16 April 2021

5 Warung Kwetiaw Pontianak Rekomendasi Tukang Jalan Jajan

Salah satu makanan Favorit yang cukup diminati adalah kwetiaw. Daerah Kalimantan Barat sendiri memiliki banyaksejali jenis masakan yang bisa di olah dengan kwetiaw, Mungkin mie ini agak berbeda dari mie kebanyakan.bentuknya yang pipih panjang dan warnanya yang putih terlihat kontras dari bentuk mie yang seperti tabung memanjang. Mie beras ini begitu populer di Indonesia dan dikalangan pekerja, pengganti karbohidrat jika bosan memakan nasi bahkan dikalangan pekerja kelas bawah, menu ini begitu mudah dikreasikan, cukup dengan kecap dan bawang utih goreng, bisa dibuat sepiring olahan kwetiaw yang lezat.

5 Warung Kwetiaw Pontianak Rekomendasi Tukang Jalan Jajan

Kwetiaw, Sejarah Perjalanan Panjang dari Tiongkok

Kwetiaw boleh dibilang sangat populer di Indonesia, tapi kuliner ini sendiri berlayar jauh dari Negeri Tirai Bambu, Masuknya warga Tionghoa di Indonesia pada ratusan tahun yang lalu menjadi awal penyebaran kwetiau bersamaan dengan masakan lainnya. Makanan ini masuk dan terus berevolusi serta berakulturasi dengan budaya lokal

Makanan ini dikenal juga dengan sebutan char kway teow, kwetiau merupakan kuliner yang lebih banyak disajikan untuk kalangan pekerja seperti para nelayan dan petani pada malam hari. Makanan ini memang lebih banyak dijual untuk para buruh lokal, sehingga kwetiau termasuk kuliner yang terjangkau, campurannya pun tidak semewah sekarang yang berisi aneka topping lezat. Pada dasarnya, kuliner ini suda enak tanpa tambahan pelengkap.

Nah, di Tiongkok sendiri ada dua jenis kwetiau yang berbeda berdasarkan etnisnya, ada kwetiau khas Hokkian dan Tio Ciu. Kwetiaw buatan etnis Hokkian identik dengan tambahan seperti bakso ikan dan sosis, lalu Tio Ciu yang lebih senang menggunakan daging sapi dan babat serta tambahan sayuran seperti sawi atau kucai sedangkan di Indonesia sudah berakulturasi dengan tambahan daging ayam atau ati ampela ayam.

Kenikmatan Kwetiaw, Penggugah Selera Makan

Pontianak terlalu banyak makanan enak tak hanya populer dengan jeruk saja. Ibukota Kalimantan Barat ini juga terkenal sebagai surga kuliner lantaran memiliki beragam makanan khas dari berbagai suku asli yang mendiami, sebut saja tempoyak, sotong pangkong, hingga kwetiau. Meski daerah lain juga memiliki kwetiau khas, jelas kwetiau pontianak punya rasa yang beda. karena ada beberapa sub suku Tionghoa yang memiliki resep memasak yang bereda terutama dari tambahan, bumbu dan juga teknik memasak.

Pontianak sendiri punya beberapa lokasi makan Kwetiaw rekomendasi dari Tukang Jalan Jajan

1. Kwetiaw Akit

tempatnya sederhana, tapi jangan pernah kecele dengan rasanya. Ini favorit saya DIE DIE MUST TRY kalau ke Pontianak. Kali ini saya makan jajanan pinggir jalan. Kwetiaw Akit Pasar Kemuning. Ada bihun, kwetiaw dan nasi. Cari aja dideretan ruko didepan pasar kemuning. Dulu masih pakai Tossa sekarang sudah ada rukonya!

Setiap teman saya yang berkunjung ke Pontianak pasti mengajak saya untuk makan Kwetiaw terlebih dahulu. Darimanapun asalnya pasti langsung ngajakin icip-icip kwetiaw yang paling terkenal di Pontianak. Boleh dibilang, kwetiaw Pontianak sudah terkenal seantero Indonesia. Sekarang saya juga pengen tahu, siapa yang suka makan kwetiaw? Atau ada yang masih bingung dengan penyebutan Kwetiaw atau Mietiaw? Mana yang benar ya? atau bingung, mana yang lebih enak, kwetiaw goreng atau kwetiaw rebus atau ada cara masak yang lain? Langganan saya adalah Kwe Tiaw Akit Pasar kemuning! 

The best one sementara ini di Pontianak, baik dari segi rasa, porsi dan harga! Kwetiaw ini gurih dengan rasa manis asin yang dipadu dengan kaldu sapi dengan aroma rempah seperti kayu manis, cengkih dan star anis. Dalam setiap suapan, saya selalu mendapatkan potongan daging atau jeroan yang bercampur ciamik didalamnya.
Notes* jangan lupa campurkan bubuk cabe yang ada didalam botol dan rasakan ledakan sensasinya!

2. Kwetiaw Polo dan Apollo

Mengapa saya gabungkan? karena keduanya BETI alias beda tipis, dengan gimmick yang sudah terkenal seantero negeri, Polo pindahan dari sebelah sementara satu lainnya tidak pernah pindah. Walaupun terkesan bermusuhan mereka saudara, dengan perbedaan antara rasa manis dan gurih serta sedikit nyemek dan kering. Jika bertandang kesini maka akan disajikan deretan pilihan menu kwetiau lengkap dengan aneka topping dan kreasi.

Menu yang disajikan disini mulai dari sup daging sapi, aneka racikan kwetiaw dan bihun goreng, rebus, yam dan siram. Lalu yang menarik untuk dicoba adalah Todar a.k.a Telor Daging Dadar yang jadi favorit saya. Singkatannya agak rancu dengan pengulangannya tapi sudah nyaman untuk diucapkan.

Lalu bagaimana tampilan todar ini? Tukang Jalan Jajan mencoba menggambarkannya. jadi ini adalah telur dadar yang dicampur dengan tumisan daging baru kemudian ditambahkan kwetiaw. Kwe tiaw disini hanya sebagai pelengkap untuk menambahkan tekstur kenyal Todar buatan Apollo, lebih gurih dan kering. Menurut saya, yang penting untuk dicicipi disini adalah sup dading sapi dan kwetiaw siramnya. Langsung merapat ke jalan Patimura no 63-64 saja, keduanya bersebelahan kok

3. Kwetiaw arang

kwe tiaw arang yang tidak bernama. Menumpang di parkiran ruko di jalan HOS Cokroaminoto mengambil tempat di parkiran ruko sederetan toko bahan kue "Centrum", di depan hotel "Central". Hanya ada sebuah plang kecil bertuliskan kwe tiaw sapi digerobak sederhananya. Hanya ada 5 meja dengan beberapa bangku di sini. Jika sedang ramai, mau tidak mau kita harus mengantri terlebih dahulu. Tapi ingat, makanan disini cukup pricey apalagi kalau meminta tambahan ini itu, jangan kaget dengan harganya

Di sebut kwetiaw arang karena di masak menggunakan arang, ini menghasilkan aroma dan panas yang tahan lama. yang disukai saat mampir disini potongan babat dan kikilnya benar benar bersih. Saat dimasak akan dicampurkan dengan daging dan baso sapi di potong, tapi kembali lagi, ini masalah selera. Tinggal pilih bagian apa yang mau dicampurkan kedalamnya. Bumbunya sederhana bawang putih cacah goreng dimasukkan ditambah dengan berbagai macam saus dan kecap saat minyak dan wok sudah benar benar panas, baru kemudian air kaldu dan telur di orak arik didalamnya serta baru kemudian babat, kikil, daging dan baso ditambahkan. Terakhir baru sawi dan tauge dimasukkan. Garam, penyedap dan merica sebagai sentuhan akhir dan kemudian baru di tata di atas piring beralaskan daun simpur yang memberikan aroma khas yang harum. Duh gusti! Aromanya hauceeeek!

4. Kwetiaw Antasai 72

Ini adalah kedai artia, soalnya dipenuhi dengan tanda tangan aris disekeliling ruangannya tak lupa foto tante penjual yang selalu hits dengan make up dan OOTD nya. unik dan menarik, rasanya pun bleh diadu. Beberapa orang bertanya 72 dari mana? nomor ruko nya atau nomor hoki atau tahun berdirinya atau penanda apa? ternyata kwetiaw antasari ini mengambil nama Antasari sebagai nama jalan dan 72 masih menjadi misteri. Silakan bertanya sendiri, kabarnya tempat makan kwetiaw ini dulu berjualan bakso dan kemudian beralih ke kwetiaw.

Makanan disini cukup beragam pilihannya dan yang paling sedap menurut saya adalah yam kwetiaw. Makanan sederhana yang diracik dengan kecap asin, minyak bawang putih, bawang putih dan penyedap rasa serta garam, diaduk dengan kwetiaw yang sudah dicelor baru kemudian diberi aneka topping dari daging sapi dan jeroannya. Aroma bawang putih dan cukanya begitu menggoda, lalu rekomendasi lainnya adalah liang teh nya yang segar dan cantik sekali warnanya, merah muda dan menggoda selera. BTW chef peraciknya sudah tua dan sudah puluhan tahun bekerja disini dan dia mau diajak ngobrol sembari masak, asal antriannya tidak terlalu panjang. Untuk harganya, lumayan menguras dompet buat saya.

5. Mietiaw Melayu

Agak berbeda dalam penamaan karena kebiasaannya jika suku Melayu yang bejualan maka biasanya akan menulis mietiaw. Nah disini salah satu yang sudah berjualan cukup lama, sekitar 20 tahunan secara turun temurun. Menggunakan potongan daging sapi dengan warna gelap dan kuah kaldu yang membuat tampilannya jadi coklat mengkilap. Masing masing mietiaw punya ciri khas memasaknya masing masing. 

Resep Yam Kwetiaw Enak di Rumah

Bagi yang menyukai kwetiaw dan ingin memasaknya sendiri dirumah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan selain digoreng yaitu dengan memasak ala Yam, tidak terlalu repot untuk membuatnya dan jauh lebih praktis tanpa perlu banyak persiapan. Nama Yam, merujuk pada citarasa hidangan yang asam gurih. Kwetiau rebus mengkilap terkecap bumbu cuka dan kecap asin sehingga rasanya cenderung ringan. Teksturnya lembut mulur dengan sentuhan rasa asam gurih.

Irisan daging sapinya empuk gurih. Saat disiram dengan sedikit kaldu sapi panas, rasanya makin enak. Gurih empuk daging beradu dengan tauge dan daun bawang yang renyah. Terakhir dibilas dengan suapan kaldu sapi yang kuat rasa dagingnya dan wangi aromanya. Benar-benar mengenyangkan! Yuk, buat sendiri 

Bahan
Kwetiaw beras 500 gr
Potongan Daging (sesuai selera)
Potongan Babat (sesuai selera)
Potongan Kikil (sesuai selera)
Potongan daun bawang
Tauge
Sawi

Bumbu
Minyak Bawang Putih (beserta bawangnya)
Minyak wijen
Kecap Asin
Cuka
Bubuk merica secukupnya
Garam dan Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat
Celor Kwetiaw dalam air panas, 10-20 detik bersama sawi dan tauge
Celor daging sapi hingga matang, lalu tambahkan kikil dan babat yang sudah matang
Masukkan semua bumbu kedalam mangkuk secukupnya kemudian aduk hingga rata kemudian masukkan kwetiaw dan aduk hingga merata
Beri topping daging, Babat dan Kikil kemudian beri taburan daun bawang dan tambahan bawang putih goreng.
Semua langkah ini harus dilakukan dengan cepat dan dalam keadaan panas

Yam Kwetiaw, Makan Kwetiaw Ala Pontianak

Yam Kwetiaw memang mudah tanpa perlu adegan tumis menumis, walaupun kwetiau yam itu tidak digoreng tetapi ada minyaknya yang berasal dari minyak bawang putih. Cara pengolahannya sedikit mirip kwetiau kuah di mana begitu ditiriskan dari air panas, kwetiau ini diberi minyak bawang putih, kecap dan bumbu-bumbu lainnya pada kondisi masih panas. Lalu hidangkan semuanya dalam keadaan hangat

Di setiap wilayah, seperti Medan, Pontianak dan Bangka Belitung cara penyajiannya berbeda, namun tak terlalu signifikan. Ada yang diberikan kecap manis terlihat agak coklat, namun ada pula yang hanya menambahkan kecap asin/kecap ikan seperti di Pontianak sehingga tampak putih. Pada dasarnya kurang lebih sama. Saya jadi lapar nih! Selamat makan dan salam yumces

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

41 comments

Ya ampun kwetiau aja banyak banget yak jenisnya. Aku kira ya cuma satu aja seperti yang dijual di abang2 tukang mie/nasgor itu. Ternyata sejarahnya ini untuk buruh lokal yak. Pantesan dijual murah meriah tapi rasanya emang luar biasa. Btw mie ini lebih mengenyangkan loh daripada mie kuning. Gw kalo lg bosen makan nasgor, ya makan mie kwetiau ini.

Wah jenisnya banyak banget ya kwetiaw di Pontianak. Semoga berkesempatan ke Pontianak dan menikmati kwetiaw di sana. Aamiin

Ternyata banyak jenisnya yak. Eh, kwetiaw ini dari beras? Saya baru tau loh, kirain sagu karena tekstur nya mirip sagu. Jadi laper pen jajan kwetiaw

hoooh akupun jadi lapar, btw aku belum pernah makan kwetiaw yang pakai tambahan babat dan kikil. Biasanya bakso, daging ayam, ati ampela sama sayur sayuran...

Kwetiau dengan ragam jenis dan olahannya memang patut jadi rekomen kuliner nikmat. Paling yang buat saya baru tahu, ternyata dari tepung beras ya, pantas kenyangnya lebih lama dan sedap

Ahahaha abis dikasi rekomen belinya di mana lalu dikasi resepsuruh bikin sendiri haha
Eh tapi aku jg penasaran pengen bikin kwitiaw soalnya selama ini modal beli aja gak pernah bikin. Keknya buka puasa pakai kwetiaw enak jg ya

Aku baru tau kalau ternyata banyak banget jenis kwetiau, tapi jujur si kalau makan kwetiau auto kenyang seharian uy, soalnya tekstur nya besar-besar hihihi

Beberapa tempat sudah pernah coba walaupun belum semuanya hehe, Kwetiaw Pontianak memang da best sih, apalagi dinikmati pas lagi panas-panasnya dengan irisan daging didalamnya.

Artha Nugraha Jonar delete 18 April 2021 12.37

Fix lah ini harus dikunjungi kalau ke Pontianak. Secara aku ini penggemar kwetiaw banget. Di Surabaya selain dari Pontianak, ada juga kwetiaw dari Medan. Rasanya dua-duanya enak. Tapi pastinya kepengen nyobain kwetiaw di tempat asalnya langsung.

Lagi puasa malah baca soal kuliner, autolaper deh. Yang kutahu kwetiau ya mi ipih yang warnanya putih, ternyata ada dua macam ya. Emang makan Chinese tuh enak-enak, ya mi biasa, ya kwetiaw. Apalagi di Kalimatan ya, banyak etnis Tionghoa jadi kuliner andal di Pontianak. Makasih ya Mas, ada resepnya, langsung simpan.

Saya salah satu penggemar kwetiaw, Kak. Mirip sama fetucini ala Itali bentuknya, ya, tapi klo fetucini harus direbus agak lama.
Ah, semoga someday bisa jalan2 ke Pontianak menikmati racikan kwetiaw asli sana dengan berbagai macam varian yang bikin ngilerrrrrr...

Suka banget kwetiau deh. Dulu pas kerja di Jakarta, makan malam kwetiau buatku udah murah. Padahal dulu seporsi masih 7 ribu. Wkwkk jaman kapan itu.

Semenjak hijrah pulang kampung, belum menemukan kwetiau seenak di Jkt. Padahal dulu ya pedagang kaki lima di daerah bandengan, Jak-Ut.

Btw, itu kwetiau Polo dan Apollo emang terkenal banget, ya. Kayak musuhan tapi saudara. Taglinenya lucu banget. Yang satu pindah dari sebelah, tapi yang satunya gak pernah pindah. Hahaha

Ya ampun baca artikel ini sambil membayangkan kelezatan aneka kwie tiau yang dideskripsikan dengan begitu menggoda, kayaknya mesti ke Pontianak nih untuk biss menikmati rasa aslinya

Jadi pengen makan kwe tiau buat buka puasa besok nih jadinya. Tapiya gitu mesti ke Pontianak dulu ya

Di Bandung sini ya ada kweetiaw siram daging sapi. Konon pendirinya org Pontianak.
Enak banget. Kebayang kalo langsung makan aslinya di Pontianak. Endez...
Mana jenisnya banyak pula...

baru tau kalau Kwiew tiaw ini terbuat dari beras, kirain terbuat dari tepung terigu. Tapi apapun itu enak dan mengenyangkan banget si kwetiaw ini...

Kwetiaw emang enak sih ya. Aku yang makan kwetiaw bikinan orang sini aja enak rasanya. Gimana kalo yang masak orang Pontianak? Pasti lebih endeusss yaa :)
Btw aku penasaran sama yang dimasak pakai arang, Kak.. hemmm.. :D

Kwetiaw ini makanan kesukaan suami. Izin share artikel 5 warung Kwetiaw Pontianak ini ke teman yang tinggal di Pontianak yaaa. Bisa jadi rekomendasi tetap janjanan buat mereka.

Kenapa ya, ngeliat kwetiaw tuh, aku geli. Mungkin karena tekstur makanannya lembek kali ya haha

cuman no 1,4,5 aja saya pernah kesana kalo yang 2,3 belum pernah hehe nanti deh cobain

suamiku suka banget mkan kwitiau
tapi anak-anak nggak doyan,mereka agak geli dng teksturnys

semoga aku bisa maen ke pontianak ,aku pernah nulis soal kwetiaw juga ka . Ini salah satu makanan favorite aku juga ka ,,, ahh aku lagi puasa jadi ingin makan kwetiawwww

Suka banget kwetiaw goreng pedess, tapi penasaran sama kwetiaw arang... enak kayanya

Wah, rupa-rupa kwetiauw banyak sekali. Selama ini tahunya gitu-gitu aja. Boleh jadi rekomendasi nih kalau ke Pointianak. Thank you infonya

Wah, banyak sekali jenis kwetiaunya. Aku jadi pengen nyoba satu-satu nih. Pontianak ini kulinernya memang maknyus ya.

Wah di kasih resepnya juga, jadi pengen nyoba bikin soalnya disini belum nemu penjual kwetiau yg enak

Mantep nih rekomendasinya. Ntar aku kalo ke pontianak pasti singgah dongg mengeksplore. Hihi

Daku Ndak mau membayangkan, mau nya langsung makannya aja, hehe, soalnya kwetiau dengan ragam jenisnya ini sangat menggugah selera

Entah kapan aku bisa ke ponti buat nyobain ini. Aku bosen sama yang biasa-biasa aja.

Kwetiau ini salah satuu makanan kesukaanku setelah mie hehe.
Cuman kadang nemu kwetiau yang dimasaknya ngga pas, huhu. Jadi benyek gitu.
Kalau dimasaknya bener sih udah pasti enak ngga ada obat dah

yaampun baca kayak gini di siang bolong.. bikin pengen.. wkwk..
asik-asik nih dikasih resepnya.. mau recook ah..

Wah banyak juga yaa lapak Kwetiaw di Pontianak, karena jauh kesana saya akan merencanakan bikin Kwetiaw saja dirumah untuk buka puasa. Biar gak ngileer setelah baca ini hehe 😊

Memang beda-beda ya cara memasaknya. Aku sendiri lebih suka tampilan kuahnya yang nggak kecoklatan, lebih bening saja. Dan banyak telurnya

Enak banget nih kalau ke Pontianak bisa langsung search warung kwetiaw ini

Aduduuhh jam seginii
Perut keroncongan
Dan aku auto lap iler dong qkwkwkw

Ya Allah malam-malam baca ini jadi lafaarrrrr hihi. Aku penggemar kwetiau kak dan biasanya makan kwetiau goreng gini.

Kalau rekomendai tukang jalan-jalan (dan makan enak) pastinya sangat bagus dan harus dicobain. Semoga bisa ke Pontianak. Aamiin...

Aku kan dulu pernah kerja di Hongkong setiap hari masak kwetiau. Kadang digoreng kadang direbus. Di daerahku belum nemu yang enak. Pengen main ke Pontianak jadinya

Nanti sore, pesan kwetiau ini ah. Kayaknya enak juga buat buka puasa, sekaligus makan berat terus kenyang, terus bobo 😉

aku jadi pengen icip semua rekomendasi dari kamu ini..

percaya banget kalau Pontianak adalah surganya kuliner. justru saking banyaknya itu dan cerita temen temen blogger kalau sering ceritain makanan, otomatis kan jadi penasaran mo datang langsung kesana

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon