Kelana Rasa Makan Besar di Pondok Ale Ale

Kelana Rasa makan besar di Pondok Ale Ale. Yup saya sedang bersama dengan teman-teman dari Kelana Rasa yang sedang berkunjung ke Pontianak. Mengajak untuk menikmati menu spesial ala Kalimantan Barat. Pondok Ale Ale di Jalan Putri Candramidi (Podomoro) no 10 pontianak atau bisa juga datang ke Pondok Ale Ale di A Yani Mega Mall Pontianak, no telpon (0561) 740 789. Tempat ini merupakan salah satu pilihan cocok untuk menemukan banyak pilihan menu tradisional. Sempat beberapa kali ke Pondok Ale Ale membuat saya berani merekomendasikannya ke teman-teman tukang makan yang berpengalaman, tentu masalah rasa jadi prioritas.

Kelana Rasa makan besar di Pondok Ale Ale. Yup saya sedang bersama dengan teman-teman dari Kelana Rasa yang sedang berkunjung ke Pontianak. Mengajak untuk menikmati menu spesial ala Kalimantan Barat. Pondok Ale Ale di Jalan Putri Candramidi (Podomoro) no 10 pontianak atau bisa juga datang ke Pondok Ale Ale di A Yani Mega Mall Pontianak, no telpon (0561) 740 789. Tempat ini merupakan salah satu pilihan cocok untuk menemukan banyak pilihan menu tradisional. Sempat beberapa kali ke Pondok Ale Ale membuat saya berani merekomendasikannya ke teman-teman tukang makan yang berpengalaman, tentu masalah rasa jadi prioritas.
 
Set Menu Pondok Ale Ale
Set Menu Pondok Ale Ale
Sambil membolak balik menu Mas Arie Parikesit, Pak Fajar dan Bu Diah serta tukang jalan jajan berdiskusi mengenai pilihan menu di Pondok Ale Ale Podomoro. Sepakat untuk memilih menu khas Melayu, Dayak dan Tionghoa., mewakili tiga suku besar yang mendiami provinsi Kalimantan Barat. Dari citarasa melayu diwakili oleh Ikan Angsam Asam Pedas Pontianak dan Ketapang, Pakis masak lemak, sambal teri ulek, paceri nanas dan ubi Kayong. Dayak diwakili oleh tumis umbut kelapa sedangkan dari Tionghoa ada tahu sutra masak Tausi, Hekeng udang dan hekeng keladi.

Ikan Asam Pedas Ketapang
Ikan Asam Pedas Ketapang
Ikan Asam Pedas Pontianak
Duduk di bagian luar dekat dengan pintu masuk, menikmati hembusan angin sepoi sepoi sungguh bisa memberikan kebahagiaan sembari menunggu makanan datang. Perlahan namun pasti, satu persatu makanan datang. Ikan Asam Pedas Pontianak dan Ketapang sudah terhidang di meja dengan aroma yang menggoda. Langsung saja mangkuk kecil di isi dengan potongan ikan dan terung asam, nanas dan timun kemudian di siram kuah. Kedua jenis makanan ini sama sama di coba. Dari warnanya sudah terlihat berbeda, tentu juga dengan rasanya. Ternyata kami berempat sepakat bahwa ikan asam pedas Ketapang dengan kuah yang kuning lebih diminati dengan citarasanya yang lebih berempah dan justru lebih pedas dari asam pedas Pontianak yang cenderung asam dan pedas.

Sambal Teri Uleg Pondok Ale Ale
Sambal Teri Uleg Pondok Ale Ale
Lain lagi dengan menu pelengkap seperti Hekeng udang dan keladi yang gurih dan cocok sebagai menu pembuka rasa apalagi jika di cocol ke saus cabe atau tomat. Mirip seperti gorengan yang menambah sensasi kriuk kriuk saat di kunyah. Dengan nasi putih juga nyaman, tinggal di tambah dengan sambel teri uleg yang di buat dari teri medan yang di uleg dengan cabe dan dikucuri jeruk kecil. Jika masih kurang pedas masih ada paceri nanas yang merah, pedas dan gurih. Nasi panas dengan taburan bawang goreng sudah cukup kan?

Paceri Nanas Pondok Ale Ale
Paceri Nanas Pondok Ale Ale
Tahu sutra masak Tausi Pondok Ale Ale
Tahu sutra masak Tausi Pondok Ale Ale
Menu lain yang tidak boleh di tinggalkan adalah tahu sutra masak tausi. Tahu sutra di goreng terlebih dahulu lalu  di tambah dengan lapisan bumbu yang di goreng kering dengan tambahan daun bawang setelah itu di siram dengan saus gurih yang sudah di beri tausi, fermentasi kedelai hitam yang terasa asin. Namun jika dipadukan dengan dengan tahu sutra maka kombinasinya jadi rasa yang menggugah selera. Ini salah satu makanan yang juga jadi pilihan kami.

Pakis Masak Lemak Pondok Ale ale
Pakis Masak Lemak Pondok Ale ale
Tumis Umbut Pondok Ale Ale
Tumis Umbut Pondok Ale Ale
Lain lagi dengan sayur maayur yang di pilih ada pakis yang kali ini di masak lemak. Di masak dengan menggunakan kuah gulai dengan santan dan aroma rempah serta kuning kunyit yang dominan membuat rasanya juga menyenangkan. Makanan ini jadi favorit untuk dicampur dengan nasi, kuahnya juga menambah citarasa nasi putih. Gurih, manis dan berempah Indonesia. Seruput kuahnya dan rasakan kenikmatannya. Ini juga salah satu pilihan tim Kelana Rasa kali ini. Umbut kelapa tumis dengan belacan juga sedap menggoda. Umbut yang di tumis namun masih bertekstrur renyah dengan rasa gurih terasi, sangat cocok dinikmati di siang hari yang panas. Sepiring nasi rasanya ngga bakalan cukup!

Set Menu Pondok Ale Ale
Set Menu Pondok Ale Ale
Makan siang bahagia di Pondok Ale Ale kali ini di tutup dengan ubi kayong yang memadukan citarasa gurih dan asing dengan susu kental manis yang creamy dan manis. Rasanya jadi bercampur cengan sempurna dan menyenangkan. Ini juga jadi favorit, mungkin terasa aneh di saat di lihat namun sungguh berbeda saat sudah dicicipi. Penutup yang tepat dan segelas minuman lidah buaya menutup icip-icip kelana rasa di Pontianak. Perut kenyang dan matapun berbinar.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.