WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran

WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran. toko Samudra Jaya Mandiri, Kota Baru, Kec. Pontianak Kota. Jenis Tahu dan perbedaannya.
Pandemi beneran berefek buruk buat perekonomian ya, tapi selama kita mau berusaha pasti ada jalan untuk terus berusaha, termasuk mas mas peracik makanan ini. Berlatang belakang koki disalah satu cafe yang tutup gara gara pandemi. WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran. Warung makan 95 adalah salah satu contohnya, Chinese food kelas restoran disajikan di warung tenda pinggir jalan. walaupun gerobakan, peralatan memasak, api kompor dan aneka macam saus yang digunakan standar dapur tempatnya bekerja dulu.

WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran
WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran

Saya terpesona dengan permainan api dan juga liukan wok saat semua baham makanan masuk kedalam penggorengan, makanan yang disajikan sederhana, mulai dari nasi telor goreng, kwetiaw goreng, nasi goreng, sapo tahu dan mun tahu. Penasaran mengantarkan saya untuk mencoba semuanya, ada di Pontianak semuanya.

Beda Sapo dan Mun Tahu

Banyak yang susah mengidentifikasi, mana sapo mana bun tahu. Karena keduanya serupa tapi tak sama, mungkin sudah pernah menikmatinya namun lupa tampangnya seperti apa. 

Sapo tahu adalah salah satu jenis masakan yang berasal dari Tiongkok. Sapo tahu ini awalnya dikenal sebagai masakan bagi para vegetarian karena bahan-bahannya tidak menggunakan daging atau ikan, melainkan hanya sayur dan rempah-rempah. Nama sapo berasal dari penggunaan panci sapo atau claypot yang digunakan untuk memasak hidangan ini. Claypot berbeda dengan mangkuk lainnya karena terbuat dari bahan keramik. Namun saat ini, Sapo memiliki banyak jenisnya seperti sapo tahu, sapo seafood, sapo ayam, dan lain-lain. Sapo biasanya langsung dimasak dalam claypot dengan menggunakan egg tofu alias tahu tiongkok yang bertekstur halus dan lembut. Agar tofu tak hancur harus digoreng terlebih dahulu.

Mun tahu adalah hidangan etnis Tionghoa-Indonesia berbahan tahu sutera yang direbus menggunakan saus putih kental gurih, kemudian dicampur dengan daging ayam cincang dan udang. Jadi intinya akan direbus dan berkuah kental. Mun mempunyai arti direbus, merupakan teknik memasak yang berasal dari masyarakat Hakka. Sementara tahu berasal dari China.

Lalu bedanya dimana? hanya di tempat penyimpanan kah? namun dari pengamatan saya, Mun tahu biasanya lebih polos tanpa ada sayuran, biasanya hanya daun bawang. Sementara Bun Tahu biasanya lebih banyak campurannya mulai dari jamur sampe aneka sayuran seperti wortel, sawi putih, dan tambahan lainnya.

Beda Tahu dan Tofu

Masalahnya tidak sampai disitu ternyata ada perbedaan ada tofu dan tahu. Adakah yang mengetahuinya? Sebenarnya ada banyak jenis tahu tapi fokus dulu ke Tahu dan Tofu. Dimana bedanya?

Tahu jenis ini biasa disebut tahu sutra atau silken tofu. Tahu jenis ini berbentuk kotak dengan pori-pori sangat kecil sehingga begitu lembut. Tahu ini cocok untuk diolah menjadi sajian sapo tahu atau pelengkap dalam sup.

Silken tofu juga cocok untuk dijadikan makanan penutup atau sebagai pengganti mayones. Cara mengolah tahu ini agar tidak mudah hancur adalah goreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan masakan lainnya.

Sementara Tahu telur atau egg tofu merupakan jenis tahu yang bahan utamanya dicampurkan telur. Sebenarnya jenis tahu ini juga termasuk dalam jenis silken tofu. Penambahan telur dalam tahu ini membuat egg tofu terasa lebih gurih dan sedikit amis.

Sementara tahu yang biasa kita temui dipasaran adalah Tahu Putih. Jenis tahu ini paling banyak dikonsumsi. Teksturnya yang cukup padat membuat tahu putih cocok diolah dengan cara dipanggang, dibakar, dan ditumis. Tahu ini juga cocok dijadikan olahan seperti tahu isi dan bakso tahu.

Jadi sudah bisa membedakan beberapa tahu jenis tahu ya.... Masih ada jenis yang lain lho.

Menu Yang Disajikan di Warung Makan 95

Makanan disini sebenarnya simpel dan memang dimasak dengan cepat seperti makanan Tionghoa kebanyakan. Yang paling penting harganya boleh dibilang sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu saja. Porsinya lumayan banyak, cocok buat makan malam. Awalnya saya agak kaget dengan rasanya yang mirip dengan makanan cepat saji Solaria, namun setelah sedikit mengobrol ternyata kokinya pernah memasak di Restoran Meeting point. Ya sudahlah..... mari Ikuti petualangan makan saya sekarang!

Nasi Telor Goreng

Kombinasi nasi dan telur ceplok sebenarnya bukanlah hal asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Karena sudah saking familiar, siapa sangka dua bahan makanan super praktis ini malah sempat viral. Makanan yang bisa dimasak sendiri dirumah mengapa beli diluar. Ini semua karena permainan api dan penggunaan wok yang super panas dengan sensasi smoky dari tumisan bawang putih dan kecap asin yang dimasak dengan cepat dan disiramkan diatas nasi dan telur. 

Rasanya super gurih dan kece. Bisa membayangkan saat telurnya setengah mateng dan berlumur kecap dan bawang... bukan dosa!

Kwetiaw Goreng

Kwetiaw disini menggunakan suwiran ayam. Kwetiaw dimasak terlebih dahulu dengan isian hanya sawi dan tauge, dan satu-satunya penyedap rasa hanya saus, kecap, bawang dan telur mata sapi. Dimasak kering dan boleh meminta tambahan telur mata sapi yang matang atau setengah matang. Agak licin karena ditambah kuah dan minyak. Pas dinikmati saat malam hari

Kombinasi rasa gurih manis dan berpadu dengan aroma bawang. Rahasia kenikmatannya selain saus dan bawang putih tentu saja kemampuan bermain api dan ketepatan memasak 

Nasi Goreng

Aroma dan rasanya hampir sama dengan tumisan kwetiaw. bedanya nasi goreng ini tidak terlalu manis dan warnannya sedikit lebih pucat. Mungkin pengaruh penggunaan kecap manis yang tak terlalu banyak. Supaya lebih enak Cobalah untuk menambahkan telur ceplok setengah matang yang kuningnya bisa dipecahkan dan dicampur kedalam nasi. Rasanya semakin gurih dan nikmat

Sapo Tahu

Sapo Tahu disini warnanya lebih coklat dan ditambah potongan sayuran  seperti wortel dan sawi lalu tahu sutra yang sudah digoreng. Setelah matang diberi topping suwiran ayam. Kuahnya lebih coklat dari pada Mun tahu, Konsistensi rasa smoky yang dihasilkan wok membuat makanan ini benar beanr sedap mantap!

Mun Tahu

Tidak ada sayuran kecuali daun bawang yang ditambahkan kedalam tahu yang sudah dipotong kecil kecil terlebih dahulu. kuah kentalnya lebih terang dari pada Sapo tahu dan kaldunya tetap gurih dan menggoda selera. Potongan tahu kecil kecil ini lebih lembut dengan balutan kuah kental yang gurih, Sedep selagi hangat.


Warung Makan 95, Makanan Kaki Lima Rasa Restoran

Warung tenda ini cukup ramai, saat saya datang semua tempat duduk full house, Ada pasangan, ada keluarga besar sampai yang datang hanya untuk bungkus dan dibawa pulang. Harga yang lumayan murah dan porsi yang lumayan besar serta rasa yang enak membuat tempat ini ramai dikunjungi. Jenis comfortable food yang membuat kita ingin datang lagi dan lagi. Ini pasti jadi makanan yang sangat disukai di Pontianak.

WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran

Walaupun sedang tak berselera makan, coba saja datang sembari melihat aksi memasak dan menikmati aroma yang muncul, pasti nafsu makan akan muncul dan langsung memesan beberapa jenis makanan. Tukang Jalan Jajan menikmati di WM 95. Didepan toko Samudra Jaya Mandiri, Kota Baru, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113. Silakan bertanya dikolom komentar ya. Selamat Makan dan Salam Yumcez! :)
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.