Tukang Jalan Jajan

Shabu and Grill Time at BiBiQiU

Lagi pengen makan yang bebakaran nih. Sekarang sedang banyak sekali tempat makan yang mengusung tema grill. Bakar membakar dan panggang memanggang. Saya suka tempat yang tidak terlalu ramai dan kekinian. Bukan menjauh dari kehebohan tapi sekedar ingin makan dengan tenang. Sudah pernah mendengar mengenai BiBiQiU ? itu lho yang ada di Jalan Veteran No 18-19 Pontianak di depan warung Yu Sum. Tempatnya lumayan luas, ada menu shabu dan panggang. Datangnya siang siang saat makan siang.

Tukang Jalan Jajan di BiBiQiU Pontianak
Tukang Jalan Jajan di BiBiQiU Pontianak
Makanan di BiBiQiU lumayan banyak jenisnya, tapi saya sudah berjanji di dalam hati yang paling dalam untuk menikmati shabu dan grill. Ada beberapa pilihan bahan paggangan yang bisa dinikmati di sini. Aneka daging dan seafood boleh dipilih sesuka hati termasuk bumbu yang mau ditambahkan ke dalam daging. Saya memilih paket shabu untuk dua orang 50K, daging panggang sapi bumbu Korea 25K dan Cumi bumbu kuning 22K serta tambahan jagung manis 5K. untuk minumannya saya memesan es lidah buaya 10K. sekarang waktunya menunggu!
Cumi dan Daging sapi siap grill di BiBiQiU Pontianak
Cumi dan Daging sapi siap grill di BiBiQiU Pontianak
Grill ala BiBiQiU Pontianak
Grill ala BiBiQiU Pontianak
Tapi sedikit menyinggung perbedaan metode masak bakar dan panggang? Apakah teman jalan jajan meyakininya sama? Sebenarnya ini adalah teknik yang berbeda. Analoginya sederhana. Memanggang kue dan membakar sate. Berbeda kan? Memanggang bisa dilakukan di atas kuali, gerabah seperti serabi, atau dalam oven, jadi tidak bersentuhan langsung dengan api. Sementara membakar langsung mengenai api, tetapi disangga alat tertentu berupa jeruji kawat atau penjepit. Sesederhana itu kan? Jadi jangan salah menggunakan kalimat sehingga tidak menjadi rancu.
Grill ala BiBiQiU Pontianak
Grill ala BiBiQiU Pontianak
Makanan pesanan saya di BiBiQiU datang, daging berbumbu korea yang terlihat merah, seperti di rendam dengan bumbu gochujang dan bubuk cabe, sepertinya ada sedikit tambahan kecap manis juga sedangkan cumi nya di balut bumbu kunyit dengan sedikit sensasi asam. Pemanggang dipanaskan, ditambahkan mentega dan langsung saja bahan bahan tadi di matangkan. Tngkat kematangannya sesuka hati. Saya memilih yang medium, juicy dan sedap. Potongan yang tipis membuat daging dan seafood ini cepat matangnya.

Es teh dan Lidah buaya ala BiBiQiU Pontianak
Es teh dan Lidah buaya ala BiBiQiU Pontianak
Tahu kremes ala BiBiQiU Pontianak
Tahu kremes ala BiBiQiU Pontianak
Daging ala BiBiQiU ini lembut dan terasa bumbu korea yang menyengat. Cabe fermentasi di tambah cabe bubuk dan manis dari kecap. Pastilah butuh waktu yang cukup lama untuk didiamkan. Tidak jauh berbeda dengan cumi yang dibalur dengan kunyit dan asam. Kenyal berpadu gurih dan asam berbalut aroma kunyit. Sedap! Jangan lupa sisa bumbu panggangan tadi langsung dibalurkan ke jagung manis. Sembari di minum dengan es lidah buaya dengan perasan lemon. Segar di tenggorokan dan nyaman di pencernaan.

Shabu shabu ala BiBiQiU Pontianak
Shabu shabu racikan BiBiQiU dengan kaldu ayam yang bening kemudian ditambahkan dengan bawang putih goreng dan daun bawang serta potongan cabe rawit. Sedap sekali! Tinggal ditambahkan dengan bermacam macam protein hewani setelah itu sayuranpun dimasukkan secara bertahap sesuai dengan urutan kematangan. Kuah kaldu bening dan gurih ini nyaman sekali di seruput. Tidak terlalu banyak bumbu yang merusak bahan makanan lain. Shabu-shabu memang hanya mengandalkan kuah kaldu dan kesegaran bahan yang digunakan.

Bagian dalam BiBiQiU Pontianak
BiBiQiU terbilang memiliki lahan parkir yang cukup besar dan juga lokasi makan yang luas baik di bagian dalam maupun di bagian dalam. Cukup nyaman untuk bersantai dan mudah di jangkau. Kendaraan roda empat dan dua dapat parkir dengan leluasa dan tidak terlalu semarak karena mungkin targetnya untuk tempat makan keluarga. Meja sudah terintegrasi dengan kompor sehingga tidak repot untuk menggotong kesana kemari. Nilai 8 dari 10 untuk rasa panggangan di sini. Selamat makan dan salam Yumcez!


4 komentar:

  1. ada cabangnya gak yaa hihihih, kali di Surabaya ada bisa ngerekomendasiin ke temen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak aja yang buat heheheh aku nunut maem ntar yak :)

      Hapus
  2. tempatnya cukup luas juga ya dan nyaman sekali..

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.