9 Maret 2021

Uncle Tang Kopi Tiam, Minum Kopi ala Singapura

Siapa yang suka ngopi kalau ke Singapura? suka kangen dengan apanya? Kopi, roti panggang, atau malah penjualnya? Sekarang Tukang Jalan Jajan mau mengajak untuk berkunjung ke salah satu lokasi Kopitiam yang mengadopsi singaporean style! Pontianak sekarang punya Uncle Tang, kopitiam baru yang apik lokasinya. Ada ruangan indoor dan outdoor serta taman luas yang asri. Udaranya sejuk kalau pagi dan sore karena banyak pohon besar dan berada di tepi parittokaya. Bagi kamu yang mau bersantai atau mencari inspirasi, pas banget untuk tinggal berlama lama disini.

Uncle Tang Kopi Tiam, Minum Kopi ala Singapura
Uncle Tang Kopi Tiam, Minum Kopi ala Singapura

Kopi Tiam Era Modern

Kopitiam atau kopi tiam, rasanya kopi yang satu ini sudah begitu terkenal. Terutama di daerah yang masih dalam rumpun melayu. Kopi tiam merupakan budaya akulturasi  dua kebudayaan yaitu Melayu dan Cina yang persebarannya di sekitar kawasan melayu. Gampang sekali ditemukan di semua sudut Singapura dan Malaysia serta sebagian wilayah Indonesia. Makanya, seringkali orang menyebut kopitiam Singapore dan kopitiam Malaysia.Tidak ada yang bisa mengklaim siapa yang memilikinya. Asal kata enyebutannya sebenarnya berasal dari kosa kata melayu yaitu kata kopi dan kata tiam yang diartikan sebagai kedai dalam bahasa hokkien. Jadi arti sebenarnya adalah kedai kopi yang di dalamnya selain menyajikan kopi, teh dan susu juga menjajakan berbagai jajanan sebagai teman minum. Tentu saja kalau merujuk ke Pontianak, tak sekedar makanan pengganjal teman minum kopi, bisa juga makanan kelas berat tersaji disana. Bahkan tiap kopi tiam memiliki makanan andalannya masing masing.

Keistimewaan Kopi Tiam

Hal yang paling istimewa dari kopitiam adalah semua proses dilakukan dengan tradisional dan mutu kopi benar-benar dijaga. Bahkan, kebanyakan kopitiam memilih biji kopi langsung ke daerah Kalimantan Barat yang akrab lidah konsumen, kemudian memilah kopi kualitas terbaik. Biji kopi dijaga selalu kualitasnya dengan baik, disimpan di tempat yang sudah disediakan agar kualitasnya tidak menurun. Nah Uncle tang juga melakukan hal yang sama, biji kopi disangrai sendiri dan digiling setiap hari supaya menghasilkan aroma dan rasa yang selalu segar. Semua proses ini benar-benar dipertahankan hingga saat ini. Tidak heran bila kopitiam memiliki rasa yang sangat enak, berbeda dengan kopi lainnya. Aromanya sangat kopi karena memang 100 persen menggunakan kopi asli. Apa lagi yang membuat banyak penggemar kopi tiam susah pindah kelain hari? tentu kopi susu nya! Jika coffe shop menggunakan susu UHT maka kopi tiam menggukan kental manis yang super creamy.

Tak lengkap hanya dengan menikmati kopi, makanan  pendamping menjadi ciri penting yang tidak boleh ditinggalkan. Kurang lengkap rasanya jika minum kopi tanpa makanan pendamping. Satu lagi ciri khas kopitiam adalah makanan pendamping yang lain dari yang lain. Kopitiam selalu didampingi oleh telur setengah matang dan roti panggang atau bakar dengan selai butter atau srikaya. Ini menjadi teman sejati, jika di Pontianak maka harus ada pisang goreng serikaya hangat dan legit.

Uncle Tang Kopi Tiam

Sebelumnya Tukang Jalan Jajan mau mengingatkan, jangan berpikir kalau nongkrong dipinggir parit ngga oke dan jorok. Jangan under estimate ya! coba dulu mampir ke Uncle Tang, kopi tiam modern yang mirip dengan warung kopi di Singapura. Letaknya berada dipinggiran parit tokaya, di pojokan jalan Soetoyo. Uncle Tang sendiri memiliki menu menu sarapan ala singaporean kopi tiam, seperti roti bakar, pisang goreng yang siap dicocol dengan srikaya dan nutella dan kopi asli Pontianak yang digiling setiap hari. Nah, parit di Pontianak ini besar-besar ya, dulunya memang sungai yang dijadikan sarana transportasi menggunakan sampan bahkan kapal, namun karena sudah banyak yang di barau dan dibuat jembatan penghubung, membuat banyak akses terputus padahal dulu bermuara di beberapa pasar besar hingga ke Sungai Kapuas. Uncle Tang sendiri konsepnya sudah modern namun pemandangan outdoornya masih alami dan sejuk apalagi dilantai duanya terbuka dan ada glasshousenya lho!

Tepian Parit ini sudah bersih dan tertata rapi, diseberang sungai ada juga pusat jajanan yang belum sempat diresmikan karena adanya pandemi. Dari pengalaman saya, Uncle Tang by Pondok Ale Ale ini beneran tempat nongkrong yang santai dan penuh spot kece. Pohonnya banyak dan anginnya sepoi sepoi, beneran disebelah Parittokaya lho! Jadi yang hanya tahu namanya tapi ngga pernah lihat paritnya yang gede itu, mampir kesini. Bersihhhhhh dan adeeeemmm.

Oh ya ada juga menu minuman kekinian seperti "Plant your drink". Apaan tuh? jadi kamu bisa pilih base minumannya, lalu pilih tanahnya sebagai penutup bagian atas, baru kemudian dipilih tanaman yang mau ditanam. ada mint, marigold, kecambah dan bunga telang. Serius! Saya baru tahu kalau marigold bisa dimakan!


Menu Pilihan Uncle Tan Kopi Tiam

Ini lho menu menarik yang tadi Tukang Jajan Jalan diceritain tadi. Menu spesial yang menarik untuk dicoba ya pastinya  "Plant Your Own Drink". Yuk ikutin aku nyobain makanannya.

❤ Plant Your Own Drink Marigold

Jadi minuman ini membebaskan kita memilih isi gelas kita sendiri seperti diriku yang memilih base coklat dengan oreo sebagain soilnya lalu ditanam dengan Marigold. Jadi kita bisa mengaduknya jadi satu atau memakannya perlapisan. Coklat dengan Oreo? Siapa yang bisa nolak? Disini juga saya pertama kali makan bunga marigold segar!

❤ Plant Your Own Drink Mint

Konsepnya sama dengan minuman sebelumnya, cuman sama memilih Taro sebagai base nya dan regal sebagai soilnya lalu ditanam dengan mint! Jadi yang ini saya campur, lalu diminum dengan mengunyah mint. Jadi seger dong! Ini sensasi baru deh

❤ Lemon Squash

Super seger dengan dan seperti ada rasa jeruk kecil pontianaknya sedikit mirip kiam boi... Ih pokoknya seger pool! Cocok buat yang abis kepanasan dan kepedesan.

❤ Dalgona

Sudah tahu kaaaan #dalgona seperti apa hehehe. Susupermen asal korea selatan ini begitu booming dan jadi kreasi minuman di Indonesia. Rasanya tidak seperti karamel tapi memiliki tekstur ringan dan mudah larut saat dalam mulut. Apalagi di campur jadi satu. Makin jawara deh!

❤ Kopi Saring

Kopi nya selalu seger karena digiling setiap hari. Jadi aroma dan rasanya selalu fresh! Nikmat mana lagi yang didustakan.

❤ Capucinno

Paling pas dinikmati sore hari dengan pisang goreng pontianak dan roti bakar dengan srikaya dan cokelat. Buat temen ngobrol santai semakin bahagia

❤ Es Kopi Susu

Naaaahhh menurutku roasting kopi Pontianak paling pas dimix dengan kental manis yang super gurih. Ini emang ngga bisa dielakkan. Jadi pengen nyeruput terus sampai tegukan terakhir. Yuk akh seruput! Disini juga tersedia cemilan enak seperti roti bakar dan pisang goreng dengan selai serikaya dan nutella

Uncle Tang Kopi Tiam (disebelah Pondok Ale Ale)
Jl. Letnan Jendral Sutoyo No.Kel, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121

Boleh dibilang, lokasinya asik buat nongkrong, ada lokasi dalam ruangan yang nyaman buat bersantai. Cuzzz merapat!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

43 comments

Pernah diajak sama teman ke salah satu cafe buat nyobain kopi tiam yang original. Aromanya enak banget dan khas kopi banget. Tapi sayangnya ga sesuai sama lidahku hehe.

Aku masih bingung dengan istilah minuman yang menggunakan kata "ditanam" deh Bang. Istilah dunia kuliner banyak sekali ya.

Tapi kebayang sih proses mencanpur dan menyajikannya seperti apa. Ngomong-ngomong,bagaimana rasanya mencicipi bunga marygold? Penasaran.

Taro, Regal, dan mint, langsung ngebayangin itu segarnya mantap, apalagi minumnya pas siang hari gini nih

Baru tahu arti kata Tiam ternyata kedai ya. Selama ini aku nggak ngerti, kupikir itu jenis kopi apaan. Kuliner Pontianak banyak yang menarik hati ya, semoga one day bisa menjejakkan kaki di sana ah.

Mantap soul deh ini kedai kopi yang berkonsep dan anti mainstream dan ngga asal-asalan. Sayangnya agak cukup jauh dari domisili aku jadi hmm mungkin coba deh entar kalo sempat. Thx 4 sharing, keep on blogging bang Dodon <3

wah asik ya kedai nya
antimainstream
aku penasaran sama kopi saringnya
pasti mantap ya kak

Selalu suka kalau berkunjung lalu baca artikel di blog tukang jalan jajan. Apalagi pas tulisannya menyuguhkan mengenai es kopi susu, dalgona dan capuccino. Ah, pokoknya apa aja yang serba kopi selalu bikin aku tertarik. Lav ��

Wah aku baru tahu kalo tiam artinya kedai. Aku kira itu nama merek. Btw, menu2 nya menggoda banget kak untuk dicoba. Semoga kedainya juga merambah daerah lain ya biar kita bisa merasakan. Pilihan gw emang cappuccino sih. Hehe

Paling mupeng sama campuran daun mint, kebayang segarnya. Dibikin teh aja enak banget. Disambung minum kopi saring yang fresh, aduhai, mantap jiwa. Pontianak ini enggak pernah kehabisan tempat nongkrong kekinian ya, Kak, selalu ada hal-hal baru yang memanjakan konsumen. Kayak Uncle Tam Kopi Tiam ini, maknyus....

Sayang banget waktu ke Pontianak aku gak nyoba kesana. Asik ya kelihatannya nongkrong cantik sambil ngopi2.

Membawa kenangan manis ketika saya .asih kerja di Singapura. Setiap pagi atau sore, jalan ke taman, mampir beli minum teh tarik khas di Serangoon. Hem... Senangnya kalau ada kedai sejenis di tanah air nih

Iya, bunga marigold bisa dimakan. Memang ada rasa khas.
Menarik sekali nih, kedai kopi Uncle Tang. Saya membayangkannya sebagai seorang baba dengan kedai yang punya cita rasa baba nyonya

Unik banget itu minuman Plant Your Drink. Penasaran ama paduan rasanya. Awalnya bunganya dulu ya dikunyah, trus nyruput...
Aku jujur engga tahu beda rasa kopi masing-masing daerah sih...Bukan peminum kopi. Kabarnya yg ngerti bisa tahu ya bedanya...

Belum pernah ke Singapura, jadi belum bisa merasakan kerinduan minum kopi di sana hihi. Insya Allah bila ada kesempatan mau juga menikmati kopi dan sajian pilihan ini nih 😘

Udah kangen berat kulineran nih aku ka. Udah kebayang seruput kopi uncle

Saya jadi penasaran dengan rasa bunga marigold, Kak. Gimana ya, ada rasa-rasa pahitnya, gak? Konsep minumannya unik, indah dipandang dan pastinya enak disantap ya...

Aihhh menarik nih dicoba, aku bakal nyobain dalgona dan suamiku pasti nyeruput kapucino. Btw,harganya mahal enggak

kangen kopi tiam dan roti bakarnya deh aku.. huhuh jdi makin kepengen rasanya

Wah sayangnya aku belum pernah ke Singapura bang hahah jadinya belum tau kangen kopi atau makanan di sana tapi untuk kopi Tiam sih dah coba di salah satu mall hehe. Semoga aja yes bisa merasakan kopi langsung di Singapura.

Jadi membayangkan drink mint dong, kayaknya segar banget tuh.
Jadi pengen punya pohon mint, biar bisa bikin minuman macam-macam, hehehe.

Btw menarik ya uncle kopi Tiam ini, varian minumannya bikin penasaran untuk dicicipin :)

Jadi membayangkan drink mint dong, kayaknya segar banget tuh.
Jadi pengen punya pohon mint, biar bisa bikin minuman macam-macam, hehehe.

Btw menarik ya uncle kopi Tiam ini, varian minumannya bikin penasaran untuk dicicipin :)

Apakah kopi tiyam Unilever tang sudah buka

Andai saja di Jakarta, sudah ada cabang kopi tiyam, mungkin bisa jadi tempat yang masuk rekomendasi untuk ngopi dan nongkrong bersama kawan. Tapi berhubung lagi pandemi, setidaknya kopinya bisa diantar ke rumah. Apalagi dengan menu sarapan plus menu unik yang menanam bunga marigold, itu unik sekali.

Varian minuman dari Kopi Tiam ini enak-enak sepertinya, bisa jadi pilihan buat menemani saat mengerjakan tugas hehe.

Aku bisa membayangkan. Kalau aku sempat nongkrong di uncle tang kopi tiam, pasti akan memesan lemon squash ketimbang menu kopinya. Sebenarnya aku kurang menyukai kopi kecuali yang instant dan udah ada campurannya. Hehehe

Semoga kopi tiam ala Singapura ini segera beredar ngga hanya di Singapura/Pontianak aja ya kak. Pgn merasakan juga walau di pelosok. Kalau di Jkt dulu udah pernah cobain. Enak banget. Suasana kafenya jg homey banget.

Roti bakar plus kopi sih udah surga dunia pokoknya.

Alhamdulillah ngga ada gangguan lambung jadi bisa ngopi enak di manapun. Tapi tetep aku batasi sih biar ngga berlebih.

Saya tertarik sama Kopi Saring-nya. Dan pengin nyoba kalau nanti berkesempatan ke Pontianak

Pengen terbang ke POntianak jadinya mas, ngebayangin kopi tiam dan sajian pendampingannya. Nikmat banget bersama pasangan ini kalo dinikmati hahaha

spesial emang klo kopi singapura, itu kan ada yg toast apa gtu merknya di outlet2 di mal, enak bgt

Wah wah... Bikin penasaran nih kopi tiam. Gimana ya kira-kira rasa perpaduan antara melayu dan cina itu ��

Hemmmm... Pecinta kopi wajib coba nih��

Menu di kopitiam menggugah selera banget nih, jadi penasaran buat mampir jadinya

Banyak juga ternyata menu pilihan di Uncle Tam Kopi Tiam. Tapi saya paling tergoda dengan menu Es Kopi Susu ditemani pisang goreng. Hemmm makin mantep aja nih..

Aku penasaran sama plant your own yang milih-milih sendiri itu. Seru juga kayanya bisa ngeracik minuman suka-suka. Menu di kopi tiam ala peranakan ini selalu meninggalkan after taste yang ngangenin memang...

Kebayang deh bang, minuman kopinya, juga rotinya, enak sekali. Jadi pengen pesan go food deh..

Aku suka kopi, tapi belum pernah nyoba ngopi di Kopitiam. Jauh sih. Penasaran pengen coba, kapan ya bisa traveling ke sana... Udah kebayang nikmatnya kopi yg diracik secara tradisional dengan teman camilan hangat.
Plant your own drink-nya juga gak boleh dilewatkan sepertinya...

Di Surabaya ada Kopitiam
Mungkin sama aja ya dengan yang Kak DonJer review di sini
Suka kopinya karena pakai cangkir lucu dan rasanya mantap

Aduhhhh jangan tawarkan kopi kepadaku, pasti ku takkan nolak huhu... sehari ga ngopi itu rasanya dunia bergetar hihi

Aku sedang mengira-ngira rasa kopi yang dicampur daun mint. Pasti unik ya? Selama ini minum kopi yang standar-standar aja nih. Belum pernah nyobain kopi dicampur yang bahan-bahan unik kek mint gitu. Hmm, kira-kira di Semarang ada nggak ya.

Orang Melayu memang terkenal suka ngopi ya, Kak. Di Jambi juga ada kopi tiam tapi karena saya nggak begitu bisa ngopi jadi milih menu non coffe. Dari tulisan di atas malah saya jadi tertarik coba kopinya lain kali ^^

Menarik semua niy info tentang Uncle Tang Kopi Tiam, ya sejarahnya, tempatnya, maupun menunya. Keren amat ya tempatnya, asik buat kongkow. Trus aku penasaran banget minuman pakai bunga marigold kayak gimana rasanya ya? 😍

Wah jadi penasaran pengen coba juga nih kopi tiamnya, kangen sarapan ala singapore kayaknya bisa dijajal disini

penasaran sama kopi saringnya :9

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon