Balawan di RWMF dan Rio Sidik di BJF

Balawan di Rainforest World Music Festival (RWMF) dan Rio Sidik di Borneo Jazz Festival (BJF) , seorang pemain gitar dan pemain terompet kelas dunia.
Berjingkrak dan berpesta dalam lantunan lagu dan musik selama 6 hari, 3 hari Tukang jalan habiskan di Rainforest World Music Festival (RWMF) dan sisanya di Borneo Jazz Festival (BJF). Rasanya puas meluapkan kegembiraan yang tertunda selama 2 tahun akibat pandemi. Tidak ada perhelatan musik live dan tak ada vibes festival.

Kedua festival ini menjadi wadah berkumpulnya para musisi dari berbagai negara untuk pertama kalinya di bumi Borneo, setelah dua tahun diterpa pandemi Covid-19. Setiap musik sarat dengan sentuhan dalam dari sang musisi. Kedua festival ini memiliki genre yang sangat berbeda namun sama sama punya keseruan.

Rio Sidik di Borneo Jazz Festival 2022
Rio Sidik di Borneo Jazz Festival 2022

Tukang jalan Jajan sendiri selalu mencoba untuk melakukan interview lebih dalam dengan dua orang musisi yang tampil diacara ini. Balawan di Rainforest World Music Festival (RWMF) dan Rio Sidik di Borneo Jazz Festival (BJF) , seorang pemain gitar dan pemain terompet kelas dunia.


Balawan dan Batuan Ethnic Fusion di Rainforest World Music Festival 2022

Siapa yang tidak kenal dengan Balawan yang memperkenalkan gitar dua neck dengan teknik touch tapping style yang selalu memukau penonton dan kali ini Balawan tak tampil sendiri namun bersama dengan grup gamelan dari Bali

Balawan di Rainforest World Music Festival 2022
Balawan di Rainforest World Music Festival 2022

Musik tradisional Bali dan cabikan gitar Balawan berhasil membuat riuh penonton dan menggerakkan badan kesana kemari mengikuti irama musik. Balawan pun tak canggung maju kedepan dan mengajak penonton untuk ikut larut bersama musik yang dimainkan

Balawanpun menunjukkan kemampuannya memainkan harmonika yang dipadu dengan permainan gamelan Bali super cepat.Menurut Balawan yang sempat Tukang Jalan Jajan wawancarai, kecepatan permainannya setara dengan 16 ketukan per second. Super cepat!

Duo Gamelan Percussion Batuan Ethnic Fusion
Duo Gamelan Percussion Batuan Ethnic Fusion


Unsur Bali terasa kental berbalut dengan musik Jazz serta Rythem and Blues. Unsur musik tari kecak berupa harmonisasi suara juga diperdengarkan disini tentu ini membuat penonton berteriak riuh rendah. Balawan mampu mengajak penonton dari berbagai dunia untuk ikut menghentak.

Batuan Ethnic Fusion
Batuan Ethnic Fusion

Balawan dan Batuan Ethnic Fusion mampu memukau penonton yang hadir dilokasi. Dari wawancara singkat saya, Ini merupakan kali pertama Balawan perfomance di Borneo dan merasa senang dengan sambutan penonton yang luar biasa. Apalagi setelah dua tahun pandemi, tidak banyak penampilan live yang dilakukan.

Balawan bermain harmonika di Rainforest World Music Festival 2022
Balawan bermain harmonika di Rainforest World Music Festival 2022

Balawan juga merasa senang karena musiknya bisa diterima dengan baik oleh penonton dari berbagai belahan dunia. Ia juga merasa senang bisa berkolaborasi dengan banyak musisi dari seluruh dunia di workshop yang dilakukan panitia Rainforest World Music Festival

Balawan dan Tukang Jalan Jajan
Balawan dan Tukang Jalan Jajan

Musik memang bahasa yang bisa diterima oleh semua orang. Bahasa universal yang tiduk perlu dipahami dan cukup dinikmati


Rio Sidik Quintet di Borneo Jazz Festival

Pertemuan Tukang Jalan pertama kali dengan musik Rio Sidik saat Penang Jazz Festival di 2016 dan 2022 ini Rio Sidik Quintet hadir kembali di Borneo Jazz Festival

Tukang Jalan Jajan dan Rio Sidik di BJF 2022
Tukang Jalan Jajan dan Rio Sidik di BJF 2022

Rasanya memang ada yang kurang jika Festival Jazz tanpa menampilkan pemain terompet, Rio Sidik Quintet melengkapi perhelatan festival terlama di pulau Borneo ini. Berasal dari keluarga yang memiliki darah musik dari sang kakek membuat Rio Sidik membangun karir bermusi sejak 14 tahun

Nama Rio Sidik sudah terdengar lama di kancah musik internasional selama bertahun-tahun, banyak prestasi sudah dibuat termasuk berkolaborasi dengan pemain terompet Maurice Brown dan Incognito yang luar biasa di Bali Live International Jazz Festival.

Rio Sidik di Borneo Jazz Festival 2022
Rio Sidik bernyanyi di Borneo Jazz Festival 2022

Dengan grupnya Rio Sidik Quintet, pemain trompet merilis album keduanya “Sound of the Mystical Vibe” yang menangkap energi dari kuintet yang tampil live.

Bicara soal live performance, Rio sudah melakukan semuanya, mulai dari dua kali tur di Afrika Selatan, Singapura, Australia, Portugal, Spanyol, Belanda, dan Rusia. Dengan band fusion musik dunia Saharadja, ia berpartisipasi dalam Java Jazz Festival perdana pada tahun 2005. 

Rio Sidik muncul diantara penonton Borneo Jazz Festival 2022
Rio Sidik muncul diantara penonton Borneo Jazz Festival 2022

Saya sendiri juga sempat mewawancarai Rio Sidik dan Ia merasa energi penonton yang luar biasa memberikan kekuatan kepada musisi di panggung untuk menampilkan lebih dan lebih lagi. Semangat penonton menyatu dengan alunan musik yang dibawakan Rio Sidik kuintet

Borneo Jazz merupakan even musik pertama baginya, pasca dua tahun pandemi Covid-19. Tapi semangat Rio Sidik untuk menunjukkan kemampuannya tak pernah padam. Bahkan tak sekedar meniup terompet, Rio juga bernyanyi.

Penampilan Rio Sidik di Borneo Jazz Festival 2022
Penampilan Rio Sidik di Borneo Jazz Festival 2022

Rio mengungkapkan rasa kagumnya dengan penonton yang sangat antusias menerima musik mereka. Beberapa kali Rio Sidik memberikan apresiasi dengan tepuk tangan dan ucapan kepada Penonton. Apalagi pada awal perfomance, Rio tampil dari sela sela penonton sembari memainkan terompetnya. Kedekatan itu sudah terjalin sejak awal.

"Menakjubkan dan keren sekali, banyak kejutan sebelum saya naik ke panggung. Para penonton benar-benar terhanyut ke dalamnya. Maksud saya, hal itu benar-benar membuat saya merinding ketika saya memainkan nada demi nada. Mereka mendengarkan seluruh pesan yang ada" Ungkap Rio dengan bangga.

Rio Sidik dengan solo trompet virtuosonya plus gaya jazz yang fungky dan penuh semangat serta gaya bernyanyi yang penuh perasaan melengkapi semua perfomance di Borneo Jazz Festival 2022


Balawan di RWMF dan Rio Sidik di BJF

Kehadiran Balawan dan Rio Sidik mengusung musik bercirikan Indonesia. Tukang Jalan Jajan bangga karena mereka mampu menunjukkan perfomaces yang luar biasa. Indonesia di kancah musik Internasional memang patut diperhitungkan!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.