4 Juni 2022

Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”

Sama seperti dendam, rindu harus dibayar tuntas! Sama seperti Borneo Jazz, Rainforest World Music festival pun sudah 2 tahun tidak Tukang Jalan Jajan saksikan secara langsung. Untunglah taun ini border Malaysia sudah dibuka kembali, artinya saya bisa kembali menyaksikan gelaran festival musik tahunan ditengah hutan Kalimantan!

Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”

Festival musik besar di dunia memang ada beberapa yang wajib kunjung dan yang paling dekat dengan Pontianak adalah Rainforest World Music Festival. Ini keseruan yang sayang sekali untuk dilewatkan, apalagi kita bisa melihat banyak penampil dari berbagai belahan dunia dalam satu panggung, memainkan musik khas dari daerahnya masing-masing. Tak sekedar menikmati musiknya saja, kita bisa mempelajari budayanya.


Berkenalan kembali dengan Rainforest World Music Festival

Tahun ini memasuki pelaksanaan ke 25 kali, bukan waktu yang sebentar untuk sebuah festival musik yang mampu bertahan dengan penonton yang selalu bertambah. Sempat menjejakkan angka lebih dari 30.000 penonton dalam 3 hari adalah suatu perjuangan luar biasa untuk terus eksis dan melakukan inovasi.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 1998, Rainforest World Music Festival telah berkembang setiap waktu dan menjadikannya salah satu festival musik terkemuka di dunia, yang terdiri dari beragam seniman lokal dan internasional yang tidak pernah gagal untuk membuat penonton tak berhenti bergoyang

Jadwal Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Jadwal Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 

Dari tahun ke tahun, selalu ada yang bertambah. Mulai dari bazaar handicraf dari berbagai belahan Malaysia hingga dunia, termasuk dari Jogja yang mewakili Indonesia yang sempat Tukang Jalan Jajan temukan. 

Jadwal Virtual Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Agenda Virtual Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 


Adapula festival makanan dunia yang membuat hati berbunga bunga mengunjunginya. Ini suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya yang hobi icip icip makanan dari berbagai tempat. Masalah rasa nomor 2 yang penting sudah pernah melihat langsung dengan mata dan menyentuh dengan lidah.


Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 

Tahun ini, Rainforest World Music Festival bertema “Legendary Rainforest Celebration” yang diadakan pada 17-19 Juni 2022 akan mengambil format hybrid, dengan konser fisik berlangsung di Desa Budaya Sarawak sementara pemirsa juga dapat melakukan streaming langsung dari rumah mereka melalui rwmf.net 

Oh ya, ini hybrid pertama sejak kemunculan pertamanya di tahun 1998. Kece banget kan ya! Jadi yang masih penasaran buat nonton dan belum ada kesempatan datang melihat langsung di Kuching, Sarawak, Malaysia

Penampil Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Performers Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration” 

Dengan tujuan menyatukan dunia kembali dengan musik, RWMF akan menyambut kembali sejumlah artis internasional dari Kanada, India, Amerika Serikat, Finlandia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Singapura, Jepang, Australia, Meksiko, Selandia Baru, Cina, Bhutan dan Seoul antara lain, dengan Majlis Seni Sarawak yang memadukan musik tradisional Sarawak dengan cita rasa internasional membuka pertunjukan tiga hari dalam kolaborasi musik pertama kali dengan Sarawak Tourism Board.

Rainforest World Music Festival 2022 juga akan menampilkan suara dan ritme Sarawak, menampilkan elemen musik dari beragam kelompok etnis Sarawak melalui pertunjukan yang menggembirakan yang akan mengangkat cita rasa suku Sarawak yang unik ke panggung internasional.


Tiket Masuk Rainforest World Music Festival 2022

penjualan tiket Early Bird mulai 18 April 2022 untuk konser fisik dan virtual. Mereka yang tertarik dapat pergi ke rwmf.net untuk mendapatkan tiket dalam berbagai kategori – Pass 1 Hari Dewasa (RM 150), Pass 3 Hari Dewasa (RM375), Pass 1 Hari Anak (RM80), Pass 3 Hari Anak ( RM155) dan Paket Keluarga 1 Hari - 2 Dewasa dan 2 Anak-anak (400).

Tiket Masuk Rainforest World Music Festival 2022 “Legendary Rainforest Celebration”
Tiket Rainforest World Music Festival 2022

Bagi yang sudah pernah menonton secara  Virtual tahun lalu memberi umpan balik yang sangat berharga tentang bagaimana menonton festival dapat menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia – fisik dan digital – untuk membuat edisi hybrid pertama RWMF tahun ini. 

Semoga ini menciptakan preseden unik untuk RWMF edisi ke-25 ini akan menjadi acuan festival ini kedepannya, menjembatani masa lalu dengan masa depan dan mempertahankan serta menciptakan kembali warisan musik kami dan tradisinya selama bertahun-tahun yang akan datang.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

47 comments

What, acaranya di tengah hutan? Wah ga kebayang gimana serunya itu. Tp perlu persiapan lebih ga ya dibanding klo nntn konser di indoor, misalnya jaket, payung, anti nyamuk dll.

Wih mantap betul festivalnya, apalagi sekarang sudah berjalan hybrid, ada offline nya lagi ya, setelah berjalan virtual pas pandemi. Kak Dodon berangkat kah tahun ini ?

Menarik sekali event ini, semoga pada waktunya bisa menikmatinya.

Waaaah serius di tengah hutan acaranya?? Menarik siiih ini. Walopun ga yakin aku bisa datang. Tapi aku ngebayangin area kulinernya yg terdiri dari banyak tempat, bisa mencicipi banyak aneka rasa . Setuju mas, rasa belakangan, yg penting coba dulu. Kalo acara musiknya sendiri aku blm pernah denger sih, jd blm bisa bilang suka atau ga. Walopun konsepnya menarik buatku. Jarang aja bikin acara di tengah hutan Borneo 😄

Penasaraaaaan 😍😍😍. Baru tau loh mas acara musik ini. Selama ini kan taunya java jazz festival. Itupun aku ga nonton Krn genre musiknya beda Ama seleraku 🤣. Java rock festival baru aku bakal tonton 😄.

Ga kebayang ini panggungnya kayak apa, kesanany gimana , Krn diadain di tengah hutan

Wah gila pasti seru banget ini acaranya karena mengundang penyanyi dari berbagai negara. Apalagi konsernya di hutan jarang banget, pasti seru sih ini tapi jauh banget mau nonton ke sana, hemm. Terima kasih informasinya!

Bahagia banget, sebelum pandemic aku berhasil datang ke Kuching dan nonton Rainforest World Music Festival. Membuktikan sendiri berbagai keseruan yang dituliskan orang mengenai festival music dunia ini. Duh, seandainya gak balik jadi karyawan lagi, pengen juga deh nonton RWF 2022. Pasti lebih seru lagi karena sudah 2 tahun absen :)

Wah keren ... festival musik di tengah hutan itu unik banget. Ada pula makanannya yaa .... penasaraan.

Menarik konsep acara Rainforest World Music Festival ini, betapa tidak, acaranya diselenggarakan di hutan, acara yang ga bakalan bisa diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta. Mantap

Wah, kayaknya menarik banget. Apalagi pengisi acaranya dari berbagai negara ya. Baru kali ini aku tahu festival di negeri tetangga.

Kan acaranya di kuching ya. Berarti kan masuk wilayah Malaysia. Kalau semisal ikut nonton acara Borneo Jazznya tu perlu dokumen gitu nggak?

Acaranya di hutan, wow ini sih terobosan baru. Saya suka dengan kalimat, menjembatani antara masa lalu dengan masa depan. Semoga makin banyak kegiatan seperti ini apalagi sudah aman dari pandemi, insyaallah.

Seru banget ya dengarin konser musik berkualitas dan lokasi acaranya juga vibenya menyenangkan..patut ditunggu nih acaranya..bisa ditiru ya di Bogor di kebun raya misalnya hehe

Keren ya acaranya ditengah hutan rasanya makin membumi dan terbaea suasana dong akupun pasti apalagi kalau ditemein ayang, hwehehe jadi rindunya makin terobati ya bang.

Jumlah penggemar musik jazz ini banyak sekali.
Dengan kembali menyaksikan kemegahan panggung sesungguhnya Rainforest World Music Festival 2022 menjadi gelaran musik yang paling diminati dan dinanti.

Music bahasa universal yang bisa menyatukan perbedaan yang ada.
Acaranya keren banget. Semoga Rainforest World Music Festival 2022 berjalan lancar dan sukses. Konsep music festival yg unik.

Aku termasuk yang suka sama musik jazz, kalau lagi belajar dan lagi butuh ketenangan aku biasanya dengerin musik instrumental jazz. Senengnya ada festival begini, semoga suatu hari bisa ikutan nonton

Tentunya bakal seru ini, apalagi acaranya unik di tengah hutan. Cuss yang mau ikut kudu persiapkan dari sekarang ya, 10 hari lagi

Wah seru banget ya, festival musik seperti ini merupakan salah satu kegiatan yang dirindukan banget apalagi pasca pandemi dimana semua kegiatan berkerumun dihentikan sementara. Semoga acaranya berjalan lancar!

ternyata acaranya sudah diadakan sejak tahun 1998, sudah lama sekali berarti acaranya dna pastinya sudah dikenal banget event tahunan ini oleh masyarakat Serawak ya Kak. Sayangnya pas saya tiap kali ke sana, ga berbarengan dengan event ini.

Wow, akan memasuki pelaksanaan ke-25 ya, seru sekali deh kalau bisa ikutan langsung kesana untuk menyaksikan langsung. Suka banget dengan adanya festival gini.

baguuuss tapi sayang aku nggak bisa datang laahhhh... acara2 kayak gini biasanya juga disukai wisatawan asing ya soalnya menonjolkan kecantikan di lokasi wisata juga

wah unik ya, apa emang dibikin beda gini ya . aku bukan pemerhati musik tapi suka sih jika menikmati musik2 gini.. sisi lain yng ingin diperkenalkan mungkin lokalitas juga ya

CAN'T WAIT FOR RWMF2022!!! Duh, acara yang paling ditunggu-tunggu nih apalagi sejak dua tahun pandemi 🙈🙈🙈

Pokoknya gak boleh dilewati deh, dan sepertinya bakalan beda ya dengan acara sebelum-sebelumnya, pasti ga kalah seru.

Baru tahu ada event kek gini, keren ya. Bisa dengerin musik, sekaligus nyicipin makanan2 khas daerah Melayu dan sekitarnya. Btw, itu tiketnya kalau dirupiahin berapa mas?

Senang ya kak, akhirnya bisa nonton lagi acara musik secara live!!
Bisa seru-seruan lagi nyanyi bareng di acara musik seperti ini

Acara menikmati musik jazz selama 3 hari ini beneran bikin happy dan puas para penggemar musik.
Semoga semuanya kembali berkumpul dengan bahagia dan sehat.

seru banget ini pasti. akhir-akhir ini lagi mikirin kapan bisa dateng ke konser atau festival musik kayak gini :')

Merupakan helatan ke 25 kali, pernah sampai 30.000 penonton dalam 3 hari, wooow keren sangat ini Rainforest World Music Festival. Meski hybrid pasti bakalan seru. Semoga sukses acaranya!

aaaaa jadi pengen dataaaang. tapi kayaknya nggak tahun ini deh. Inshaa Allah suatu hari ya, kalau udah ada uang berlebih, nggak mau melewatkan momen spesial seperti rainforest music fest ini

Kayaknya baru tau event RWMF ini , Mas. Eh ternyata udah selama itu ya dilaksanakannya
Tapi excited sih kalau bisa ikutan nonton secara langsung. Apalagi klau di sana bisa sekalian kulineran ya kann.
Seneng juga kalau ada UMKM atau artis Indonesia yg juga terlibat dalam Rainforest World Music Festival

Semoga di masa depan The Rainforest World Music Festival ini bisa dilaksanakan di Kalimantan yang masuk kawasan Indonesia ya. Biar gampang kita kalo mau nonton. :D

Ini menarik BANGEETTT Kak
Dan super hepi ya, karena festival musik ini bisa dihelat lagi.
pastinya ga sabar buat menikmati keseruannyaaaaa

Selalu penasaran dengan konser musik kaya gini. Senangnya karena diadakan setelah pandemi. Yakin pengunjung juga bakal banyak

Sudah digelar sebanyak 25 kali jelas bukan angka yang biasa, Kak. Fantastis, apalagi musik etnik bisa diperkenalkan dan diperdengarkan untuk konsumsi asing. Selain mendatangkan profit untuk ekonomi setempat, bisa juga melestarikan musik lokal yang sangat indah dan kaya.

Keren ini sih konsepnya ya, bakalan memberikan pengalaman seru konser di tengah alam gitu. Abang berangkat gak nih? Semoga dilancarkan ya kalau mau nonton.

Performernya gak ada yg kukenal dan masih terasa asing. Tp justru karena asing itu aku jadi penasaran sebagus apa perform nya, karena daei temanya itu kaya alam banget ya

Penasaran sama festival rainforest, tapi kok jauh banget dari tempat tinggalku hiks

Berasa lagi shooting film gak sih??!
Hehhe...soalnya kan acara musiknya ada di hutan. Jadi kebawa suasana Jazzy banget.

Mantap nih, musisi dari berbagai negara bakalan hadir di acara Rainforest World Music Festival 2022. Semoga sukses helatan akbar ini.

Sepertinya acaranya sangat seru dan menarik ya kak. Semoga di tahun-tahun berikutnya diadakan lagi dan saya bisa mengikutinya..

Wih festival besar yang seru banget ya pastinya. Acaranya di tengah hutan gitu ya? Unik dan seruuu... musisinya pun dari berbagai negara. Ditunggu liputannya nanti ya, Kak Dodon :)

Sepertinya seru nih, aku pikir itu bagaimana suasananya ditengah hutan gitu. Konsep dan inovatif yg menarik.

Wah setelah sekian lama nggak nonton acara musik tentu seru banget nih ya bisa ikut Rainforest World Music Festival. Konsep acara musik yang diadakan di tengah hutan tuh jadi keinget dulu pernah ikut Nada Untuk Alam. Nah acaranya kek dihutan juga, seru banget sih menurutku.

saya malah belum pernah ke semua festival itu kak baik yang borneo maupun rainforest. kayaknya menarik untuk dikunjungi tahun depan yaa

ngomong-ngomong karena namanya rainforest world music festival, kemarin pas acaranya berlangsung, sempet hujan beneran enggak ya?

Keren! Bahkan virtual concert juga sangat sukses ya, kalau kemasannya sangat bagus gini. Semoga tahun depan bisa langsung ke sana

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon