13 Agustus 2021

Cak Dower Semut Ireng 22, Kuliner Jawa Timuran di Pontianak

Mencari makanan Jawa Timuran di Pontianak bukan perkara mudah. Tidak banyak orang Pontianak yang notabenenye berlidah Melayu merasakan petis suroboyoan yang khas. Tukang Jalan Jajan menemukan salah satu tempat Jualan ini di Cak Dower Semut Ireng 22  yang menjual Tahu campur khas Suroboyoan. Ngga cuman itu sih, ada tahu tek, rujak cingur dan nasi rawon.

Cak Dower Semut Ireng 22, Kuliner Jawa Timuran di Pontianak


Nafsu makan tukang jalan jajan langsung bergejolak! waktunya untuk menuntaskan semua hasrat! sudah lama jiwa ini menginginkan makanan ala Jawa Timuran. Tanpa bermaksud kejam! langsung deh aku pesen semuanya!


Ciri Khas Makanan Jawa Timuran


Mungkin makanan dari wilayah Jawa Timuran sudah banyak dikenal, tidak hanya rawon, rujak cingur, dan soto Surabaya yang sudah terkenal dengan rasa gurih dan pedas. Jawa Timur punya lontong kupang yang menggunakan hewan laut semacam kerang berukuran sangat kecil. 

Lontong kupang dihidangkan dengan potongan lontong, kuah petis coklat bening plus taburan kupang, dan sate kerang. Sajian biasa ditambah bawang putih goreng atau jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Dulu, saat di Malang, saya sering menikmatinya karena ada yang berjualan keliling kampung.

Dari banyak jenis makanan yang saya makan, rata rata menggunakan bumbu rimpang yang tajam dan senang menggunakan santan, mbah saya menambahkan santak kedalam sambel kentang ati juga di sayur bobor walaupun hanya sedikit. 

Selain itu, rasa manis gurih dan sensasi pedas, sangat gampang ditemui. Rata rata pengolahannya juga membutuhkan waktu yang cukup panjang dan melewati beberapa proses.

Beberapa tulisan merangkumnya seperti ini
1. Banyak menggunakan terasi dan petis sebagai pemberi rasa pada masakan.
2. Manis, gurih dan agak pedas.
3. Masakan banyak dimatangkan dengan cara direbus, digoreng, dipepes, dan dibakar.

Mungkin ada tambahan lain yang juga kalian temukan sendiri saat mencoba kulineran ala Jawa Timuran.


Beberapa daerah yang memiliki Kuliner Khas Jawa Timuran


Tukang Jalan Jajan tak mungkin mampu menuliskan secara lengkap daerah dan nama kulinernya, mungkin beberapa saja yang pernah dinikmati. Kalian juga boleh menambahkan ke kolom komentar.


1. Rawon

Kuliner khas Jawa Timur ini hampir ada dimana mana, dikenal dengan nama Rawon. Pasti sudah banyak yang berkenalan dengan rasanya. Masakan dengan kuah yang berwarna coklat kehitam-hitaman yang didapat dari bahan rempah bernama kluwek. Rawon biasanya berisi tauge, telur, sayuran hijau, hingga daging sapi. 

Cara makan rawon hampir sama seperti soto yang dimakan dengan nasi didalamnya, apalagi ditambah telur asin, kerupuk dan bawang goreng. Aku juga suka nambahin tempe goreng, perkedel dan empal manis. Duh, kok banyak banget ya :)


2. Rujak Cingur

Ini rujak yang terbilang berbeda dari rujak kebanyakan. Berbeda dari rujak biasanya yang berisikan irisan buah-buahan dan bumbu kacang atau sambel, Rujak Cingur menjadi favorit para pecinta kuliner karena berisi cingur atau congor atau mulut sapi di antara rujak sayur dan rujak buah. Mulai dari lontong, tempe, tahu, aneka sayuran rebus dan buah sayur seperti timun, mangga muda, nanas, bengkuang dan kedondong. 

Bumbu saus kacangnya terdiri dari, petis, cabai, gula merah, dan kacang tanah yang telah digoreng. Bumbu-bumbu itu diulek dan ditambahkan sedikit air agar sedikir encer. BTW ada satu bahan rahasia yaitu serutan pisang batu yang membuat rasanya sepat dan sedap


3. Nasi Krawu

Salah satu kuliner yang banyak tersebar di Indonesia, makanan Jawa Timur ini berasal dari kota Gresik, namanya Nasi Krawu. Masakan kaya rasa ini terbuat dari pelbagai bahan, di antaranya, daging sapi, sambal terasi, dan serundeng. 

Nasi Krawu disajikan di atas daun pisang, yang membuatnya terasa semakin sedap dan aromanya harum. Comfort food yang gampang diterima lidah Indonesia.


4. Sego Tempong

Nah, makanan yang satu ini aku temuin di warung berjalan yang menggunakan mobil pick up yang dimodifikasi. Nasi Tempong, atau biasa juga disebut Sego Tempong datangnya dari Banyuwangi. Tempong artinya tampar. Sesuai namanya, mencicipi masakan ini bakal membuatmu terasa seperti ditampar karena sambelnya pedes tapi bikin nagih!. 

Kuliner ini terbuat dari sayuran rebus seperti bayam, kubis, kenikir, yang disiram sambal kemudian dimakan dengan lauk seperti tahu atau tempe, daging ayam atau pun ikan, dan juga sambal. Sambal Nasi Tempong ada beberapa jenis di antaranya, sambal kacang dengan aroma kencur yang kuat dan sambal terasi pedas. Siapa yang bisa menolak?


5. Menjes

Begitu sampai di Malang dulu, menjes adalah makanan yang pertama kali saya coba
Cemilan yang berasal dari Malang, Menjes adalah semacam tempe yang terbuat dari ampas tahu. Dalam prosesnya, Menjes menggunakan bahan tepung berbumbu sebagai balutan dan baru kemudian digoreng hingga coklat keemasan. 

Tepung itu terbuat dari kunyit, daun jeruk, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Teksturnya yang empuk, rasanya yang gurih, membuat Menjes cocok menjadi pilihan untuk makan nasi atau pun sekadar mengemil. Kalau aku lebih suka dimakan sebagai cemilan dan dimakan hangat hangat dengan cabe kletus!
 

6. Gethuk Pisang dan Wingko Babat

Sekarang ngomongin cemilan manis yuk! aku menemukannya saat bepergian menggunakan kereta api saat dulu pedagang kaki lima. Gethuk pisang asalnya dari Kediri. Gethuk terbuat dari bahan dasar pisang. Pisang yang digunakan adalah Raja Nangka. Pisang jenis ini memiliki rasa khas yaitu manis sekaligus asam. Gethuk Pisang terasa padat karena karakteristik Pisang Raja Nangka dan cara memasak yang tepat.

Jangan lupakan Wingko Babat yang juga berasal dari Jawa Timur. Kuliner ini sudah cukup terkenal di Pantai Utara Pulau Jawa. Paling gampang didapat mulai dari terminal sampai toko oleh-oleh. Wingko Babat terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Bentuknya bulat pipih dengan rasa manis, gurih, dan kenyal.

Banyak lagi lhooo yang lain! Seperti pecel, tahu berontak dan masih banyak lagi, Tapi tak mampulah saya tuliskan semua. Tapi kita selesaikan dulu dan kembali ke masalah utamanya

 

Menu Cak Dower Semut Ireng 22

Sampai kesini Tukang Jalan Jajan langsung kalap banget! auto pesen tapi udah mengukur isi perut sampai kemana. Mulai dari Tahu campur, tahu tek, rujak cingur dan nasi rawon. 


Tahu Campur

Satu kata untuk semua makanan ini! Nikmat! Mari kita selesaikan mulai dari dibagian tahu campur, Tukang jalan jajan sangat menikmati empuk dan kenyal kenyilnya aneka tetelan dan kikil berbalut kuah berbumbu dan amis amis petis yang menggoda. 

Potongan lontong yang padet tapi lembut plus potongan tahu jawa yang digoreng dengan paduan mie basah dengan potongan daun selada dan tauge. Disiram kuah tahu campur yang berbumbu dan penuh dengan kaldu sapi. Ditambah dengan petis dan dan sambel rasanya semakin membuncah dan makin nikmat diseruput selagi hangat


Tahu Tek

Makan tahu tek seperti membangkitkan kenangan. Makanan yang selalu ditunggu saat malam hari lewat didepan kos kosan. Tek tek.... tek.... tek.... bunyi sendok dipukulkan ke kuali sembari berkeliling. Makanan sederhana tapi enak banget menurutku

Tahunya di goreng saat akan dipesan dan digunting gunting dan dicemplungkan kedalam minyak panas, dicampur dengan telor kocok kemudian didadar. Potongan lontong ditambah dengan tauge yang direndam air panas kemudian dimasukkan tahu telur dadar baru kemudian diberi potongan daun seledri.

Tahu tek baru disiram bumbu hingga berlumur bumbu kacang dan petis yang berlimpah ruah, nikmat! Biasanya aku request tambahin daun seledri. Pilihan petis dan kecap adalah rahasia kenikmatannya.


Rujak Cingur

Lain cerita dengan nikmatnya rujak cingur yang hitam pekat dengan kenyal kenyil congor sapi yang sedap. Walaupun kondimen sayur dan buah buahannya tak terlalu lengkap tapi bumbunya yang kental, mlekoh dan gurihnya. Paling sedep kalau ditambahin kerupuk mamang. Pasti sedep banget!


Rawon

Potongan daging dengan sedikit lemak ditambah dengan tauge bantet kemudian Lanjut seruput kuah rawon yang hangat dengan rempah dan bumbu kluwek yang mlekoh. Tukang Jalan Jajan tim makan dengan nasi dan kerupuk udah. Sedep mantep! Bye bye asam urat dan kolesterol! Mari makan Enak



Cak Dower Semut Ireng 22, Kuliner Jawa Timuran di Pontianak

Buat orang Pontianak yang kangen makanan Jawa Timuran, Cak Dower Semut Ireng 22 merupakan salah satu solusi yang membahagiakan. Agak susah mencari makanan ini di Pontianak dan bahagia banget menemukannya, seperti dapet harta karun ditempat yang tersembunyi.

Tukang Jalan Jajan menikmati di  Semut Ireng 22 / Cak Dower Jl. Purnama 1 No.1a, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Ini layak coba genkssss! PATOET DIPOEDJIKAN Banget! Selamat makan dan Salam Yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

47 comments

kamu bikin aku kangen banget buat pulang ke Bondowoso, kak. Di Jakarta aku jarang menemukan rujak cingur. sedih........ padahal aku suka banget. biasanya kalau pulang ke mertua wajib banget beli rujak cingur. kalau rawon, aku masih suka masak sih di rumah, tp cara masaknya ala mama aku, dan rasanya ya beda sama rawon jawa timur asli

banyak juga ya Kak, warga Jatim yg merantau ke Pontianak?
Pastinya mereka sering kangen kulineran khas Jatim dong ya
Wahhh, rekomendasi warung ini bisa mengobati kerinduan akan kampung halaman jugaaa

Wajar sih kak kalau agak kalap haha, karena memang enak kuliner Jawa Timur, apalagi sambalnya sedap tapi bikin nagih soalnya daku pernah dibawakan Rawon sama temen kerja, padahal pengen nambah tapi gengsi hihi

Saya suka banget lontong kupang! Tapi entah kenapa saya satu-satunya orang yang suka di antara keluarga wkwk. Sebagai orang Jateng, saya mengakui kalo kuliner Jatim ini bumbunya lebih strong dan bold. Awalnya kurang pas di lidah, tapi lama kelamaan suka

Masakan Jawa Timur juga cenderung kaya rempah, Mas. Bumbu apa saja banyak yang masuk. Di Lamongan selain tahu tek juga terkenal nasi boranan yang pedas dan enak banget. Rawon dan tahu campur juga enak sih, kalau bisa dinikmati di luar Jawa tentunya asyiik banget. Bisa jadi pengobat rindu buat perantau Jawa.

Setuju jarang ada makanan jawa timuran yg rasanya jawa timur bgt di Pontianak hehe biasany nemu rawon tapi rasanya udah beda, jadi penasaran sama yg asli surabaya bolehlh nanti mampir kesini

Kulioner Jawa Timur favoritku semua nih... Gak bosen-bosen sama menu-menu ini... Alhamdulillah di Pontianak juga ada ya.. jadi kalo yang kangen atau pengen tahu kuliner Jatim..tinggal cuzzz deh ke warung ini..

dari dulu sering denger rujak cingur tapi mau coba takut katanya itu bahannya dari idung sapi ya, tapi setelah baca tulisan ini jadi penasaran seperti apa kelezatannya.

nanti coba deh sekali2 coba itu cingur

Woww, ini 1 warung jualannya makanan sebanyak itu? Padahal di Jawa Timur sendiri jarang lho ada warung yang jualannya macam-macam di 1 tempat, kecuali foodcourt.

Tahu Tek, Tahu Campur, Rawon, normalnya dimakan malam. Rujak, Soto, Lontong Kupang, Lontong Balap enaknya siang hari

Hmm, jadi penasaran, kudu mampir ke sini kalau ke Pontianak nih

Semut Ireng 22, selain soal SDSB (yang aku gak paham meski hidup di zamannya, haha..) kayaknya ya karena Surabaya tuh ada Stasiun Semut, ada pula Semolowaru Utara yang disingkat semut, hahaha..
Btw menu Suroboyoan-nya cukup komplit, ya. Dan aku suka semua tuh, Kak Dodon.. kalau malem sering beli tahu tek sekarang, hehe. Asyik ya di Pontianak ada warung Jawa Timuran/Suroboyoan seperti itu :)

Menu di Cak Dower ini mantul dan bikin semangat untuk bersantap. Walau belum pernah, dari ulasan menu yang ditawarkan memang menggugah untuk dinikmati

Duhh rasanya semua saya suka kecuali rawon hehehe.

Kalau rujak cingur ibuku suka yang tanpa petis. Padahal khasnya ya di petisnya itu yaa. Aih jadi kangen kulineran sampai tempe menjes juga nihh. Biasanya tiap pagi di pasar adaa. Tapi skrg ppkm yg jual menjes pada banyak liburnya huhu

Walaah...ini mantap kali yaa..
Di Pontianak ada makanan khas Jawa Timuran lengkap begini.
Aku bahagia banget...

Andaikan aku ke Pontianak dan kangen sama Surabaya, bisa makan di Cak Dower Semut Ireng 22.

Komplit banget menunya kak. Aku banyak yang belom pernah hiks. Mau banget diajak jalan-jalan setelah pandemi ke sini

Pinternya cak Dower memanfaatkan peluang ingin memanjakan lidah perantau Jawa Timuran yang datang ke Pontianak. Jadi bisa ngobatin kangen juga ya. Btw, aku suka rawon, tapi kalo yang berpetis-petis entahlah belum bisa nerima rasanya hehe

Banyak bangt pilihan makanannya cak. Mau banget dong diajak icip icip dan jajan juga bareng Cak Dower.

Hadohhhh sebagai anak kelahiran surabaya, aku tuh sudah rindu banget kulineran kesana. Biasanya gak pernah lama, ada aja aku flight ke sby sekedar ketemu keluarga bapak ku yg asli jatim. Tapi sejak pandemi kayanya udah dua tahun lebih gak kesana. Jadi lapar baca list menu2 disini hahaha. Terutama lontong kupang, di banjarmasin gak ada

Aku sukanya tahu tek! Tapi sayangnya di Jonggol Bogor aku belum pernah lihat yg jual. Jadi aku tahunya masakan khas Jatim ya rawon & rujak cingur. Ternyata getuk pisang juga yaa

aku udah kaget duluan, kirain makan semut :|
aku kangen sama makanan jawa timuran yang temanya serba sambel
tapi kangen juga si sama rawon dan tahu tek.

saya sangat suka sama tahu tek, sederhana tapi bisa bikin nambah minimal 2x. Rasa dari bumbu kacangnya itu gak muluk-muluk alias gak banyak campuran, tapi dengan gitu rasanya udah enak.

Aduh baca postingan makanan jam segini jadi ngiler astaga, aku sih paling favorit makan rawon, seger-seger gitu pas anget terus minum sama teh anget, beuh.... aduh fix deh beli rawon habis ini. Soto Surabaya juga sih kalau malam, jadi favorit makanan itu

Lumayan banyak yang pernah aku coba mulai dari rawon, rujak cingur, tahu tek, wingko babat dan gethuk. Nah soal rujak cingur ini aku sebenarnya penasaran doang, tapi agak geli begitu tahu cingur adalah congor sapi. Huaa. Anyway, kuliner jatim termasuk makanan yang enak2 dan cocok di lidahku yg orang jogja

Kayak menemukan harta karun ya dapat makanan kesukaan saat merantau, aku penasaran lontong kupang deh Mas

Sebagai orang Sumatera, mencoba masakan daerah jawa pasti hal yang baru buatku.
Tapi diliat dari tampilannya,pasti enak banget nih. Bikin kalap makan pengen nya makan terus

Btwe kuliner jawa timuran nya lengkap banget ya bang don, duh paket komplit ini mah. Belum pernah coba semuanya, hanya beberapa diantaranya, duh jadi pengen nih.

kalau udah ada kata "cak"nya, itu udah pasti jawa timur tulennn heheh dan citarasa masakan jawa timuran tuh memang sedappp.. gurihh.. dan kayak cocok aja gitu di lidah

Ntar kalo ke Pontianak, aku ngga khawatir lagi kalo kangen masakan Jawa timuran. Lha di restoran yang disebutkan di atas ini malah komplit banget. Ga usah ke masing2 kabupaten utk menikmati kudapan ini. Komplit di satu restoran. Mantaaap.

Berasal dari Malang, saya mengenal semua makanan yang disebutkan di atas. Pun semua bisa masuk list favorit. Apalagi Menjes, waduh kalau dimakan pas hujan, sambil ngopi terus pake petis atau cabe kletus aihhh rasanya nikmat banget hidup ini wkwkwk.

Diantara yang disebutkan di atas, saya paling doyan rujak (tanpa cingur) dan tahu tek. Selebihnya bukannya nggak mau, tapi kalau ada pilihan lain saya lebih memilih menu yang lain saja. Apalagi lontong kupang. Hehehe

Aku penasaan sama lontong kupang. Udah 2 tahun tinggal di Malang tapi aku belum cobain lontong kupang. Hehe.
Biasanya kan memang ada petisnya ya, kadang maju mundur mau coba. Tapi kalau udah coba biasanya ketagihan sih ya.

Waah nama tempat makannya lucu sekali dan susah disebutkan hehehe. Aku sebagai orang lampung enggak terlalu familiar dengan makanan jawa timuran, walaupun ibuku jawa. Entahlah.

Tapi aku pernah cobain rujak cingur dan enak walaupun menurutku cenderung manis. Tapi overall enaak

Mampir kesini malah tambah lapar, padahal baru aja makan. Ngomongin rujak cingur, jadi pengen. Udah lama banget sih gak makan rujak cingur hahaha.


Aku baru tau kalau rawon merupakan makanan khas jawa. Kirain emang makanan yang semua daerah punya gitu.

saya sering lewat jalan purnama, soalnya dulu sempat ngekost di jalan purnama 2. selama tinggal di pontianak belum pernah coba kuliner ini. Jadi penasaran pengen coba langsung setelah baca ulasan dan lihat videonya

Aku yang dari Indonesia Timur jadi penasaran banget sama semua makanan yang disebutin di atas, terutama yang rujak cingur, soalnya setauku rujak itu isinya buah-buahan.

Semoga pandemi bisa cepat berakhir, biar bisa jalan-jalan dan kulineran di sana huhu

Widiih, dipesan smua menunya, mantul kali, mas
Aku jdi pengen rujak cingur nya nih
Dah lama ga maem juga
Padahal posisi juga di Jawa Timur an hehehehe

Makanan enak bikin hati gembira ya Bang, jd gak perlu khawatir kena asam urat atau kolestrol, lagian siapa yg kuat menolak rawon di Cak Dower Semut Ireng 22 yaa

wah pasti orang orang jatim disanan hepi ya bang
klo kangen kampung halaman tinggal mampir aja kulineran di Cak Dowee Semut Ireng 22 ya

tempe menjes goreng tepung, makannya dicocol ke sambel petis yang pedes... dijamin gak bisa berhenti qiqiqiqi

Wihh Jawa Timur banget menu-menunya.. Warga Jatim di Pontianak bisa melepas rindu dengan kuliner Jatim disini nih...

Ya ampuunn, cupunya aku. Semua jenis makanan di artikel ini belum ada yg satu pun yg pernah kucicipi. Hope someday..

waleee ngiler banget eh jika bisa konsumsi makanan di cak dower

Banyak juga ya kak kuliner jawa timur. Tapi saya pernah makan rawon enak banget di jakarta.. Pngn nyoba makanan khas lain nya, kayaknya menarik kudu dicicip..

Entah kenapa di menu jWa timuran tuh kalo ada tahu tek pasti ada rujak cingur. Biasanya sih ada tahu telor juga tapi ini enggak ada ya. Lontong kupang itu salah satu favoritku jg mas. Tp gak ada di kalsel tuh kupang, hiks

Menu Jawa Timur itu terkenal pedas yaa, kak Dodon.
Apakah di Cak Dower Semut Ireng juga menyajikan menu yang menggoyang lidah seperti di Surabaya?

Karena kka Dodon menuliskannya, aku jadi rindu kampung halamanku niih..

Makanan khas Jawa Timur memang enak. Biarpun beberapa cukup pedas, tetapi nikmat rasanya. Jika nanti ke Pontianak, perlu saya coba.

Nama kulinernya unik, cak dower semut ireng gitu. Di Pontianak pula tempatnya, jawa banget. Variatif banget ya pilihan kuliner di Pontianak.

Aku ke Jawa Timur tuh bisa itungan jari Bang. Belom semua kucicipi masakannya. Kapan gitu kemon kulineran bareng Bang. Cak Dower jadi warung idola nih ya di Pontianak.

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon