Makan Ikan Bakar Makassar di Yogyakarta

Ikan Bakar Makassar di Yogya, beralamat di Ruko Babar Sari Kav A 45 dengan nomor telepon 0812 1881 2472 memiliki Parkir yang lumayan luas dengan tempat duduk yang lumayan banyak serta “open kitchen” dibagian depan
Nyobain makanan khas dan kebetulan tidak berada ditempat asalnya boleh ngga? Boleh aja kan ya. Selama kita tidak mencari yang otentik, saya pikir sah sah saja. Nah, saya mencoba menikmati Ikan Bakar Makassar di Yogya, beralamat di Ruko Babar Sari Kav A 45 dengan nomor telepon 0812 1881 2472. Kebetulan dapat rekomendasi dari @pacarkecilku dan dinyatakan enak. Kenapa tidak mencoba mumpung jalannya searah menuju bandara. Mari makan ikan bakar Makassar di Yogyakarta.

Makan Ikan Bakar Makassar di Yogyakarta
Makan Ikan Bakar Makassar di Yogyakarta
Masuk kedalam parkiran, saya langsung disambut hawa panas dan asap yang mengepul hebat. Saatnya makan Ikan Bakar Makassar di Yogyakarta. Rupanya pembakaran ada didepan tempat makan. sudah ada tungku raksasa dengan kipas besar yang bekerja keras. 

Makan Ikan Bakar Makassar di Yogyakarta
Makan Ikan Bakar Makassar di Yogyakarta
Tungku ini dipenuhi dengan ikan berbagai ukuran yang sudah dibelah dua dan dipanggang diatasnya. Tempatnya lumayan besar dan dipenuhi oleh keluarga yang makan. Gojek juga terlihat antri memesan makanan disini. Sembari melihat-lihat meja kosong, sayapun duduk sambal melihat daftar menu yang disajikan disini.

Lalapan dan Sambal Ikan Bakar Makassar
Lalapan dan Sambal Ikan Bakar Makassar
Setelah mendapat meja kosong, saya memesan beberapa menu. sukup beragam untuk mewakili rasa yang ada disini. 1 Cakalang ukuran medium 18K, 1 udang bakar 1,5 Ons 24K, Nasi Putih 3,5 K, Kangkung Seafood 7K, Jeruk Manis 5K dan menutup menu makan saya dengan semangkuk Pallu Butung 9K. Sekitar 15 menit, menu pesanan saya berdatangan satu persatu. Sembari bercakap-cakap dan memfoto makanan saya menunggu semuanya lengkap diatas meja makan.

Air Jeruk Hangat
Air Jeruk Hangat
Merasakan es Pallu Butung di IBM (Ikan Bakar Makssar) ini menyenangkan sekali. Dessert khas Sulawesi Selatan, makanan ini sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa di saat bulan Ramadan atau dijadikan makanan penutup dibanyak acara. Pallu Butung ini hampir mirip dengan Pisang Ijo dan banyak yang suka salah mendefinisikan. 

Es Pallu Butung
Es Pallu Butung
Pallu Butung terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang kemudian sampai matang dan kental seperti bubur kole. lalu dimasukkan potongan-potongan pisang raja yang juga sudah masak lalu diaduk. Pallu Butung dapat dihidangkan hangat-hangat, juga bisa dihidangkan dingin dengan menambah parutan es di atasnya. Pallu Butung juga bisa ditambahkan sedikit sirup untuk menambah warna dan rasa manis. Kali ini saya menikmati kudapan ini dengan bahagia. rasanya menyenangkan. dan segar. Pisangnya juga empuk dan manis alami. pilihannya tepat.

Udang Bakar Ikan Bakar Makassar
Ikan Bakar dan Udang Bakar Ikan Bakar Makassar
Lanjut ke ikan bakar yang menggeletak di atas piring, bersebelahan dengan udang bakar. Tidak ada bumbu yang mencolok diikan bakar ini hanya olesan cabe yang membuatnya menjadi merah membara. Dibakar dengan beralaskan daun pisang dan diberi minyak kelapa. Tidak ada bumbu berasa tajam, ikan bakar ini sengaja ingin menonjolkan rasa aslinya. Selama ikannya segar maka bau amis tak akan muncul. Disebelahnya ada tiga jenis sambal cocol, ada sambal dabu dabu, Sambal bawang kecap dan sambal bajak yang sudah ditumis dengan minyak yang memerah. 

Ikan Bakar Makassar
Ikan Bakar Makassar
Daging ikan yang lembut langsung saya kucuri dengan jeruk nipis lalu disobek dan dicocolkan kedalam dabu dabu sekalian menyendok potongan tomat. Segar dan pedas dengan sedikit asam. Sambal mentah yang kemudian disiram minyak panas ini memang pas sekali menemani hasil laut dihadapan saya. Saya juga dimanjakan dengan sambal bawang kecapnya yang legit dengan potongan cabe dan bawang merah didalamnya, njawani puol! menyesuaikan lidah Yogya. 
 
Udang Bakar Makassar
Udang Bakar Makassar
Udangnyapun sedap sekali. Dagingnya membal dan masih manis, begitu dicelup kedalam sambal bajak, dan dimasukkan kemulut maka terjadilah ledakan rasa pedas dengan membalut daging udang yang manis. Begiu pula ikan bakar ini, cocok sekali dengan kedua sambal yang tersaji dimeja. Saya sampai lupa dengan kangkung yang diberi potongan cumi dan udang disebelah. Berbumbu sederhana, hanya ditumis dengan bawang dan cabe. Sayang minyaknya terlalu banyak, harus dioleskan ke nasi hangat terlebih dahulu. Tingkat kematangan kangkung yang tepat membuatnya kres nyes saat dikunyah.

Kangkung Seafood Ikan Bakar Makassar
Kangkung Seafood Ikan Bakar Makassar
Ikan Bakar Makassar di Yogya, beralamat di Ruko Babar Sari Kav A 45 dengan nomor telepon 0812 1881 2472 memiliki Parkir yang lumayan luas dengan tempat duduk yang lumayan banyak serta “open kitchen” dibagian depan tentu menjadi daya tarik pengunjung yang ingin mengintip langsung proses pengolahan ikannya. “Tidak ada dusta diantara kita”. mungkin tulah yang ingin ditunjukkan oleh pengelola. Nilai 8 dari 10 saya sematkan untuk menu yang saya nikmati hari ini. Ayo makan ikan bakar Makassar di Yogyakarta. Selamat makan dan salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.