15 Januari 2021

Abu Mumtaz, Dimsum Enak di Pontianak

Ngedimsum yuk! Aku lagi demen sekali ama dimsum. Makanan yang kecil kecil, complicated, enak dan bahayanya bisa ngga berhenti. Ada 30? 40? Atau ratusan jenis. Tukang Jalan Jajan jajan sampai lelah menghitung jumlah dimsum di Warunk Abu Mumtaz 151. Mengapa dimsum bisa enak banget dan bisa bikin ngga berhenti makan ya? Dimsum ini termasuk makanan dari masa lampau yang tidak lekang dimakan jaman. Hingga abad ke 10, ada sekitar 2000 jenis dimsum yang bertebaran di negeri China dan sebagian besar juga mulai bertebar di negara-negara non China. Setidaknya sebuah restoran bisa menyediakan hingga 100 jenis dimsum hari ini.

Abu Mumtaz, Dimsum Enak di Pontianak

Hidangan ringan ini sengaja dibuat kecil-kecil dan bisa disantap dalam sekali suapan saja. Nilai plusnya, dimsum dibuat dalam bentuk yang unik dan penuh estetik sehingga memberikan kesan mendalam bagi siapa saja yang berkesempatan menyantapnya. Hayo, siapa yang suka makan dimsum terus ngga bisa berhenti.

Tradisi Makan Dim Sum Sembari Minum Teh

Bagi penggemar dimsum, sudah pasti begitu meletakkan diri diatas kursi, bahkan sebelum memesan apa apa, ada beberapa tempat yang langsung menyediakan teh dan menuangkannya kedalam gelas kecil. Mengapa harus teh? Mengapa tidak minuman lainnya? Tradisi menyantap dim sum sambil minum teh juga ada filosofi tersendiri bagi masyarakat Tionghoa. Dim sum dan teh disebut-sebut sebagai pasangan yang pas karena saling berkaitan dan tak dapat dilepaskan. Sudah seperti yin dan yang. Selalu sepasang, kalau ada dim sum pasti ada teh.

Jika ditilik dari ukuran gizi yang dikandung, Dim sum memiliki jumlah kalori yang tinggi. Satu buah shumai biasanya mengandung 150 kalori. Dan jumlah tersebut setara dengan semangkuk sup kentang. Coba sama sama dihitung, biasanya mampu menghabiskan berapa shumai sekali makan? Maka dari itu, setiap kali menikmati dim sum, harus ada penyeimbang berupa teh karena tingkat kalori yang tinggi itu, dianjurkan minum teh. Nah, khasiat teh di sini dipercaya bisa membakar lemak yang terkandung dalam dim sum.

Tapi kamu harus ingat, Pastikan meminum teh usai menikmati dim sum, jangan dalam keadaan perut kosong. Pasalnya teh bersifat basa dan perut kita asam. Asam dan basa tidak bagus dipadukan karena bisa menciptakan efek kembung. Soal kualitas, teh bisa dibedakan berdasarkan aromanya. Biasanya teh berkualitas bagus punya aroma wangi alami.

Mengapa Dimsum Disukai Penikmat Kuliner Indonesia?

Banyak faktor yang menyebabkan dimsum disukai di Indonesia selain karena estetika keindahan bentuknya, seperti faktor dimsum memiliki rasa yang enak, banyak variasi, dimsum juga merupakan alternatif makanan sehat karena teknik pengolahan dimsum sebagian besar adalah dengan cara dikukus, dan yang terakhir adalah karena harga dimsum lebih terjangkau dibandingkan makanan Tionghoalainnya seperti capcay dan kwetiau yang harganya diatas Rp 20.000. Harga dimsum mulai dari harga Rp 10.000 untuk satu porsinya yang berisi tiga sampai empat buah dimsum,tergantung tempat menikmatinya. Biasanya setiap tempat sudah memiliki ciri khasnya masing masing dan ada jenis dim sum yang menjadi andalan

Perkiraan saya lainnya adalah karena ukuran dim sum yang mungil dan sekali makan, membuat dim sum nyaman untuk menemani segala macam suasana. Termasuk jadi cemilan dan jadi teman ngobrol sambil minum teh. Memakan dim sum bisa dilakukan perlahan tanpa harus tergesa gesa apalagi sampai berusaha ekstra keras seperti menggerogoti tengkleng. Selain itu dimsum ini juga dapat dinikmati diberbagai suasana. Mau dijadikan sarapan, boleh boleh saja. Ingin dijadikan jeda snack time juga tidak masalah, maupun jadi makan malam pun masih tetap sedap. Tak ada aturan baku kapan harus dinikmati sehingga makanan ini cocok disantap kapan saja.

Bisa juga karena ilihan jenisnya yang banyak, ada pilihan asin atau manis dengan aneka isian yang menggoda serta aneka bentuk yang menarik. Apalagi proses pemasakannya tidak hanya dikukus tapi juga dogoreng. Jadi makanan ini bakalan cocok untuk keluarga ataupun ngumpul rame (selama bukan pandemi ya) karena bisa mengakomodir semua selera makan. Nah kalau kamu?

Jenis jenis Dimsum yang Sering Ditemui

Mungkin saya tak bisa menuliskan semua jenis dimsum, jadi saya menuliskan beberapa dimsum yang sering dinikmati orang Indonesia dan biasanya tersedia disemua tempat termasuk di Abu Mumtaz. Beberapa mungkin sudah sering pesan dan dimakan 

Bakpao 

Ini sangat lazim ditemukan dibanyak empat, tapi biasanya ukuran besar besar, sementara dika dipadukan dengan dimsum, maka ukurannya lebih kecil dan sekali lahap. Kamu pasti sudah akrab dengan jenis dimsum yang satu ini. Restoran dimsum biasanya menyajikan beberapa jenis bakpao seperti isi telur asin, isi talas, hingga isi ayam dan bakpao apel isi wijen hitam. Di Abu Mumtaz, isinya sangat beragam dan bentuknya pun macam macam.

Hakau 

Dimsum yang satu ini adalah dumpling udang yang dimasak dengan cara dikukus. Kulit luarnya terasa sangat lembut sementara bagian dalamnya lebih padat. Jika menggunakan udang yang segar maka rasanya akan manis gurih. Pasti susah untuk berhenti makan.

Siew Mai (Siomay)

Ini adalah jenis yang paling gampang kita temukan, bahkan pedagang kaki lima pun banyak yang menjajakannya. Sudah lazim dengan rasa dan kenikmatanya Pada umumnya restoran dimsum menyediakan 2 jenis siew mai, yakni yang berbahan dasar ayam dan udang. Ada juga yang dibuat dengan campuran keduanya. 

Wan Ton 

Kalau berbicara tentang dimsum goreng, wan ton masih menjadi juaranya. Wan ton ialah daging ayam cincang yang dibungkus kulit pangsit dan kemudian dilah dengan cara deep fried. 1 porsi wan ton biasanya berisi 3 hingga 5 buah dimsum yang disajikan bersama saus sambal atau saus khas dari restoran yang kamu datangi. 

Mantou 

Mantou bisa ditemukan dalam bentuk goreng atau kukus. Rasanya hampir sama dengan bakpao namun lebih lembut. Isiannya cukup bervariasi dan bisa kamu pilih sesuai selera. Aku sukanya dimakan begitu saja, kadang ada juga yang suka dicelup kedalam kental manis. Tergantung selere, semuanya enak.

Tim Pangsit Udang Jamur 

Wah! imi salah satu favori saya, apalagi di Abu mumtaz, sama sekali ngga pelit dalam mengisi udang kedalamnya. Sesuai namanya, dimsum ini terbuat dari campuran udang dan jamur yang kemudian dibungkus dengan kulit pangsit. Olahan ini dimasak dengan cara dikukus. Udahnya ada 4 dan besar besar, karena segar, daging udangnya super manis. Ini beneran sedep sih!

Gao Zi

Ada yang pernah mencona Gao Zi? ini enak juga kok,bagi yang masih bingung, Gao Zi hampir sama dengan hakau, namun kulit pembungkusnya lebih tebal sehingga menghasilkan tekstur yang berbeda dan warna yang lebih menguning. Gao zi disajikan bersama saus vinegar manis yang tentunya dapat menggugah selera. Dim sum beneran memiliki rasa yang beragam ya, sungguh menggugah selera beneran!

Fong Zau 

Ini salah satu favorit saya, walaupun terlihat biasa tapi pengolahannya super ribe dan susah. Tapi sebanding dengan kenikmatan rasanya. Kalau kamu adalah pecinta makanan pedas, pasti akan sulit rasanya untuk menolak Fong Zau. Fong Zau adalah ceker ayam yang dikukus hingga lembut dan disajikan bersama bumbu kacang hitam bercita rasa pedas. 

Lumpia Kukus 

Aihhh beneran menggoda, lumpia aja enak, tapi ini beda dong. Dimsum berikutnya yang harus kamu coba adalah yang terbuat dari berbagai isian dan kemudian dibungkus oleh lumpia kulit tahu. Dimsum yang diolah dengan cara dikukus ini ada yang berisi ayam, udang, dan ada juga yang berisi kepiting. 

Lumpia Goreng 

Tak hanya dikukus, ternyata dimsum kulit lumpia bisa juga diolah dengan cara digoreng. Kamu dijamin akan ketagihan dengan tekstur kulit nan renyah yang membungkus ayam, udang, atau kepiting. Lumpia goreng cocok dinikmati bersama saus sambal. 

Setidaknya ada puluhan hingga ratusan dimsum yang bisa dijadikan menu sarapan atau sekedar cemilan di sore hari yang bisa Anda peroleh. 


Mengapa Dimsum Disukai Penikmat Kuliner Indonesia

Banyak faktor yang menyebabkan dim sum disukai di Indonesia selain karena estetika keindahan bentuknya, seperti faktor dim sum memiliki rasa yang enak, banyak variasi, dim sum juga merupakan alternatif makanan sehat karena teknik pengolahan dim sum sebagian besar adalah dengan cara dikukus, dan yang terakhir adalah karena harga dim sum lebih terjangkau dibandingkan makanan Tionghoa lainnya seperti Capcay dan Kwetiau yang harganya diatas Rp 20.000. Harga dimsum mulai dari harga Rp 10.000 untuk satu porsinya yang berisi tiga sampai empat buah dimsum.Banyak sekali jenis-jenis dim sum yang ada di restoran Tionghoa. 

Perkiraan saya lainnya adalah karena ukuran dim sum yang mungil dan sekali makan, membuat dim sum nyaman untuk menemani segala macam suasana. Termasuk jadi cemilan dan jadi teman ngobrol sambil minum teh. Memakan dim sum bisa dilakukan perlahan tanpa harus tergesa gesa apalagi sampai berusaha ekstra keras seperti menggerogoti tengkleng. Selain itu dimsum ini juga dapat dinikmati diberbagai suasana. Mau dijadikan sarapan, boleh boleh saja. Ingin dijadikan jeda snack time juga tidak masalah, maupun jadi makan malam pun masih tetap sedap. Tak ada aturan baku kapan harus dinikmati sehingga makanan ini cocok disantap kapan saja.

Bisa juga karena ilihan jenisnya yang banyak, ada pilihan asin atau manis dengan aneka isian yang menggoda serta aneka bentuk yang menarik. Apalagi proses pemasakannya tidak hanya dikukus tapi juga dogoreng. Jadi makanan ini bakalan cocok untuk keluarga ataupun ngumpul rame (selama bukan pandemi ya) karena bisa mengakomodir semua selera makan. Nah kalau kamu?

Abu Mumtaz 151, Dimsum Enak di Pontianak

Tempat ini awalnya menjual berbagai kuliner Timur Tengah namun chef Abu Mumtaz kembali pada kemampuan lamanya, membuat aneka dim sum. Panggilan jiwa dan kemampuan yang sudah lama diasah kembali dimunculkan dan memang kemampuan berbanding lurus dengan rasa yang dihasilkan. Dari tangan dingin chef ini, banyak sekali jenis dimsum yang muncul. Saya tidak ingat saking banyaknya. Tapi beberapa yang layak dicoba saya rekomendasikan untuk dimakan. Beberapa jenis dimsum yang ada di #abumumtaz151 mulai dari 
  • tofu skin roll
Selalu jadi favorit karena diriku memang penggemar kulit tahu. Teksturnya sangat nyaman didalam mulut, rasa gurihnya juga sangat menyenangkan.
  • steamed meatball 
  • spring roll 
  • aneka bakpao 
Isian Bakpao di abumumtas mengancam, diisi dengan aneka rasa, mulai dari kacang hijau, pandan, serikaya, telurasin. Semuanya menggoda, juda ada bakpao buah persik dengan teknik air brush. Sangat terlihat kece. Jawara kelas berat
  • mantau 
  • char siu bau
  • shumai 
  • lotus leaf rice
Ini masuk kategori DIE DIE MUST TRY, awalnya ekspektasi saya jauh dibawah standar karena daun teratai diganti dengan daun pisang. Tapi begitu saya merasakan pulennya ketan dan nikmatnya isian jamur shitake dengan telur asin, syaraf kenikmatan dilidah saya langsung beontak tidak karuan. Ini nikmat!
  • har gow 
  • fried taro
  • chicken feet
Salah satu favorit saya dengan kategori nikmat parah yang mengancam adalah kaki ayam dengan bumbu ngo hioung ini. Kulitnya lepas dengan begitu sempurna, paduan rasa rempahnya pas dan harum semerbak! Duh... saya susah move on!
dan masih banyak lainnya. Nah, supaya lebih mudah mengidentifikasi saya punya video menarik yang bisa di tonton sebagai dasar referensi untuk jajan di Abu Mumtaz 151. Nah ini semua Halal ya genks, semua bahannya beneran premium, isinya beneran catatan udang atau ayam atau mix keduanya. 


Selain itu sambal spesial cocolan dimsumnya begitu spesial apalagi chili oilnya. Duh gustiii! Ini mau dicocol, disiram atau direndamin ama sambal, enak semua! Mampir ke Warunk Abu Mumtaz 151 di Jalan.Tanjung Raya 2,samping Gg. Pam dengan nomor telepon 081545916662

Apa dimsum favoritmu? Apakah ada yang kamu ketahui namanya? Selamat Makan dan Salam YumCez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

27 comments

Ohhhh aku baru tau ternyata itu semua masuk ke jenis Dimsum ya. Aku suka semua. Enak-enak soalnya.

Aku jadi lapar lagi bayangin dimsumnya Abu Mumtaz 151 kak hahaha.. Setuju dimsum salah satu makanan di dunia yang paling lezat ^^

Saya pernah diajakin makan dimsum waktu kerumah temen, baru kali itu kirain kayak siomay kan,, ternyata rasanya jauh lebih enak wkwkw.. warna warni lagi, ndeso pokoknya dahhh

Eh, lumpia goreng ini termasuk dimsum?

Wah kalau ini mah salah satu jajan favoritku. Apalagi kalau makannya dicocol pakai saus atau cabe. Huwaaaa... Mantab

Aku suka dimsum. Tapi sayangnya nggak semua dimsum halal itu thayyib bagiku karena aku alergi udang :D

Aku suka semuaaa...haha...Favorit yang isi udang sih dan ceker ayam (engga tahu namanya). Tapi suka sebel kalau beli, soalnya seporsi cuma isi 3. Haha...kurang banyak. Kayaknya mantap tuh di Abu Mumtaz...

Makan dimsum sambil minum teh, awas jadi lupa sama deadline haha. Soalnya menikmati hidangan yang nikmat itu bisa membuat nambah karena lezatnya

aku suka banget makan dimsum favoritku ya siomay dan udang jamur
ceker juga enak buat dimsum

Dimsum dan teh harus disajikan bersama, karena dimsum cenderung tinggi kalori. Tapi kalo tehnya es teh manis sama2 tinggi dong kalorinya wkwkwk.

Ternyata Siomay itu bagian dari kelompok Dim Sum rupanya. Dan paling enak dinikmati sambil minum Teh.

Saya pikir dulu, Siomay ya Siomay, teman makan Batagor yang disiram saus kacang. Mungkin kalau yang ini, hasil akulturasi budaya sepertinya.

Lumpia goreng termasuk jenis-jenis dimsum yahh, wah endul2 semua itu dimsumnya. Saya dan anak-anak dimsum lover juga dimakan panas2 sama cocolan saus dimsum.

Postingan TJJ pasti selalu sukses buat laper. Aku suka banget sama dimsum!!! Ntar mau coba juga ah Abu Mumtaz ini, kayanya recommended yaaa. Thx 4 sharing TJJ, keep on writing <3

Menu2 dimsumnya sangat menggoda selera nih. Aku termasuk suka banget sama dimsum,karena lebih sehat. Dimsum yg paling banyak dijumpai di tempatku yaitu somay.

Aku baru tahu kalau teman makan dimsum itu adalah teh. Saya suka sekali makan dimsum, terutama bakpao yang ada telur asinnya tuh, waduhhh enak banget.

Wah cemilan sore nih, dimsum kenyal dan enak gitu. Tyt kalorinya.dinsum tinggi juga ya, aku baru tahu nih. Dan solusinya setelah bar bar dimsum harus diakhiri dengan ngeteh.

Perpaduan yang menyenangkan sih yak ☺️, mantap om.

Paling tenar pasti siomay kan ya. Sampai dijual dengan harga merakyat. Terus mantau kalau tidak salah karena sudah jadi oleh2 khas Balikpapan.

Waaahhh ini enak-enak, menunya banyak pula pernah ni makan nasi briani disini daging kambing nya empuk.

dimsumnya enak banget nih bang, pengen nyoba langsung di tanray 2 ya oke deh otw

Very nice info. Aku biasanya suka tiba-tiba pengen makan dimsum kalau lagi jalan-jalan. Mungkin nanti kalau aku ke Pontianak aku akan ngidam dimsum juga, jadi aku udah tau mau mampir di mana. ^^

Duh..diceritain kayak gini rasanya air liur mau mengucur aja, kalau disuruh memilih mungkin aku milih Shu may sama pangsitnya kali ya

Masih ada beberapa jenis dimsum yang belum daku coba. Seenggaknya udah tahu namanya ya, jadi pas ketemu beneran ya langsung di makan haha... Lupa dah ngapalin namanya 😅

Aku suka banget dimsum baru tahu begitu banyak macam2 dimsum, meski suka banget tapi sepertinya aku baru mencoba beberapa varian saja...

Banyak banget ragam dimsum ya. Dan banyak yang belum kucoba atau memang nggak bisa dicoba :D

Aku juga suka dimsum udang itu, pertama diajak sama temanku.. terus jadi suka beli sendiri deh. Menu dan Harganya juga bervariasi.

Wah seriusan aku baru tau nama nama jenis dimsum dari sini nih hihi.
Lengkapp. Di sini jg ada dimsum2 yg dijual di pinggir jalan murah2. Enak lagii. Kalo ke pontianak wajib cobain nih

Selalu betah deh kalo mampir ke sini. Selalu ada cerita tentang makanan yang sebelumnya nggak aku tau tapi jadinya paham.

Duuuh ngiler lihatnya, soalnya saya juga suka dimsum. Enak aja gitu satu potong langsung masuk ke mulut. Apalagi saus cocolan sambalnya. Nyummm

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon