10 Juli 2022

Menikmati Borneo Jazz dengan Sunset yang Cantik

Tukang Jalan Jajan sudah beberapa kali menikmati Borneo Jazz Festival, satu hal yang membuat kangen untuk datang lagi dan lagi adalah keindahan sunset di Pantai Miri yang elok dan membuat terpana banyak hati. Sunset disini sungguh syahdu ditambah dengan angin semilir yang sepoi sepoi. Membuat terasa sempurna.

Terompet dari bahan recycle di Borneo Jazz
Terompet dari bahan recycle di Borneo Jazz

Apalagi tempat ini ada cococabana, sebuah bangunan unik bergaya Jawa. iya... bergaya Joglo dimana tempat ini disusun dari kayu jati yang semuanya diukir cantik. Sultan yang punya? bisa jadi :) Tempat ini juga dijadikan venue Borneo Jazz Festival, kurang lebih 4 tahun ini. Tidak terlalu jauh dari pusat kota, sekitar 10 menit.


Satu Satunya Festival Jazz yang masih eksis di Borneo

17 Tahun bukan waktu sebentar untuk membuat musik ini eksis. Borneo Jazz Festival dimulai pada tahun 2006 dengan nama Miri International Jazz Festival dan baru kemudian berganti menjadi Borneo Jazz Festival pada tahun 2011. Acara tahunan yang dibuat oleh Sarawak Tourism Board, dan diselenggarakan oleh No Black Tie.

Rio Sidik di Borneo Jazz Festival 2022
Rio Sidik di Borneo Jazz Festival 2022

Tahun ini ada Rio Sidik mewakili Indonesia mempersembahkan lantunan musik terompetnya bersama dengan kuartetnya yang menghentak Miri. Tak sekedar terompet, Rio Sidik juga bernyanyi. Antusiasme festivalgoers luar biasa. Mengikuti setiap lagu yang dinyanyikan dan bergembira bersama. Penutup hari kedua yang luar biasa. Tukang Jalan Jajan sendiri bertemu dengan Rio Sidik di Penang Jazz Festival 2016


Menikmati Borneo Jazz dengan Sunset yang Cantik

Ini juga jadi keunggulan yang sayang jika terlewatkan, seperti Tukang Jalan Jajan bilang di awal, langit di Miri sangat bagus belum lagi terkadang sunsetnya bisa seperti telur asin. Sangat indah dengan pendar cahaya oranye dilangit. Jazz dan sunset yang sempurna

Tahun ini orkestra lengkap bermain musik rancak dengan semangat sebelum matahari terbenam. Banyak penonton yang tak bisa menahan diri untuk ikut bergoyang dan bernyanyi. Termasuk kedatangan artis kebanggaan Sarawak, Dayang Nurfaizah yang membuat semua orang ikut bergoyang. Jazz dan RnB merupakan perpaduan yang mantap! Sembari melihat matahari yang perlahan kembali keperaduannya

Orkestra dari Sarawak Jazz Community
Orkestra dari Sarawak Jazz Community

Borneo Jazz Festival juga sering mendatangkan artis berbagai genre untuk melengkapi musik jazz yang dihadirkan. Fusion musiknya membuat semua kalangan bisa menikmati musik dengan bahagia. Baik anak muda maupun dewasa, masih bisa melantai untuk mengikuti musik


Festival dengan Aneka Makanan di Mana mana

Ini penting sih menurutku! Makanan dan minuman harus bisa diakses dimana mana dan jangan dibatasi karena selera orang berbeda beda. Borneo Jazz festival menangkap keinginan banyak orang ini. Jadi semua makanan dari beberapa belahan dunia ada, mau selera lokal atau internasional semua tersedia.

Tukang Jalan Jajan yang sudah 2 minggu di Malaysia langsung happy ketika menemukan restoran Surabaya, langsung saja sepiring gado gado dan semangkuk rawon meluncur ke perut. Menyenangkan sekali menemukan makanan yang otentik dinegara orang. Seperti biasa, porsinya selalu jumbo, bisa untuk dua orang.

Selain itu, disini juga ada stall yang menjual makanan orang ulu, makanan Melayu Malaysia, Makanan Korea, Makanan Jepang, Makanan mexico, Makanan Eropa dan aneka makanan dan minuman kaki lima yang tersebar dipuluhan stall disekitar lokasi Borneo Jazz. Coffee shop, Bar dan warung minuman sesuai budget pun tersedia disini.


Cococabana yang Nyentrik

CocoCabana adalah salah satu tempat wisata Miri yang paling banyak dikunjungi di pusat kota, dengan pemandangan tepi laut yang sejuk dan tempat untuk bersantai di bawah sinar matahari. Ini juga salah satu tempat terbaik untuk menikmati salah satu matahari terbenam yang berapi-api di Miri serta terbenam di luar cakrawala

Mercusuar berbentuk kuda laut sebagai ikon di Cococabana Miri
Mercusuar berbentuk kuda laut sebagai ikon di Cococabana Miri

Ada patung mercusuar kuda laut yang ikonik disini dan bikin penasaran untuk dimasuki, sayang sekali tidak dibuka untuk umum. Bangunan cococabana sendiri tidak kalah nyentriknya. Bangunan joglo ala Jawa yang full ukiran di bangunannya. menggunakan kayu jati dan tanpa paku. diukir langsung dan dikerjakan oleh arsitektur dan pekerja langsung dari Jepara.

Sebagian kecil ukiran jepara di salah satu sudut Cococabana Miri
Sebagian kecil ukiran jepara di salah satu sudut Cococabana Miri

Tempat ini memiliki dua lantai dengan siklus udara yang sangat bagus karena banyak lubang angin untuk pertukaran udara. Penggunaan kayu hampir 90% membuat kesejukan semilir angin laut menembus tiap ruangan di dalam Cococabana. Disini juga terdapat cafe yang bisa didatangi untuk bersantai dan menikmati minuman dingin.


Berkonsep Go Green

Seperti Rainforest World Music Festival, Borneo Jazz juga mengusung konsep go green. Ada banyak tempat sampah yang tersedia untuk berbagai macam sampah. Kita bisa memilah milahnya sesuai dengan tanda dan warna yang ada di tong sampah.

Pengunjung juga tak perlu khawatir dengan air minum karena disini tersedia tempat pengisian air minum gratis yang bisa dipakai tanpa batas.  Festivalgoers cukup membawa botol minum kosong dan tinggal refill air putihnya.


Padat oleh Pengunjung

Pandemi membuat penikmat musik sudah tak dapat menahan diri untuk menikmati festival karena terkendala dua tahun oleh pandemi. Terlihat, selama 3 hari ada sekitar 3000 an orang yang memadati cococabana untuk borneo Jazz Festival ke 17 ini. Walaupun masih berkonsep hybrid dimana bisa disaksikan secara offline maupun online. Tetap saja orang ingin datang dan merasakan sendiri bagaimana sejatinya vibes sebuah acara musik.

Sunset di Pantai Cococabana Miri
Sunset di Pantai Cococabana Miri

Bagaimana? siap untuk menonton Borneo Jazz tahun depan? Mari persiapkan diri dari sekarang

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

41 comments

ternyata sudah lama juga 17 tahun festival jazz borneo, konsepnya juga bagus go green memang kita harus peduli dengan lingkungan.

Keren banget ya kak.. Kalo. Disini udah jarang banget ada festival musik kayak gini..

Sebenarnya menikmati sunset bisa kapan aja. Tapi kalau sambil nonton jazz festival di ruang terbuka begini sensasinya jadi meningkat drastis, ya

MaUuuu bangettt ke sana

Ya ampuun ini sih definisi hiburan utk seluruh panca indra.

Mata, kuping, bahkan hati 😆

semuanyaaaaa dah dimanjakan dgn gelaran ini

Mantab betul, Diriku salah satu penyuka musik jazz... Entah kenapa selalu merindukan momen dimana bisa dtg lgsng nonton, khsusnya di jkt .. menarik yah acaranya

Di Bromo juga ada Jazz festival kak. Ngga ikutan? Kirain ini di Bromo hehe ternyata masih di Sarawak..

Keren sekali Borneo Jazz ini ya, Mas. Sudha berlangsung selama 17 tahun. Dan walau bisa disaksikan secara online, tetap berbeda kalau datang dan langsung menyaksikan festival musik keren ini. Apalagi dengan sunset dan mercusuar uniknya.

Festival Jazz yang pastinya akan semakin meriah jika dari tahu ke tahun terus ditingkatkan semua fasilitas dan performa nya. Jadi pengen menyaksikan juga. Senja yang sangat berkesan jadinya

Pastinya ditunggu oleh masyarakat sekitar maupun penikmat musik ya di Cococabana ini. Karena bisa sambil menikmati pemandangan juga

Perpaduan yang pas banget nih, dengerin Borneo Jazz dikala Sunset. Duh, apalagi menikmatinya dengan yang tersayang. Romantis...

Waah tempatnya menyenangkan sekali, seumur2 belum pernah melihat konser musik apapun.
Setelah 2 th pandemi pastinya bakal rame yaa pegelaran musik jazz secara offline.

Wah, mauuuuuu bangeeet! Baca ini jadi ngebayangin serunya ikut festivalnya sambil denger musik2 jazz dan ada angin yang sejuk berembus. Terus kita santai sambil nikmati indahnya sunset di pinggir pantaiii. Yaampuuun mupeng bgt.

Bisa healing banget nih di Borneo Jazz Festival ini. Menikmati pantai yang indah sambil dengerin suara musik jazz. Ditambah dengan makanan yang enak-enak pula ya.

Ikut membayangkan ketika ada di sana dan menikmati jazz sambil lihat sunset yang super romantiss hihi, semoga tahun depan kalau diadakan lagi bisa ikutan

Ah iya, baca ini aku jadi ingat beberapa waktu lalu aku juga sempat nonton konser di alam terbuka dengan suasana senja
Namanya Urban Sunset Festival

Momen-momen sunset memang seringkali penuh dengan kenangan manis, apalagi diiringi langsung dengan Jazz Festival pasti nostalgia makin terasa nyata. Tentunya Memanjakan mata hingga ke menyentuh hati bersama orang terkasih.

keren Borneo. sampai sekarang aku masih nunggu acara festival musik di kotaku, nih. pengin banget nonton konser musik huhuhu.

Borneo Jazz gak hanya nikmati musiknya, tapi pemandangannya juga cakep banget! Romantis dan syahdu gitu ya, Mas Don

Jadi pengen ke Pantai Cococabana Mirip juga deh

Oh iya.. kemarin Rainforest World Music Festival yaa..
Beda lagi nih, kali ini khusus penggemar musik Jazz, mari kita nyalakan semangat menonton Borneo Jazz 2022.

Viewnya cakep, ini seru ya kali ya kalau bisa nonton Borneo festival jazz, kulingnya dengerin musik, matanya lihat pemandangan.

Viewnya cakep, ini seru ya kali ya kalau bisa nonton Borneo festival jazz, kupingnya dengerin musik, matanya lihat pemandangan.

Langsung terpesona sama sunsetnya..ya ampun ini ya sunset cantik, musik yang ciamik, tempat asyik dan makanan enak...pas bener Borneo Jazz memanjakan pengunjungnya. Sukaaa!

Baru tau nih ada borneo jazz, konser jazz di alam terbuka gini lagi musim ya gak cuma di pulau jawa aja

Wuih keren ya, di kalimantan jg ada semacam festival kayak java jazz. Baru tahu ada borneo jazz

Cocobana tuh vibesnya beneran kaya di luar negeri ya..
Perpaduan antara sunset dan musik tuh DABEST sih yaa..

asik banget emang kalau ada konser musik outdoor apalagi cuacanya mendukung. udah gitu juga lebih sehat ya karena sirkulasi udaranya oke

Bagus banget konsep acaranya dan peduli lingkungan. Apalagi di pantai cepat haus eh ada isi ulang air minum. Lumayan menghemat

baru baca judulnya aja udah kebayang cantiknya sunset di kalimantan :') syahdu banget ya pasti itu, dengerin jazz sambil kena angin sepoi2

Wah masyaallah, sekarang kegiatan2 musik sudah mulai pulih ya pasca pandemi, pasti sudah dinantikan banyak orang. Cococabana itu aku hampir salah paham gara2 awalnya aku bacanya cocobanana hahaha, jd aku nyari mana pisangnya

Menarik banget sih bisa menikmati musik jazz di tepi pantai yang cantik di sore hari.

Musik Jazz memang selalu memiliki penikmatnya sendiri.
Kalau sudah denger alunan musik Jazz, auto tenang...

Wuihh liat foto-fotonya bikin mupeng.. apalagi foto terakhir, sunset dan pertunjukan musik, asyik banget kayaknya..
Btw ukiran Jepara-nya menginginkanku pada pelajaran Seni Ukir waktu SMP, dulu gambar kayak gitu dapet nilai bagus :)

Widiiihh 17 tahun dan masih bertahan, walau kemarin diserang pandemi yaaa. Asyik banget ke festival gini. Kalau di Sby dulu ada jg tapi di mall hehehehe jd pemandangannya gak bisa liat sunset.
Apalagi kalau makanan di festival jazz melimpah dan enak2 pasti sangat menikmati sekali yaa

Event yg menarik apalagi dengan lokasi yg mendukung. Kebayang sih syahdunya menikmati alunan musik jazz ditemabj semilir angin dan senja yg indah. Selain itu juga di isi oleh beragam aliran genre musik

Wahhh keren banget nih acaranya, selain kita bisa liat sunset yang indah, kita juga diiringi musik yang nyaman banget buat didengerin, rasanya syahdu banget gitu.

Jazz dan senja, perpaduan yang ciamik sih ini. Sambil dengerin air laut, menyeruput kopi, dan menikmati hembusan angin laut. Makin sempurna sama alunan jazz. Sumpah, asik banget

Aku sebetulnya belum pernah nonton pertunjukkan jazz dan jujur aku pikir itu agak kuno, tapi setelah baca tulisan mas jadi pingin sesekali nonton deh! Pasti menenangkan banget!

Jadi penasaran banget dengan cococabana nya nih kak. Kayak gimana tuh konsep desain ala Jawa yang diusung di Miri situ.

Keren ya acaranya, saya penasaran dengan patung kuda laut yg ikonik itu, apa ya isinya? Hanya orang khusus saja kah yg bisa masuk?

Wah cantik banget sunsetnya dengan iringan musik jazz Borneo serta makanan yang enak banget

Uwaaahhhh ada dayang nurfaizah??? Pas dulu kuliah di Malaysia, lagu2nya banyak diputar. Awalnya aku ga biasa denger tipe musiknya, tapi aku suka suaranyaaaa. Cuma Krn sering denger, lamq2 malah jadi sukaaa. Dan mukanya juga unik sih, ada karakter.

Sunsetnya memang baguuuuus mas. Kebayang sih serunya nonton di sana. Apalagi ada banyak pilihan kuliner 😁👍

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon