5 Warung Kaki Lima Pilihan Tukang Jalan Jajan di Pontianak

ada 5 Warung Kaki Lima Pilihan di Pontianak dan sudah dirangkum. Kwetiaw Akit, Ayam Chicken Id, Sate Padang Warkop, Kwetiaw Asua 81, Soto Seger Djoyo
Tukang Jalan Jajan suka banget hunting makanan di warung kaki lima lho! selain rasanya yang jauh lebih berani dan identik apalagi yang sudah berjualan lebih dari 10 tahun. Sudah pasti konsistensinya tidak diragukan lagi karena sudah ada penggemar setianya. Apalagi yang sudah lebih dari satu generasi dong.

Selain rasanya yang enak, biasanya porsinya juga pas dengan perut saya plus harganya yang pas dengan dompet. Saya ada banyak banget sih warung kaki lima yang sering dikunjungi. Saya buat beberapa rangkuman aja yuk! ada 5 Warung Kaki Lima Pilihan Tukang Jalan Jajan di Pontianak dan sudah dirangkum. Nanti janji buat ditambahin lagi ya.

Kwetiaw Goreng Daging Sapi "Akit"

Entah kenapa, walaupun judulnya kwetiaw, andalan saya tetep bihun goreng daging sapi nya. Rasanya belum pernah sekalipun mengecewakan saya untuk masalah rasa. Konsistensi pengolahan dan penyajiannya membuat tambah lahap saat hujan seperti ini. Duhhhh sedep!

Bihun jagung disini lebih kenyal dan sedap dipadukan dengan tumisan bawang putih, Jangan lupa dengan kresnyes tauge dan sayurannya. aneka kecap dan saus lalu disiram dengan kaldu daging yang outstanding. Kaldu ini sudah dibumbui dengan aneka rempah khas seperti kapulaga, cengkih dan kayu manis. Saat disiramkan ke bihun yang sudah tercampur kecap maka aromanya langsung mengundang lapar. Rasa rempahnya semakin diperkaya dengan kecap.

Di kwetiaw Akit isi daging dan jeroan sapinya juga banyak. Daging sapi, usus dan babat memenuhi piring. Hampir setiap suapan, mereka selalu ada. Berada di depan Pasar Kemuning, kota baru, Pontianak. Mulai dari menggunakan Tossa hingga punya memiliki ruko sendiri, rasa tetap konsisten.

Untuk harga mulai dari 28K, rasanya pantas sekali. Adalagi yang spesial di warung kwetiam ini. Itu adalah bubuk cabe yang super pedas namun ngangenin untuk dimakan berulang kali. Jangan lupa juga kalau nasi goreng disini enak dan berbeda, dimasak dengan aroma kecap yang menggelora plus lada yang menggoda tak lupa potongan bawang bombai yang manis dan renyah

Sate Padang Warkop Tanjungpura Pontianak

Omaaaagozzh #TukangJalanJajan kangen banger ama Sate Padang. Aku beneran craving banget makanan yang satu ini! Di Pontianak susah banget dapetin makanan yang satu ini. Ini hasil saya hunting malam malam, didepan warung kopi dan tinggal dua porsi! Saking kalapnya saya sampai tak sempat melihat apa nama warung kopinya. Hanya ingat berada di Jalan Tanjungpura Pontianak saja

Ada ngga yang kangen banget ama suatu makanan sampe happy banget saat menemukannya? Gitu deh perasaanku saat menemukan #SatePadang ini!

Setahu saya, ada beberapa jenis sate padang,
❤ sate padang panjang
❤ sate padang pariaman
❤ sate padang dangung dangung
❤ sate padang kota
Biasanya yang membedakan adalah warna kuah sausnya.

Mungkin ini adalah sate yang paling beda menurutku,
Sate Padang memiliki aroma yang benar-benar menggugah selera. Asal aroma wangi tersebut muncul dari aneka rempah yang dipanggang dibara serta kuah yang selalu hangat. siapapun yang melintas di dekat penjual untuk berhenti dan mencicipinya, atau minimal terbit air liur.

Isian sate biasanya menggunakan bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan). Biasanya sate ini sudah matang dan hanya dihangatkan diatas bara saat akan disajikan

#Sate padang memiliki bumbu khusus yang jarang diketahui orang umum. Sate padang kaya bumbu, terutama dalam racikan kuahnya sehingga tidak semua orang bisa membuatnya. saus kuah kuning yang terbuat dari tepung beras yang dicampur kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari, dan garam. Sehingga aroma dan rasa yang dihasilkan sanggup membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan.

Kuah sate padang kental berwarna kuning oranye. Kuah ini akan dihamparkan di atas tusukan-tusukan sate daging yang selesai dibakar disertai dengan bawang goreng yang nikmat.

Sate padang menggunakan ketupat yang dipotong-potong persegi. Ketupatnya empuk dan membal. Selain itu disajikan dengan karupuk #jangek atau kulit sapi dan harus diletakkan diatas daun pisang yang biasanya digunakan juga sebagai sendok.


Soto Seger Djoyo Pontianak

Siapa yang bisa menolak makan soto. Comfort food yang cocok dinikmati kapan saja dan dalam keadaan apa saja. Ikut #TukangJalanJajan menikmati di @sotosegerrrdjoyo yang punya warna khas hijau ini, berada dijalan .Ayani 2 (samping Chevrolet). Tapi begitu sampai disini, tak hanya semangkuk soto ceker yang dipesan tapi juga sepiring capcai jawa dan sepiring nasi godog. SIapa yang pernah makan nasi godog?

Kuliner ini konon katanya sih berasal dari Magelang, namanya Sega Godog atau lebih populer sebagai #NasiGodog. Nah, sesuatu yang menarik disini adalah proses memasak nasi matang yang direbus dengan sayuran dan kuah kaldu. ini menarik bagi yang tak terbiasa, tapi diluar ekspektasi saya ini rasanya #DieDieMustTry . Ini adalah dua gabungan menu, yaitu capcay jawa dan nasi yang direbus dan dimasak menjadi satu. Tak seperti capcay Jawa yang biasa saya makan di Malang menggunakan saos merah, di #sotosegerrrDjoyo hanya menggunakan kaldu ayam. Aromanya sudah menggoda dari pertama dihirup

Tumisan baceman bawang dengan siraman kuah kaldu menimbulkan aroma dahsyat yang mengancam. Kaldu ceker yang benar benar diambil saripatinya terlihat mendidih dengan dahsyat karena pancaran api super panas. telur dicemplungkan baru kemudian wortel, kubis dan sawi yang minim diaduk.kemudian dimasukkan nasi dan bumbu secukupnya. Setelah matang disiram diatas tauge segar dan kemudian baru diberi cacahan daun bawang dan bawang putih goreng. Bedanya kalau capcay jawa dinikmati dengan kerupuk sedangkan nasi godog, tidak.

Begitu dimakan, kuah kaldu super gurih beradu dengan aroma bawang putih, kemiri dan lada. Sungguh bergelora. Belum lagi sayurannya yang masih bertekstur, membuat nasi semakin nikmat disantap. Rasanya sayang untuk mrnyisakan kuah kaldu yang dibuat sangat ciamik ini. Makanan ini jauh diatas ekspektasi saya. Sampai lupa dengan #sotoceker yang super empuk ini. Saya sudah keburu terlena dengan nasi godog dan capcay Jawa yang tidak perlu saya beri tambahan apa apa lagi.

Kwetiaw Asua 81 Pontianak

Sempet booming yak, pangsit goreng di ibukota. Sama seperti nasi telor, Bakwan Pontianak, Roti Serikaya dan pisang goreng Pontianak yang notabene nya kami makan setiap hari sebagai makanan normal.


Bagi kota yang hidup dengan budaya makan peranakan, itu semua biasa saja. Sudah jadi sarapan atau kudapan biasa saat ngumpul bareng teman atau makan malam keluarga.

Saya mau nunjukin salah satu bakmie yam dan pangsit goreng Asua 81, no pork, no lard. Hanya menggunakan ayam, ikan dan udang. Semuanya diolah sendiri, kalau beruntung, kamu bisa melihat pak Asua mengolah bakso ikan atau membuat pangsit dihadapan pengunjung sekalian.

Nah pangsit goreng ini sebenarnya pangsit basah yang ditumis dengan aneka saus, minyak dan bawang putih goreng cincang. Cara membuatnya gampang banget *ini versi bapaknya yah*
😍 Panaskan wok, masukkan minyak goreng, lalu hempaskan potongan sawi dan tumis sebentar. Ingat jaga api, ini adalah ciri khas makanan peranakan
😍 Lalu rebus sebentar pangsit, tiriskan dan masukkan kedalam wok.
😍 Masukkan aneka saus, kecap dan bawang putih goreng cacah.
😍 Tambahkan aneka campuran, potongan kue ikan, bakso ikan, potongan ayam tumis kecap dan tauge
😍 Sajikan selagi hangat dengan tambahan udang goreng tepung dan pangsit goreng

Yeaaay... Makanan hangat tersaji diatas meja, pangsit berisi ayam dan udang dengan tekstur kenyal berminyak begitu lancar melewati tenggorokan. Warnanya yang pekat karena menyerap kombinasi kecap. Aroma gurihnya bukan maen! Menyerang hingga syaraf kenikmatan terjauh.

Disandingkan dengan yam Pangsit yang sudah berkali kali saya bahas. Terasa makin melengkapi makan malam bahagia. Tak lupa #airtahu es sebagai pelengkap #yampangsit dan #pangsitgoreng ala #asua81 di Jalan Tanjungpura, depan dealer Yamaha Pontianak.
Rumah tua jadul ini pasti jadi saksi sejarah panjang jualan nikmat yang ada disini. Rekomendasi #TukangJalanJajan untuk mampir dan menikmati aneka makanan yang dimasak super cepat dan nikmat.

Ayam Chicken Id Pontianak

Comfort food?! salah satu  @rawitulek kalau nafsu makan hilang atau lagi bad mood. Makanan disini emang jadi moodbooster banget dan mampu mengembalikan nafsu makan seketika. Hayoooo emangnya makan apa?

Menu saya ayam kering lengkap tapi minta di beri saus worchester, ini benar benar DIE DIE MUST TRY. Saus racikan rahasia @rawitulek Yang selalu pas dengan sambel cabe ijonya. Saus ini berkarakter gurih manis dan cocok dengan ayam goreng kering yang klasik dan simpel. Pokoknya membangkit selera ala masakan rumahan! Swedep! Apalagi ditambah dengan kol goreng, pangsit goreng dan nasi putih dengan kuah kari yang memiliki rasa kaya bumbu.
By The Way cabe ijo rawit ulek punya rasa yang khas, pedas gurih dan tidak langu. Cocok buat nasi dan indomienya. Sedeeep genk!

Menu lain yang selalu jadi favorit adalah sup telur dengan sentuhan daun selasih yang punya aroma dan tekstur yang menggoda. Coba saja kalau tidak percaya. Aroma dan rasa daun selasih ini menyempurnakan rasa gurih bawang putih yang ditabur diatas sup telur. Hayoooo ada yang pernah pesan?

Satu lagi moodbooster yang ngga bisa dipandang remeh! GULAS a.k.a Gula Asem yang super segar dari @kaira.kitchen yang super manis, asem, asin dan gurih. Paling sedap dinikmati dengan es batu. Rasa asam jawa yang nyata dipadu gula merah yang legit! Jawara bener untuk jadi temen makan di siang hari!

Apa menu moodboostermu? Selamat Makan dan Salam Yumcez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.