21 Juni 2021

WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran

Pandemi beneran berefek buruk buat perekonomian ya, tapi selama kita mau berusaha pasti ada jalan untuk terus berusaha, termasuk mas mas peracik makanan ini. Berlatang belakang koki disalah satu cafe yang tutup gara gara pandemi. WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran. Warung makan 95 adalah salah satu contohnya, Chinese food kelas restoran disajikan di warung tenda pinggir jalan. walaupun gerobakan, peralatan memasak, api kompor dan aneka macam saus yang digunakan standar dapur tempatnya bekerja dulu.

WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran
WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran

Saya terpesona dengan permainan api dan juga liukan wok saat semua baham makanan masuk kedalam penggorengan, makanan yang disajikan sederhana, mulai dari nasi telor goreng, kwetiaw goreng, nasi goreng, sapo tahu dan mun tahu. Penasaran mengantarkan saya untuk mencoba semuanya, ada di Pontianak semuanya.

Beda Sapo dan Mun Tahu

Banyak yang susah mengidentifikasi, mana sapo mana bun tahu. Karena keduanya serupa tapi tak sama, mungkin sudah pernah menikmatinya namun lupa tampangnya seperti apa. 

Sapo tahu adalah salah satu jenis masakan yang berasal dari Tiongkok. Sapo tahu ini awalnya dikenal sebagai masakan bagi para vegetarian karena bahan-bahannya tidak menggunakan daging atau ikan, melainkan hanya sayur dan rempah-rempah. Nama sapo berasal dari penggunaan panci sapo atau claypot yang digunakan untuk memasak hidangan ini. Claypot berbeda dengan mangkuk lainnya karena terbuat dari bahan keramik. Namun saat ini, Sapo memiliki banyak jenisnya seperti sapo tahu, sapo seafood, sapo ayam, dan lain-lain. Sapo biasanya langsung dimasak dalam claypot dengan menggunakan egg tofu alias tahu tiongkok yang bertekstur halus dan lembut. Agar tofu tak hancur harus digoreng terlebih dahulu.

Mun tahu adalah hidangan etnis Tionghoa-Indonesia berbahan tahu sutera yang direbus menggunakan saus putih kental gurih, kemudian dicampur dengan daging ayam cincang dan udang. Jadi intinya akan direbus dan berkuah kental. Mun mempunyai arti direbus, merupakan teknik memasak yang berasal dari masyarakat Hakka. Sementara tahu berasal dari China.

Lalu bedanya dimana? hanya di tempat penyimpanan kah? namun dari pengamatan saya, Mun tahu biasanya lebih polos tanpa ada sayuran, biasanya hanya daun bawang. Sementara Bun Tahu biasanya lebih banyak campurannya mulai dari jamur sampe aneka sayuran seperti wortel, sawi putih, dan tambahan lainnya.

Beda Tahu dan Tofu

Masalahnya tidak sampai disitu ternyata ada perbedaan ada tofu dan tahu. Adakah yang mengetahuinya? Sebenarnya ada banyak jenis tahu tapi fokus dulu ke Tahu dan Tofu. Dimana bedanya?

Tahu jenis ini biasa disebut tahu sutra atau silken tofu. Tahu jenis ini berbentuk kotak dengan pori-pori sangat kecil sehingga begitu lembut. Tahu ini cocok untuk diolah menjadi sajian sapo tahu atau pelengkap dalam sup.

Silken tofu juga cocok untuk dijadikan makanan penutup atau sebagai pengganti mayones. Cara mengolah tahu ini agar tidak mudah hancur adalah goreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan masakan lainnya.

Sementara Tahu telur atau egg tofu merupakan jenis tahu yang bahan utamanya dicampurkan telur. Sebenarnya jenis tahu ini juga termasuk dalam jenis silken tofu. Penambahan telur dalam tahu ini membuat egg tofu terasa lebih gurih dan sedikit amis.

Sementara tahu yang biasa kita temui dipasaran adalah Tahu Putih. Jenis tahu ini paling banyak dikonsumsi. Teksturnya yang cukup padat membuat tahu putih cocok diolah dengan cara dipanggang, dibakar, dan ditumis. Tahu ini juga cocok dijadikan olahan seperti tahu isi dan bakso tahu.

Jadi sudah bisa membedakan beberapa tahu jenis tahu ya.... Masih ada jenis yang lain lho.

Menu Yang Disajikan di Warung Makan 95

Makanan disini sebenarnya simpel dan memang dimasak dengan cepat seperti makanan Tionghoa kebanyakan. Yang paling penting harganya boleh dibilang sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu saja. Porsinya lumayan banyak, cocok buat makan malam. Awalnya saya agak kaget dengan rasanya yang mirip dengan makanan cepat saji Solaria, namun setelah sedikit mengobrol ternyata kokinya pernah memasak di Restoran Meeting point. Ya sudahlah..... mari Ikuti petualangan makan saya sekarang!

Nasi Telor Goreng

Kombinasi nasi dan telur ceplok sebenarnya bukanlah hal asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Karena sudah saking familiar, siapa sangka dua bahan makanan super praktis ini malah sempat viral. Makanan yang bisa dimasak sendiri dirumah mengapa beli diluar. Ini semua karena permainan api dan penggunaan wok yang super panas dengan sensasi smoky dari tumisan bawang putih dan kecap asin yang dimasak dengan cepat dan disiramkan diatas nasi dan telur. 

Rasanya super gurih dan kece. Bisa membayangkan saat telurnya setengah mateng dan berlumur kecap dan bawang... bukan dosa!

Kwetiaw Goreng

Kwetiaw disini menggunakan suwiran ayam. Kwetiaw dimasak terlebih dahulu dengan isian hanya sawi dan tauge, dan satu-satunya penyedap rasa hanya saus, kecap, bawang dan telur mata sapi. Dimasak kering dan boleh meminta tambahan telur mata sapi yang matang atau setengah matang. Agak licin karena ditambah kuah dan minyak. Pas dinikmati saat malam hari

Kombinasi rasa gurih manis dan berpadu dengan aroma bawang. Rahasia kenikmatannya selain saus dan bawang putih tentu saja kemampuan bermain api dan ketepatan memasak 

Nasi Goreng

Aroma dan rasanya hampir sama dengan tumisan kwetiaw. bedanya nasi goreng ini tidak terlalu manis dan warnannya sedikit lebih pucat. Mungkin pengaruh penggunaan kecap manis yang tak terlalu banyak. Supaya lebih enak Cobalah untuk menambahkan telur ceplok setengah matang yang kuningnya bisa dipecahkan dan dicampur kedalam nasi. Rasanya semakin gurih dan nikmat

Sapo Tahu

Sapo Tahu disini warnanya lebih coklat dan ditambah potongan sayuran  seperti wortel dan sawi lalu tahu sutra yang sudah digoreng. Setelah matang diberi topping suwiran ayam. Kuahnya lebih coklat dari pada Mun tahu, Konsistensi rasa smoky yang dihasilkan wok membuat makanan ini benar beanr sedap mantap!

Mun Tahu

Tidak ada sayuran kecuali daun bawang yang ditambahkan kedalam tahu yang sudah dipotong kecil kecil terlebih dahulu. kuah kentalnya lebih terang dari pada Sapo tahu dan kaldunya tetap gurih dan menggoda selera. Potongan tahu kecil kecil ini lebih lembut dengan balutan kuah kental yang gurih, Sedep selagi hangat.


Warung Makan 95, Makanan Kaki Lima Rasa Restoran

Warung tenda ini cukup ramai, saat saya datang semua tempat duduk full house, Ada pasangan, ada keluarga besar sampai yang datang hanya untuk bungkus dan dibawa pulang. Harga yang lumayan murah dan porsi yang lumayan besar serta rasa yang enak membuat tempat ini ramai dikunjungi. Jenis comfortable food yang membuat kita ingin datang lagi dan lagi. Ini pasti jadi makanan yang sangat disukai di Pontianak.

WM 95, Chinese Food Kaki Lima di Pontianak Rasa Restoran

Walaupun sedang tak berselera makan, coba saja datang sembari melihat aksi memasak dan menikmati aroma yang muncul, pasti nafsu makan akan muncul dan langsung memesan beberapa jenis makanan. Tukang Jalan Jajan menikmati di WM 95. Didepan toko Samudra Jaya Mandiri, Kota Baru, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113. Silakan bertanya dikolom komentar ya. Selamat Makan dan Salam Yumcez! :)

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

51 comments

Menyantap menu rekomendasi tersebut di tempat yang asik seperti itu, bakal menciptakan momen cantik pastinya. Btw, tumben gak ada foto makanan nya kak, hehe

Klo ke Pontianak bolehlah mampir kesana. Moga corona segera berlalu supaya bs lekas traveling. Mantap juga chefnya masak

Melihat yang ngeracik makanan begitu lihai memainkan wajan dan api jadi penggugah selera untuk nyicipin hasil makanannya ya. Apalagi kalau rasanya restoran begini, laper.
Tahu ternyata banyak bener varian dan turunannya ya.

Cukup murah ya harganya mulai 10 ribu tapi rasa mirip sama Solaria. Menu2 nya juga kesukaanku semua ini. Wah, mau nyobain ke sana kalo deket.

Mas Dodon pantes nih diangkat jadi Duta Kuliner Pontianak. Cerita tentang nasi goreng dan kwetiaw di Pontianak aja udah bikin ngiler pengen nyicipin :D

Ngileerrrrr
aku selalu sukaaa makanan chinese food, ini semacam comfort food buatku.

Duh, mupeng euyyy
semogaaa segera ada rezeki buat makan langsung di sono :D

Susah bener nggoreng tofu, mas hahahah :) Oooooh begitu perbedaannya...sip2. Makanan lemes mesti hati2 banget kita olah, ngeri hancur, kecuali kalau dibalurin tepung, telur dll deh. Btw ini jajanan kaki 5 keren banget menu2nya, berasa makanan hotel aja ya. Coba aja ada di Jakarta, pasti aku datengin terus :)

Masakan Chinese itu emang paling cepet masaknya, karena minim bumbu, cuman diiris-iris dan tinggal tambahin macam-macam saos.

sy tahunya sih kalo tahu itu agak keras. whehehe.. kalo tofu halus banget.. dan diluar negeri tahu itu yaa tofu tp lembutttt

Enak ya kalo punya skill di saat terkena pandemi, bisa memanfaatkan skillnya untuk berbisnis. Saya pernah makan tofu, pantesan lebih bau amis dibanding tahu biasa. Ternyata proses pembuatannya dicampur sama telor ya??! Hmmm, baru tahu saya.

saya juga sering beli tahu sutra, lembut banget, lebih enak dibanding tahu biasa.

Enak nih makan di WM 95, meski kaki lima, tapi rasanya restoran. Ini yang saya cari....

Mantap dah bikin ngiler pokoknya

Baca ini jadi lapar, Kak :D. Hi hi hi. Kwetiau goreng dan sapo tahu emang enak banget. Chinese food itu benar-benar comfort food dan bikin lapar seketika.

Semoga suatu saat bisa main ke Pontianak dan mengunjungi WM 95.

Tahu dan tofu beda aja saya gak tahu nih, apalagi bedanya sapo tahu dan mun tahu. Tahunya malah sayur tahu aja, entah yang mana mun yang mana sapo :D

Baca kata kwetiaw goreng, aduduhh...
Sudah 1.5 tahun ini mencari-cari tapi belum nemu kwetiaw goreng yang enak di Malang.

Hmm.... Apa aku perlu pergi ke pontianak demi kwetiaw goreng enak? WKkwkw

Chinese food emang banyak banget yang enak ya kak
selain nasi goreng, mun tahu juga enak

Sapo tahu kuahnya lebih coklat gitu yaa ketimbang Mun Tahu,, wah jd pingin jajan chinesse food halal deh,, soalnya di tempatku jaraaang banget, hehe... Nice info ya Mas,, jd tau ttg Warung Makan 95 di Pontianak.

pengen sapo tahu jadinya nihh
eh tapi nasi goreng boleh juga ya, tapi suka juga sama kwetiaw wkwkwk auto laper

Waah kapan kapan bisa dicoba nih kalau main ke Pontianak lagi. Tahun lalu pas ke Pontianak sempat juga cicipin kuliner malam di Pontianak. Tapi adikku yang pesen jadi aku tinggal makan aja. Hehe...

behh ada menu baru lagi nih tempat kuliner dari bg dodon mantab

Pasti auto laper kalo liat cara bikin dan cium aroma menu yang disediakan. Mesti direncanakan segera ini

Baca ini jadi ada Insight baru terkait ilmu tentang tofu dan tahu yang ternyata berbeda. Tapi Emang selama ini sih kalau lidah saya lebih cocok dengan sapo tahu sih

Kebayang sih kalo yang masak itu ex koki cafe beken. Cita rasa makanannya udah terjamin enak pastinya.

Jajanan di Pontianak ini ternyata banyak banget ya. Bikin ngiler. Mulai dari restoran, warung tenda, hingga makanan hotelnya. Menggiurkan.

Harganya merakyat banget nih, wajib dibookmark siapa tahu nanti pas ada waktu ke Pontioanak bisa mampir ke sini

Wah kebayang dong enaknya makanan yang dibuat chef di warung kaki lima kayak gini, itung2 makan mewah dengan harga murah.

Kapan2 kalau ke sana saya mau cobain nasi telor gorengnya. Kayaknya gurih dan nikmat banget ya

Min taufu nih suka banget... Lembut gitu taufunya favorite banget. Suka dibilangin suami jauh jauh ke resto pilihannya tahu saja wkwkwk

Menu Nasi Goreng telor ini, dengan metode masak seoerti itu, kayaknya perlu di coba. Kedengarannya enak ni.

Mpo suka makan kwiteau. Maaf kalau makan ini mpo pelit deh. Tidak boleh ada yang minta

Chinese food itu sbnrnya makanan penyelamat sih. Selalu sukses naikin napsu makan :D.

Tapi kalo soal nasi goreng, jgn harap aku mau makan yg kuningnya masih encer koh :D. Ga ketelan itu hahaha. Harus Mateng bwner2.

Jadi tahu nih perbedaan sapi tahu dan Mun tahu :D

Aduh bikin ngiler bangeeet kalo baca artikel tentang kuliner gini, apalagi baca pas malem-malem terus perut laper wkwk. Ada beberapa menu yang baru denger, penasaran pengen coba

Ish baca pgipagi auto ngiler kedapur ah mumpung punya tofu bikin sapo tahu hahhha, dunia kuliner emang selalu menarik yaa

Wah jadi tau deh bedanya Sapo dan Mun Tahu, bedanya Tahu dengan Tofu juga.
Buntut2nya jadi ngiler deh tuh sama menunya, apalagi setelah nonton videonya.

Warung kaki lima tuh kadang malah lebih enak daripada yg di resto, kayak Chinese food ini, duh jadi pengen ke Pontianak trus nyobain ini.

Aku sebenarnya agak2 bisa membayangkan bedanya tahu sama tofu, karena aku taunya tahu itu disebut tofu in english. Wkwkwk. Ada juga yg tahu sutra biasa aku beli supermarket. Coba donk kasih foto biar enak bedainnya

Menunya banyak juga yaaa. Kalau aku taunya tahu putih, tahu Sumedang, tahu bakso, hahaha. Kayanya perlu ke resto China biar tau macam-macam tahu

Baca blognya bikin aku jadi lapar,hehe,makasih ya info beda sapo tahu,mun tahu dan bun tahunya. Bener banget tuh aku lebih suka tofu sih kak,lebih lembut dan enak aja gitu,hehe.

Wah mantap noh, ada food kaki lima rasa restoran. Klo saja dekat, aku pasti segera cobain nih. Menunya pastu enak

Wah, Chineese food. Aku banyak yang suka. Kebetulan di sini banyak juga Chineese Food Resto yang halal. Aku sering beli. Enaaaak. Duh jadi ngiler deh. Huhu udah lama juga gak makan.

ka DOn selalu bikin mupeng ih liat blognya, makanan terus mau lah aku pagi-pagi laper banget niy ka DOn, kebetulan pas lagi di Kalbar bisa mampir ke sana deh

Tahu memang memiliki beragam jenis ya kak. Biasanya saya lebih suka tahu sutra, hehe. Kupenasaran sama visual makanannya. Kukira bakal ada foto. Tapi gpp, langsung cusss liat video.

Ngiler Bang, semoga bisa dolan pontianak aamiin
sapo tofu ini bikin kangen di Hongkong, dulu aku sering makan ini nih
tapi versi pontianak belum pernah

Salut ya sama pemiliknya ya nggak langsung putus asa setelah kena dampak COVID-19 malah segera banting setir dan mendirikan sebuah warung dengan kualitas restoran. Menurutku ini warung yang unik, coba kalay ada di sini mau juga saya samperin buat icipin menu-menunya. Eh saya juga baru tahu nih ternyata tahu ada banyak jenisnya ya. Selama ini tahunya tahu ya tahu saja..

Ihh, jadi penasaran sama Mun Tahu.. Mudah-mudahan bisa mampir pas lagi ke tempat kakak di Pontianak hehe

AKu pikir selama ini mun tahu itu nama lainnya sapo tahu.
Jadi paham sekarang perbedaannya yang paling mencoloknya yaa...hehehe...
Fans banget sama mun tahu dan sapo tahu. Karena Bandung dingin, pilihan makanan Chinese food yang cenderung berkuah menjadi favorit.

Kyaaa... auto ngiler baca postingan ini. Makanannya enak-enak dan khas banget. paling suka sama kwetiau, kalau sapo tahu dan mun tahu aku belum pernah coba. Kayaknya pengen bikin deh dan nyari resep dulu di cookpad hehehe

Melihat koki beraksi itu merupakan hiburan tersendiri, kita jadi tahu proses pembuatan masakan yang akan kita makan dan ini memberikan sensasi kepuasan yang berlipat. Semoga usaha kulinernya tetap rame meskipun sekarang covid meningkat lagi hiks.

Belum pernah nyoba menunya tapi bakal pengen nyobain deh penasaran aja sih.

Nyam..nyam..membaca tulisan ini suddha membuat saya membayangakn satu per satu menunya dengan detail. LEzaat banget rasanya :D Oh ya, nasi telor goreng tampaknya menarik. itu kecapnya disiramkan setelah telur matang dan diangkat dari wajan,Kak?

Beuh.. enaknya makanan enak dengan harga kaki lima. Jadi pengen kulineran disana tanpa worry dan tanpa masker. Huhuu

Aku pikir tu, tofu dan tahu adalah dua hal yang sama. Yah, cuma berbeda istilah saja gitu. Ternyata mereka berbeda.

Beberapa kali aku mendengar temanku menyebutkan nama makanan sapo tahu. Dia orang Palembang. Kupikir itu adalah makanan khas Palembang seperti pempek.

Ternyata malah makanan dari Tiongkok ya. Duh, pengetahuan kuliner yang jongkok bener dah. Hehehe

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon