29 Juni 2021

Wiro Sableng Jualan Soto? Ternyata Ini Cak Wiro Jusela

Seperti biasa, Tukang Jalan Jajan selalu kepengenan makanan dan ngga bisa ditahan dulu. Sebenarnya ini adalah ayam lamongan, tapi justru menurutku yang jawara adalah sotonya. Berada didalam sebuah jalan Kecil, Jalan Ilham sekitar 200 meter kedalam, warung makna ini bersembunyi diantara rumah penduduk. Hidden gems yang menarik untuk dicoba dan saya untuk dilewatkan Boleh dibilang, soto lamongan cak Wiro ini yang terbaik pernah tukang jalan jajan makan di Pontianak. 

Wiro Sableng Jualan Soto Ternyata Ini Cak Wiro Jusela 

Menggunakan ayam petelur  sehingga daging ayamnya beneran padat namun empuk dan super gurih. Sekilas memang mirip ayam kampung lho! Lamongan cak wiro ini juga menyediakan aneka gorengan seperti Ati ample, telur puyuh dan tempe tahu dan tentunya ayam dan lele serta sambal ulek cabe tomat yang menggoda selera.

Soto, Riwayatmu Kini

Ada sebuah catatan yang menuliskan tentang soto, Denys Lombard dalam bukunya ‘Nusa Jawa 2: Silang Budaya Jaringan Asia’ yang diterbitkan di tahun 1996, soto merupakan menu khas Tiongkok yang diadopsi namanya menyerupai nama asli hidangan ini, yaitu cau do, jao to, atau chau tu. Awalnya, soto dinikmati di pesisir pantai utara Jawa sejak abad ke-19 sebelum akhirnya menyebar ke seluruh nusantara. 

Akulturasi kuliner saat tersebar ke berbagai kota, otomatis soto dibuat ulang dengan memasukkan unsur kearifan lokal. Rasa soto disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Isi soto pun juga banyak yang mengalami perubahan. Soto asli China yang tadinya menggunakan daging babi diganti dengan soto berisi daging sapi, ayam, dan juga kerbau. Termasuk menu pendamping soto di setiap daerah pun berbeda. Di Blora, soto biasanya disantap bersama kletuk yang terbuat dari getuk singkong. Beda lagi dengan soto Padang yang selalu ditemani oleh perkedel dan kerupuk warna warni. Kalau soto Lamongan dan Ambengan sudah jelas tidak bisa lepas dari koya yang super gurih. Tak hanya rasa dan rupa, ada pula yang namanya berganti sesuai dengan kenyamanan penyebutan oleh masyarakat lokal seperti Tauto dan Coto

Jenis Soto di Indonesia

Langsung saja saya bilang... Buanyak dan super beragam. Betapa beruntungnya kita yang tinggal di Indonesia dengan aneka ragam bumbu dan rempah serta bahan makanan. Semuanya bisa diolah dengan berbagai macam cara dan teknik memasak. Sungguh kreatif bangsa ini. Tapi sejujurnya dari kebanyakan soto, saya lebih suka yang berkuah bening. Lebih terasa ringan dan nikmat untuk segala suasana dan waktu. Mungkin saya tak bisa menuliskan semua jenis soto saking banyaknya. Beberapa yang tukang jalan jajan tahu saja.

Soto Lamongan

Soto lamongan paling gampang ditemukan di pelosok negeri, soto ini memiliki kuah bening dan gurih. Soto lamongan menggunakan irisan daging ayam, bihun, dan kol sebagai isiannya. Konon, soto lamongan merupakan satu-satunya soto yang menggunakan bubuk koya sebagai taburannya, tapi masih ada soto ambengan khas Surabaya yang juga menggunakan Koya dibagian atasnya. Nah ada yang tahu koya ini sebenarnya apa? ini adalah taburan berbentuk bubuk yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih.

Soto Bening Semarang

Soto ini hampir mirip dengan soto kudus namun yang membedakaan adalah Soto Bening Semarang tidak mengunakan banyak kemiri buat kuahnya. Isian dari soto yang kuahnya mengunakan kaldu ayam kampung adalah tauge,soun,tomat,ayam dan ditahurkan khas bawang goreng daun bawang putih di goreng. Rasanya yang lite, sangat nikmat dimakan begitu saja.

Soto Banjar

Masa iya sesama Pulau ngga tahu soto yang satu ini? Soto dari daerah Kalimantan ini terkenal kaya akan rempah, seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala. Soto banjar memiliki kuah bening. Isiannya ada ayam kampung, telur bebek, perkedel kentang, dan bihun. Soto banjar biasanya disajikan dengan irisan lontong. Tapi ada pula soto Banjar yang menggunakan kuah susu lho. Sama sama enak asal dimakan selagi hangat.

Soto Madura

Ini juga soto yang saya sering temui, Soto madura. Isian cukup banyak jika dibandingkan dengan soto lainnya. Babat, paru, usus, telur rebus, bihun, kol, dan tauge adalah isian yang ada di dalam soto madura. Kaldunya sangat kaya akan ras rempah rempah Indonesia. Warna keruhnya karena kaldu sapi dan jeroannya yang begitu nyata. Ada yang membiarkan daging dan jeroannya didalam kaldu ada pula yang menyimpannya diluar, memotongnya dan baru memasukkan kedalam kaldu untuk menghangatkannya.

Soto Mi Bogor

Pertama kali memakannya, agak shock melihat isian yang ada didalamnya, sungguh beragam dan ramai! Sesuai dengan namanya, soto ini menggunakan mi kuning sebagai isian utamanya. Selain mi, penjual soto mi bogor akan menambahkan kol, risoles, babat, kikil, dan daging sebagai isiannya. Soto mi biasanya dihidangkan tanpa nasi karena sudah menggunakan mie kuning.

Soto Betawi

Salah satu soto yang kaya rasa lainnya adalah Soto betawi. Memiliki kuah kental dan gurih serta aroma yang mengundang selera makan. Aneka rempah seperti pala, cengkeh, dan kapulaga di dalam kuahnya memberikan aroma sedap. Soto betawi memiliki isian yang cukup banyak! Ada tomat, kentang, emping, daging sapi, hati, dan beberapa jenis jeroan sesuai pilihan. Duh.... mantap dimakan dengan nasi putih!

Soto Padang

Awalnya saya pikir ini sup, tapi setelah bertanya, rupanya memang begini adanya tampilan Soto padang. Menggunakan kaldu sapi sebagai kuahnya. Rasa kuahnya gurih dan asam, karena penjual soto padang suka menambahkan cuka atau jeruk peras ke dalamnya. Soto padang biasanya diisi dendeng sapi, bihun, dan perkedel kentang. Jika suka, kita bisa menambahkan sambal dan irisan daun bawang yang banyak ke dalamnya.

Masih banyak lagi soto soto lainnya yang mengalamai perubahan nama hingga akulturasi rasa dengan kebudayaan setempat bahkan setiap rumahpun punya racikanya sendiri yang sangat identik baik isian maupun rasanya bahkan cara makannya. Ayooooo kamu kelompok nasi dicampur atau nasi dipisah

Soto Lamongan Cak Wiro

Dari Judulnya saya sudah fokus ke soto Lamongan, kuah sotonya bening kekuningan namun jika sudah diaduk maka akan menjadi keruh karena koyahnya yang menyatu. Kuah kaldu yang gurih semakin gurih dengan koyah dan bawang putih goreng. Taburan bawang merah goreng dan potongan daun bawangnya membuat aroma makanan ini semakin menggoda. ssstttttt irisan ayamnya juga gede gede lho, pas banget dimakan dengan bihun, toge dan kubis. 


Seruput kuahnya atau langsung disiram keatas nasi putih hangat, sama sama sedap! ancaman level Asia Tenggara, DIE DIE MUST TRY!. Mau rasa yang lebih seger, pedas, menggelora dan berkeringat? peraskan jeruk nipis kedalamnya dan masukkan sambal lamongannya kedalam soro dan nasi. Cobain deh sensasinya. Bahkan teman saya dengan ekstrimnya memasukkan sambal lamongan kedalamnya, citarasa khas bawang putih dan tomat, membuatnya tambah nikmat. Saya masih belum berani mencoba sensasi ini

Apalagi ditambah dengan ati ampela goreng, tempe tahu goreng dan sambal lamongannya! makin juara dimulut dan dihati. sedap menggelora dengan porsi pas! kenyang dong! Soto Lamongan cak wiro bukanya sore tapi kalau ayam petelurnya ngga ada, kemungkinan ngga jualan yaaa! jangan sedih datang aja lagi. 

Ini adalah salah satu soto Lamongan yang endulita geunggeus yang wajib didatangi versi Tukang Jalan Jajan. Soto Lamongan Cak Wiro Jusela berada Jalan Ilham No.1 (Bisa masuk dari jalan Jl. Prof. M.Yamin atau Danau Sentarum), Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78114. Jangan terkecoh dengan spanduk pecel Lamongan nya ya.... justru sotonya yang aduhai!

Selamat makan dan Salam Yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

68 comments

Soto Lamongan paling de best lah, etapi soto lainnya juga enak kok. Memang ya Indonesia punya buanyaak banget jenis kuliter bahkan soto sendiri banyak jenisnya.

Belum pernah cobain semua aneka soto di atas sih. Hehe. cuman kalo diajakin mauu banget. Paling penasaran sama soto banjar. karena cuma bisa rasain pake indomie rasa soto banjar itu. Apakah rasanya mirip kek gitu? hehee

Soto lamongan memang nikmat tiada tara.. Kalau makan soto lamongan, aku biasanya minta tambahin koyanya sih. Makin maknyus aja bagiku.

Mau nyobain soto lamongan cak wiro kok saya di Madura. Tapi jelas sih kalau pas travelling ke Pontianak Kota, bakal nyari kedai soto lamongan cak wiro...

Ada beberapa jenis soto yang disebutkan di atas, belum daku coba. Soto memang enak, dan menurut daku langsung mudah beradaptasi dengan lidah kita hehe

Hahahaha... Clickbait banget judulnya pak.

Tak kira wiro sableng lih profesi beneran wkwk

mas dodon, aku bacanya langsung ngiler. Ternyata penjualnya bernama mas wiro yaaa..

emang indonesia ini kaya banget akan makanan ya. soto aja banyak macamnya. aku pas ke kalsel pun yg diburu langsung soto banjarnya. fans berat soto nih, seger banget rasanya. cuma aku nggak suka dikasih kecap.jadi aneh rasanya/

Seru juga ya kalau bisa nemuin hidden gems begini & share supaya makin banyak orang yg tau untuk nyicipin juga. Jenis soto di Indonesia banyak banget ya, tapi aku suka smeua sih mayoritas apalagi kalau ditambah sambal. Unik amat ini Wiro Sableng jualan soto hehehe padahal bukan ya. Baru baca aja udah bikin ngiler apalagi nyobain soto lamongan cak wiro ini beneran

Saya pecinta segalam macam soto
Dari yang berkuah bening, kuning sampai yang gurih dengan santan atau susu
Pokoknya soto itu selalu jadi favorit deh
Senangnya karena Indonesia kaya dengan macam-macam soto yang semuanya enak

Wah, Soto Lamongan sampai juga ke Pontianak ya Mas, hehehe. Bener-bener deh, Soto Lamongan menjelajah nusantara.

Auto ngilerrr, memang soto itu terbaekkk dah ya.
mau soto dari daerah mana aja, saya selalu sukaaaaa
ayamnya gurih, kuahnya bikin selera makan membuncah :D

beh ini bah langganan dekat rumah saye nih, memang enak banget sih

Nah iya. Soto ternyata banyak jenisnya. Kalau mau masak, terus search resep, seringnya bingung. Soalnya resep sotonya beda-beda. Ada yang kuah kuning, ada yang bening. Sepertinya harus cicip semua dulu biar tahu selera.

Sebagai orang Lamongan asli, aku bangga kuliner ini melanglang Indonesia hehe. Tanpa taburan koya, mana mantap, Mas! Waktu kecil suka saya camil langsung karena rasa kerupuk udang dan bawang putihnya sangat legit. Kalau soto asli Lamongan sih tanpa kelengkapan lain seperti ati ampela goreng. Tapi apa pun sotonya, enak deh kalau lagi laper!

emang soto lamongan paling juara ya kak
Apalagi klo dikasih kulit dan uritan ayam, plus koya yang banyak
duh endul banget

Aku orang jawa tapi favorite banget Soto Banjar, coto makasar Dan Soto betawi, eh Soto lamongan juga dink

Kak, aku baru tahu latar belakang penamaan soto ini dari Bahasa mana. Btw aku belum pernah nyobain soto mi Bogor dan soto padang. Tapi kalau menu soto bagiku favorit karena bikin seger aja disantap

Huwaaa selalu dapat pengetahuan baru soal dunia kuliner deh kalo mampir ke mari. Ternyata Soto juga merupakan menu makanan hasil akulturasi budaya dengan Tingkok.

Nah kalau Coto, gimana Bang?

Bukankah nggak jauh berbeda dengan soto?

Wiwin | pratiwanggini.net delete 6 Juli 2021 20.14

Wahhh...lha koq nun jauh di Pontianak. By the way, soto adalah makanan kesukaan saya. Tapi enggak semua jenis soto. Pun saya tidak suka dengan soto yang cenderung manis. Soto Lamongan? Berhubung di sekitar saya jarang kelihatan, saya gak yakin pernah nyobain atau belum.

Soto Lamongan sama Soto Banjar ini dua jenis soto favorit sih. Beruntung pas ke Balikpapan bisa nikmati langsung di pinggir laut, yah, jadi kangen dan mupeng

Soto selalu di hati
Soto lamongan dan soto betawi adalah dua jenis soto favorit saya
Rasanya pas banget dengn selera lidah saya yang ndeso ini
Soto ini jenis makanan yang cocok dimakan kapan saja, baik untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Catet! jangan tergoda spanduk pecel lamongannya, karena soto lamongannya yang aduhai. Ngomongin soto selalu menggoda memang ya. Karena di banyak daerah soto ini ada variannya dan enak semuaaaa!
Favorit bangetts soto lamongan ini. Yang paling suka karena ada koyanya

ternyata soto itu banyak banget ya kak Dodon jenisnya, saya baru tahu, wah kebetulan banget saya sedang kerja di Pontianak kak, bisa kucoba niy

Sebagai orang Lamongan, tersanjung kali aku baca tulisan ini. Hihihi... Btw saya malah baru tahu lho asal muasal soto. Ternyata dari Cina ya. Kalau soto banjar, karena dulu saya pernah tinggal di sana, emang enak juga sih ni soto. Cuma saya belum pernah nemu soto yang kuah santan waktu di sana.

Saya penggemar soto karena kuahnya segar dan isinya rame hehehe ga cukup semangkok kalau makan soto tapi ga pake nasi biar lezat terasa

Ayo kalo ke Banjarmasin kontak aku ya,biar kuajak ke soto Banjar hehe

Soto Lamongan emang enak bgt..suka juga Krn ada koya nya itu loh.bikin beda sama soto lainnya

Halo kak Don, diriku orang Lamongan lho. Baca tulisan ini aku merasa bangga banget karena Soto pak Wiro cocok di lidah orang Pontianak. Wkwkwk.. kapan2 coba langsung soto Lamongan di kota Lamongan ya kak. Malica siap menjamu tukang jalan-jalan. Hahaha

Sebagai orang Jawa Timur, bagiku yang nendang Soti Lamongan dan Soto Madura. Dah... ga ada lawan pokonya. Dua bulan lalu pas baru pindah ke SOlo pertama di cari adalah, di mana ya ada orang jual soto lamongan? Wkwkwk eh ternyata banyak bangetttt. Berarti ngehits soto lamongan ini

Seru banget ya, aku akhirnya tahu kalo soto emang variannya banyak dan punya ensiklopedianya sendiri. Kayak tiap aku beli indomie di warung yang rasa sotonya banyak banget variannya wkwk rasanya beda - beda

kalau aku paling seneng soto semarangan yang bening gitu, krn dijogja juga gitu. CUma bedanya kalau jogja ada manis segernya huenak pokok e

barokallah soto lamongan melanglang buana ke POntianak, asikk
jadi pengen coba juga kak.

Duh ngeces jadi pingin cobain. Aku sebenarnya sukanya soto banjar sama Coto Makassar. Dibanding soto Jawa lainnya emang selera orang beda2 sih ya

Wah pas baca masih pagi dan dalam keadaan hujan gini langsung kepikiran buat order soto lamongan untuk sarapan. Soto Lamongan emang enak banget, akupun di Makassar sering banget pesen soto ini lho. Jadi penasaran gimana rasa Soto Lamongan yang di Pontianak.

Aku sukaaa semua jenis soto di Indonesia ini koh :D. Mau yg bening atau yg bersantan kayak soto Betawi dan soto Medan, sama enaknyaaaaa.

Apalagi yg pedas dan kayak rempah kayak Coto.

Kalo soto Lamongan aku pastiin naro koya yg buanyaaaaaak, trus jeruk nipis dan sambel, beuuugh manteeep itu :D

Jadi pengen nyobain soto Lamongan yang level berbahaya se-Asia Tenggara hihihi makin penasaran baca artikelnya dehhh

pagi-pagi gini bikin ngiler deh pengen soto hahaha, kalau aku paling suka soto kuah bening yang seger pake jeruk nipis dan sambel banyak, beuhhh ini sedep banget,must try ini mah fix banget

Soto emang paling cocok buat sarapan kalo menurutku si, jenis2 soto emang banyak banget dan tiap daerah tuh beda2, next time harus cobain soto Sokaraja Purwokerto soalnya unik banget sotonya.

Ya ampun amaze kadang akutu, mau jalan kemaanaaa aja pasti suatu daerah itu punya kuliner soto ya minimal semacam soto tapi beda nama, kayak tauto... Dan hampir semua masakan soto aku sukaaa... Mungkin perpaduan kuah dengan aneka bumbu rempah dr berbagai daerah yg bikin aku seneng bgt eksplorasi kuliner soto

Wah aku juga baru tau kalau soto aslinya dimulai di pesisir utara Jawa. Lalu berkembang deh di masing-masing daerah. FYI di Bogor juga ada soto kuning, udah pernah icip icip kah? hehehe

wkwk, tak kiro wirosableng beneran yg jualan, eh ternyata yg jualan soto bernama wiro. rata-rata soto di setiap daerah rasanya memang bikin nagih. Saya pun sempat merasakan soto bening Semarang, mantap dan maknyus pokoknya,

Mantap banget Soto nya, aku selalu suka soto, kalau ke daerah nyobain aneka sotonya juga. Kalau di Jakarta ada Wiro Sableng juga jualan makanan, tapi di jualan seafood di Kelapa Gading, maknyus banget deh, wajib coba

soto tuh jenis makanan yang nggak pernah salah rasa, kalo lagi kurang fit makan ini langsung badan seger, favoritku soto bening khas jawa

Jadi ingat salah seorang teman penggemar berat soto. Kalau lagi jalan ma dia pasti carinya soto. Terserah soto apa aja. Jadi kayaknya dia pasti bakal semangat diajak makan soto di sini

Aku paling doyan makan soto Lamongan apalagi ada cekernya hehehe. Soto Betawi suka juga asal daging full, ga ketelen yang kenyal-kenyilnya wkwkwkwk. Soto Bandung enak loh, pakai lobak, kacang kedelai, daging sapi dll jangan lupa sambalnya yang pedezzz 😂

aku mah keseringan makan soto padang, kak.
Lihat video soto lamongan Cak Wiro apalagi ditemani ampela, auto pengen ke Pontianak :)

mantab anakku paling suka makan soto-soto-an apalagi yang bening kayak lamongan. Kalau bapaknya suka yang gurih dan santan.

Walaupun spanduknya tertukis pecel, tapi ternyata soto yang jadi juaranya.

Asik banget nih ketemu sama kuliner hidden germs di antara rumah rumah penduduk. Nggak seperti tempatnya, ternyata rasanya out standing. Waw.

Namanya satu tapi ragamnya banyak ya mas. Saya aja baru tahu sejarahnya soto, menarik juga ternyata. Favorit saya sih soto betawi, rasanya bnr2 menggugah selera.

Wah soto memang makanan khas Indonesia ya, setiap daerah berbeda-beda, soto Medan juga enak lho pernah coba?

Aku suka makanan berkuah termasuk soto Lamongan. Jadi ingat di dekat tempat kerja pertama daerah Tanah Kusir Jkt itu ada Soto Lamongan enak, aku sering makan disitu. Memang enak ya Soto Lamongan apalagi pakai koya yang banyak. Yang aku blom pernah makan itu soto yang pakai getuk singkong, unik ya.

Soto di setiap daerah beda-beda ya, aku belum cobain semuanya dan pastinya jadi penasaran nih mau cobain.

Aku sukaaa semua jenis sotooo
sekarang lagi kangen Soto Betawi, yg ada kuah santan, plus ditaburi tomat segar, dan keripik belinjo.

wahahaha kalo gak baca postingan bang dodon mah, aku bisa terkecih nih sama pecel ayam lamongannya, padahal sotonya ya yang endol surendol bikin aku sukses laper pol!

Belum semua jenis soto di atas aku coba, mesti plesiran emang ini lidah biar bisa kaya rasa juga kaya mas dodon. Soto Banjar tentu saja juaraku karena aku hidup di sini. Hehe.

Ralat dikit, sebagai penduduk banjar mau infoin kalo soto banjar itu pake ketupat, bukan pake lontong. Bedaa.. hehehe.. kuahnya selalu keruh, karena memang khasnya pake susu. Nah kalo kuahnya bening gak tau deh, mungkin kebetulan susunya enggak banyak. Anyway.. makasih banget dapat edukasi byk soal soto di daerah lain. Aku tu bingung disini ada juga depot soto lamongan pake nama jusela, sepertinya itu ada makna khusus ya, kata "La" di jusela itu kayanya pasti ada lamongannya gitu ya, hehehe nebak

Soto bening jenis yg anakku kusuka, kalau bapaknya malah suka yang gurih pake santan.

Memang jenis soto sebenarnya banyak ya kak. Tapi aku sendiri paling sering makan soto Lamongan, kalau enggak gitu ya soto Madura. Lainnya masih asing.

Aku paling suka Soto Surabaya, suegeeer rasanya :D tapi di Indonesia ini kaya akan kuliner apalagi macam-macam soto di tiap daerah pun enak-enak juga.

Bicara soal soto yg aku pernah coba soto Lamongan, soto Padang, dan soto Betawi. Dan diantara ketiganya aku paling suka soto lamongan

Ya ampun aku kira wiro sableng beneran yang jualan soto hahaha... tapi emang soto-soto ini bikin selera banget apalagi yang kuah bening dan tambah sayuran segar, ditambah sambel yang pedes pasti nikmat banget makanya...

Kayaknya cuma anak2 90 an yang tahu tentang Wiro Sableng deh. Kuliner Soto tuh emang gak pernah ngebosenin, soalnya kuahnya yang segar dan rasanya yang lezat bikin soto ini selalu menjadi pilihan utama untuk sarapan.

Wadu...wadu...
Kalo Cak Wiro uda jualan soto, aku yakin lariiss manisss.
Aku juga penikmat hidangan soto niih...karena Bandung dingin, andalan banget masak soto atau memilih menu soto ketika lelah lari pagi.
Hehhee..

Cak Wiro...
Buka cabang ddonk...

Walaupun saya bukan orang Jawa, tetapi soto adalah kesukaanku. Terutama soto Lamongan. Ini gara-gara ada temanku orang Lamongan yang mengenalkan soto ini.

ternyata jenis sosto itu banyak banget ya kak DOn, saya baru tahu loh, tahunya soto biasa yang saya makan aja tuh yang bening, jadi laper bahas makanan hehehe

Rasa syukur terbesarku tinggal di Indonesia itu salah satunya punya banyak varian soto

Aku yang tinggal di Bogor kadang merasa ga suka sama Soto Bogor, sukanya soto daging kuah santan cem lamongan hehe

Wiih Soto Lamongan udah sampai Kalimatan juga ternyata, kayaknya memang yang ramah di lidah kebanyakan orang Indonesia memang Soto Lamongan.

Sedapnya soto lamongan ini menurut saya rasanya jadi unik, gurih sedap kalau polosan. Kalau ditambah perasan jeruk nipis nambah segar, nah kalau kena sambel lebih maknyus lagi. Duh, jadi pengin icip dan ambil nasi

Akuuu juga suka soto, dulu nggak suka padahal...
dan review food di blog food & adventure ku juga banyakkk review aneka soto enak di jogja tapi...

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon