30 September 2021

Ngalong Ngga Mesti Tengah Malam di Pontianak

Berkonsep makanan malam hari namun tetap bisa dinikmati disiang hari, aneka lauk pedas yang nampol bisa dimakan dengan nasi putih atau nasi merah hangat, Aneka lauk tersaji dimeja dan siap dinikmati kapan saja dibutuhkan, Ngalong Ngga Mesti Tengah Malam di Pontianak yang dimaksud ya menikmati makanan enak yang bikin hati senang tanpa harus melekan menunggu lokasi makannya buka

Ngalong Ngga Mesti Tengah Malam di Pontianak
Ngalong Ngga Mesti Tengah Malam di Pontianak


Semua makanan tersaji secara prasmanan dan siap disantap dengan bahagia. Siapa yang ngga kalap kalau yang enak semuanya ada diatas meja!

Fenomena Kuliner Tengah Malam


Bukan hal baru dalam dunia kuliner kan? Tiap daerah punya tempat makan khas kuliner tengah malam yang tak jarang sudah ditunggu sebelum buka. Orang sudah antri dengan rapi menunggu makanan ini siap. Termasuk di Pontianak

Makanan yang disajikan mulai dari yang simpel seperti mie instant sampai yang komplek seperti rawon. Semuanya punya penggemarnya masing masing. Bahkan ada kuliner tertentu yang punya nama khusus karena hadirnya tengah malam seperti rawon setan.

Makan malam memang tidak dianjurkan dari segi kesehatan tapi ada saja orang yang tetap melakukannya. Jadi jangan heran kalau beberapa kuliner malam hari ada yang namanya terkenal sampai diluar daerahnya. Tidak heran wisatawan luar daerah pun rela untuk mengantri.

Apakah ditempatmu juga ada yang serupa?

Alasan Makan Tengah Malam


Jika Tukang Jalan Jajan yang ditanya, tentu karena keinginan tiba tiba. Jarang sekali beralasan karena lapar. Tren ini menjadi masif. Semakin banyak masyarakat yang doyan jajan malam. Bahkan, beberapa dari mereka memilih menu makanan "berat" untuk di makan tengah malam. 

Kalangan anak mudalah yang memulai tren ini, ada berbagai alasan.
Mengerjakan tugas hingga malam hari dan lapar
Pulang dugem atau clubbing
Pekerjaan yang mengharuskan pulang malam

Saya jadi ingat ketika aktif bekerja di wedding organizer, pulang bekerja selesai beberes hingga pukul 22.00 - 23.00 dan tentu didera lelah dan lapar. Sebelum tidur ada baiknya makan supaya bisa nyenyak

fakta dari Data Internal sebuah perusahaan ojek online di Indonesia, didapat fakta bahwa jam malam memang paling banyak diminati masyarakat milenial untuk memesan makanan. Ini berkaitan dengan budaya Indonesia yang selalu melakukan makan malam. Apalagi banya milenial yang punya kebiasaan tidur subuh

Masyarakat Indonesia itu suka dengan makan malam bersama memesan makanan berat saat malam hari adalah tren yang kini sedang banyak dilakukan. Jadi jangan heran kalau makanan berat dengan lauk pauk super lengkap tetap jadi pilihan untuk diserbu sepanjang malam.

Ngaloong Memanjakan Lidah Pecinta Pedas Pontianak


Mengadopsi dari budaya makan malam di beberapa kota di Jawa, Ngaloong hadir memanjakan lidah orang Pontianak yang terkenal doyan pedas menggelegar. Aneka menu dengan balutan sambal balado mampu membuat lidah bergetar karena nikmat, alih alih jera, biasanya malah ketagihan

Aneka balado, mulai dari 
Terong Balado
Telor Balado
Bakso Balado
Masih banyak lagi lainnya

Ngalong Ngga Mesti Tengah Malam di Pontianak
Ngalong Ngga Mesti Tengah Malam di Pontianak

Ayam bakar

Aneka gorengan
perkedel

Tumis aneka sayuran
Tumis daun ubi

Aneka sambal
Sambal kedondong
Sambal Baby Cumi 

Ngalong Ngga Mesti Tengah Malam di Pontianak
Sambal Cumi Pete

Aneka Nasi Bakar mulai 8000 an
Nasi Bakar tongkol pedas (pake daun kemangi, syedap saaay!)
Nasi Bakar ayam pedas (pake serai dan daun jeruk)
Nasi Bakar teri (pake kemangi)

Nasi Bakar Ngaloong
Nasi Bakar ala Ngaloong

Nasi Goreng Merah

Pilihan disini super lengkap, jadi tak melulu pedas. Ada menu menu yang juga didesain tidak pedas sehingga siapapun bisa datang untuk menukmati aneka menu disini

Highlight Ngaloong Pontianak


Tukang Jalan Jajan termasuk orang yang senang makan dengan nasi hangat, dengan adanya ricecooker dengan pilihan 2 jenis nasi, sangat menyenangkan. Ada pilihan nasi merah bagi yang ingin diet karbo dan menambah serat.

Nasi Merah, sambal Cumi, Gorengan, Daun Ubi Tumis
Nasi Merah, Tunis Daun Ubi, Perkedel dan Sambal Cumi

Saya sempat mencoba beberapa menu yang wajib dicoba, diantara adalah nasi merah, tumis daun ubi, ayam panggang, perkedel dan sambal mercon cumi asin,

Duh! tumisan daun ubi ini sangat sederhana namun nikmat rasanya. Mirip dengan tumisan daun ubi se'i sapi, daun ubinya empuk dengan rasa gurih yang menyenangkan apalagi ditambah dengan sambal mercon cumi asin yang kenyal dan pedas menggelegar. Pedasnya gurih dan nikmat namun tak bisa membuat jera.

Saya mencoba nasi bakarnya, ternyata dibuat saat akan dipesan. Begitu dibuka, aroma bakarannya langsung menyeruak hidung. Aroma nikmat yang memancing untuk segera makan.

Nasi uduk diisi denga aneka protein nikmat, ada ayam suwir dengan daun jeruk dan serai plus kemangi segar. Bisa terbayangkan, bagaimana aromanya begitu dibuka. Lain lagi dengan suwiran ikan tongkol yang diberi bumbu pedas seperti pampis ditambah daun kemangi. Duhhhh enak bener. 

Sementara gulugan berikutnya berisi teri medan dengan daun kemangi yang juga mengundang mulut untuk mengunyah, apalagi ditambah sambal cumi mercon, membuat Tukang Jalan Jajan susah menghentikan diri untuk mengunyah.

Ngaloong Bisa dinikmati Siang Hari


Kabar baik bagi warga Pontianak, sekarang Ngaloong bisa dinikmati mulai hari, pukul 09.00 pagi. Dateng pagian biar bisa merasakan semua menunya komplit
Yuk ikut Tukang Jalan Jajan untuk nyobain
Ngaloong
Jl. Gusti Hamzah No.8, Sungai Jawi Dalam, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244
Selamat makan dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

22 comments

Fix..kalo aku balik pontianak aku mau mampir kesini buat nyobain beberapa menu nya..btw jalan gusti hamzah ini yg disebut jl pancasila bukan ya? Lupa lupa ingat dah saking lama tak balek😬

Hanya di Pontianak, yes, Ngalong gak mesti di tengah malam. Kalau lihat menu-menunya yang serba pedas, Indonesia banget konsepnya. Aku pun betah kalau disuruh ngalong di sini. Berat badan? Nanti aja dipikirinnya kalau sudah kenyang :)

Lucu juga nama tempatnya. Jadi berasa begadang tapi enggak mengorbankan jam tidur, ya.

Wahh cumi sambel n nasi bakarnya menggugah selera. Udh lama bgt aku ga makan nasi bakar. Jd kepengen krn liat foto2nya mas.

Pengin nyobain sambal cumi deh, seger banget sambalnya.. nasinya boleh nambah kan, menu sambal dan lauknya menggiurkan, nggak bisa kalau cuma sepiring aja, mau nambah nih

Tapi, kenapa, ya, semua makanan kaya karbo itu, emang banyak yang jualnya malam sampai tengah malam?

Wah sama kak, dulu aku juga mana kebayang kulineran tengah malam. Tapi ketika kerja dan dapat shift malam, kulineran jadi salah satu hal yang paling dinanti! Hehhe

Ini sih ngalong yang bikin bahagia.
Apalagi perpaduan lezat si cumi dan Pete.
Awas banyak nambah dah tuh, haha

Berasa lapar. Emang sih, pas masih merantau di Semarang tu saya kadang-kadang pesan makanan berat di malam hari. Biasanya karena begadang, nggak bisa tidur gitu. Meski ada yang bisa dinikmati siang hari kadang kalau alasannya karena begadang, kita tetap butuh kulinernya malam hari. Hehehe

Wah kece banget ada nasi merahnya. Ngiler pengen coba nasi bakarnya. Lauk dan sambalnya juga komplit.

Aku nelan ludah seriusaaaaan di bagian sambal baby cumi sama terong balado. Ya Allah lama bangett ngga makan itu huhu. Fix besok mau beli baby cumi hahaha

kuliner malam2 itu emang membawa kenikmatan tersendiri, kak. asal jangan sering2 aja ya soalnya kan ngga bagus juga buat kesehatan

Nah, hanya di Pontianak ya, ngalong ngga mesti tengah malam. Varian menunya cukup beragam dan komplit ya, Kak. Rasanya ingin nyicipin semuanya, deh!

Bang Don, baru tahuu aku tuh istilah kulineran ngalong kayak gini. Memang gak bisa dipungkiri sih yaa kita butuh makan yang kadang pengennya makan siang tapi jualnya malam, eh pengen makan malam jualnya siang. Haha bisa bisa.

Okee noted!

kok menggoida banget ya kak/ Wajar banget sih. seperti namanya. ngalong.. jarang-jarang nih saya nemui tempat yang ada dua pilihan nasinya bahkan nasi merah pula ya. kerennn

Pontianak banyak pilihan kuliner malam juga ya. Wah asik nih kalau ngebolang di Pontianak, gak bakalan ada cerita kelaparan karena bingung cari makan

Aku nih sukanya di siang hari hahaha. Soalnya kalau malam hari, takut gendut wkwkwk. Aku minum air kayanya bisa gendut :( Selain itu, lebih baik tidur saja~

Salah baca ginian pas pagi-pagi, udah laper bawaannya hahaha. Duh, aku tu pengen banget suatu hari bisa ke Pontianak karena kulinernya mereka kayaaa banget Semoga bisa ngalong di sana yah secepatnya.

wohooo, kuliner malamnya berat-berat dan sungguh menggoda.
jadi ingin makan tuh aneka nasi bakarnya, duuh so yummy pasti niih.
kalau disini makanan malam (ngalong) itu salah satunya, Songkolo Begadang.

Ngilerrr .. kupecinta terong balado, Kak.
Di kota saya ada juga nih penyedia kuliner tengah malam. Peminatnya ada saja.

Rindu kuliner malam.
Tapi makan di Pontianak dengan keanekaragaman kulinernya, gak hanya pagi, siang sampai malam betah makan di Ngaloong.

Ya ampuuuuun mas, ini langsung inget nasi kalong di Bandung ❤️❤️. Aku sukaaa nasi dengan banyak lauk begini, apalagi kalo pedes. Tapi jadi gampang Yaa kalo bukanya ga hrs malam. Krn jujur aja semakin ke sini aku semakin cepet ngantuk dan ga mau lagi makan di atas jam 7 malam hahahaha. JD kalo disuruh makan malem2 udh ga sanggub.

Baguus kalo tempat makannya buka juga di siang hari :D.

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon