24 Agustus 2021

Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

Pasti Teman Tukang Jalan Jajan penasaran, apa rasanya sup kikil di mix dengan pastel atau kroket atau korket dalam bahasa Pontianak. Pertanyaan ini tidak berlaku untuk penduduk Pontianak dan sekitarnya ya. Jadi bagaimana rasanya, gorengan dicemplungkan kedalam makanan berkuah!

Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti
Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

Perpaduan antara sup kikil yang berkuah dengan kroket yang renyah dengan isian ubi. Rasanya menarik dan unik, perpaduan tekstur makanannya membuat susah untuk berhenti menyeruput kuahnya. mari kita makan dengan bahagia. Mari kita selesaikan semua makanan ini kedalam lambung dengan bahagia


Pastel atau Korket atau Kroket


Kira kira kalian menyebutnya apa ya? kadang kala ada beberapa makanan yang susah dibedakan karena penamaannya sama dibeberpa wilayah tapi bentuknya berbeda. Saya sering banget harus mencari tahu dibeberapa sumber supaya tidak salah kaprah.


Pastel


Mari kita selami masalah pastel terlebih dahulu, sebenarnya makanan aslinya jauh dari Spanyol dan Portugal namun mendapat sentuhan Indonesia. Tak melulu gurih namun juga asin. Pastel sendiri mempunyai arti pastel dengan nama Pastel de nata yang aslinya manis. Berupa egg tart khas Portugal yang ditaburi bubuk kayu manis. 

Sementara di Spanyol, pastel merupakan sebutan untuk kue. Namun bisa juga berarti sajian lain. Tapi begitu sampai di Indonesia, pastel mendapat pengaruh dari empanada, roti isi khas Spanyol yang sudah ada sejak tahun 1520 di Galicia. Untuk isiannya, empanada berisi tuna, sarden, atau chorizo.

Lalu saat masuk ke Indonesia untuk isiannya berupa suun, telur, serta sayuran yang terdiri dari wortel dan kentang. Ada juga yang menambahkan telur rebus. Pastel di Indonesia biasa disajikan dengan cabai rawit hijau atau cocolan sambal kacang. Semuanya tergantung selera.


Korket atau Kroket


Bagaimana dengan korket atau kroket? Banyak yang mengira ini camilan Indonesia. Aslinya resepnya datang dari Perancis. Sampai ke Indonesia karena dibawa oleh Belanda.

Resep aslinya, kroket dibuat dari ragout yakni adonan tepung terigu, susu, dan daging ayam atau sapi. Setelah adonan dingin baru dibentuk menjadi silinder, bulat telur atau oval. Baru kemudian dilumuri tepung dan dibalut tepung panir. Baru kemudian digoreng dengan tepung

Sementara cara Belanda kroket divariasikan dengan campuran kentang dan ragout keju. Camilan ini sering disebut kroket kentang.

Sementara kroket yang sekarang bentuknya mirip pastel dengan isian mirip kroket. Nah di Pontianak korket diisi dengan bihun atau singkong. Khusus untuk sup kroket menggunakan korket isi singkong tumis dengan rebon.


Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti


Dapur Siti berjualan online sejak beberapa waktu lalu, saya justru tahunya dulu berjualan cucur dan wajik. Kue tradisional yang sama sama manis, gurih dan legit. Tapi akhir-akhir ini ada beberapa lauk pauk yang dijual. Mulai dari sambal goreng ati, opor ayam dan sup kikil. Mantep kan ya!

Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

kroket dapur siti ini memiliki kulit renyah, isian ubinya padet dan gurih, aroma lada dan bawang putihnya menggoda selera! Dicocol kedalam sambel cabe yang pedas pasti makin menggelora.

Lain cerita dengan #supkikil nya yang berisi kentang dan wortel. Rasanya gurih. Kuah beraroma rempah, hangat melewati tenggorokan, begitu ditenggelamkan semua kroketnya kedalam kuah otomatis semua kaldu terserap sempurna.

Kikilnya melimpah ruah dimana mana, kenyal kenyil dan terlihat bersih tanpa aroma yang mengganggu. Duh kalau ada taburan seledri atau bawang goreng pasti tambah nikmat lagi. Kalau ingin kuah menjadi segar, tinggal kucuri jeruk dan sambel. Ini jawara dunia fana!


Dapur Siti


Menikmati kroket dapur siti memang membangkitkan selera dan saraf kenikmatan! Sekali lagi makanan disini semuanya harus preorder. Pemesanan biasanya dibuka dihari kamis hingga sabtu dan dikirim hari minggu dengan onkos kirim 5 ribu rupiah aja. 

Sop Kroket ala Pontianak di Dapur Siti

Untuk semangkuk sup kikil  dapur siti dengan 5 buah kroket dihargai 25 ribu aja. plus ongkos kirim 5 ribu. Supaya hemat, silakan pesan makanan lainnya misalnya cake pisang!

Oh ya... Sayangnya sup korket tak tersedia sepanjang waktu Makanan ini kudu PO di @bungahimawarii di #DapurSiti


Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

31 comments

kaya soto mie juga enggak sih, ada kroketnya. ya beda sih jelas ga pake kikil, tapi yaaa gitu deh maksud aku. lagi laper trus kayanya enak makan sop kroket ini. potonya menggugah selera

Aku bisa bayangin rasanya ❤️. Tapi jadi keinget Ama soto Bogor sih, yg mana kalo dimakan pake risol isi bihun :). Jadi kalo ngebayangin makan kroket Ama SOP, ya udah ga aneh. Enak2 aja pastinya . Krn sama2 gurih, jadi cocok.

Dari penampakan udh sangaaaat bikin laper mas. Aduuuh langsung kayak berasa gurih asemnya pecah di mulut🤤

Ternyata sup yang nikmat itu dari Perancis, tak disangka ini. Bentuk kroket disesuaikan dengan ciri khas masing-masing tempat ya.

Wahh belum pernah rasain ini : ubi dicampur sama sup dan kikil, ditambah kroket. Bayanginnya aja udah ngilerr. Pasti kaya akan rasa bangett.
Mau nyobain masak sendiri bisa gak ya? hihi.. andai nanti ke pontianak wajib banget mampir ke dapur siti nihh

Ada di medan gak ya dapur siti ini? Jadi ngiler juga aku soalnya liat sop kroket khas pontianak ini, belumm pernah coba!

Beneran aku jadi bingung, kroket di Pontianak bentuknya jadi kayak pastel ya, Kak Dodon.. hihi. Jadi emang bisa beda-beda penyebutan nama makanan di tiap daerah yaa..
Kayaknya emang enak banget tuh sup kikil dimaem bareng kroket plus sambal pedasss... Nyam!

saya belum pernah nyobain sop kroket seperti ini, baru baca disini. Kebayangnya kayak soto bogor yang pakai risol, tapi pasti beda sih. Nanti kalau ke Ponti mau nyobain, apalagi harganya OK

Duh minggu pagi yang cerah bac menu ini aku jd lapeeerrr.
Kalau dari bentuknya aku nyebutnya pastel kak hehe, tp isinya jg yaa gtu lha gk beda juh ma kroket ya
Wow banget kudu PO kalau ngidam gk bisa makan sewaktu2 nih hahaha
Harganya juga cukup miring yaaa

ENaakkk banget!
Aku selalu suka makanan berkuah yg di-combine dgn gorengan kayak gini
kalopun ngga dicemplungin... si gorengannya tetep enak dimakan buat cemilan
duh, jadi laperrr kan

Wah kuliner unik dari Pontianak lagi. Iya, aku belum bisa ngebayangin kroket dicemplungin dalam sop berkuah hehe. Kalo di Jawa, jika nyebut kroket ya yang dimaksud kroket kentang itu.

Kalo di Pontianak beda ya, lebih mirip pastel. Jadi pengen icip-icip ke sana deh!

khas banget ya.. kroket di jawa ya dimakan langsung sama saos atau cabe.. tp ini unik dicampur kuah kikil..

Wah 25 ribu dapat kroket 5 dan sup kikil yang penampakannya cukup besar. Kenyang deh kayaknya kalau makan itu. Dan pastinya lezat juga. Mau coba ah kalau ke Pontianak. Kalo ibuku dulu sukanya bikin kroket isi pepaya muda, sumpah enak banget khas Bangka Belitung

Kroket dimasukkan ke sup kikil? Sungguh, aku baru dengar kali ini deh kuliner seperti ini. Aku bisa membayangkan sih gimana sensasi rasanya. Dan aku nggak yakin akan menyukainya. Tapi namanya belum coba sih ya? Hehehee

Artha Nugraha Jonar delete 3 Oktober 2021 14.46

bener-bener gawat nih kuliner di Pontianak. Setiap berkunjung ke blog ini, jadi kepengen segera meluncur ke Pontianak, hehehe.

Kayak soto mie ya dikasih gorengan risol, tapi ini kayaknya lebih seger deh penasaran mau cobain

Jadi pengen nyicipin nih. Itu kroketnya isinya tampak full daging. Udah pasti enak, gurih dan memanjakan lidah. Pengen nyemil terus.

Baca ini jadi ngiler. Semoga suatu saat ketika nanti main ke Pontianak bisa langsung cobain deh sop kroketnya disana.

baru tahu kalau kroket bisa dimix dengan sup kikil kayak gitu, kayaknya enak penuh lemak hehe. jujur aku belum pernah cobain makanan khas pontianak seperti ini. jadi penasaran bakal kayak gimana

Aku baru tahu ada sop kroket. Ini penampakannya hampir mirip soto mie bogor ya. Walau berbeda pastinya. Di Malang ada yang jual nggak ya sop kroket ini?

Enak bangettt. Baru tahu ada pastel dan kroket berkuah cocol begini. Sop kroket dengan rasa gurih aroma rempah yang melewati tenggorokan, ah ini mah memanjakan lidah banget!

Makanan khas Pontianak ini kok unik2 ya. Penasaran banget rasanya kayak gimana. Gorengan kroket dicampur dengan sop kuah. Seru kayaknya tuh.

wah aku baru tahu tentang sop kroket ini
sungguh kaya ya kak kuliner nusantara kita

ya Tuhan kak Don malam-malam begini kebetulan aku belum makan, lihat ini jadi pengen banget makan, apalagi makan sop begini pas hujan, enak banget hangat ke badan dan pastinya makanannya enak banget

Murah banget harga makanannya. Duh, jadi ngiler dah. Dulu ibuku sering bikin kroket buat pesanan snack. Kirain kroket tuh makanan asli Indo. Gak taunya asli from Perancis to, haha, gak ngira.

Malam malam buka ini saya jadi tertantang sekali
Makan di waktu hampir jam 12 malam itu seolah dosa haha
Nanti aku ekskusi ah sop ini

Duh sepertinya enak ya. Aku belum pernah coba sih supnya jadi tentu penasaran seperti apa. Jadi googling juga kalau di Bogor ada ga sop kroket hihi

Wak makanan Eropa ternyata kroket dan pastel ini hehe. Unik banget sop kroket..cuma ada di Pontianak kali ya

Wah, sup kroket? baru dengar ini. Biasanya kan goreng aja dan jadi teman makan Buka menu ini. Duh jadi ingin coba

Liat ga,bar terakhir, itu kroket ya? Mirip banget sama Jalangkote di Makassar hehehe mungkin emang sama ya tapi beda penamaan sesuai daerahnya masing-masing

Pasti enak banget itu. Udah lama nggak makan pastel, susah di sini nyari jajanan seperti itu

Lezat banget ini pastinyanya Kak
Belom pernah coba, liat kuahnya gitu MasyaAllah nikmat

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon