10 Januari 2023

Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak

Kalau pernah ke Jepang lalu menyusuri jalanannya dan menemukan aroma nikmat ramen diwarung kaki lima tentu hal yang biasa tapi bagaimana dengan di Pontianak?

Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak
Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak

Saya tertarik dengan gambar ramen seorang teman yang makan ke Goen dan kaget kalau mereka sudah punya kedai dan menjual ramen pula! #TukangJalanJajan tahu betul bahwa kedai ini dimiliki pasangan suami istri Jepang Indonesia. Pertanyaan pertama yang mau langsung saya jawab supaya tak membuat kalian berpikir panjang. Apakah Halal? Ya! Kedai ini dimiliki oleh pasangan muslim.


Ramen dan Jepang

Ramen dan Jeang memang susah dipisahkan, Ramen merupakan makanan asal Jepang yang menjadi hidangan populer di Indonesia. Namun, dari mana asalnya? Ramen berakar pada hidangan mie Cina yang kemudian menyebar ke Jepang dan menyatu dengan budaya makanan lokal. Pembukaan pelabuhan Jepang pada tahun 1859 membawa pengaruh dari Cina dan negara-negara Barat, antara lain dalam hal makanan.

Kabarnya dulu semangkuk mie di Jepang sangat mahal, namun karena banyak siswa yang dikirim belajar ke Jepang untuk mengadopsi dan belajar tentang Eropa yang berhasil di adopsi Jepang membuat harga mie menjadi lebih murah. Ini disebabkan banyak pedagang yang menjual mie ekonomis bagi siswa yang belajar dan tak mempunyai banyak uang. Semangkok mie yang hanya ada di Restoran berubah menjadi mie kaki lima yang tetap enak dan menggoda

Ramen telah berubah dari makanan sederhana para imigran Tiongkok  menjadi fenomena internasional, dengan koki membuat semangkuk ramen menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Ramen adalah salah satu makanan rumahan paling menonjol di Jepang dan ada di daftar wajib dicoba setiap orang Jepang.

Ramen Modern VS Ramen Tradisional

Ramen adalah mie kuning, panjang dan tipis yang terbuat dari tepung terigu, air dan garam, dihiasi dengan berbagai isian seperti daging, daun bawang, kue ikan, dan lainnya. Kata ramen berasal dari kata Cina la mian, yang berarti mie sobek. Pedagang Cina memperkenalkan Ramen pada tahun 1880-an. Ramen awalnya adalah makanan yang disajikan untuk para pekerja dan pelajar Tionghoa di Jepang. 

Banyak area dan wilayah yang lebih kecil di seluruh Jepang juga memiliki ramen versi  masing-masing, ini karena menyesuaikan ketersediaan bahan. Tottori terkenal dengan kaldu sapinya, sedangkan Ramen Kasaoka menggunakan  kecap asin dan kaldu ayam, serta ayam bakar dan rebung. 

Kenikmatan makan ramen tidak bisa lepas dari menghargai karya seni sang koki, menghargai detail halusnya, mulai dari tingkat kematangan mie hingga kemiringan irisan bawang. Hidangan lain yang menggunakan  ramen termasuk tsukemen, di mana sup yang lebih kental disajikan sebagai saus terpisah, dan mazesoba, versi tanpa sup dengan tekstur seperti saus dan rasa yang kuat. Pilihannya tidak terbatas dan lezat.

Namun seiring berjalannya waktu, Ramen menjadi makanan tradisional  Jepang. Ada banyak jenis ramen, namun  hanya jenis yang paling terkenal yaitu shio, shōyu, miso dan tonkotsu ramen. Tapi seiring dengan waktu ada banyak jenis ramen yang muncul tergantung dari daerah dan koki yang meraciknya. Ramen menjadi makanan dengan macam macam modifikasi. Ada yang tetap menggunakan elemen tradisional tapi ada juga yang sudah mengubahnya berbeda 100% dengan berbagai macam ubo rampai.


Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak

Interiornya mengingatkan kedai ramen di Jepang. Begitu masuk ke dalam, aroma nikmat sudah berkecamuk. Suasana kedai ramen ala Jepang sudah nampak dari meja depan. Tak sabar memesan 3 ramen terbaru dari Goen
  • Torishiomen
  • Tantanmen
  • Miyazaki karamen

begitu datang, aroma umami langsung menusuk hidung. Salah satu indera yang tak bisa dibohongi sudah mengindikasikan kenikmatan. Torishiomen langsung diseruput. ada umami yang langsung meledak, duh! pasti tak sebentar membuat kaldu seperti ini, percampuran rasa yang padu, selintas antara kaldu ayam dengan konbu dan elemen lainnya (hanya menebak) tapi rasa gurih, asin dan manis yang dirasa didapat dari aneka racikan yang sudah pasti rahasia. 


Aneka Kenikmatan Dalam Semangkok Ramen Goen

Torishiomen menjadi favorit saya, apalagi setelah diaduk menjadi satu antara rebung. fried onion dan daun bawang. Ditambah dengan telur rebus dan potongan ayam yang super empuk dan juicy! ini benar benar DIE DIE MUST TRY. Entah bagaimana Tuan Nakamura memasak ayam ini, fiuuuh! Hebat! Kuah litenya habis sampai seruputan terakhir. Satu lagi yang saya suka...... rebungnya jawara banget rasa dan teksturnya, sampai salah sangka kalau itu kaki jamur

Goen Torishio Ramen Pontianak
Goen Torishio Ramen Pontianak

Bagi yang suka dengan rasa yang menantang, harus mencoba Tantanmen. Bumbunya lebih tebal tapi ngga medhok, rasa sup miso dan wijen sangrai terasa diseruputan pertama. Jangan ditanya lagi level gurihnya. Cacahan ayam dan bombay gorengnya memberikan sentuhan yang berbeda. Apalagi dengan chili oil yang ditambahkan diatasnya

Goen Tantanmen Ramen Pontianak
Goen Tantanmen Ramen Pontianak

Masih kurang pedas? Miyazaki karamen adalah jawabannya, seruputannya pertama terasa pedas dengan rasa kaldu ayam yang tipis dan dengan beef taste yang sangat tebal, super creamy menyerupai keju! kocokan telur dan kucai memberikan terkstur yang berbeda sekaligus makin mengikat setiap rasa. Ini menarik sekali untuk dicoba! 

Goen_Miyazaki_karamen_Pontianak
Goen Miyazaki karamen Pontianak

Satu hal yang kudu dicatat! disini porsinya super besar, sama seperti kalau kamu makan di Jepang. Bisa untuk share bowl kalau emang pengin coba bareng. 


Yuk Nikmati Ramen di Goen!

GOEN Japanese Resto, Jl Dr Wahidin No 89 B (Sebrang Riskia Busana)
Masih ada juga menu menu lain yang bisa kalian coba kok! semuanya menantang dan khas Jepang?
Share dong kalian suka yang mana? Selamat makan dan salam Yumcez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

23 comments

asik nih kalo bahas dunia mie. btw mie ramen mungkin sama ya bentuk & teksturnya dengan mie gepeng yg pipih itu.. sekilas mirip hehe

Saya suka yang pedas dong, Mas. :)
Btw.. di Yogya juga ada nih ramen paling enak *menurut saya* yang ngalahin ramen di mal. Tempatnya kecil aja dan gak buka cabang. Namanya Sugoi Ramen. Kapan klo ke Yogya coba mampir sini, Mas. Sampai kuah terakhir dijamin gak bersisa, heehhhee...

Kalau mendengar kata ramen, kepala saya auto ingat serial Naruto, hehehe.
Membaca artikel ini jadi penasaran ingin mencicipi ramen spesial di Goen Pontianak ini. Yummy.

aku termasuk penikmat mie, termasuk ramen.. wah kalau lihat dari gambarnya aku tergoda buat cobain yang versi kuah originalnya buat tahu kelezatan dari ramen ini.

Ramen bgini bikin nafsu makan tambah tinggi. Bisa jadi rekomendasi makan sama keluarga nih mas. :)

Ternyata pembuatan ramen pun bahan²nya bisa menyesuaikan dengan lokasi setempat ya. Apalagi ini bisa dinikmati juga ramennya di Goen yang menggugah selera

Di Jepang memang setiap daerah punya ciri khas masing-masing. Makanya kalau atasan ngajak makan di restoran otentik Jepang, aku selalu pesan ramen. Suka banget sama makanan Jepang ini, apalagi kalau nemu ramen yang rasanya super lezat.

Torishioramen memang enak banget. Ramen Torishioramen juga jadi favoriteku klau lagi makan di restoran Jepang. Hmmm, di Bali ada Goen gak yaa

Ramennya tampak menggoda yaaa. Aku baru nyobain ramen tahun kemarin, ketinggalan banget ya wkwkwk. Ternyata enak. Jadi penasaran nih ramen di goen apalagi kokinya ada yang asli orang Jepang.

Goen Japanese Resto menyajikan aneka masakan ramen yang gak biasa ya.. Dari segi rasa hingga variannya. Patut dicoba bagi penikmat kuliner Jepang.

waah pagi-pagi liat postingan ini auto laper, suka nonton acara reality show Jepang dan suka ada acara kuliner yg membahas kulinerya termasuk ramen, bener-bener penasaran dg rasanya bahkan yg instan belum nyoba

Goen miyazaki nya menggoda banget. Topping nya itu loh bikin ngiler

Beneran sih. Kadang aku tuh kalau lihat ramen suka mikir. Ramennya halal nggak ya. Karena aku juga pingin nyoba. Hahahaha

Wuih yang punya orang Jepang asli? Keren banget, jadi penasaran pingin nyobain. Untuk harganya gimana Bang?

Menarik ulasan saat bilang bahwa menikmati Ramen itu tidak lepas dari menghargai karya Koki, bagaimana detail makanan itu, bikin kebayang citarasa yang dibuat untuk menggugah selera terus auto cari Ramen.

Wow bikin penasaran nih ramen spesialnya. Saya belum pernah nyicip ramen, baca tentang ramen goen ini jadi penasaran.

Langsung save klo suatu saat ke Pontianak bisa mampir kesini, suamu pecinta ramen bgt soalnya. Liat foto2nya kok menggiurkan bangettt

Tiap kali ke jepang, yang aku cari itu sebenernya ramen mas. Tapi memang susah cari ramen halal di sana. Kalopun ditulis ayam, kadang kaldunya tetep aja dari rebusan pork.

Makanya tiap Nemu ramen yg halal, aku happy banget. Dan rara2 ramen di sana memang enaak. Pernah cobain yang kaldunya dari ikan, surprisingly enak dan ga amis.

Kalo ramen Goen ini dibuat Ama orang Jepang asli, aku percaya sih pasti enak 👍👍. Sayang aja jauh. Pengen banget cobain semua. Tapi aku kurang suka ramen yg kuahnya merah gitu . Biasanya aku suka pedes, tapi khusus ramen aku lebih suka gurih dan creamy.

Tempat makan ramen sekarang bertebaran dimana-mana. Ada yang enak ada juga yang biasa saja. Tapi yang enak kayak Goen ini mesti ditandain biar langganan hahahaa

Pertama kali diajak makan mi ramen oleh anakku, pikirku itu sih sama saja dengan mi ayam buatan mas-mas gerobak tetanggaku. Ternyata beda jauuuh itu tuh bak langit dan bumi. Rasa mi ramen memiliki kenikmatanyang tak tertandingi. Hm, yummmyyy.

Menggiurkan sekalii.. Jadi ngiler baca reviewnya. Harganya berapa kak? Porsinya jumbo gitu

Menikmati ramen lezat langsung dari Jepang.
Makan ramen di Goen ini istimewa sekali.. Rasanya cita rasanya masih Jepang banget yaa...kak Don.
Sungguh mantap!

wahs aya suka banget dengan ramen kak DOn, bisa cobain kalau ke Pontianak lagi, sayangnya pas ke sana tahun lalu ga nyobain makanan ini. makanan Jepang ga pernah gagal sih di lidah saya, selalu suka

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon