Tamashi, Rice Bowl Pontianak Ala Jepang yang Nikmat

Tamashi Indonesia, Rice Bowl Jepang di Pontianak Mengusung tagline "from our soul to your bowl" mengajak #KimochiLovers!
Ada yang lagi sama dengan Tukang Jalan Jajan? kepengen banget makan rice bowl. Beberapa hari ini emang pengen makan yang simpel dan unik. Akhirnya penasaran dengan tempura egg yang meleleh menggoda jiwa. Duh! membayangkan kombinasinya saja sudah ngiler. Memang harus cari tahu dan cobain sendiri seperti apa unik dan enaknya supaya tak terbawa mimpi lagi


Tamashi, Rice Bowl Pontianak Ala Jepang yang Nikmat
Tamashi, Rice Bowl Pontianak Ala Jepang yang Nikmat

Rice Bowl, Dari Mana?

Jika diartikan secara harfiah, artinya nasi dalam mangkuk. Tentu tak hanya nasi, ada pelengkap lain yang ditambahkan, seperti makanan cepat saji, makanan ini sangat menjamur dimana mana, selain praktis di buat, konsumen tak terlalu repot untuk memakannya. Pernah penasaran nggak? Negara mana yang menjadi asal mula rice bowl. Menilik lebih dekat lagi, donburi, atau dengan nama populer rice bowl. Hidangan ini hadir dari tradisi santap orang Jepang yang juga sama-sama pemakan nasi seperti orang Indonesia. Karena kepraktisannya, gaya makan ini cepat masuk ke dalam menu keseharian kalangan urban. 

Donburi ini kayaknya rice bowl paling terkenal di dunia deh. Setuju nggak? Makanan Jepang yang termasuk fast food di negeri asalnya ini memang jadi salah satu menu yang ada di hampir semua restoran Jepang. Kamu pasti pernah dong nyobain gyutandon atau katsudon? 
Ternyata Korea juga punya rice bowl yang dinamain Bibimbap. Masakan ini juga jadi salah satu menu khas dari Korea karena Bibimbap nggak bisa ditemukan di negara lain. Salah satu ciri khasnya adalah Bibimbap ini disajikan menggunakan mangkuk dari batu yang dipanaskan. Rice bowl asal Korea ini menggunakan banyak sayuran seperti bayam, wortel, dan timun. Oh ya di atasnya juga selalu ada telur setengah matang yang membuat bibimbap jadi makin istimewa.

Bibimbap ini cocok banget buat kamu yang suka sama makanan agak pedas dan panas. Kamu bisa cobain bibimbap khas Korea ini di Wu Jang Gun. Saus gochujang di sini spesial banget, rasanya benar-benar menyatu ketika nasi, sayur, daging, dan telur diaduk bersama! Sekarang kita bahas rice bowl dari Cina. Seperti yang kita tahu kebanyakan orang Cina suka banget sama nasi, bahkan ada pepatah "tanpa nasi, istri yang paling pintar pun tidak bisa memasak". Jadi nggak salah banyak masakanan ala Cina yang memang harus dimakan pakai nasi. Misalnya saja ayam kungpao, sapo tahu, atau orange chicken.

Rice Bowl Semakin Ngepop termasuk di Pontianak

Budaya makan orang Jepang yang simpel terbentuk dari budaya kehidupan warganya yang serba praktis dan ingin cepat. Donburi disajikan langsung per porsi dan diletakkan lauk secukupnya sesuai kebutuhan bagi penik karena tidak ada asisten rumah tangga yang siap mencuci piring lauk gaya makan tengah. Lemari dapur berisi bumbu botolan hingga dashi instan. Hidup mereka praktis. Nasi bisa berganti-ganti dengan udon, dengan jenis topping yang berputar-putar di lauk yang sama.

Rice bowl kekinian mudah menyebar karena tercipta di era media sosial. Tampilannya estetis untuk layar Instagram. Biro konsultan global untuk ranah industri food and beverage, Bhaum and Whiteman, menyebut rice bowl sebagai tren yang melesat pada tahun 2017, selain kale, vegetarian comfort food, dan tempat-tempat breakfast seru. ABC News juga pernah mengangkat sisi kesehatan rice bowl. Di program ini, nutrisionis Maya Feller menyebut bahwa ia menemukan banyak rice bowl yang tidak melebihi angka 500 kalori. Selain praktis, ternyata rice bowl juga bisa didesain untuk menjadi makanan sehat. Menarik banget buat dinikmati dalam berbagai suasana


Tamashi Indonesia, Rice Bowl Jepang di Pontianak

Mengusung tagline "from our soul to your bowl" mengajak #KimochiLovers! bisa menikmati semangkok kenikmatan Jepang yang dibuat dengan sentuhan  hati sang koki. Benar benar menjanjikan kenikmatan yang hakiki dan patut jadi sasaran uji coba kenikmatan. Lokasinya di Food Court The Garden, Jalan Sumatera Pontianak. Tenantnya ada dipaling belakang pojok kanan. Gampang ditemukan karena berada di pojokan. Ornamen lampion Jepang akan menjadi cirikhas tamashi Indonesia terpampang nyata. Ada papan besar yang juga menunjukkan menu baru tamashi yang wajib coba. Lalu apa saja menu spesialnya?

Menu pertama

Curry Karage Ricebowl

Lihatlah potongan karage yang memenuhi bagian atas nasi lalu tersiram kari Jepang dengan kentang, wortel dan bombay. Nah, kari Jepang ini cenderung kental, tak seperti kari india atau Indonesia yang lebih encer. Tekstur kuah kari Jepang di sini lebih kental. Memiliki rasa gurih, manis tipis. Biasanya disajikan dengan nasi putih, potongan sayuran rebus, irisan daging atau ayam, atau mie udon. Kuah kari Jepang memiliki rasa hangat dan sedikit pedas serta memiliki aroma rempah yang khas. Saya tim diaduk! Biar semua nasinya bersalut bumbu kari.

Menu kedua

karage original Ricebowl

Disajikan dengan karage dan acar. Nasi putih yang pulen, sementara setelah saya foto foto kece selama 15 menit, karage masih renyah! Didalamnya ada daging ayam yang sudah dimarinasi sehingga daging ayam sudah terasa gurih dengan rasa garlic and pepper tipis tipis. Acaranya dari kol dan wortel, dengan rasa asam, manis, dan asin yang nonjok. Cocok untuk menyeimbangkan rasa.

Menu ketiga

Gyudon Ricebowl

Sesuatu yang harus kamu coba! Tidak ada yang bisa menolak beef belly yang berlemak! Oooh no! Sajian ini sebenarnya sederhana, terdiri dari nasi dan irisan daging sapi bagian perut yang dimasak dengan bawang bombai dan bumbu manis. Aku suka banget dengan bawang bombai yang ditulis hingga terkaramel dengan bumbu manis yang mirip teriyaki minus jahe dan wijen. topping uniknya berupa telur bulat setengah matang yang digoreng dengan tepung dan diberi irisan daun bawang. Ini wajib kamu coba! Beef belly never wrong!

Selain ini kamu juga harus mencoba telur spesial dari Tamashi Indonesia, Egg tempura ini beneran bikin ngiler. Pesan juga nasi dengan nori biar tambah spesial lalu ledakkan telur setengah matang diatas nasi berbumbu nori. Kuning telur yang meleleh, menambah citarasa nasi yang sudah berbalut nori. Porsinya juga bebas mau pilih sendiri, yang sedang atau yang besar. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan isi perut ya.


Yuk Ke Tamashi Indonesia

Jika ingin mencoba kamu bisa jajan di ojek online atau juga langsung datang ke lokasinya.
Tamashi Indonesia "from our soul to your bowl"
Hello #KimochiLovers! 
The Garden Food Court, Jln. Sumatera No 18 C - E ( Sederet WARUNK BOSSMAN)

Kamu suka yang mana? Selamat Makan dan Salam Yumces
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.