Tukang Jalan Jajan

Ayam Goreng Suharti, Selalu Bikin Happy

Bertandang ke Jogja bearti siap siap untuk menikmati wisata budaya dan atraksi tawar menawar berbelanjan di Pasar Beringharjo. Tapi saya selalu tidak lupa bahwa kuliner di Jogja selalu ngangenin untuk diulik sana sini. Selain tempat makan baru yang ada dimana mana. Ada pula tempat makan lawas yang rasanya tetap sama seperti legenda masa lampaunya. Mungkin butuh waktu sebulan untuk mengarungi lautan makanan yang berlimpah ruah disetiap sudut kota. Mungkin salah satunya adalah Ayam Goreng Suharti yang selalu bikin happy beralamat di Jalan Adi Sucipto 28 Yogyakarta dengan nomor telepon 0274-484522. Tidak hanya dititik ini, ayam goreng ini juga ada dibeberapa tempat di Yogya bahkan merambah dibeberapa kota lain di Indonesia.

Ayam Goreng Suharti Yogya
Ayam Goreng Suharti Yogya
Saya masih bersama dengan @pacarkecilku yang menggamit raga mencari makanan sedap. Obrolan seputar dunia kuliner tidak berhenti dari mulut kami. salah satunya adalah Ayam Suharti dan Ayam Ny Suharti. Kedua berbeda, iya berbeda dengan rasa yang kurang lebih sama. Dulu, saat Bapak Sachlan dan Ny Suharti menjadi sepasang suami istri, keduanya sepakat menggunakan nama 'Ayam Goreng Ny. Suharti' sebagai nama rumah makan mereka. Rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti berdiri pada 1972 dan berlokasi di JL. Sucipto No.208, Yogyakarta. Pada 1984, keduanya sepakat untuk mengembangkan rumah makan di beberapa tempat di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan. Banyak cabang yang sudah dibangun

Ayam Goreng Suharti Yogya
Ayam Goreng Suharti Yogya plus sambel bajak
Keberadaan dua logo sama rasa Suharti terjadi saat keduanya memutuskan untuk bercerai. Sungguh cerita kelezatan yang dibarengi dengan drama. Pilihan Suharti untuk berpisah dengan sang suami menjadi bumerang bagi dirinya. Pecah kongsi menyebabkan Rumah makan 'Ayam Goreng Ny. Suharti' kemudian menjadi milik suaminya yang terdaftar sebagai pemilik resmi rumah makan tersebut. Akibatnya, semua aset kemudian dikuasai sang suami. Oktober 1991, Suharti memberanikan diri membangun rumah makan ayam goreng yang juga menggunakan nama 'Suharti'. Yang membedakan, dirinya tidak memakai kata 'Ny' di rumah makannya. Sebagai pembeda, Suharti kemudian memasang wajahnya sebagai logo rumah makan barunya, 'Ayam Goreng Suharti'. Kini orang lebih mengenal rumah makan ayam goreng Suharti miliknya, yang memajang foto dirinya. Saat saya membuka buku menu, banyak sekali pilihan makanan disini bahkan ada beberapa makanan ala barat yang digemari orang Jawa juga tersedia.

Ayam Goreng Suharti Yogya
Ayam Goreng Suharti Yogya
Saya sudah mencoba keduanya namun saat ini saya berada di Ayam Goreng Suharti dengan wajah wanita berpakaian Jawa. Duduk manis disini dalam keadaan hujan deras. Nafsu makan membuncah dan inilah pesanan saya, Ayam Goreng Separo 57K, Jeruk Panas Peras 7,5K, Tahu/Tempe goreng 7K dan Pecel 14,5K sebagai pelengkap sayur mayur. Mari makan dan menunggu dengan hati riang. Ini yang saya bilang pelayanan paripurna dari pramusaji yang melayani dengan ramah, mendorong meja saji dan menghantar ke pemesan dengan mengecek nomor pesanan berulang. Mantep sih!

Ayam Goreng Suharti Yogya
Pecel sayuran ala Ayam Goreng Suharti Yogya
yang pertama saya icip icip pasti pecelnya dong. sambal kacang dengan warna coklat muda menandakan level gurih, legit dan nikmat. Sayuran rebus, ada kubis, kacang panjang, wortel, kecambah dan bayam yang masih renyah membuat campuran makanan ini semakin membuat saya lahap. Apalagi ada tahu tempe bacem serta rempeyek yang menjadikan setiap kunyahan saya bertekstur. Semua kelezatan dalam kunyahan. Tahu tempe bacem ini juga enak banget dikelomot dengan cabe hijau segar. Dari kilatan warna coklat tuanya, saya bisa menebak bumbu yang meresap dengan cara masak yang tepat.


Ayam Goreng Suharti Yogya
Ayam Goreng Suharti Yogya dengan kremesan
Ayam goreng separo lengkap dengan kremesan yang menggugah selera, Ayam goreng Suharti selalu bikin Happy!. Aroma ayam berempah ini sungguh menggugah selera. Ayam kampung yang diungkep dan lalu digoreng dengan tepun krispi memang mempbuatnya semakin special. Dagingnya empuk dan setiap serat terasa bumbu “njawani” dengan aroma kunyit, salam, sereh yang berpadu dengan bawang putih dan aneka bumbu dapur lainnya. Pasti pernah mencium ayam panas yang begitu ditarik serat dagingnya lalu terhamburlah aroma sedap? olala! Suharti belum pernah mengecewakan saya masalah rasa. Mau memperkaya rasa? tinggal dicelupkan kesambal bajak tumisnya yang tak terlalu pedas untuk ukuran lidah saya.

Ayam Goreng Suharti Yogya
Bacem Tempe dan Tahu ala Ayam Goreng Suharti Yogya
Restoran ini sungguh luas, mau diluar maupun didalam ruangan semua tersedia meja atau gazebo. untuk kumpul keluarga dan arisan rumpi bersama teman-teman bisa terakomodir dengan baik. Parkirannya juga luas, sepertinya memang didesain untuk wisatawan yang ingin berkunjung kesini dengan Bus Pariwisata. Ayam Goreng Suharti yang beralamat di Jalan Adi Sucipto 28 Yogyakarta dengan nomor telepon 0274-484522 memang cocok untuk mengobati kangen ayam goreng masa lampau dengan citarasa yang menggugah selera. Selamat makan dan salam yumcez!

2 komentar:

  1. Enaknya, kelihatan dari bacemnya aja warna dan teksturnya pas. Saya belum bisa bikin bacem seperti itu.

    BalasHapus
  2. Ini nih, spot favorit kalo saya lagi pengen makan ayam kampung...

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.