan? Mengandalkan sambal terasi sebagai point of view nya. Menemani semua kelezatan sumber protein dan serat yang disediakan warung ini

Apa saja yang bisa dinikmati disini? Dari catatan saya, bebek gorengnya adalah ancaman yang menakutkan dan tak boleh dielakkan. Awalnya tukang jalan jajan beneran penasaran deh ama yang baru buka @lalapanterasiulek ini kan ya.

Bebek Goreng Sambal Terasi Ulek
Bebek Goreng Sambal Terasi Ulek

Semacam lamongan, tapi masa iya pake sambal terasi ulek? Tukang Jalan Jajan auto penasaran dan pengen cobain dong! Pesennya bebek setengah ekor! Iya... Ini setengah ekor dan besar. Bebeknya sudah diungkep lalu digoreng dengan tepung sehingga ada sensasi renyah dibagian luar. Bebek berdaging tebal ini sungguh mantap dimakan dengan nasi panas.

Tak melulu ayam atau bebek, ada pendampingnya sambal terasi yang diulek dan aneka lalapan! Ahaaay ada daun ubi rebusnya. Auto lahap. Jika ingin menambahkan rasa berbeda tinggal memeras jeruk kecil untuk menambah rasa asam seger pada bebek, mengikis rasa minyak yang melekat. Sudah lapar belum sih??

Bebek Goreng dan Lalapan Sambal Terasi Ulek
Bebek Goreng dan Lalapan Sambal Terasi Ulek

Duhhh mantap banget, bebek goreng empuk ini beneran terasuki bumbu sehingga ngga ada aroma amisnya lagi. Hanya ada rasa rempah ungkepan. Dagingnya masih bertekstur dan masih memberikan perlawanan.Tepung renyahnya beneran menggoda. Berbumbu dan gurih. Paling sedep dipadukan dengan sambal terasi yang pedes menggoda dengan aroma kemangi.

Begitu dipadukan dan dimasukkan kedalam mulut langsung meledak manja. Duhhh enak. Lalapannya bisa ditambah dengan pesan ekstra. Eh jangan lupa. Disini juga ada udang yang direbus lalu ditumia. Rasanya manis dan buttery. Nikmat dicocol dengan sambel.

Kalian juga bisa pesen sambel teri dengan sambel ijo yang pedas mengigit. Duhhh ini makanan jahat banget dengan nasi putih! Yuk nyobain lalapan sambal ulek biar kamu tahu juga enaknya

Makan Enak, Lalapan Ala Lamongan Gaya Baru


Aneka Gorengan
Ayam
Bebek
Lele
Nila
Udang
Cumi
Patin
Ati Ampela

Aneka Tumisan
Kangkung
Tauge
Terung
Kol

Aneka Sambal
Sambal Terasi
Sambal Cabe Ijo

Aneka Tambahan
Tempe
Tahu
Telur Dadar
Telur Biawan
Semuanya dibuat saat dipesan oleh pelanggan. Benar benar fresh from the oven. Mari kita makan dengan bahagia. Selamat makan dan salam yumcez!
Lalapan Terasi Ulek
Jl. Tamar, Simpang Polda Lama
Buka mulai 11.00-22.00 WIB

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.