Tukang Jalan Jajan

Temukan Ikan Asam Pedas Khas Pontianak di Pondok Ale Ale


Asam pedas khas Pontianak bisa ditemukan di mana saja. Menggunakan banyak jenis ikan dan pastinya menggunakan resep asam pedas yang berbeda-beda. Tukang jalan jajan sempat bingung, kemana harus mendapatkan yang sesuai dengan lidah. Kalau untuk memesak sendiri asam pedas Pontianak tentulah membutuhkan waktu. Akhirnya sayapun mencari tempat yang bisa menyajikan menu yang sedang diidam-idamkan. Setelah mencari info dan mencari tahu, saya ingin mencoba versi baru masakan ikan asam pedas Pontianak.

Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas Pondok Ale Ale
Sudah pernah mencoba ikan asam pedas yang ada di Pondok Ale Ale? Pondok Ale Ale yang menyediakan menu ini berada di Jalan Putri Chandramidi (Podomoro). Pilihan ikan segar tersedia di swalayan “pilih sendiri” yang tertata rapi. Ikan segar tersusun apik dari ikan sungai sampai ikan laut yang terjamin kesegarannya. Semuanya siap di masak oleh koki handal dengan cita rasa yang memanjakan rasa. Jika masih bingung dengan ikan apa yang cocok di olah menjadi menu ikan asam pedas khas Pontianak silakan saja bertanya dengan pramusaji yang siap membantu.

Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Pilihan ikan yang tepat sebaiknya ikan berdaging tebal dengan tulang yang tidak terlalu banyak. Biasanya ikan angsam adalah salah satu jenis ikan yang cocok dijadikan asam pedas khas Pontianak. Ikan laut ini punya tekstur daging yang tebal dan cukup bertekstur jika di masak berkuah. Biasanya ada terung asam, nanas dan timun yang akan disajikan bersama kuah merah yang menggoda dan kaya akan bumbu.

Minuman tiga Etnis Pondik Ale Ale
Minuman tiga Etnis Pondok Ale Ale
Saya pun ingin mencoba ikan asam pedas khas Pontianak yang di sajikan dengan resep rahasia dari Pondok Ale Ale, ternyata tidak hanya ada satu jenis ikan asam pedas namun ada dua. Yang lainnya adalah ikan asam pedas khas Ketapang, salah satu daerah pesisir di tepian sungai Pawan dan terletak di Kalimantan Barat. Saya sudah tidak sabar dan menunggu kedua jenis makanan ini disajikan. Jadilah pilihan Ikan Angsam segar berukuran sekitar satu kilo di bagi menjadi dua masakan ikan asam pedas khas Pontianak dan Ketapang. Ditambah dengan es tiga etnis dan kangkung seafood hotplate, maka sempurnalah makan siang di Pondok Ale Ale.

Kangkung seafood hotplate Pondok Ale Ale
Kangkung seafood hotplate Pondok Ale Ale 
Pelayanan yang ramah dengan ruangan ber AC membuat saya nyaman menunggu, dalam beberapa menit minuman tiga etnis, kangkung seafood hot plate dan 2 jenis masakan ikan asam pedas tersaji di muja, masih panas dan menggoda. Tukang jalan jajan langsung menginspeksi apa dan bagaimana rasanya. Es tiga etnis yang segar terdiri dari jelly, nata de coco dan cincau dengan sirup melon dan susu yang menggoda selera, rasanya yang legit dan segar serta memiliki ragam tekstur saat dikunyah membuat lidah bahagia.

Kangkung seafood hotplate Pondok Ale Ale
Kangkung seafood hotplate Pondok Ale Ale 
Lain lagi dengan kangkung seafood hot plate Pondok Ale Ale yang disajikan di atas besi panas. Asap yang membumbung tinggi membuat aroma gurih dan sedap langsung menyerang hidung. Kangkung yang kresnyes lalu dipadukan dengan potongan cumi, udang dan bakso ikan lalu di siram saus tiram tidak lupa tambahan bombay dan cabe merah besar. Nikmat!. Di santap dengan nasi putih bertabur bawang goreng! Nikmat mana lagi yang bisa didustakan.

Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Gongnya ada di 2 jenis Ikan Asam pedas ikan Angsam khas Pontianak dan Ketapang. Di lihat secara kasat mata ada warna yang berbeda dan sangat mencolok. Ikan asam pedas khas Pontianak dengan warna merah membara sedangan ikan asam pedas Ketapang dengan warna kuning mengkilap. Didalamnya ada terung asam, nanas yang segar serta ketimun yang masih kresnyes saat di gigit. Rasa pedas rawit dan paduan merah cabe di tambah bumbu uleg yang mlekoh membalut daging ikan angsam yang lembut, gurih dan manis. Jelas karena ikan yang digunakan masih segar. Bagian mana yang menjadi favorit saya? Tentu saja bagian perut yang begitu berlemak.

Ikan Asam pedas khas Ketapang Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Ketapang Pondok Ale Ale
Beda lagi dengan rasa ikan asam pedas ala Ketapang yang lebih ramah bagi yang tidak suka rasa pedas, kuning kunyit dengan aroma lengkuas, serai dan jahe semuanya menjadi satu dalam kuah kental berbumbu ditambah dengan taburan bawang goreng. Sedap!. Hanya perbedaan pada cabe namun menciptakan rasa yang cukup berbeda. Pilihan yang menyenangkan dan ramah bagi perut yang tidak tahan pedas.

Menikmati resep ikan asam pedas khas Pontianak dan Ketapang di Pondok Ale Ale sungguh menyenangkan. Lokasi makan yang luas dan bisa memilih ruangan bagian dalam berpendingin ruangan membuat anda bebas membawa keluarga atau menjamu sahabat. Jangan lupa untuk melakukan reservasi (0561) 740 789 atau datang langsung ke Jalan Putri Candramidi (Podomoro) atau bisa juga mengunjungi Pondok Ale Ale di A Yani Mega Mall Pontianak. Nilai 8,5 dari 10 untuk Ikan Asam Pedas khas Pontianak dan selamat menikmati cita rasa resep rahasia ikan asam pedas di Pondok Ale Ale. Selamat menikmati dan Salam Yumcez!










96 komentar:

  1. Ini nihhh menu favorite saya..sedaaappp banget Mas..hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, enak banget, bikin nagih ..... mau dan mau lagiiiiii

      Hapus
  2. cari asam pedas ke pondok ale-ale aja :D

    BalasHapus
  3. Asam pedas ini sama kayak pindnag patin palembang ngak sech ??? atau malah kayak ikan bumbu kuning kendari atau manado ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa bumbu yang lebih banyak dan lebih sedikit serta ada tambahan beberapa bumbu yang berbeda ataupun di ganti :) tapi semuany enaaaaaaaaakkkk mas Cum

      Hapus
  4. Waaah kalau ke pontianak harus coba ini nih.
    Daerah kalimantan yang pernah saya kunjungi baru Balikpapan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harus main ke pontianak nih. biar tahu rasanya asam pedas khas kalbar

      Hapus
  5. Baca sambil ngeces. Ngiler banget ihhh...
    Kayaknya enak banget... tapi jauh :(
    Semoga kapan" bisa icip-icip ikan asam pedasnya 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk mampir kesini... langsung di abisin sekilo ikonnya

      Hapus
  6. BANG DODON, TANGGUNG JAWAB NIH!
    SETELAH BACA TULISAN INI, NIATNYA MAU KOMENTAR MALAH JADI LAPER, BELUM MAKAN NASI PULA, MAKAN MALAM APA KABAR?? #LAAAAHHH

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan... masih bisa menikmati MIE INSTANT lhooooo... gih cepetan masak kedapur hehehe

      Hapus
  7. Wah saya baru pernah dengar ada nama Ikan Angsam, jd pengen coba dg menu asam pedas. Eh, es tiga etnisnya unik juga ya Mas Don. Pendamping yg cocok utk makan siang di Pondok Ale2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget mbak rindang. selamat makan dan bahagia yaaa :)

      Hapus
  8. Deuhhh saya lebih ngiler sama tumis kangkungnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran enak lho mas, sedep mantep menggigit dan bikin ngiler :)

      Hapus
  9. Duuh, jadi lapeer. Penggambaran rasanya yang detil dan komplit, buat perut tambah keroncongan, Mas Don. Jadi kebayang enaknyaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe ayo lal Nurul, cari tempat terdekat untuk menghentikan rasa lapar

      Hapus
  10. Duuhh menu makanan di pondok ale ale menggoda perut saya, andaikan saya tinggal di pontianak, pasti saya langsung nyobain makanannya😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar ajakin saya klo mampir ke Pontianak ya mas hehehe

      Hapus
  11. Wah wah mas dodon, bikin lapeeer.
    Betewe si ikan asam pedas ketapang gk terlalu pedes ya.
    Tp aku tertarik sm kangkung hotplate ny, my favorite food

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih.... sama dong ya kak... tapi aku favorit semuanya ajah deh... endeuss :)

      Hapus
  12. wah enak bangettt. Jadi pengen ke pontianak nyoba menu ini. hmmmm laper tiba2

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini mbak... ajakin aku ya klo mampir ke Pontianak hehehe

      Hapus
  13. Liat fotonya aja udah nelen ludah.
    Sepertinya mantaap.

    BalasHapus
  14. Warnanya mantap sekali ituu... *kepengen*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedep dan bikin mau maoooo maaaaooo lagiii dan lagiiii lagiiiiii

      Hapus
  15. Nyummmm.... duh kapan ya bisa ke Pontianak? Kalo ada rejeki ke sana pasti langsung ngubek-ngubek blog Tukan Jalan Jajan buat referensi wisata kuliner

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga usah ngubek blog nya aja mbak. ajakin orang nya juga yaaa :)

      Hapus
  16. Kalo di Aceh namanya Asam Keueng dan warnanya hampir mirip ke yang ketapang krn ada campuran kunyitnya hihihi. Tapi kalo aku pribadi, lebih tergiur sama yg khas pontianak, merah membara gitu. Lebih menggoyang perut (duh lapar). Btw mas don, itu campuran di minumnya apa aja? Jabarin dong mas, aku yg jauh jd pengen rasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak... asam Keueng namun ada beberapa ingredients yang sedikit membedakan. minuman 3 etnis? isinya ager2, cincau ama lidah buaya kak, di tambah sirup melon dan susu

      Hapus
  17. Wah jadi penasaran nih ingin coba ikan asam pedas khas pontianaknya hehehe kebetulan Widya sendiri juga suka makan ikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk mampir kak, tapi kalau mau buat sendiri juga bisa, akunya diundang buat icip2 yaaa :)

      Hapus
  18. ikan asam pedas di medan banyak sih, tapi belum pernah ngerasain asam pedas khas Pontianak, huhuhuuu.. jadi kepengen.

    eh itu kangkung seafood hotplate nya menggoda banget euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihhh... pada banyak yang suka kangkung hot plate ya. sedep menggoda iman hehehe

      Hapus
  19. aku ngiler sama ikan asam pedas khas Pontianaknya, kuahnya bikin ngeces nih kayaknya pedes, seger, gurih, enaaakk, apalagi disana ikannya bisa pilih sendiri ya mas jadinya fresh banget, sluuurrppp..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoih mbak... semuanya fresh, begitu di pesan baru di masak, sedeeeeppp mantep bikin happy

      Hapus
  20. Suka ikan asam pedas... kalau orang minang biasa nyebut "Gulai Asam padeh" (sama aja sih artinya). Sebagai orf darah sumatera, saya suka ikan ini karena paling bersahabat (dilihat dr tingkat kolesterolnya) dibandingkan makanan asal sumatera lainnya...

    Tapi ini masakannya mirip kan ya? mungkin berbeda beberapa bumbu berdasarkan daerah asalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup kak Febi. kalau di pontianak asam pedes aja karena ngga pake santen hehehe. sedep mantep dan bikin bahagia

      Hapus
  21. Lezatnyaaaa~~
    Kesukaan suami dan keluarga.

    Nice review.

    BalasHapus
  22. Aku tertarik sm ikan asam pedas Ketapang, bikin ngiler liat fotonya mas dodon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk di coba di Pontok Ale ALe sekalian. atau mau coba buat sendiri?

      Hapus
  23. Ngilerrrrr....
    Ikannya itu jd kaya rendang berkuah. Kangkung seafoodnya boleh juga dicoba buat sendiri. Kayanya endos abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya ngga mirrip rendang kok kak... percayalah... heheheh. kangkungnya juga sedep banget

      Hapus
  24. Di aceh juga ada mas ikan asam pedas. Namanya asam keueung (keueung=pedas "bahasa aceh") hehehe
    Tapi kuahnya lebih ijo sih daripada asam pedas Pontianak. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... kapan ke Aceh lagi mas? pas balik kampung ke sono aku nunut explore hahahaha

      Hapus
  25. Ikaaaan! The best deh pokonya :) makanan yang enak memang cocok sama hospitality yang bagus, itu tempat makan biak namanya. Sedih cuma bisa lihat gambarnya aja >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooo kesini. ntar kutemani buat icip icip hehehe

      Hapus
    2. Hahahaha oke mas. Halo Kalimantan, tunggu ya, saya mau nabung dulu... xD

      Hapus
    3. ku tunggu yaaaahhhh... kalimantannya barat dan kotanya Pontianak

      Hapus
  26. Suerrr mas. Ini bikin ngiler banget. Apalagi saya memang beberapa hari ini lagi kebayang2 sama si asam pedas. Kalau dari segi rasa apa ya yg paling mencolok antara asam pedas pontianak dan ketapang? Apakah ketapang lebih tidak pedas atau justru lebih pedas karena campur rawit.. hmm tapi kalau lihat tampilan sepertinya yg ketapang lebih asam ya. Aimakkk sampai mencair air liur membuat komen ini... hihi

    Apalagi dgn khas ikan sungai ya. Pasti makjleb banget ini... slruuppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahah klo yang pontianak lebih pedes sih, yang ketapang cabenya sedikit aja rasa yang lain berimbang kok :) ayo kesini mak.....

      Hapus
  27. Syeddaaapppppp.
    Itu kayak ayam disiram cabe doang. Hahaha. Aku nggak beraniiii. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ikan kak.... rasanya enak lho. ciyussss.... nanti ketagihan aku ngga tanggung jawab lho

      Hapus
  28. sangat menggoda sekali gan ikan asam pedasnya. tapi sayangnya banyak banget lemaknya itu di makanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu lemaknya dari ikannya kok... ngga pake santan dan minyak ini :) makanan rebus hihihi

      Hapus
  29. Ish jadi laper

    Tertarik sama kangkung seafoodnya :)

    BalasHapus
  30. Belum pernah ke Pontianak. >.< Tapi punya sahabat asal sana. Okesip, brati kalo kesana, akan nodong sahabatku untuk anter ke Pondok Ale Ale.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... cakep tuh. langsung di todong buat icip icip ya mbak :)

      Hapus
  31. Ngebayangin makanan itu aja udah kerasa kenyang, huwaaaa pengeeenn
    Soalnya aku penyuka makanan pedas hehe TFS :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan, bearti cucok banget makan di sini siang siang. yuk kak

      Hapus
  32. Sedap kali nengoknya mas don.

    Apalagi kalo dimakan :D

    Di medan saya gak tau apa ada tempat jual makan khas pontianak.

    Jakup Ginting Sinusinga

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ah bang... coba deh bongkar bongkar, sama sama ada melayunya juga kan :)

      Hapus
  33. Pernah cobaaaa 😆
    yang ngga kuat tuh sama rasa pedasnya 😔💦

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo cobain yang asam pedas ketapang biar ngga terlalu pedas deh

      Hapus
  34. Enakkkknyaaa... Gue penyuka kuah asam, baca ini tambah pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayulah kak Ajn, sekali kali mampir ke Pontianak buat icip2

      Hapus
  35. Di rumah sering buat inih wkwkwk
    Enak tau wkwkwk khas²nya itu mengingatkan kampung

    BalasHapus
  36. Untunglahh pas baca postingan ini pas udh makan, jadi gak minta dirimu buat bertanggung jawab hehe..

    Kayaknya enak nih. Kl ntr ke pontianak harus nyobaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah kok aku yang jadi harus bertanggungjawab? panjang kali masalahnya hahaha. ntar klo ke Ponti jangan lupa mampir ya

      Hapus
  37. ah ikan asam pedas nya sptnya menggodaaaa ^^

    BalasHapus
  38. Di aceh juga ada asam pedas namanya masam keueng.

    BalasHapus
  39. Horeeew menu yang dibahas ikan. Saya tidak suka. Jadi aman membaca postingan ini.

    Tapi minuman tiga etnis apaan deh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi. 3 etnis ada jelly, cincau, ama lidah buaya mas

      Hapus
  40. AKU SUNGGUH MENYESAL BUKS BLOGNYA MAS DODON JAM SEGINI
    AKU MAU
    AYOK KITA MAKAN BARENG

    BalasHapus
  41. Ngacay liatnya... Tapi lebih ngacay lagi liat pete di artikel sebelumnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahahayyy sesama penggemar pete ya mas. Sedep mantep

      Hapus
  42. Omaygod! Es tiga etnis bikin aussss

    BalasHapus
  43. ka don. maapin atuh baru berkunjung :(
    sibuk banget di dunia nyata. hikslah..

    itu ikannya pake ikan apa? kok kuahnya kentel banget ya. tapi tadi pagi ibu negara baru masak kepala ikan kakap bening :)))
    enaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arteis papan atas ya kak.... sibuk mulu hehehe. Itu ikan angsam kak. Enaaaaa dagingnya tebel

      Hapus
  44. Baru cek lagi, ternyata komentar saya belum masuk ya..sepertinya problem internet :(

    Sebagai penggemar sayur kangkung tambah cumi, udang, baso ikan terus pake saus tiram...itu gak salah mas? Kalau ada resepnya coba bagi-bagi dong supaya rasanya bisa khas pontianak hee
    Cuman Ikan Asam pedas yang belum kepikiran rasanya, kayanya bener-bener enak ditambah sayur kangkung
    Sudahlah mas Dondon jangan terus ngasih info soal makanan, perut ini terus bersuara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke sini mas. Ku ajari cara membuatnya hehehehe. Langgsung kita ubek ubek dapurnya ya. Sering sering mampir ke sini biar bahagia

      Hapus
  45. Asli blognya tukang jalan jajan emang food blogger banget. Saya kira Adam pedas cuma ada di Sumatra ternyata di Pontianak juga ada ya.. jadi penasaran dengan rasanya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua pulau yang ada suku Melayunya pasti punya asam pedesnya masing masing mas. Hehehe apalagi yang tinggal deket pantai pasti ada menu ini

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.