28 Februari 2021

Masalooka, Nikmatnya Seafood yang Tersembunyi di Pontianak

Bagaikan berada dihamparan kegelapan, Ini dimana sih? dalam hati Tukang Jalan Jajan Bertanya dalam hati. Titik koordinat yang dikirimkan benar benar tidak lazim berada di pusat kenikmatan makan. Tapi rasa penasaran memang mengalahkan segalanya. Masalooka terlalu menarik saya untuk menjelajahi rasa. Aroma bakaran seafood sudah seperti tercium dihidung, seperti halusinasi, sepertinya sudah ada didepan mata. Masalooka sebenarnya bukan nama baru di olahan seafood, sebelumnya sudah pernah beroperasi namun memutuskan untuk pindah ke tempat baru agar lebih leluasa mengolah aneka jenis makanan laut.

Masalooka, Nikmatnya Seafood yang Tersembunyi di Pontianak
Masalooka, Nikmatnya Seafood yang Tersembunyi di Pontianak

Indonesia Beruntung!, Hasil Laut selalu Segar

Untuk indonesia yang dikelilingi banyak lautan tentu saja selalu memiliki stok hasil laut yang beragam dan segar. Indonesia juga memiliki keunikan yang luar biasa dan patutu di banggakan. Sebagai negara maritim, kekayaan alam Indonesia super melimpah. Luas laut Indonesia sekitar 3,25 juta kilometer persei ditambah dengan sekitar 2,55 juta kilometer persegi (Zona Ekonomi Eksklusif), sedangkan luas dataran Indonesia hanya sekitar 2,01 juta kilometer persegi. Bisa terbayangkan, berapa banyak hasil laut Indonesia? Ini beberapa contoh seafood yang kemungkinan sudah sering dinikmati.

Aneka makanan laut

1. Ikan.
2. Moluska: cumi-cumi, kerang, tiram, gurita.
3. Crustacea: udang (rebon, udang windu, udang putih, udang karang), kepiting.
4. Echinodermata: teripang, bulu babi.
5. Ubur-ubur.
6. Rumput laut.

Nah lebih beruntungnya lagi, Indonesia memiliki kekayaan rempah yang luar biasa sehingga banyak sekali jenis makanan lezat tercipta dari berbagai daerah. Tak akan pernah bosan deh menikmati semua menunya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau We.

Menu Asli Indonesia dari Hasil Laut

Aneka masakan hasil laut dapat dijadikan alternatif sebagai bahan olahan makan sehari-hari. Selain lezat, olahan masakan hasil laut juga menyehatkan. Makanan laut merupakan spesies hasil yang hidup di dalam air laut. Jenis seafood ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, kamu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dengan membuat aneka masakan hasil laut.
Buat kamu yang ingin menambah menu makan di rumah yang lezat dan menyehatkan, cobalah aneka masakan hasil laut. Dengan penggunaan bahan-bahan yang mudah ditemukan, tentunya akan semakin memudahkan kamu untuk membuat aneka masakan hasil laut yang lezat. Selain itu, aneka masakan seafood dapat diolah dalam berbagai macam bentuk seperti dibakar, dikukus, digoreng, dan lain sebagainya. Beberapa menu masakan yang bisa dibuat untuk aneka olahan laut

Asam Pedas

Masakan yang memiliki cita rasa asam dan pedas ini sangat familiar dilidah tukang jalan jajan. Masakan asam pedas menggunakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, tuna, Ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Hidangan ikan asam pedas dikenal secara meluas di Sumatra dan di Semenanjung Melayu. Hidangan ini dikenal baik dalam khazanah seni memasak Minangkabau ataupun Melayu, sehingga tidaklah jelas dari manakah asal mula hidangan ini. Jika di Pontianak biasanya ditambahin nanas atau timun atau kacang lendir alias lady's finger. Seruputan kuahnya memang mantap jiwa deh.

Pepes

Dikenal juga dengan Pais, makanan Sunda yang sudah banyak mengalami modifikasi diberbagai daerah. merupakan suatu cara khas untuk mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur/dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan. Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering tapi ada juga yang dikukus hingga matang. Dimakan dengan nasi hangat bikin ngga bisa berhenti.

Asam Manis

Saus asam manis termasuk yang paling lazim dan diminati. Umumnya dibuat dari campuran saus tomat, saus cabai, air jeruk lemon, bawang putih, bawang bombay dan larutan tepung kanji. Kalau mau bisa dipakai air nanas (yang diambil dari nanas segar yang diparut dan diperas) sehingga rasanya lebih segar. Soal rasa manis asam sedikit pedas bisa disesuaikan dengan selera. Karena itu takaran bahannya selalu disesuaikan dengan selera. biasanya juga akan ditambahkan potongan nanas, timun hingga wortel dan cabai besar.

Saus Padang

Pilihan saus Padang selalu dimiliki hampir semua rumah makan seafood untuk menemani aneka olahan laut. Ada yang mengatakan ini merupakan modifikasi dari saus ala Singapura namun karena citarasanya yang pedas dan penuh rempah, boleh dibilang saus Padang asli Indonesia. Saus Padang adalah sebuah hidangan makanan laut Indonesia yang terdiri dari kepiting yang disajikan dengan saus Padang yang panas dan pedas. Lidah Indonesia merasa cocok dengan rasa asam dan pedas untuk makanan laut.

Saus Telur Asin

Pada awalnya, saus salted egg banyak dihidangkan di restoran chinese food. Tren saus lezat ini semakin populer di Indonesia karena bermula dari Singapura. Awalnya banyak digunakan untuk memberikan rasa pada aneka cemilan. Tapi sebenarnya ini sudah digunakan sejak dulu di aneka makanan Tionghoa klasik. Lalu, lama kelamaan, melihat banyaknya minat masyarakat yang besar, semakin banyak tempat makan yang menyajikan sajian makanan dengan saus ini. Pada dasarnya, bumbu telur asin ini mudah diterima oleh lidah banyak orang, terutama di Asia, rasa bumbu telur asin ini tidak seperti telur asin yang murni. Terdapat campuran mentega dan susu sehingga level keasinannya dapat diatur.

Yuk Ikutan makan di Masalooka Pontianak

Masalooka, Aneka Olahan Seafood Yang Menggoda Selera

Kembali ke cerita Tukang Jalan Jajan yang mencari lokasi makan kali ini. Waduh! saya kaget sembari berkerut melihat Google Maps Masalooka, ini beneran ditengah hutan dan lewat gang kecil. Tukang Jalan Jajan belum pernah kesana sama sekali. Berada di pinggiran kota Pontianak didaerah yang masih belum banyak bangunannya namun demi memuaskan diri, akhirnya berhasil menemukan Masalooka, tempat makan seafood yang logonya kucing, Ternyata, masalooka ini jika di lafalkan adalah masak luk ah (masak dulu akh dalam logat Melayu Pontianak) ealaaaah tercetus masaluka ( kok mengandung kesedihan banget, semacam habis dikhianati pasangan)

Menggunakan rumah yang memiliki halaman yang cukup luas, sekelilingnya dibuat taman taman lucu dengan aneka pepohonan dan lokasi duduk. Dibagian belakang ada gazebo yang berisi kayu meda dari kayu dengan bagian bawah yang diberi hamparan batu. Tempat ini begitu syahdu dengan lampu temaram dimalam hari. Aroma bakaran juga menghambur kemana mana karena area bebakaran dibagian belakang rumah. Semuanya aroma lezat langsung menyapa hidung dengan gemulai. Sepertinya lebih menyenangkan datang di malam hari karena suasananya akan sejuk dan rasa lapar juga bertambah

Menu Makanan

Jenis makanan disini dibagi menjadi lauk dan sayur. jenis seafood nya ada ikan, udang, cumi, kerang dan rajungan. Bisa jadi disesuaikan dengan jenis seafood segar yang tersedia sedangkan sayurannya ada kangkung dan tauge. Saus yang bisa dipilih, saus padang, asam manis dan telur asin. Lalu mana yang saya rekomendasikan untuk dicoba? 

Paling spesial disini adalah ikan bakar saus telur asinnya yang beneran gurih! daging ikan kakap diolah dengan bumbu kelapa sangrai dan minyak kelapa serta rempah seperti jahe dan bawang beradu manja dengan sambal kecap yang berisi potongan rawit dan bawang yang banyak! ini beneran enaknya kebangetan! DIE DIE MUST TRY, ngga sia sia untuk mampir ke sini!

Menu lainnya ada kepala ikan asam pedas yang tak kalah menggoda, pedes, asem dan seger banget. dengan kuah yang bold, berbumbu tebal dengan asam dan pedas yang sama sama nendang, aroma serai begitu mengundang. Daging kepala ikan yang lembut membuat nasi sepiring tak pernah cukup. Seruputan kuah hangatnya beneran paripurna dan jawara.

Selain itu, pilihan lain yang tak bisa mengalihkan pandangan saya adalah udang saus telur asin, sotong saus padang dan kepiting saus padang! Saya cukup beruntung bisa menikmati kepiting yang tersedia malam ini, dengan daging yang padat dan telur yang banyak. membuat saya mengais makin jadi daging dagimg yang terselip dalam batok kepiting. 

Udangnya yang berukuran besar membuat saya puas menikmati isinya yang adat dan manis sementara sotong bantet yang padat menggoda membuat nasi panas yang terhampat diatas meja selalu habis. lalu aneka tumisan seperti kangkung, pakis dan tauge yang menemani membuat semuanya jadi sedap
Tidak sia sia malam malam dan hampir tersesat disini! juwarak dunia internasional ikan bakarnya.

Masalooka beralamat di Jln Perdana Gg WakSidik No.19 Pontianak, no telepon 0821-5555-5877 menyediakan aneka Seafood, Ikan, Udang, Sotong, Renjong. Buka 16.00-21.45. Selamat makan semuanya dan salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

48 comments

Ternyata baru tau aneka makanan laut punya istilah yang selama ini gak saya dengar.

Beruntungnya tinggal di Indonesia, punya wilayah perairan yang sangat luas, hasilnya juga melimpah.

Masalooka, masa lalu penuh luka, jiaaahh...

Wah untung ketemu tempat makannya ya, meski di tengah hutan. Et tapi suasananya jadi lebih menyenangkan dong ya, lebih dekat dengan alam, hehehehe

Duh, itu gambar kepitingnya kok menggoda sekali. Sayangnya saya kalau makan seafood hanya sendirian. Suami alergi dan anak-anak nggak begitu doyan. Nggak enak aja gitu makan sendirian, diliatin orang serumah hehe.

Boleh nih kalau ke Pontianak, mampir ke sini.

Wih, postingan Mas Don, selalu sukses membuat saya ngiler hahaha. Apalagi saya itu suka sea food Mas. Pas masih tinggal di Makassar itu puas makan hasil laut apa saja. Kalau di sini, pantai agak jauh. jadinya kalau mau makan sea food harus ke sana.
Jadi semakin pengin ke Pontianak, Mas hehehe.

Bayangin makanannya aja aq udah ngiler, udangnya gede2 plus dimasak berbagai bumbu.. Pasti mantep tuh

Indonesia memang kaya banget sama hasil lautnya, bisa puas makan seafood di Pontianak tentu jadi kebahagiaan tersendiri ya, Kak. Cuma memang harus waspada dengan kolesterol yang bisa datang secara tiba-tiba. Tetap semangat ya kak kulinernya dan sehat selalu.

Aku suka seafood. Dan paling suka kalo dimasak dengan telur asin. Gurih gimanaaa gitu rasanya. Sayangnya di tempat tinggalku seafood termasuk makanan mahal.

Waduuuuhh itu daftar menunya bikin ngiler semuaaa. Menikmati olahan seafood di dekat pantai adalah pilihan terbaik. Makan sambil ditemani deburan ombak akan makin nikmat. Semoga bs diberi kesempatan menuju Masalooka. Nabung dulu ah ke Pontianak abis pandemi.

Suka banget sih sama seafood, terutama ikan laut. Mau dimasak apa aja, bakar, bumbu asam manis, asam pedas, semua enak rasanya. Hmm, foto kepitingnya menggoda selera tuh

Masakan PONTIANAK banyak yg endolitaaaa ya
Kalo ga kliru, masakan ini muncul juga di film "ARUNA dan LIDAHNYA"?
Yg dibintangi Dian Sastro itu lho

ulala enak banget nikmat seafood di masalooka, aku paling suka saos padang hmm my favorite deh tuh, bisa jadi makannya banyak banget

oooh masak dulu ah, hahaha
ternyata ya hahaha

dan lokasinya ada di tengah hutan?
wuaw, berarti masaloka ini salah satu hidden gems ya

asik banget dong ini, mencari tempat makan yang paling enak dengan cara berburu mencarinya di tempat yang agak antah berantah, hahaha

Sebagai orang Pontianak yang sering berlalu lalang saya baru tau ada Masalooka ini, kudu dicoba nih apalagi saya suka masakan laut seperti Cumi, Udang, Ikan dll. Menggiurkan.

Suami penyuka seafood. Kalau lihat foto pas lagi makan kepiting besar gini pasti langsung pengeen.

Semoga Masaalooka laris manis yaa

Enaknya tuh kepiting gede. Sekarang saya klo nikmatin seafood udah jarang makan kepiting. Jadi rindu kepiting lagi nih

Semua aneka olahan laut itu udah pernah aku coba. Haha.
Endeus gitu sih. Bikin rebutan sama teman satu meja kalau lagi makan bareng. Wkwkwk
Kalau makan pakai nasi hangat, bisa nambah 3 piring wkkwkw. Laperrrr

Pas baca judulnya, sempet kaget. "kok arya saloka ada di pontianak sih?"

Hahaha ternyata masaloka. Bukan arya saloka wkwk

Tapi untungnya ada menu nusantara ya. Gak asyik dong kalau pengunjungnya ternyata alergi seafood. Kan gk bisa makan jadinya ��

Wah ini aku harus coba ni bang, soalnya di jalan perdana gg waksidik pasti nikmat banget ini makananya ya bang seafood seafoodnya enak bett

Ya Allah jauhnya masalooka ini di Pontianak kak. Rasa ngilerku harus diumpetin kemana ini.. hiksss.
Ngences bener liat kepiting asam manis.
Beneran olahan seafood yang segar ya..
Seandainya dekat, udah dijabanin tuh..

Wah, banyak istilah baru soal makanan yang baru saya tahu nih mas. Dan saya akui Indonesia kaya kuliner. Apalgi dari hasil laut sendiri ya.

Tapi dari beberapa menu yang hadir, ada satu nama yang unik. Olahan teripang tuh kayak gimana ya. Hihi

Kalau udah ngomongin seafood terus dipakaikan bumbu masaknya, langsung dah 🤤 kebayang fresh dan bikin lezatnya, kalau deket mau minta tolong dikirimkan sama kak Dodon itu masalooka nya hahah

Tunggu aku di Pontianak kaka. Kulinernya sangat menggungah selera. aku penggemar seafood banget anaknya

baru tau ada jenis seafood masalooka.. diolah jadi saus padang kayaknya nikmat betul :D

Wuih ini tersembunyi ya di dalam gang gitu kalau liat alamatnya. Pontianak memang hidden gems ya makanan2nya. Jadi pengen kesana lagi, baru 2x n baru eksplor jalan2 dekat hotel aja dulu.

wow akyu ngiler tiap kali ke sosmed ka dodon,,,aplg soal seafood ya....favorite. Scra ai anak pantai

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Bersyukur banget tinggal di indonesia yang kaya akan hewan lautnya. Semua olahan laut aku suka apalagi kerang dan kepiting telur asin yummy bnget.

Baca ini langsung auto ngiler akuu :(( pengen seafood tapi pandemi jadi ga bebas mau hunting makanan kemana2. Btw persis ini aku jg denger dari ortu yg beberapa kali pernah ke pontianak memang olahan seafoodnya macem2. Gede2 pulaaa haha

Ya ampun kak Jerry itu menggoda banget seafoodnya aku dah lama nih ga makan seafood huhu jadi ngiler berat kepiting saus padang. Btw doakan aku ya mas semoga bisa ke Pontianak dan merasakan aneka kuliner disana.

Auto ngiler dan jadi ngebayangin makan enak hahaha.. semoga punya kesempatan bisa jalan2 kepontianak biar bisa mampir 😍

Masalooka. Baru tahu tentang ini. Dan.. bayangin makan seafood asam pedas atau asam manis.... ulala. Nikmatnya tiada tara.
Seoga saya bisa ke sana, ya

Nyam..nyam...kuliner favorit saya nih, si seafood. Saya paling doyan cumi, kerang, udang,dan ikan. Paling lezat dibakar sih. tinggal cocol sambel, beres deh 😁

Penasaran, ubur-ubur bisa diolah jadi makanan emangnya ya ;)
Baru dengar soalnya, jadi kepingin icip-icip makanan yang satu itu

Ya ampuuuuuuuun Bang, kaaaaaaaaaan jadi ngiler loh makan seafood. Aku dulu pernah ke Pontianak dan seafoodnya memang oks, rekomen yaa ini Masalooka ini

Makanan seafoodnya terlihat menggugah selera ditambah lokasinya gak jadi dari tempat saya, hari ini otw kesana ahh

Sea food memang selalu menggoda. Rasanya enak. Gizinya pun mantap. Harganya pun juga biasanya nggak main2 ya.. tapi untuk kenikmatan tiada tara, worth it untuk dialokasikan makan enak begini.

Wow enggak sia-sia ya Kak datang ke tempat sepi di tengah hutan yang terpencil dan gelap. Tapi aneka seafoodnya menggugah selera semua.
Kalau aku suka makan kepiting, mengais-ngais daging yang tersembunyi itu nikmat sekali, hihihi..

Pontianak ini banyak sekali hidden place to visit yaa...
Bahkan ada kuliner seasik Masalooka yang menyediakan hidangan seafood dengan nikmaatt..

Pecinta seafood merapaaaatt :D
Jadi ngiler baca ini, jadi kangen kampung halaman.
Saya beruntung, ketika kecil sering banget makan seafood yang segar-segar, ikan beraneka ragam yang segar, baik di bakar, masak, semuanya enyak.
Cumi, gurita, udang, kerang laut.
Duh kok jadi kangen ya.

Di Jawa rasanya sulit mencari ikan segar, kecuali ikan bandeng atau lele hahaha.

Ada sih yang segar, tapi mihiiill banget :D

uwuuuw opening yutupnya keren banget
semoga yutupnya juga berkibar ya seperti blog kulinernya, aamiin

Keingetan sama pantai Depok yang komplit jenis seafoodnya, termasuk baby ikan hiu dan .. bisa dimasak di tempat, yuuum .. !.

Wah ini asik loh tempat restonya tersembunyi begitu .., makan jadi lebih kerasa sedepnya

Sampai sekarang saya penasaran, resep saus padang itu kayak gimana.
Sebab dari sekian banyak jawaban yang saya dapatkan, seolah-olah saus padang itu dibangun dari saus asam manis diberi ulekan cabe yang banyak sekali..

Aku kepo sama Seafood saus telur asin deh, perpaduan rasanya jadi kek gimana ya.. sepertinya menarik.

Yaa ampun kak
Andai aku gk alergi, pasti udah OTW ponti deh. Pengen banget incip yang saus telur asin :(

Waaaa kemarin aku abis makan cumi asam manis dan kerang dara saus Singapura. Memang seafood gak ada matinya ya, selalu memggoda, sulit ditolak...hihihi

Unik namanya dan lokasinya berasa bikin deg degan sekaligus tenang ya karena serasa jauh dari mana mana. Bikin ngebayangin makan seafood banget deh. Apalagi bumbunya asam manis.

Effortnya untuk menikmatii seafoodnya itu lhooooo perjuangan bangett hahaha.
Nyampe sana udah makin laper disambut sama aneka seafood yang... Hnngg pagi2 bikin keroncongan 😍😍

Yang belum pernah nyicipin sama sekali itu teripang sama bulu babi hehehe aslinya penasaran kaya gimana pengolahan nya

Makanan seafood itu adalah salah satu yang menyenangkan dan paling suka kalau di asam manis. Jadi pengen jalan ke Pontianak lagi kak.

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon