31 Maret 2020

Ayam Asap Kak Tima, Kenikmatan Ala Madura

Gara-gara mencari ayam asap Kak Tima, tukang jalan jajan harus terbenam dalam kubangan. Kalau sudah penasaran tak perduli hujan dan Kaki menjadi kotor, tempat makan ini harus ditemukan sesegera mungkin. Sempat penasaran dengan menu yang disajikan membuat makanan ini jadi penting untuk dieksplorasi. Pencariannya memang lumayan sulit, harus beberapa kali salah belokan. Bagi yang kesulitan untuk dating, Alamat Ayam Asap Kak Timah, Jl. Perdamaian , di Ruko di depan Jalan Perintis, Kota Baru Ujung. Kalau memang kebingungan dan tersesat, kamu ngga sendirian kok, tukang jalan jajan sudah merasakannya.

Ayam Asap Kak Tima, Kenikmatan Ala Madura
Ayam Asap Kak Tima, Kenikmatan Ala Madura 
Sesampainya di Ayam Asap Kak Timah, saya langsung mencari tahu, apa saja yang dijajakan disini. Ternyata rumah makan ini menyajikan masakan khas Madura. Menarik sekali! Pesanan saya pun tak tanggung tanggung, pesanan saya lengkap untuk makan malam kali ini

Ayam Asap dengan sambal kacang

Ayam asap kak Timah ini adalah ayam yang sudah dibumbui ungkep lalu diasap menggunakan batok kelapa sehingga memiliki aroma dan citarasa yang khas. (Aromanya mirip dengan se'i yang banyak beredar di Pontianak). Saat disajikan, ayam asap Kak Timah langsung digoreng hingga kulitnya renyah. Menggoda sekali warna kulitnya yang kecoklatan. Rasanya tidak sabar untuk segera menyobek dagingnya.
 
Ayam Bakar Sambal Kacang Kak Tima
Ayam Bakar Sambal Kacang Kak Tima
Sebenarnya sudah beberapa kali makan olahan menu ayam asap tapi biasanya di undangan temen temen Madura yang mauludan. Biasanya ayam yang sudah diasap, dimasak lagi. Ada yang dibuat menjadi kari atau opor. Aromanya khas dan membuat daging menjadi lebih padat tapi empuk.
 
Sambal Terasi Kak Tima
Sambal Terasi Kak Tima
Yang tak kalah spesial adalah sambal kacang tanahnya yang gurih sekaligus legit dan pedas. Sambal kacangnya ngeunah wozaaahhh!. Ini kesempurnaan makan diujung kota.  Perpaduan kacang, gula aren dan cabenya pas banget apalagi dicocolin dengan daun singkong dan lalapan lainnya. Swedaaap banget. 

Tauge Tumis Kak Tima
Tauge Tumis Kak Tima
Bagi yang doyan pedes, bisa request sesuai kehebatan kelian genks! Ada pilihan sambal juga lho... Plus saya dapet free tumisan toge.... Cihuy banget. BTW penyajian porsi nasinya jumboooo beudh... Aman banget buat di share berdua.

Sup tulang plus kikil

Saya punya cara tersendiri untuk mengetes kuah kaldu bening seperti ini. Caranya menunggu sebentar hingga agak sejuk, jika terlalu banyak lemak mengambang berwarna putih, sudah pasti lemak itu akan lengket dirongga mulut. Walaupun sedap, pasti sangat mengganggu. Aroma kuah kaldu sup tulang ini semacam memanggil dan mengajak berantem untuk diseruput. Potongan cabe merah dan seledri serta potongan kikil benar-benar menggoda selera.
 
Sup Tulang Kak Tima
Sup Tulang Kak Tima
Seruputan kuah pertama langsung membuat mata segar, rasa gurih sum sum tulang berpadu dengan lada dan bawang putih memang pas sekali. Tak perlu banyak bumbu karena kesegaran tulang menjadi kunci utama kaldu yang lezat. Apalagi daging yang menempel ditulang bercampur dengan otot sehingga membuat acara kunyah mengunyah semakin seru. Kikilnya juga menggelora, saat dikunyah tetap melawan namun kekenyalannya pas saat dikunyah.

Perasan jeruk, sambel dan nasi panas adalah pelengkap sempurna untuk menemani makan dengan nikmat. Janagn lupa segelas es teh ya!

Soto Madura.

