25 Mei 2020

Masakan Bu Yani, Siap Saji Sepanjang Waktu

Selama dirumah saja, tukang jalan jajan jadi produktif kembali mencoba mempraktekkan aneka resep untuk menu makanan dan kue yang enak enak. Dari yang sederhana sampai yang rumit, dari yang gampil sampe kening mengernyit. Semuanya diubek ubek didapur sederhana dengan aneka teknik paripurna. Termasuk makanan saya kali ini, olahan simpel banget! Nasi goreng terasi dengan kucai. Menu peranakan yang semua bisa dibuat orang orang namun ada senytuhan cinta yang hanya saya yang bisa menaburkannya

Masakan Bu Yani, Siap Saji Sepanjang Waktu
Masakan Bu Yani, Siap Saji Sepanjang Waktu
Makan enak olahan sendiri. Tukang jalan jajan lagi rajin masak! Maafkan kalo nasi goreng sambal belacan kucainya dan Sambel tempenya tersembunyi karena sebenarnya aku pengen nunjukin masakan dari Ayam Pop Bu Yani yang penuh inovasi.

Cumi Spesial ala Bu Yani

Sebagai penambah selera dan penasaran dengan video masak cuminya jadilah aku penasaran dengan rasanya! Kamu ngga lagi ngelapin liur kaaaaan? Cumi ini berbumbu mlekoh dengan balutan santan. Rempah dengan daun kemangi super wangi membalut manja cumi yang teksturnya melawan saat dikunyah. Hempaskan manja didalam mulut dengan diuwek uwek ama nasi goreng buatanku.
Antara badan cumi dan kepala cumi punya tekstur yang berbeda sehingga seru kalau dikunyah. Dimakan selagi hangat? Semua aroma bumbu dan rempah berpadu maju mundur.

Cumi Spesial ala Bu Yani
Cumi Spesial Bu Yani
Anyway nasi goreng terasiku juga endowlita geungges lho. Aku tambahin potongan baso sapi dan kucai bikin rasanya dan aromanya jadi oriental peranakan ditambah sambel tempe yang njawani membuat gembira saluran pencernaanku yang menunggu makanan enak ini untuk dicerna. Sambal tempe sederhana ini cuman cabe, tomat, bawang putih, gula garem serta kemangi! Pokoknya hempassskan semua kelambung sampai suapan terakhir.

Yang mau pesen cumi spesial Pop Bu Yani Ini kepoin aja IG nya soalnya aku ngga bisa memastikan kapan ia muncul. Banyak makanan rumahan dan kuih muih tradisional yang sedep buat dipesen disana. Selamat makan

Ayam Woku belanga Ala Bu Yani ! 

Woku yang dimasak dalam belanga genks! Masakan Minahasa yang kaya rempah ini emang sedap banget kalau dimakan dengan nasi panas! Ini beneran menghadirkan peperangan dimulut.
Aku kaget lhooooo Pop Bu Yani Bisa buatin makanan Sulawesi, kupikir Makanan Padang doang kan yaaaak

Ayam Woku belanga Ala Bu Yani
Ayam Woku belanga Ala Bu Yani
Woku adalah bumbu makanan a'la Manado, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, yang terbuat dari berbagai macam bumbu dan biasa digunakan untuk memasak daging. Di Minahasa, Sulawesi Utara, terdapat dua jenis woku, yaitu woku balanga (dimasak dengan belangga), dan woku daun (dimasak dalam daun).

Nah ini makanan balance banget bumbu dan rempahnya. Woku dinilai memiliki cita rasa dan aroma yang khas.Jahe, daun jeruk, daun pandan, dan jahe merupakan bahan yang dinilai dapat memberikan aroma harum. apalagi ditambah daun kemangi sooooo sadaaaaap! rasa cabai nya sopaaaaaan banget. Sementara penambahan tomat mampu memberikan cita rasa segar dan bikin tampilannya cakep!
Aku dapetnya masih anget dikirim langsung dari dapur #ayampopbuyani. Begitu dibuka aromanya langsung menyeruak manja. #Woku ini juga bikin suka banget karena ayamnya empuk dan bebas banyak minyak. Masuk kemulut, dagingnya langsung ambrol kedalam mulut lalu meledaklah aneka rempah dan bumbu!

Keadaan memang sulit, bukan bearti kita ngga bisa makan enak. Boleh banget lhooo pesen buat makan karena ini beneran enak versi #tukangjalanjajan DIE DIE MUST TRY. Ayok gerakin ekonomi lokal biar semua tetap bisa berputar. Semoga semua bisa normal seperti dulu lagi. Tetep makan enak, pesennya di bang ojol aja ya. Kamu tetep #stayathome .

Ayam Pop Bu Yani

Pesennya di Pop Bu Yani yeeeeee! Banyak yang sedep sedep dan kudu dicoba.
Pengen makan nasi ama Ayam Pop dan voilaaaaa! Hidupku sungguh terbantu dengan @ayampopbuyani yang semlohai dengan sambal merah mlekoh yang ciamik. Ini pasti cabenya pilihan!. #AyamPop ini bisa aja kamu goreng asal celup kedalam minyak panas 1-2 menit aja sih untuk dapet efek efek kering dan gurih. Tapi kalau ngga mau nambahin minyak juga udah #PATOETDIPOEDJIKAN kok rasanya! Bawang putihnya sudah membuat ayam ini "terasa" hingga ke serat daging. Dagingnya yang empuk karena direbus dengan air kelapa langsung copot dan menyerah melepaskan diri dari tulangnya. Begitu dicocolin ke lado merah ini langsung berontak didalam mulut. Minyak cabenya langsung membalut rasa gurih daging.

Ayam Pop Bu Yani
Ayam Pop Bu Yani
Tinggal di uwek uwek kedalam nasi panas dan langsung dihempaskan kelambung. Ayam Pop ini sungguh berbahaya dan jahat ama nasi. Suka ngga berasa kalau sudah menyuapkan berkali kali. Sungguh solusi disaat harus #dirumahaja, Ayam Pop Bu Yani bisa dipesan online. Cek aja IG @ayampopbuyani nya dan temukan aneka menu makanan lezat disana. Yuk dukung temen temen UMKM kuliner untuk terus menghadirkan makanan enak. Mari kita makan enak walaupun hanya dirumah aja

Ada yang belom tahu ayam pop? Ayam pop adalah salah satu hidangan dari daging ayam yang berasal dari Sumatra Barat. Hidangan ini termasuk salah satu hidangan ayam goreng, namun yang membedakan ayam pop dengan ayam goreng lainnya adalah ayam pop memiliki warna yang masih putih pucat ketika selesai dimasak.

Ini dikarenakan sebelum digoreng, ayam yang sudah diberi bumbu direbus terlebih dahulu di dalam rebusan air kelapa dan bawang putih yang sudah dicincang, setelah itu ayam baru digoreng sebentar di dalam minyak panas agar matang sempurna dan memperoleh sedikit tekstur renyah. .
Ayam pop biasanya didampingi dengan samba lado tomat (sambal tomat, terbuat dari cabai giling yang dicampur dengan tomat yang dicincang) dan sayur daun singkong rebus.
Selamat makan semuanya dan Salam Yumcez

Gerakan Ekonomi Lokal Selama Pandemi

Ayoooo gerakin perekonomian lokal dengan tetep pesen makanan enak diluar. Selain ngga perlu repot belanja bahan makanan dan memasak kan yaaaa....
Oh ya, jika kalian males untuk masak, aku punya sepuluh rekomendasi makanan siap saji lainnya dan bisa kalian klik disini ya! Sudah uji rekomendasi dan siap berdendang didalam mulut.
Jangan lupa, banyak makanan enak disekelilingmu. Pastikan mereka terus bisa bikin makanan enak saat pandemi corona begini. Jangan cerewet masalah harga karena mereka sudah berjibaku ke pasar dan mempersiapkan makanan enak buat kita


Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

28 comments

Paling ngiler lihat ayam woku nya. Aku suka banget segala masakan dengan bumbu woku. Lebih sedap!

Menu makanan lauk bu Yani ini semuanya ala rumahan, dan juga pastinya lebih sedap. Semuanya juga merupakan menu favoritku, pengen bisa cobain menunya, karena beberapa ada yang ga bisa aku masak sendiri.

ini ga ada rumah makannya ya. Hanya pesan via IG gitu? memangnya lokasinya dimana sih. kayaknya enak, tapi apakah di Jekardah ? :D

Hm...enak ya, olahan serba pedas itu. Pengen nyobain ayam wokunya..kayaknya pedasnya nampol. Bisa bikin tambah nasi berkali2 ini...

NGiler sama ayam popnya bu yani, Sepertinya sedap sekali. Setuju nih dg gerakan ekonomi lokal biar ekonomi ttg hidup terutama pelaku usaha kecil.

cuminya berbumbu santan, saya belum pernah makan yang begitu. gaya cerita bang dodon bikin ngiler deh, lagi bayangin makan cumi nih

Semua menunya menggugah selera, bikin hasrat auto comot bergejolak haha.. Sebagai sesama tukang makan n jajan aku juga suka, mauuu mauuu mauuu

Aku ngebayangin di uwek2 sama nasi panas, trus di colet sambel dan segelas es teh kok kayanya jadi pengen berangkat ke depot nasi padang ya. Duh.. nikmat

di rumah aku malah rajin masak selama masa pandemi ini, kak. mamaku rajin banget ke dapur. katanya waktu yang biasa dihabiskan dg menyetir di jalan diganti dg masak.
tapi kami juga rajin jajan makanan dari temen-temen adeku yang sekarang mulai usaha makanan. hmmm itu makanannya boleh jadi buat menu aku nanti malam ah. pas blom bikin menu nih

Ngiler banget dong Eny liat ayam pop, soalnya paling doyan makan aneka masakan ayam hihi

Sekarang sudah gak perlu lagi rindu makan di luar, karena sudah banyak cara makan makanan yummiii....
Tinggal pesan Ayam Pop Bu Yani.

Tarraa~
Makanan sehat dan lezat, tinggal happ!

Kepingin ayam woku sama ayam pop nya deh :) belum pernah coba seumur hidup nih.
Pasti lezat banget ya

Enak banget nih, pasti enak dan bersih juga. Selama pandemi ini jadi lebih berhati2 juga kalau beli makan diluar. lebih baik beli yang sudah direkomendasi sama teman atau keluarga

Wuah aku suka banget masakan apapun yang terbuat dari cumi. Trus aku juga suka ayam pop yang gak semua rumah makan Padang menyediakan. Ternyata direbus pakai air kelapa ya biar empuk dan dagingnya langsung copot dari tulang, menyerah gitu aja. Hahaha. Jadi pengen coba bikin ayam pop. Makasih resepnya Kak.

Pengen cumi nya kak,, ambil sepiring nasi putih anget dan ditemani cumi..
bakalan bikin nambuh 2 piring deh kayaknya.
Emang kalau ada tempat makan yang udah langganan pasti bikin rindu,ditambah tempat yang bersih dan cara mengolahnya secara higienis nggak bakal ragu tuk order lagi dan lagi

Senang banget baca artikel ini, apalagi menggerakkan perekonomian lokal. Saya sendiri memang selalu memilih masakan lokal, btw ayam pop masakan Bu Yani pengen juga.

yang biasanya jalan sambil jajan, sekarang jadi praktekin jajanan yang udah pernah dimakan ya Kak.
kalau disini masak woku itu biasanya untuk ikan, mungkin karena ikan mudah ditemukan dan harganya lebih terjangkau ya :)
pengen deh itu nasi goreng endowlita dan cumi special Bu Yani-nya :D

Aku ngefans banget sama cumi, saking sukanya uuuh pasti selalu pengin ambil terus. Tapi aku lho belum pernah coba cumi yang cara masaknya dengan santan seperti itu, hmm, rasanya gmn ya, penasaran dg masakan bu yuni ituh :3

jadi ngiler sm ayam wokunya, dah lama gak bikin, enak yaa klu makanan rumah sudah bisa dibeli jd gak perlu repot masak.

Wow mau dong aku cumi, selama pandemi gak ada makan cumi, karena nggak bisa masaknya, hahaha

Kalau aku penasaran sama Cuminya. Biasanya masak cumi cuma tumis saja. Pakai santan gitu belum pernah. Boleh banget dieksekusi nih

Pengen mamam ayam woku Bu Yani.... Aduh enak banget kayaknya.
Ga ada contekan resepnya, Mas?
(minta ditimpuk)
Memang baiknya kita beli masakan tetangga atau yang sekota, kalau bisa utamakan kenalan dulu (kalau saya)

Waduh semuanya bikin ngiler dan aku suka semua semoga bisnis bu Yani makin sukses ya kak

Saya suka beli makanan menu rumahan.. berasa pas apalagi kalau lagi pengen simpel dan malas masak.. hihihi.. olahan cumi bu yani spertinya bikin ngiler apalagi buat saya yg emang penyuka seafood... nyam.. atau ayam pop enak juga kali ya... :-)

Beneran yaa...yang paling sadis memang ayam pop Bu Yani.
Liat pedasnya dan ayam dimakan bersama nasi hangat.
Ga berasa, awalnya satu porsi, lalu nambah lagiii dan lagi.

Cumi spesial dan ayam pop Bu Yani kayaknya lezat banget, tuh.. cocok banget ya makanan enak gini pas kita #dirumahaja membantu banget untuk urusan dapur dan perut. Hihihi.

Setujuu! Ayo kita gerakkan perekonomian lokal dengan memesan makanan yang enak - enak khas masyarakat sekitar. Ini woku dan cuminya bikin lidah saya berair, Kak. Jadi pengin nyicip juga.

Semua menu ala bu Yani ini unik dan sederhana ala rumahan ya. Tapi kayaknya cukup menarik nih...

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon