31 Desember 2021

Lima Sambal Pilihan Tukang Jalan Jajan

Penggemar pedas kudu merapat, sekarang Tukang Jalan Jajan mau berbagi lima sambal yang jadi pilihan menemani makan nasi putih di tulisan kali ini. Beneran mantap, karena ngga perlu tambahan lain lain buat makan enak. Langsung enak dan simpel. Buat disimpan dirumah juga aman!

Lima Sambal Pilihan Tukang Jalan Jajan
Lima Sambal Pilihan Tukang Jalan Jajan

Kemasannya ada yang botolan namun ada pula yang siap saji dan untuk dimakan saat itu juga. Semuanya sudah teruji dilidah dan bisa jadi pilihan teman makan yang mampu membuat saraf kenikmatan dan indera sedap terbakar manja, Bukannya bikin jera malah bikin ketagihan.


Sambal Coconey


Jika Anda penggemar makanan pedas, Anda bisa memakannya sepanjang waktu tanpa merasa bosan. Anda harus memesan di Sambal Coconey untuk menemani makan Anda. Ada dua jenis #sambal yang saya buat kemarin 
  • Sambal bawang, pedas saja atau sangat pedas 
  • Sambal cumi, biasa atau sangat pedas 
 
Maaaaannnnn ini gaswat mrikintil. Cukup dengan nasi panas dan sambal bawang cumi asin langsung ludes isi piringnya. Nasinya jadi sangat pedas dan enak. Minyak cabai dicampur dengan nasi putih untuk membuat ueeenaaaakkkk. Aroma bawang putih, cabe merah, dan daun jeruk menyatu dengan cumi-cumi untuk menciptakan rasa yang manis. Ihhh cumi asinnya sekali digigit, teksturnya licin dan kenyal yang bikin harus makan nasi berkali-kali. 
 
Hatikau kacau balau. Sambal kosongannya juga mantep jiwa, diletakkin diatas telor mata sapi atau dadar lalu disiram dengan kecap! Awas..... Nasi putihmu dalam ancaman! Inget ya. Ini kudu nyetok banget dirumah. #sambelcocokey bikin #tukangjalanjajan sangat kacau!


Sambal Cumi Mercon Ngaloong

 
Super membahayakan. Ini sambel cumi mercon Ngaloong ! Uendang buambang gulindang! Etapi aku kasi tahu dulu sebelumnya kalau ngaloong ini sebenarnya tempat makan prasmanan yang memenuhi selera pecinta pedes! Kalau makan ditempat, tersedia nasi putih dan nasi merah plus aneka lauk lainnya mulai dari telur balado, terong balado, pentol balado dan mie goreng. 

Lauknya ada ayam bakar madu yang manis dan gurih! Nikmat dengan nasi bakar euy! Aneka sayuran mulai dari tumisan daun singkong. Aneka gorengan, mulai tempe, perkedel, ebi furai, dan gorengan lainnya.

Jadi sebenarnya, nasi putih dan sambal cumi mercon ini saja sudah cukup membuat nafsu makan melonjak. Ini tipe sampal pedas yang bikin dower dan jahat sama nasi. Pasti susah berhenti dan malah bikin nagih


Sambal Uni Riri


Persambalan di Pontianak kembali gonjang ganjing. Tukang Jalan Jajan sudah tidak meragukan bagaimana kemampuan dapur uni riri meracik sambal yang menggetarkan lidah. Awalnya lebih dikenal dengan rendang khas Solok dan dendeng balado yang sedep mantep dan sudah pernah aku bahas.

Jadi ada dua sambal yang siap mengaduk aduk perasaan nikmat kalian.
  • Sambalado Teri Petai atau Tanpa Petai
  • Sambal Hijau Teri Petai atau Tanpa Petai

Karakteristik sambal ala Minang yang terasa pedas dan gurih membuat minyak yang muncul paling pas diaduk dengan nasi putih! Mau sambal hijau ataupun sambal merah punya karakternya masing masing apalagi aromanya yang khas. Tambahan teri medan yang gurih memberikan tekstur yang seru saat dikunyah. Belum lagi dengan tambahan petai yang memiliki sensasi tersendiri.

Rasanya... Sepiring nasi panas ngga pernah cukup untuk menikmati sambalado dan sambal hijau dapur uni riri ini. Dapur uni riri sabana lamak. Yuk makan!


Sambel Kentang Ati Dapur Siti


Ini makanan susah banget ditolak. Iya kan? #TukangJalanJajan sangat familiar dengan makanan ini. #SambalGoreng Hati adalah makanan dengan bahan hati ampela ayam dengan bumbu sambal dan tambahan petai. Ini salah satu jenis masakan yang cukup populer di rumah tangga Indonesia terutama untuk acara khusus seperti arisan dan pesta pernikahan.

Hayoooo... Siapa yang suka ngambil banyak dan lepas kendali saat menemukan makanan ini diatas meja prasmanan? Tolong ngaku ya! Sambal Goreng Hati merupakan masakan yang biasa disajikan waktu Lebaran bersama dengan opor ayam dan ketupat. Makanan yang sangat akrab dilidah seluruh warga Indonesia. Masing masing pulau tentu punya ciri khas penyajian yang berbeda satu sama lainnya. Mulai dari tingkat kepedasan hingga aneka rempah yang digunakan.

Penamaannya juga beragam. Mulai dari sambel ati ampela, balado ati kentang, atau nama lainnya. Ternasuk kondimen tambahannya. Kalau aku ya, pete!! Edamame khas Indonesia yang bau tapi bikin ngiler. Sambal kentang ati dari dapur siti ini asli dari Pontianak. Cita rasanya gurih dan pedas dengan hati ampela yang empuk berbumbu. Fresh from the oven karena dibuat hanya berdasarkan pesanan saja


Sambal Matah Pempek Dini


Jangan aneh, kok sambal matah ada di warung pempek? Bagaimana ceritanya? Kalau berbicara 100% rasa Bali jelas tidak namun ada faktor kemiripan yang membuatnya bisa disandingkan. Tukang jalan jajan sendiri kepincut dengan rasa dan aromanya. Sedep mantep yaaaa kannn!

Potongan bawang merah, cabe dan serai yang disiram dengan minyak membuat semua aroma keluar. Apalagi sambal ini disajikan dengan ayam goreng berbumbu yang digoreng renyah. Dibaluri ke nasi hangat dan ayam goreng, nikmat mana lagi yang bisa didustakan. Pempek Dini jago meraciknya

Sayangnya sambal ini belum dijual terpisah, masih sepaket dengan ayam gorengnya. Tapi jika mau, kita bisa memesan ekstra. Semoga nanti dijual dalam kemasan tertentu dengan inovasi rasa yang beragam


Sambal, Sahabat Makan Orang Indonesia


Banyak yang setuju, walaupun sambal bukan lauk utama tapi sambal bisa jadi gong penentu nikmat atau tidaknya sebuah hidangan. Orang Indonesia harus makan pakai sambal agar rasanya lebih enak. Nafsu makan meningkat berkali-kali. Kabarnya, makannya juga harus menggunakan tangan agar makin sempurna.
 
Ada banyak hal yang bisa dibanggakan di Indonesia, termasuk kekayaan masakannya. Tidak hanya masakan dengan banyak bumbu, variasi sambal yang berbeda juga sangat lezat. Begitu lezatnya hingga beberapa orang akan menyantap hidangan apa saja dengan sambal. Tanpa sambal, makanan tidak memiliki rasa. Jika sambalnya benar-benar pedas, makanannya akan terasa lebih enak.

Selamat makan dan Salam Yumcez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

21 comments

Wah paling suka makan sama sambal. Berasa ada yg kurang kalau ga ada sambal. Yg peling menarik bagiku adalah sambal matah Dan sambal hijau. Enak banget

Suka banget sama sambal cumi. Dan sekarang lagi suka sama sambal matah. Makan tanpa sambal itu rasanya hambar. Bagai sayur tanpa garam. Hehe

Duhh cumi doang aja aku udah suka bangett, apalagi ditambah sambal, beuhh bisa nambah teruss

Sambalnya bikin ngiler semua, tapi ada beberapa yang masih terasa asing, jadi pengin cobain, sambal cuminya bikin menggugah selera, nambah porsi nasi nih

Mashaa allah sambalnya bikin ngiler semuaa ini huhu nasi angetnya ga direview skalian kak biar skalian kumakan :)

aku pengen sambal cumi, omaigodd
sepertinya kuliner di Indonesia terkenal dengan yang pedas-pedas ya, dan kurang nampol kalau belum ada sambelnya

Padahal cuma baca aja. Kok mulutku auto ngiler ya. Btw, ternyata kalau di Pontianak, banyak juga ya Kak yang hobi kuliner pedas.

Kalo makan tanpa sambal serasa ada yang kurang gitu. dari kelima jenis sambal tadi, yang paling saya sukai yaitu sambal cumi mercon. rasa pedasnya nampol bgt...

sebagai pecinta sambal, aku setuju kalau sambal cumi itu tiada banding. eh ada lagi ding yang enak.. namanya sambal tempe. duuh mantab banget. di sana ada gak kak?

Memang kalau makan tanpa sambal rasanya kurang nikmat ya kak, hehe. Suka banget sama sambal bawang, sambal terasi, dan sambal cumi. Pakai nasi anget dan krupuk aja udah mantep.

Setiap kali mampir ke blog ini selalu mengulum lidah karena nahan pengin makan juga. Apalagi kalau sudah ngomongin sambal, yummy, emang ga lengkap orang Indonesia makan ga ditemani sambal Kak. AKu sih pilih sambal ijo pakai teri petai, sedap banget petainya plus gurih ada teri. Nambah deh nasi hangatnya hehe. Kapan-kapan moga bisa ke Pontianak jadi kopdar ma bloger sana sambil makan he:)

Sebenernya aku nggak terlalu suka sambal. Kalau pakai sambal pun, biasanya di level 1 aja. Hehe.... Sejauh ini, yang paling bisa diterima oleh lidah dan hatiku baru sambal hijau khas Minang :)

sambal cumi dan sambal matah memang mantep.. ngebayanginnya aja bisa bikin lidah panas dan gatel..

huah kalau mampir ke blog ka Dodon mah suka bikin laper mulu, apakah aku si tukang makan sambal, jadi pengen beli deh makanan ini, pengen banget deh jadinya

Tegaaaaa mas... 🤣😭😭. Aku kan langsung ngences bacanya aja hahahahah. Bisa dipesen ga sih inii, kirim ke Jakarta 😄

Sebagai pecinta pedes, aku ga bisa hidup tanpa sambal 🤣. Bagi orang Batak, sambel adalah segalanya hahahahah. Yg paling sering dibikin mama sambel andaliman, beuugh, kebas itu bibir Ama lidah kalo udah kena sengatannya 😄.

Tapi apapun jenis sambal aku suka sih. Makin pedes, makin cinta 😄😍😍

Waduh, bikin ngiler nih sambal-sambalnya. Sebagai fans sambal aku mupeeng. Belom pernah nyicip nih kesemua sambel yang ditulis di atas. Kudu beli online kayaknya ya. Selama ini aku makan sambel buatan sendiri dan yang disertakan di makanan-makanan yang aku beli. Belom pernah deh beli online. Nyoba aaah..

Duuuh rasaya liurku mpe netes2 membayangkan makan dengan sambal. Enak enak semua tuuuh... di rumah loh kalau ga ada lauk gitu, tinggal goreng tempe atau telur, sama bikin sambal, waahhh sudah mewah banget rasanya dan pasti ngabisin nasi banyak banget. :))

Bener banget, rasanya kalau makan tanpa sambal itu rasanya hambar bangett.. Belum pernah nyobain keseluruhan sambal yang ada diatas sih, tapi pasti kelak bakal nyobain satu-satuu hhi

Semua pasti ada sambal dan unsur pedas, emang tanpa pedes tuh gak nikmat ya, segala cocol sambal, cabe~ aku jd pengen cuminya, ngiler

Waooo...amboi~
Enaknyaaa makan dengan sambal yang lezat dan bisa dimakan kapan saja ini.. Jenisnya beragam yaa..cukup bikin penasaran dan harus coba banget nih..

Waduh.... Jadi ngiler nih pengen nyobain semua sambalnya. Btw sambalnya ada pilihan level juga gak?

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon