25 Oktober 2022

Kolaborasi dan Inovasi Mempertahankan Branding Tukang Jalan Jajan

Enak ya jadi Food Blogger! Beberapa teman nyeplos ke Tukang Jalan Jajan. Ah, bener ngga ya? Saya sendiri merasa tidak semudah itu mempertahankan branding ini. Agak malas kalau membicarakan mengenai persaingan karena sejujurnya, Tukang Jalan jajan paling males kalau harus membandingkan diri dengan orang lain.

Kolaborasi-Inovasi-Branding-Tukang-Jalan-Jajan
Kolaborasi dan Inovasi Mempertahankan Branding Tukang Jalan Jajan

Mempertahankan eksistensi diri bisa dilakukan dengan banyak cara. Paling mudah dengan melakukan upgrade diri dengan berbagai ilmu dan informasi baru. Makanya saya paling doyan menjalin relasi dengan orang orang yang memberikan pengaruh positif. Terus berkolaborasi dan berinovasi demi masa depan cerah

Perbanyak Kenalan

Hobi jalan kemana mana membuat saya hobi berkenalan, selain dunia blogger, teman diberbagai daerah yang saya temui selama perjalanan lumayan banyak bahkan aktif saling berkomentar di sosial media. Banyak yang mengatakan, "Akh... kan cuman kenal di jalan...". Belum tentu lho! Tukang Jalan Jajan punya banyak teman baik yang hanya "kenal di jalan".

Sering berpetualang dan icip-icip memberi peluang untuk bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda merupakan kesempatan  untuk memperbanyak kenalan dan membuka jaringan baru yang bisa saja mendatangkan cuan entah dari mana saja.

Jangan pernah menutup diri dan terkesan sombong. Tak ada salahnya berkenalan dan sekedar bercerita sedikit tentang kesukaan masing-masing dan ditutup dengan bertukar media sosial atau nomor telepon. Ada saja masanya kita sangat membutuhkan mereka atau sebaliknya.

Sering Sharing

Menguasai sedikit tentang dunia traveling, kuliner dan blogger membuat saya sering diajak diskusi dan berbagi. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang tak seberapa ini, saya happy saja bercerita dan berbagi tips dan trik. Berbagi pengalaman dengan orang lain memberikan banyak hal baik karena sejatinya sharing atau berbagi tak akan pernah membuat Anda merugi.

Tak heran, jika ada yang mengajak saya mengisi workshop, forum yang sifatnya online, sosial media dan di mana pun tempat yang memungkinkan bagi saya untuk berbagi dengan baik, jarang sekali Tukang Jalan Jajan menolak

Ini adalah salah satu cara untuk membangun networking dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan apa yang dibagikan. iya kan? Siapa tahu, kedepannya ada proyek menulis buku bersama, seru juga kan?


Sosial Media Untuk Menyapa

Ini sudah disinggung tadi, setiap orang terhubung lebih dekat melalui sosial media. Pergunakan sosial media sebaik mungkin sebagai salah satu alat untuk mendapatkan jaringan baru atau sekedar mengeratkan hubungan baik jaringan yang sudah ada

Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan kesukaan kita. Misalnya suka dengan kuliner, Anda dapat mengikuti komunitas memasak atau komunitas ibu-ibu lainnya yang ada di sosial media.

Selain dapat menemukan insight baru mengenai kuliner, Tukang Jalan Jajan juga dapat mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan target audience di sosial media atau blog yang dikelola

JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Rupanya tak hanya Tukang Jajan yang sibuk dengan kolaborasi dan inovasi. PT. Jalur Nugraha Ekakuir (JNE) juga melakukan hal yang sama. Dalam pengembangan dan inovasi dan pengembangannya, perusahaan ini terus  berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat luas agar terbentuk ekosistem yang dapat menghasilkan kolaborasi yang berkesinambungan untuk masa depan

JNE tetap konsisten melanjutkan pembangunan infrastruktur dan perluasan jaringan. Tujuannya agar kualitas pelayanan semakin maksimal dan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan aktifitas pengiriman karena titik layanan JNE mudah dijangkau. 

JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan
JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

JNE Cilegon meresmikan Kantor Perwakilan Kepandean yang berlokasi di Jl. Raya Cilegon No. 1D, Pandean, Kec. Serang, Kota Serang, Banten pada Senin, 17 Oktober 2022. Dihadiri oleh Sales Regional Bodetabekcilcik Eko Suprihantoro, Kepala Cabang JNE Cilegon, Herry Herbowo, Sales & Marketing JNE Cilegon Julianasari, Babinsa Kagungan, Koramil 0602-16/Ciruas Serang, Sersan Kepala Joni Nurjaini,  Ketua RW Kampung Kepandean, Muhibin dan pemberiaan santunan serta do’a bersama yang  dihadiri anak-anak yatim piatu dari lingkungan sekitar.   

JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan
JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Herry Herbowo selaku Kepala Cabang JNE Cilegon, dalam sambutannya menyampaikan, “JNE secara konsisten terus berupaya melakukan berbagai program pengembangan terutama untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan turut membangun perekonomian bangsa”.  Perkembangan ekonomi digital juga sangat berdampak positif kepada bidang logistik karena perpindahan barang dari produsen ke konsumen membutuhkan logistik yang efisien sekaligus tepat waktu. “Di sinilah peran penting perusahaan pengiriman ekspres salah satunya JNE dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif lokal agar mampu berdaya saing dengan menjadi tuan rumah di negeri sendiri”. 

Kantor Perwakilan Kepandean memiliki lokasi strategis dan gedung baru ini memiliki fasilitas yang representatif, bangunan terstandarisasi dan parkir luas. Sehingga menjadi salah satu keuntungan untuk membantu mengembangkan koneksi bisnis UKM. Keberadaan Kantor Perwakilan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan JNE terhadap UKM, Komunitas, seller dan lainnya yang dari waktu ke waktu meningkat kebutuhannya akan distribusi barang. 

“Selain dukungan kepada UKM, JNE Cilegon pun kerap menyelenggarakan berbagai program, seperti menyelenggarakan donor darah dengan PMI Kota Cilegon, bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Cilegon dalam program Siap Antar Kirim Tilang (SAKTI), kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Serang dalam program Sistem Ekspedisi Tilang (SI ELANG), program bersama Banten Thrift Festival, dll. Serta beragam kegiatan positif lainnya dalam rangka memeriahkan momen spesial dalam bentuk diskon ongkos kirim dan giveaway di social media. Berbagai informasi menarik lainnya tentang program JNE Cilegon dapat dilihat di instagram @jne.cilegon”, ujar Bowo. 

Kolaborasi dan Inovasi Mempertahankan Branding Tukang Jalan Jajan

Nah, hal terakhir yang ingin Tukang Jalan Jajan ingatkan agar selalu percaya diri untuk terus melakukan pengembangan diri. Jangan pernah berkurang tapi tak juga berlebihan

Rasa malu pada diri sendiri perlu dikalahkan ketika berhadapan dengan orang lain. Hal tersebut dapat diawali dengan bekerjasama dengan rekan sesama dan perlahan menaiki jenjang pada orang tingkat lebih tinggi. Setiap orang memiliki cara dan kelebihannya masing-masing dalam membangun rasa nyaman dalam sebuah perbincangan, sehingga hal tersebut yang sangat perlu dimunculkan.

Semangat terus untuk Kolaborasi dan Inovasi Mempertahankan Branding. Yuk maju sama sama!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

50 comments

Sebagai perempuan yang hobi jajan dan jalan tetap branding diri dengan baik apalagi kalau punya bisnis dan karya hemm rasanya penting banget mengembangkan dan memperkenalkann diri pada semua orang. Terima kasih sharingnya!

Dulu pengen banget bisa branding diri sebagai "tukang jalan-jalan", tapi semenjak nikah dan ada anak malah juarangggg jalan-jalan. Ngomong-ngomong sukses terus juga untuk JNE. Semoga senantiasa berkembang dan mendukung UMKM yang ada.

Beneeer mas dodon. Ga usahlah banding2in diri Ama orang lain, Krn yg ada kita jadi ga fokus Ama yg branding yg mau kita capai. Lebih bagus kan punya keunikan sendiri Yaa. Makanya terus belajar dan kolaborasi memang penting sih. Memperluas jaringan juga soalnya.

JNE makin hebat 👍. Ga pernah nyesel tiap pake jasa mereka saat mengirim barang. Selalu sampai dengan selamat. Apalagi punya banyak macam service pengiriman sesuai kebutuhan. Cabangnya di mana2 juga membantu banget dalam memilih yg terdekat dengan rumah

Mempertahankan branding masih jadi PR buatku, suka bosenan jdi suka melenceng ke hal2 lain dan akhirnya krg spesifik. Setuju sekali, lebih baik berkolaborasi jdi bsa dpet insight baru jga

Memang sih. Banyak yang underestimate sama teman yang hanya "kenal di jalan"

Padahal, kadang ada saja cerita yang membuat kita membutuhkan teman-teman yang seperti itu.

Misal, kalau kebetulan lagi main ke daerah tempat tinggal mereka. Minimal kita punya tour guide gratis. Hehehe...

Makasih tipsnya. Memang banyak berkenalan dengan orang bisa membuka kesempatan buat kita termasuk kerja sama dan informasi. Tinggal pede atau enggak untuk kenalan yang kadang menghalangi kesempatan datang

Sebagai blogger, saya juga merasa perlu banget untuk memperluas wawasan dan relasi. Apalagi bagi yang sedang mengembangkan branding. JNE semakin keren aja inovasinya. Selalu berkembang dan juga mendukung peran UKM di Tanah Air. Very nice sharing 👍👍

setuju banget kak Don, kolaborasi dengan banyak pihak itu akan mempertahankan eksistensi baranding kita semisal sebagai blogger. Kapan-kapan mau ya diajak sama Kak Don untuk kolaborasi

Yess sekali, Mas. Memang paling malas dibanding-bandingkan dengan orang lain. karena kan tiap orang berbeda, dan memiliki keunikan masing-masing. Saya pun suka jalan-jalan. karena dalam perjalanan itu, banyak pengalaman, nambah wawasan, dan nambah teman.

JNE semakin dekat dengan masyarakat ya khususnya untuk UMKM, jadi jangkauannya lebih luas. Program ini bakalan berkelanjutan ya, UMKMnya yg udah jadi member JNE atau siapapun boleh ikut?

Personal branding tukang jalan jajan ini udah nempel bgt loh kak, pengalaman, informasi dan referensi yang dishare bermanfaat banget, terus semangat kak! Membantu umkm juga kayak program yang digaungi JNE

Personal branding tukang jalan jajan udah nempel bgt loh kak, salah satu food blogger yang sering ngasih referensi dan informasi kece soal makanan. Terus semangat membantu para umkm dan kuliner lokal, kayak program JNE yang membantu umkm makin berkembang

namanya tukang jalan jalan ya mesti konsisten jalan jalan mulu ya koh, hehee. Tapi soal branding dan perbanyak koneksi plus mantain koneksinya emang perlu banget yaa, ga cuma buat perusahaan besar kaya JNE tapi buat content creator maupun freelancer juga jadi penting banget

Membandingkan diri dg yg lain memang hal menyebalkan, dan saya juga gak suka. Karena perjuangannya beda, pola pikir beda.

Jadi, terpenting ialah membranding diri, berusaha makin baik dan baik lagi. Dari ngeblog dan jalan-jalan memang banyak kenalan ya. Saya juga merasakan itu.

Sebagai mahasiswa pariwisata, jalan-jalan itu wajib banget biar tau perkembangan dunia pariwisata kayak gimana.. karena jalan-jalan itu juga saya banyak punya kenalan dari luar daerah, ketika lebaran suka kasi hampers. Nah, JNE jadi salah satu ekspedisi andalan untuk kirim paket apalagi sekarang udh banyak cabangnya ya

Penting banget ya sebagai blogger untuk branding diri jadinya punya identitas diri kita juga banyak yang lebih mengenal diri kita

Makasih tipsnya bang, sebagai blogger branding diri sangat penting banget agar lebih mudah dikenal, dan ternyata mempertahankan branding justru lebih sulit ya

Saya pun setiap jalan-jalan ataupun setidaknya dalam perjalanan selalu ngobrol dengan orang baru. Wal hasil bayak juga membantu. Misal saat mau ke suatu tujuan, dia malah memberikan rekomendasi sebaiknya ambil jalan a,b,c. Berhenti di C. Nanti baru naik angkot, dst. Paling penting tetap menjadi diri sendiri menjadi Tukang Jalan Jajan yang tetap eksis kapan pun di mana pun. Semangat

Semoga makin luas dan menular kolaborasinya dengan brand-brand besar ke saya kak Don, dan memang kita wajib kolaborasi untuk meningkatkan brand kita agar semakin dikenal

Setuju banget kak. Nggak ada yang mudah sih tapi kalau udah ada usaha, belajar, belajar dan terussss belajar pasti semakin akan lebih baik apalagi udah dapat mitra yg klop

branding dikenal sebagai blogger itu harus diselaraskan juga dengan content creator ya kak? emang perlu banget sih untuk mempertahankan brand dan bahkan meningkatkan kualitas diri maupun produk, ni jadi PR juga nih buat aku

Selamat ya utk peresmian JNE Cabang Kepandean. JNE ini ekspedisi yg paling sering saya pakai karena deket dari rumah agennya. Semoga Pelayanannya makin baik ya

Setuju banget nih kolaborasi itu penting, apalagi bisa menambah relasi. Sama kaya JNE yang semakin banyak saja nih cabangnya, apalagi punya program yang keren-keren.

Bener, Mas. "Teman kenal di jalan" kadang-kadang malah jadi rekan kerja yang menghasilkan cuan. Sebaliknya, yang sehari-hari ketemu dan udah dianggap teman dekat, kadang malah morotin doang bisanya >.<

Fokus dengan diri sendiri, Ojo dibandingke, hehe lalu semangat buat kolaborasi jadi saling mendukung satu sama lain dan punya banyak channel juga.

Pasti enggak mudah mempertahankan branding spy tetap eksis. Butuh usaha yg konsisten&kontinyu. Dan tentu saja fokus dg apa yg dijalani. Semangat

Jadi harus tetap selalu percaya diri ya kak dalam melakukannya, jangan lupa kolaborasi , perbanyak channel dan saling mendukung . Semoga dengan kantor perwakilan Cilegon ini, JNE semakin memperluas jangkauan pengirimannya.

JNE ini selalu inspiratif ya mas
Memang kalau di dunia digital seperti ini, branding itu perlu ya
Agar punya ciri khas ya

Personal branding sekuat itu ya kak, membuat orang jadi lebih mengenal siapa kita.

memang harus ada usahanya buat makin memperkuat personal branding kita ya :) keren nih kaya JNE juga makin kuat jaringannya, kulaitasnya makin bagus

Branding memang hal penting buat creator ya mas. Setiap creator punya ciri khas dan memang nggak perlu dibandingkan dengan yang lain, karena bisa jadi mereka juga punya value yang berbeda

Ngomongin soal branding, gimana ya kak kalau setelah beberapa waktu kita suka hal-hal baru dan pengen membranding ulang diri kita dengan sesuatu yang baru itu?

Saya dulu pernah pengen branding diri sebagai tukang jalan, etapi ternyata males banget kalau suruh foto ini posting itu hahahhaha, trs aku juga orangnya kadang kalau gak diajak kenalan dulu suka diem aja gitu, ya ampun padahal ngebranding diri penting banget yah kak biar orang lain pun mengenal kita. Thanks kak infonya :)

Semoga selalu konsisten dan komitmen sesuai dengan nama domainnya
Saya sendiri sebenarnya mau sering jalan dan jajan apa daya punya anak yang suka jajan dan jalan 🤣

Kolaborasi dan Inovasi emang diperlukan banget untuk seorang Blogger ya, Mas.. Selain bisa menambah potensi cuan, kita juga bisa upgrade ilmu ketika berkolaborasi dengan orang yang tepat dan akhirnya bisa mengeluarkan inovasi baru untuk blog kita.

Di zaman serba content creator kayak gini, mempertahankan branding emang penting ya kak. Kolaborasi dan Inovasi, bakal aku ingat terus soalnya maklum lagi merintis jadi blogger traveler

Paling susah memang istiqomah disatu branding, tapi kalau bisa dilakukan itu keren banget. Kalau aku masih suka bosenan jadi sulit untuk branding di salah satu kategori kak hehehe.....

Mas Dodon brandingnya udah kuat banget sebagai tukang jalan dan jajan. Keren! Dan makin keren karena bisa konsisten sampai belasan tahun.

Sepakat, sekarang jika mau bertahan di bidang apa saja harus mengedepankan inovasi dan kolaborasi. Karena saat ini sulit untuk jalan sendiri. Dan branding jelas penting sekali. Yang harus dilakukan konsisten dan terus-menerus

Berjejaring memang sangat penting, krn bisa membuka kolaborasi dari sana dan kesempatan kita juga makin gede untuk mengembangkan branding. Seneng deh baca program2 dr JNE yg terus mengembangkan layanannya juga, jadi paket2 bisa lebih cepat dan mudah sampai di berbagai daerah ya.

Tapi memang enak ya Don jadi food blogger, banyak menikmati berbagai jenis makanan dari berbagai tempat. Kira-kira dukanya apa yaaaa...

Branding saat ini emang nggak bisa disepelekan ya Kak, apalagi kalau sudah terkait dengan dunia profesional, harus bisa ngebranding dan membawa branding supaya tetap terjaga.

Saya tuh kalau mau kirim-kirim apa pun paling percaya sama JNE, selain layanannya beragam, brandingnya itu lho, kuat banget, jadi nempel banget

Di jaman yang serba digital gini, kita yang berkecimpung sebagai bloger ataupun menggunakan media sosial untuk berinteraksi, memang dituntut untuk selalu bisa mengembangkan diri agar tidak ketinggalan jaman. Biar kayak JNE nih yang selalu berinovasi dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Yang sering sih mau makan-makan tapi ogah ngontennya hahaha. Semoga gak sampai kayak aku gini ya kak, numpuk materi konten doang, bikinnya kapan tauk

collab terus ya kak kayak jne hehe.. aku sendiri juga sering mampir ke blog ini dan ngeliat kontennya memang oke banget kak. terutama soal foto2 makanannya ituuu bener2 menggugah selera makan wkwk

setuju banget sama saranya mimin. saya pun banyak belajar dari sini dan pengen juga ikutan review-review makanan, lokasi wisata, jajanan dll tapi waktu seharian buat kerja terlalu padat, hi

Aih setuju nih, kolaborasi dan inovasi kunci penting sukses ya. Moga aku bisa mengikuti jejak sukses Kak Dodon nih, membangun branding.

Keren banget memang si abang yang satu ini sudah banyak dikenal luas sebagai content creator andal :D Wah, soal JNE Cilegon ini, salut banget ya sudah maju terus dan memperluas jaringan logistiknya ke seluruh Nusantara. Sukses terus untuk JNE.

wah memang keren banget sih mas, perlu waktu yang tidak sebentar untuk mempertahankan ini

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon