4 Februari 2021

Tamashi, Rice Bowl Pontianak Ala Jepang yang Nikmat

Ada yang lagi sama dengan Tukang Jalan Jajan? kepengen banget makan rice bowl. Beberapa hari ini emang pengen makan yang simpel dan unik. Akhirnya penasaran dengan tempura egg yang meleleh menggoda jiwa. Duh! membayangkan kombinasinya saja sudah ngiler. Memang harus cari tahu dan cobain sendiri seperti apa unik dan enaknya supaya tak terbawa mimpi lagi


Tamashi, Rice Bowl Pontianak Ala Jepang yang Nikmat
Tamashi, Rice Bowl Pontianak Ala Jepang yang Nikmat

Rice Bowl, Dari Mana?

Jika diartikan secara harfiah, artinya nasi dalam mangkuk. Tentu tak hanya nasi, ada pelengkap lain yang ditambahkan, seperti makanan cepat saji, makanan ini sangat menjamur dimana mana, selain praktis di buat, konsumen tak terlalu repot untuk memakannya. Pernah penasaran nggak? Negara mana yang menjadi asal mula rice bowl. Menilik lebih dekat lagi, donburi, atau dengan nama populer rice bowl. Hidangan ini hadir dari tradisi santap orang Jepang yang juga sama-sama pemakan nasi seperti orang Indonesia. Karena kepraktisannya, gaya makan ini cepat masuk ke dalam menu keseharian kalangan urban. 

Donburi ini kayaknya rice bowl paling terkenal di dunia deh. Setuju nggak? Makanan Jepang yang termasuk fast food di negeri asalnya ini memang jadi salah satu menu yang ada di hampir semua restoran Jepang. Kamu pasti pernah dong nyobain gyutandon atau katsudon? 
Ternyata Korea juga punya rice bowl yang dinamain Bibimbap. Masakan ini juga jadi salah satu menu khas dari Korea karena Bibimbap nggak bisa ditemukan di negara lain. Salah satu ciri khasnya adalah Bibimbap ini disajikan menggunakan mangkuk dari batu yang dipanaskan. Rice bowl asal Korea ini menggunakan banyak sayuran seperti bayam, wortel, dan timun. Oh ya di atasnya juga selalu ada telur setengah matang yang membuat bibimbap jadi makin istimewa.

Bibimbap ini cocok banget buat kamu yang suka sama makanan agak pedas dan panas. Kamu bisa cobain bibimbap khas Korea ini di Wu Jang Gun. Saus gochujang di sini spesial banget, rasanya benar-benar menyatu ketika nasi, sayur, daging, dan telur diaduk bersama! Sekarang kita bahas rice bowl dari Cina. Seperti yang kita tahu kebanyakan orang Cina suka banget sama nasi, bahkan ada pepatah "tanpa nasi, istri yang paling pintar pun tidak bisa memasak". Jadi nggak salah banyak masakanan ala Cina yang memang harus dimakan pakai nasi. Misalnya saja ayam kungpao, sapo tahu, atau orange chicken.

Rice Bowl Semakin Ngepop termasuk di Pontianak

Budaya makan orang Jepang yang simpel terbentuk dari budaya kehidupan warganya yang serba praktis dan ingin cepat. Donburi disajikan langsung per porsi dan diletakkan lauk secukupnya sesuai kebutuhan bagi penik karena tidak ada asisten rumah tangga yang siap mencuci piring lauk gaya makan tengah. Lemari dapur berisi bumbu botolan hingga dashi instan. Hidup mereka praktis. Nasi bisa berganti-ganti dengan udon, dengan jenis topping yang berputar-putar di lauk yang sama.

Rice bowl kekinian mudah menyebar karena tercipta di era media sosial. Tampilannya estetis untuk layar Instagram. Biro konsultan global untuk ranah industri food and beverage, Bhaum and Whiteman, menyebut rice bowl sebagai tren yang melesat pada tahun 2017, selain kale, vegetarian comfort food, dan tempat-tempat breakfast seru. ABC News juga pernah mengangkat sisi kesehatan rice bowl. Di program ini, nutrisionis Maya Feller menyebut bahwa ia menemukan banyak rice bowl yang tidak melebihi angka 500 kalori. Selain praktis, ternyata rice bowl juga bisa didesain untuk menjadi makanan sehat. Menarik banget buat dinikmati dalam berbagai suasana


Tamashi Indonesia, Rice Bowl Jepang di Pontianak

Mengusung tagline "from our soul to your bowl" mengajak #KimochiLovers! bisa menikmati semangkok kenikmatan Jepang yang dibuat dengan sentuhan  hati sang koki. Benar benar menjanjikan kenikmatan yang hakiki dan patut jadi sasaran uji coba kenikmatan. Lokasinya di Food Court The Garden, Jalan Sumatera Pontianak. Tenantnya ada dipaling belakang pojok kanan. Gampang ditemukan karena berada di pojokan. Ornamen lampion Jepang akan menjadi cirikhas tamashi Indonesia terpampang nyata. Ada papan besar yang juga menunjukkan menu baru tamashi yang wajib coba. Lalu apa saja menu spesialnya?

Menu pertama

Curry Karage Ricebowl

Lihatlah potongan karage yang memenuhi bagian atas nasi lalu tersiram kari Jepang dengan kentang, wortel dan bombay. Nah, kari Jepang ini cenderung kental, tak seperti kari india atau Indonesia yang lebih encer. Tekstur kuah kari Jepang di sini lebih kental. Memiliki rasa gurih, manis tipis. Biasanya disajikan dengan nasi putih, potongan sayuran rebus, irisan daging atau ayam, atau mie udon. Kuah kari Jepang memiliki rasa hangat dan sedikit pedas serta memiliki aroma rempah yang khas. Saya tim diaduk! Biar semua nasinya bersalut bumbu kari.

Menu kedua

karage original Ricebowl

Disajikan dengan karage dan acar. Nasi putih yang pulen, sementara setelah saya foto foto kece selama 15 menit, karage masih renyah! Didalamnya ada daging ayam yang sudah dimarinasi sehingga daging ayam sudah terasa gurih dengan rasa garlic and pepper tipis tipis. Acaranya dari kol dan wortel, dengan rasa asam, manis, dan asin yang nonjok. Cocok untuk menyeimbangkan rasa.

Menu ketiga

Gyudon Ricebowl

Sesuatu yang harus kamu coba! Tidak ada yang bisa menolak beef belly yang berlemak! Oooh no! Sajian ini sebenarnya sederhana, terdiri dari nasi dan irisan daging sapi bagian perut yang dimasak dengan bawang bombai dan bumbu manis. Aku suka banget dengan bawang bombai yang ditulis hingga terkaramel dengan bumbu manis yang mirip teriyaki minus jahe dan wijen. topping uniknya berupa telur bulat setengah matang yang digoreng dengan tepung dan diberi irisan daun bawang. Ini wajib kamu coba! Beef belly never wrong!

Selain ini kamu juga harus mencoba telur spesial dari Tamashi Indonesia, Egg tempura ini beneran bikin ngiler. Pesan juga nasi dengan nori biar tambah spesial lalu ledakkan telur setengah matang diatas nasi berbumbu nori. Kuning telur yang meleleh, menambah citarasa nasi yang sudah berbalut nori. Porsinya juga bebas mau pilih sendiri, yang sedang atau yang besar. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan isi perut ya.


Yuk Ke Tamashi Indonesia

Jika ingin mencoba kamu bisa jajan di ojek online atau juga langsung datang ke lokasinya.
Tamashi Indonesia "from our soul to your bowl"
Hello #KimochiLovers! 
The Garden Food Court, Jln. Sumatera No 18 C - E ( Sederet WARUNK BOSSMAN)

Kamu suka yang mana? Selamat Makan dan Salam Yumces

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

24 comments

Makanan khas Jepang emang menggoda. Rasanya unik dan praktis sajiannya. Walaupun sebenarnya cita rasa Indonesia tetep sih lebih enak buat saya. Hehe

Meski gitu, sebagai pencinta kuliner, makanan khas Jepang tentu mendapatkan tempat istimewa di hati. Hehe

Pagi-pagi baca postingan Mas Don, auto langsung lapar dan ngiler hahaha.
Memang Rice Bowl ini populer, Mas. Bahkan beberapa resto atau kedai seleb juga ada menu Rice Bowl-nya. Praktis ya, tapi beragam menunya.

wahh rice bowl ini emang enak ya kak
emang skrg sudah banyak tempat makan yg menyediakan menu masakan jepang
auto lapar baca postingan ini

wahh rice bowl ini emang enak ya kak
emang skrg sudah banyak tempat makan yg menyediakan menu masakan jepang
auto lapar baca postingan ini

Karena aku nggak suka sushi jadi kalau teman ngajakin makan di resto jepang pasti pesennya rice ball atau ramen. Nah, kalau rice ball udah pasti andalanku tuh curry karage. Aku mau coba makan di Tamashi tapi kayaknya di tempatku belum ada deh

Kuliner Jepang memang termasuk yg saya suka, karena kaya rasa dan spicy. Termasuk ricebowl seperti ini yg praktis dan nggak makan tempat

ngiler banget pengen makan rice bowl pontianak ala jepang,, lokasinya dekat dengan rumah jadi bisa ke sana bersama keluarga atau kerabat,

Wah kalau daku yang dapat menu saus kari Rice Bowl Tamashi ini milihnya bukan tim diaduk kak, soalnya biar nggak cepet habis menyerap ke nasi, biar bisa diseruput alias dinikmati satu-satu

Aku beberapa kali makan rice bowl di tempat yang berbeda-beda. Problemku selalu sama: nasinya kebanyakan :D

Aku ama suami lagi sukaa banget rasa kare Jepang. Beda gitu ama kare India. Wah, kalau ada Tamashi Ricebowl, aku langsung pesen Curry Karage Ricebowl deh...Nyam nyam

Siang-siang pas belum makan siang baca postingan berbau masakan, wah autolaper Mas Don. Rice Bowl yang kutahu kayak merek gerai kuliner di mal-mal itu. Memang tren terus meningkat sih karena tampilannya bagus dan kekinian. Bayangin yang curry khas Jepang, oishi....

Uwuuu lapeeerrrr bayanginnya. Anak-anakku juga suka banget sama japanese curry, disajikan dalam konsep rice bowl begini pasti lahap.

Nyam2 sungguh aku kangen makan rice bowl tapi makannya gak di rumah ya, melainkan di event mamam bareng temen2 haha
Wah asyik masakannya ala2 Jepang, paling suka karage. Aku biasanya makan sama saus sambel yang pedes gtu :D

Aku dan anak-anak termasuk yang suka sama rice bowl. Praktis dan mudah dibawa kemana aja. POrsi juga pas. Buat piknik apalagi. Manteb banget deh. wkwkw.

Rice bowl favorit aku nih, karena porsinya pas dan cukup buat perut saya yang kecil hehe. Tapi belum pernah nyobain yang ini sih, ntar mampir deh

Yummyyyy enaaak bgt ini kak.
Akupun penggemar rice bowl.
Kalo d Sby, seringnya jajan k hokben atau yoshinoya sikk

Penasaran telur bulat setengah Mateng digoreng gimana rasanya, bikin ngiler deh, malam malam lihat post tukangjalanjajan

Rice bowl tu Kalau di kita ada nasi soto dengan mangkuk kecil, ya?.hehe.. maksudnya secara penyajian. Hanya menggunakan tempat kecil dengan beberapa lauk di sekitarnya. Lebih sering nasi dipakai lauk karena jumlahnya yang sedikit, hehe.. kebalik, ya?

Bangsa-bangsa di Asia Timur kayak Jepang, Korsel, dan Tiongkok biasa makan ricebowl ini ya, pakai sumpit lagi. Kok bs ya, hehe... mau ah kapan2 makan Gyudon rice bowl di Tamashi Indonesia

Aku pernah pesen rice bowl di salah satu resto cepat saji. Lumayan banget buat ganjel perut yang keroncongan. Isinya juga biasanya udah lengkap dengan lauk. Persis kayak di videonya.

Rice bowl gini aq suka banget kak, jadi serasa makan di Jepang gitu.. Sayangnya aq gak bisa pakai sumpit kalo makan nasi auto ambyar

Aku suka riceball karena langsung jadi satu nasi dan lauk praktis. Apalagi nasinya pulen kayak gini, auto habis

kuning telur yang meleleh sukses bikin aku ngiler, huwaaa itu enak
kalau di kotaku, rice bowl yang biasa dijual menunya gitu gitu aja kak, kalau yang serba jepang begini belum ada

wuah di Jember belum ada tamashi rice bowl
kalau rice bowl-rice bowl biasa sih ada, tapi kalo yang asli Tamashi belom ada
pengen banget nyobain yang asli

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon