Tukang Jalan Jajan

Ikan Asam Pedas dari Bahan Segar Fresh Market Pondok Ale Ale


Sedapnya siang siang bisa menikmati makanan kesukaan. Apalagi kalau bahan makanan yang disiapkan langsung saat di pilih. Kesegaran bahan masakan tentu jadi hal penting dalam kamus icip-icip saya. Bahan makanan yang tidak segar tentu membuat kenikmatan makan berkurang. Saat mendengar ada fresh market bahan segar di Pondok Ale Ale, saya jadi langsung kepikiran buat meluncur ke Jalan Putri Chandramidi (Podomoro) No 10 Pontianak untuk melihat koleksi bahan segar dan mencicipi menu yang disediakan di sana. Tentu saja Ikan Asam Pedas Khas Pontianak dan Ketapang juga jadi poin penting.
 
Menu ikan asam pedas khas Pontianak dan ketapang serta sambal wak Dolah Pondok Ale Ale
Menu ikan asam pedas khas Pontianak dan ketapang serta sambal wak Dolah Pondok Ale Ale
Begita masuk, sambutan pramusaji langsung menyapa. Meja dan bangku ada yang berkonsep meja kursi panjang ala warung makan, ada lesehan dan apa pula meja makan ala keluarga berbentuk bulat yang berada di dalam ruangan ber AC. Setelah menyebutkan jumlah orang yang datang, saya diberikan beberapa alternatif untuk duduk. Buku menu diberikan dan beberapa menu spesial di tempat ini direkomendasikan untuk saya pilih. Di bagian kanan juga terdapat fresh market dimana kita bisa memilih besar kecilnya bahan segar berupa ikan, udang, kepiting atau kerang yang ingin dinikmati. Sayuran segar juga terpajang di fresh market ini. Semuanya minta di makan. Duh, laper! Ikan Angsamnya memanggil saya untuk icip resep ikan Asam Pedas Khas Pontianak ala Pondok Ale Ale

Macam macam Ikan Segar di Fres Market Pondok Ale Ale
Macam macam Ikan Segar di Fres Market Pondok Ale Ale
Udang segar di fresh market Pondok Ale Ale
Udang segar di fresh market Pondok Ale Ale
Pesanan saya kali ini lumayan banyak. Ada Tumis Kailan dengan seafood, Udang Goreng Asam Manis, Sambal Wak Dolah, dan sentuhan akhir tetap ada 2 jenis menu Ikan Asam Pedas. Sepertinya siang hari memang cocok sekali menikmati Ikan Asam pedas. Segar, asam, asin, gurih, sedap dan menggoda selera. Nyaman dan pasti bikin semangat lagi. Duduk manis menunggu semua menu tersaji di atas meja. Makan enak merupakan hal wajib bagi saya. Jangan sampai sudah mengeluarkan uang lalu harus kecewa. Big No No!

Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Makanan hangat dari wok langsung terjadi di atas meja. Kailannya masih segar, tingkat kematangan yang kres nyes tentu jadi poin plus, ditambah dengan seafood yang segar sebagai pelengkap dan jamur. Jika tidak pandai memasak bahan ini pasti rasanya akan alot seperti sandal. Bumbunya sederhana, dengan racikan beberapa saus dan ditambah dengan potongan bombai dan cabe merah. Semuanya segar! Seruput sedikit kuahnya, rasa saus tiram berpadu dengan sedikit aroma jahe dan bawang putih. Sedap deh, nasi putih dengan taburan bawang goreng aja udah cukup nih. BOLEH TAHAN.

Ikan Asam pedas khas Ketapang Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Ketapang Pondok Ale Ale
Udang goreng asam manis ini cukup berbeda dengan yang biasa saya makan, udang goreng tepung dengan siraman saus seperti sambal. Biasanya saya merasakan dominasi saus cabe, tomat dan lemon serta sedikit jahe, yang ini? Beda! Sambal asam manis ini berpadu dalam bumbu yang tidak terlalu halus. Aroma rempahnya lebih kaya. Rasanya juga lebih kaya. Jangan ragu untuk mencoba udang krispi yang segar dan manis di balut bumbu krispi dan bumbu yang asam manis kaya rempah dengan tambahan daun bawang dan potongan cabe merah besar. DIE DIE MUST TRY!
 
Udang Goreng Asam manis Pondok Ale Ale
Udang Goreng Asam manis Pondok Ale Ale
Ikan asam pedas ini sungguh menggoda saya untuk menikmatinya. Aromanya rempahnya menggoda. Segarnya bumbu serta sayuran yang mengambang bersama kuah merah berbumbu membuat saya harus segera menyeruput kuahnya. Pedas, asam dan segar, membuat perasaan bahagia. Bumbu kental dikuahnya memang tidak terlalu halus. Bagi pecinta makanan pasti mampu menebak, bumbu dan rempah apa saja yang ada didalamnya. Sayuran didalamnya ada timun, terong asam dan nanas. Semuanya menambah sensasi kunyahan dan menambah kesegarannya. Bagaimana dengan ikannya? Itulah kunci masakan ikan asam pedas khas Pontianak. Ikan angsam yang segar saat tersiram kuah akan pedas langsung menjadi manis. Sepotong ikan asam pedas ini rasanya kurang. Suka bagian mana? Ekor, badan atau kepala ikan asam pedas?

Tumis Kailan Seafood Pondok Ale Ale
Tumis Kailan Seafood Pondok Ale Ale
Pelengkap lain yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah sambal wak Dolah yang mirip dengan sambal dabu-dabu. Ada cincangan tomat, timun, cabe dan tambahan kulit jeruk untuk menambah kesegaran makan siang hari ini. Bahagia itu sederhana ya? Oh ya, minuman siang ini adalah es kelapa jeruk yang seger! Manis, asam, gurih, berpadu dalam segelas minuman segar dan melengkapi kebagaiaan saya siang ini.

Sambal Wak Dolah Pondok Ale Ale
Sambal Wak Dolah Pondok Ale Ale
Menikmati semua menu tadi dan ikan asam pedas khas Pontianak di Pondok Ale Ale sungguh menyenangkan. Lokasi santap yang luas dan bebas untuk memilih lokasi duduk yang nyaman membuat saya lebih leluasa. Silakan melakukan reservasi (0561) 740 789 atau datang langsung ke Jalan Putri Candramidi (Podomoro) no 10 pontianak atau bisa juga datang ke Pondok Ale Ale di A Yani Mega Mall Pontianak. Nilai 8,5 dari 10 untuk Ikan Asam Pedas khas Pontianak dan selamat menikmati cita rasa melayu dan ikan asam pedas di Pondok Ale Ale. Selamat menikmati dan Salam Yumcez!


24 komentar:

  1. Balasan
    1. ntar klo ke Pontianak jangan lupa mampir deh ya :)

      Hapus
  2. Aku kok lebih tertarik sama sambel wak dolah nya, kayak nya enak di cocol pake kerupuk hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh iya mas Cum.kalau ama Wak doahnya tertarik ngga?

      Hapus
  3. aku tertarik sama udang goreng asam manisnya, kayaknya mantap juga tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas... hari ini lagi diskon 50%. Lumayan seru dan enak buat dinikmati nih

      Hapus
  4. Waduh, aku ngileeer kakak. Lapeeeer...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk makan, mumpung udah jamnya makan siang nih. Hajar

      Hapus
  5. wah lama nggak makan-makan disini, pas banget ada hidangan lezat :)

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. selamat makan bang, semoga kalau makan di sini tambah happy :)

      Hapus
  7. yok ke Pontianak, sekalian ada Festival Kuliner Terbesar dan Spektakuler. makan apa aja adaaaaaaa, dan pastinya halal :)

    BalasHapus
  8. festivalnya tanggal 1-5 Februari 2017, hihi

    BalasHapus
  9. wahh ikan sama udangnya masih segar-segar semua ya..

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.