Menggunakan so un sebagai sumber karbo serta ditambah taoge, potongan kol dan taburan seledri, tak lupa dengan potongan kikil yang membuat saya tak bisa berhenti mengunyah. Kuah kaldunya begitu bening, rasa kaldu sum sum dari tulang yang direbus lama dengan bumbu. Begitu diseruput ada rasa bawang putih dan lada. Apalagi jika ditaburi daun seledri dan bawang goreng
 
Soto Daging sapi Madura Kak Tima
Soto Daging sapi Madura Kak Tima
Rasanya semakin segar dan nikmat karena ada potongan toge dan kol yang masih terasa renyah ditambahan kikil yang selalu ada ditiap kunyahan. Mau coba?

Mie Goreng Daging Sapi

Tak ada yang lebih membahagiakan memakan mie goreng dari mie telor basah buatan pasar yang kenyal dan sedikit liat. Mie yang selalu menghiasi masa kecil saya langsung melemparkan saya ke sejuta kenangan masa lampau. Bumbu mlekoh dari kuah kaldu dan kecap dengan ptpngan daging, seledri dan bawang goreng ini memang perpaduan mematikan buat lidah saya.

Mie kuning Goreng Daging Sapi Kak Tima
Mie kuning Goreng Daging Sapi Kak Tima
Rasa gurih dari mie nyemek ini memang tak bisa diragukan, kudu dan wajib coba. Die die must try samapai suapan terkhir. Bisa request potongan cabe yang banyak untuk tambahan kenikmatan haqiqi. Ingin rasa yang makin seger? Kucukan perasan jeruk nipis dan kamu akan bahagia!

Juara dunia kelas berat! Ayam asap Kak Tima!

Jalam Perdamaian Ujung, mentok lalu belok kanan tepat didepan jalan perintis. Butuh pencarian dengan seksama karena tempat ini belum terdeteksi oelh google maps. Kesasar adalah hal biasa saat awal mencari lokasi tempat makan ini. Tapi santai saja, apa yang kamu cari akan terbayarkan saat nanti menikmati menunya. Selain itu masih ada menu lain yang bisa dipesan. Selamay makan dan jangan lupa nahagia. Stay Safe
 
Menu pesanan di Rumah Makan Kak Tima
Menu pesanan di Rumah Makan Kak Tima
Jangan lupa cobain juga sup tulang dan soto madura yang juga ciamik di @ayam.asap_kak.timah walaupun repot menemukan lokasinya tapi worth to try!


Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

38 comments

Wah aku justru penasaran sama soto maduranya, aku suka banget soto madura soalnya hehe

Kalau penasaran dengan makanan enak, meski sempat terbenam dalam kubangan pun pasti akan dilalui ya. Dari penampilannya saja, ayam asapnya keliatan enaak

Uwah aku lagi pengen nyobak lalapan ayamnya. Bakal enak banget itu dicolek ke sambel. Bikin mulut jadi ngeces

Entah kenpa pas baca postingan ini bau sambelnya kak Tima nyampe hidungku, eh ternyata suamiku lg manasin sambel di dapur wkwkwkw :D
Duh auto lapar baca postingannya. Penasarn juga sama ayam asapnya :D

Ciyusss...
Aku kangen makan makanan enaakk~
Kulineran lagi...

Initu daging kikilnya yaa...udah menyapa gituu..
Auto pen ngabisin, hahaha...((doyan pake banget))

Semua masakannya asal daerahku ini. Cock banget sama lidahku. Duh.. jadi kangen pulang kampung. Pengen nyicip kuliner langsung di sana.

Penasaran ama Ayam Asapnya, belum pernah nyobain makanan itu, jadi ngiler. 🤤

Lezat sepertinya nih, penasaran dengan ayam asapnya :) soalnya di Bekasi ga ada yang jual menu ayam asap.
Rindu saat-saat bisa makan di kaki lima deh :)

Pengen banget coba ayam asap ini, apakah sama dengan aroma ayam bakar? apalagi di tambah bumbu kacang.

Salah ini baca artikel kayak gini tengah malem, jadi bayangin yang nggak nggak hahaha.. coba kalau review nggak usah sampe detail, yang baca jadi ikut bayangin cocolan sambal kacang dan daun singkong kan jadinya.. hmmm..

Naksir sup tulang plus kikil. Yang berkuah-kuah gini memang endes bingit. Sueget. Kikilnya empuk kan ya... Betulan yummy deh

Haduuh postinganmu itu loh mas bikin aku pengen makan hahha...penasatan sama ayam asap kek gimana bikinnyah

waah baru tau di pontianak ada ayam asap kak timah, apa kuliner ini sudah lama ? maulah saat aku balik pontianak aku cari juga kuliner ayam asap ini, bikin penasaran aja ...heheh

Menggugah banget itu ayam Kak Tima Sayangbuat amkan sian. Sayang, waktu ke Pontianak lalu, belum sempat nyobain banyak makanan Pontianak.

Duh sepertinya enak. Ayam, toge dan sup nya bikin ngiler dan lapar, padahal saya abis makan hehe.

Ayam asap yang enak ini, apalagi sambalnya sangat menggugah selera. Boleh dong kak diicip.

Bikin laper aja ini Poto. Selain ayam ada jg mie. Keduanya bener2 favorit deh apalagi pakai sambel yg nendang

Duhh laper jadinya..
Aku kok pengen banget nyoba sup tulangnya..

Ya ampuuun tampilan ayamnya bikin aku ngiler
Enak banget kayaknya itu dicocol sambel
Duuuh mendadak lapar euy
Tanggung jawab, kak!

Ayam kalau sudah dibuat kreatif maskaannya akan menimbulkan cita rasa nikmat. Apalagi ini ayam asap, maknyus banget

enak semjua ini menunya bikin ngiler apalagi sup tulang kikil slurrrrp pingin jadinya :) Tapi sayang jauh ya tempat makannya dari sini

Saya penasaran dengan ayam asap. Membayangkannya ayam yg sudah dikasih bumbu, lalu diasap, pasti aromanya khas dan mengundang nafsu makan deh ini

Belum pernah makan ayam asap, sepertinya enak banget... Ini lagi menu2nya di Kak Timah bikin perut langsung keroncongan...

Baca blog Kak Dodon selalu bikin ngiler. Sekarang giliran ayam asap Kak Tima yg bikin sya membayangkan kelezatannya. Tambah pengen ke Pontianak.

Salah moment nih saya, baca postingan ini saat puasa, wkwkwk. Auto ngiler deh. Saya belum pernah nih ngicipin ayam asap. Itu cara masaknya apakah diasap gitu ya? Kayak ikan asap, ehehe... penasaran banget

yeee salah banget baca artikel ini pas malem2, auto lapar lagi jadinya :O.... aku mau googling aah tentang menu2 diatas hehehe

Aku penggemar berat ayam bakar. Kalau ayam asapnbelom pernah nyoba. kayaknya enak banget ya..

Ayamnya pakai bumbu Kacang. Huwaaaa jadi mo nangis, kangen kulineran dooonggg saya, Kak.


Di Bogor nggak ada ayam asap nih.

kohhh aku liat semua menunya jadi super ngiler banget nih, karena lama aku belum makan ayam dengan bumbu kayak ayam asap ini euy

Baca ginian kok pas menjelang makan siang, duh rasanya krucuk-krucuk nih perut. Aku langsung mupeng sama sambal terasinya, kayaknya maknyus banget. Apalagi mi dengan potongan daging sapi ya mau buanget. Secara penggemar mi goreng gitu loh.

Belum pernah makan makanan ini. Seumur-umur aku paling makan makanan Madura yaa sate sama soto madura huhu. Foto-fotonya langsung bikin laper nih kak, apalagi aku baca artikel ini di jam makan siang wkwk.

Ayam asapnya pasti nendang kalau dicocol sambal terasinya. Yummy
Sop tulangnya juga bikin ngiler, deh! Ada irisan jeruknya, pasti tambah wangiii

Setelah baca ini, saya segera akan go food ayam sejenis di sini duh... Postingan ini bikin saya pengen jajan lagi.

Biasanya yang diasap2 kenanyakan itu ikan ya, nah di sini ternyata ayam dan tentunya dimasak lagi. Ngiler banget bacanya aslik, mana sambalnya sambal kacang, tentunya ciamik bgt kalau dipadu nasi putih buat makan siang :3

Ayamnya, sup tulangnya, soto madura aduh bikin ngiler mbak jadi pingin makan akunya karena semuanya aku suka

Aku udah pernah coba soto daging sapi madura di jakarta. Aku suka banget. Temanku dari Malaysia juga suka dengan rasanya yg segar.

Aku penasaran sama ayam asap. Sepertinya enak banget dengan bumbunya

Mendaak lapar bacanya jam 2 siang begini wkwk. Untung lagi libur puasa hehe. Eh unik juga ya sambalnya sambal kacang pasti menambah citarasa tersendiri.

Waa jadii kangen jalan2 nihhh.. apalagi kulineran..😂😂

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon