Masalooka, Nikmatnya Seafood yang Tersembunyi di Pontianak

Masalooka terlalu menarik saya untuk menjelajahi rasa. Aroma bakaran seafood pontianak sudah seperti tercium dihidung
Bagaikan berada dihamparan kegelapan, Ini dimana sih? dalam hati Tukang Jalan Jajan Bertanya dalam hati. Titik koordinat yang dikirimkan benar benar tidak lazim berada di pusat kenikmatan makan. Tapi rasa penasaran memang mengalahkan segalanya. Masalooka terlalu menarik saya untuk menjelajahi rasa. Aroma bakaran seafood sudah seperti tercium dihidung, seperti halusinasi, sepertinya sudah ada didepan mata. Masalooka sebenarnya bukan nama baru di olahan seafood, sebelumnya sudah pernah beroperasi namun memutuskan untuk pindah ke tempat baru agar lebih leluasa mengolah aneka jenis makanan laut.

Masalooka, Nikmatnya Seafood yang Tersembunyi di Pontianak
Masalooka, Nikmatnya Seafood yang Tersembunyi di Pontianak

Indonesia Beruntung!, Hasil Laut selalu Segar

Untuk indonesia yang dikelilingi banyak lautan tentu saja selalu memiliki stok hasil laut yang beragam dan segar. Indonesia juga memiliki keunikan yang luar biasa dan patutu di banggakan. Sebagai negara maritim, kekayaan alam Indonesia super melimpah. Luas laut Indonesia sekitar 3,25 juta kilometer persei ditambah dengan sekitar 2,55 juta kilometer persegi (Zona Ekonomi Eksklusif), sedangkan luas dataran Indonesia hanya sekitar 2,01 juta kilometer persegi. Bisa terbayangkan, berapa banyak hasil laut Indonesia? Ini beberapa contoh seafood yang kemungkinan sudah sering dinikmati.

Aneka makanan laut

1. Ikan.
2. Moluska: cumi-cumi, kerang, tiram, gurita.
3. Crustacea: udang (rebon, udang windu, udang putih, udang karang), kepiting.
4. Echinodermata: teripang, bulu babi.
5. Ubur-ubur.
6. Rumput laut.

Nah lebih beruntungnya lagi, Indonesia memiliki kekayaan rempah yang luar biasa sehingga banyak sekali jenis makanan lezat tercipta dari berbagai daerah. Tak akan pernah bosan deh menikmati semua menunya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau We.

Menu Asli Indonesia dari Hasil Laut

Aneka masakan hasil laut dapat dijadikan alternatif sebagai bahan olahan makan sehari-hari. Selain lezat, olahan masakan hasil laut juga menyehatkan. Makanan laut merupakan spesies hasil yang hidup di dalam air laut. Jenis seafood ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, kamu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dengan membuat aneka masakan hasil laut.
Buat kamu yang ingin menambah menu makan di rumah yang lezat dan menyehatkan, cobalah aneka masakan hasil laut. Dengan penggunaan bahan-bahan yang mudah ditemukan, tentunya akan semakin memudahkan kamu untuk membuat aneka masakan hasil laut yang lezat. Selain itu, aneka masakan seafood dapat diolah dalam berbagai macam bentuk seperti dibakar, dikukus, digoreng, dan lain sebagainya. Beberapa menu masakan yang bisa dibuat untuk aneka olahan laut

Asam Pedas

Masakan yang memiliki cita rasa asam dan pedas ini sangat familiar dilidah tukang jalan jajan. Masakan asam pedas menggunakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, tuna, Ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Hidangan ikan asam pedas dikenal secara meluas di Sumatra dan di Semenanjung Melayu. Hidangan ini dikenal baik dalam khazanah seni memasak Minangkabau ataupun Melayu, sehingga tidaklah jelas dari manakah asal mula hidangan ini. Jika di Pontianak biasanya ditambahin nanas atau timun atau kacang lendir alias lady's finger. Seruputan kuahnya memang mantap jiwa deh.

Pepes

Dikenal juga dengan Pais, makanan Sunda yang sudah banyak mengalami modifikasi diberbagai daerah. merupakan suatu cara khas untuk mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur/dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan. Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering tapi ada juga yang dikukus hingga matang. Dimakan dengan nasi hangat bikin ngga bisa berhenti.

Asam Manis

Saus asam manis termasuk yang paling lazim dan diminati. Umumnya dibuat dari campuran saus tomat, saus cabai, air jeruk lemon, bawang putih, bawang bombay dan larutan tepung kanji. Kalau mau bisa dipakai air nanas (yang diambil dari nanas segar yang diparut dan diperas) sehingga rasanya lebih segar. Soal rasa manis asam sedikit pedas bisa disesuaikan dengan selera. Karena itu takaran bahannya selalu disesuaikan dengan selera. biasanya juga akan ditambahkan potongan nanas, timun hingga wortel dan cabai besar.

Saus Padang

Pilihan saus Padang selalu dimiliki hampir semua rumah makan seafood untuk menemani aneka olahan laut. Ada yang mengatakan ini merupakan modifikasi dari saus ala Singapura namun karena citarasanya yang pedas dan penuh rempah, boleh dibilang saus Padang asli Indonesia. Saus Padang adalah sebuah hidangan makanan laut Indonesia yang terdiri dari kepiting yang disajikan dengan saus Padang yang panas dan pedas. Lidah Indonesia merasa cocok dengan rasa asam dan pedas untuk makanan laut.

Saus Telur Asin

Pada awalnya, saus salted egg banyak dihidangkan di restoran chinese food. Tren saus lezat ini semakin populer di Indonesia karena bermula dari Singapura. Awalnya banyak digunakan untuk memberikan rasa pada aneka cemilan. Tapi sebenarnya ini sudah digunakan sejak dulu di aneka makanan Tionghoa klasik. Lalu, lama kelamaan, melihat banyaknya minat masyarakat yang besar, semakin banyak tempat makan yang menyajikan sajian makanan dengan saus ini. Pada dasarnya, bumbu telur asin ini mudah diterima oleh lidah banyak orang, terutama di Asia, rasa bumbu telur asin ini tidak seperti telur asin yang murni. Terdapat campuran mentega dan susu sehingga level keasinannya dapat diatur.

Yuk Ikutan makan di Masalooka Pontianak

Masalooka, Aneka Olahan Seafood Yang Menggoda Selera

Kembali ke cerita Tukang Jalan Jajan yang mencari lokasi makan kali ini. Waduh! saya kaget sembari berkerut melihat Google Maps Masalooka, ini beneran ditengah hutan dan lewat gang kecil. Tukang Jalan Jajan belum pernah kesana sama sekali. Berada di pinggiran kota Pontianak didaerah yang masih belum banyak bangunannya namun demi memuaskan diri, akhirnya berhasil menemukan Masalooka, tempat makan seafood yang logonya kucing, Ternyata, masalooka ini jika di lafalkan adalah masak luk ah (masak dulu akh dalam logat Melayu Pontianak) ealaaaah tercetus masaluka ( kok mengandung kesedihan banget, semacam habis dikhianati pasangan)

Menggunakan rumah yang memiliki halaman yang cukup luas, sekelilingnya dibuat taman taman lucu dengan aneka pepohonan dan lokasi duduk. Dibagian belakang ada gazebo yang berisi kayu meda dari kayu dengan bagian bawah yang diberi hamparan batu. Tempat ini begitu syahdu dengan lampu temaram dimalam hari. Aroma bakaran juga menghambur kemana mana karena area bebakaran dibagian belakang rumah. Semuanya aroma lezat langsung menyapa hidung dengan gemulai. Sepertinya lebih menyenangkan datang di malam hari karena suasananya akan sejuk dan rasa lapar juga bertambah

Menu Makanan

Jenis makanan disini dibagi menjadi lauk dan sayur. jenis seafood nya ada ikan, udang, cumi, kerang dan rajungan. Bisa jadi disesuaikan dengan jenis seafood segar yang tersedia sedangkan sayurannya ada kangkung dan tauge. Saus yang bisa dipilih, saus padang, asam manis dan telur asin. Lalu mana yang saya rekomendasikan untuk dicoba? 

Paling spesial disini adalah ikan bakar saus telur asinnya yang beneran gurih! daging ikan kakap diolah dengan bumbu kelapa sangrai dan minyak kelapa serta rempah seperti jahe dan bawang beradu manja dengan sambal kecap yang berisi potongan rawit dan bawang yang banyak! ini beneran enaknya kebangetan! DIE DIE MUST TRY, ngga sia sia untuk mampir ke sini!

Menu lainnya ada kepala ikan asam pedas yang tak kalah menggoda, pedes, asem dan seger banget. dengan kuah yang bold, berbumbu tebal dengan asam dan pedas yang sama sama nendang, aroma serai begitu mengundang. Daging kepala ikan yang lembut membuat nasi sepiring tak pernah cukup. Seruputan kuah hangatnya beneran paripurna dan jawara.

Selain itu, pilihan lain yang tak bisa mengalihkan pandangan saya adalah udang saus telur asin, sotong saus padang dan kepiting saus padang! Saya cukup beruntung bisa menikmati kepiting yang tersedia malam ini, dengan daging yang padat dan telur yang banyak. membuat saya mengais makin jadi daging dagimg yang terselip dalam batok kepiting. 

Udangnya yang berukuran besar membuat saya puas menikmati isinya yang adat dan manis sementara sotong bantet yang padat menggoda membuat nasi panas yang terhampat diatas meja selalu habis. lalu aneka tumisan seperti kangkung, pakis dan tauge yang menemani membuat semuanya jadi sedap
Tidak sia sia malam malam dan hampir tersesat disini! juwarak dunia internasional ikan bakarnya.

Masalooka beralamat di Jln Perdana Gg WakSidik No.19 Pontianak, no telepon 0821-5555-5877 menyediakan aneka Seafood, Ikan, Udang, Sotong, Renjong. Buka 16.00-21.45. Selamat makan semuanya dan salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.