30 Maret 2020

Camilan Penggetar Lidah, Choipan Dapurummi4n

Choipan atau chaikwe emang makanan yang berbahaya karena kudapan ini mampu menggetarkan lidah. Bagaimana tidak? “makan satu ngga berasa, makan sepuluh masih kurang”. Makanan yang masuk kategori comfort food ini selalu jadi kenikmatan yang susah untuk dihentikan. Makanan yang mirip dimsum ini punya penggemar fanatic, bahkan yang baru mencobapun bisa saja jatuh cinta. Bentuknya yang seperti pastel namun dikukus ini punya ukuran sekali makan yang membuat orang susah untuk berhenti memasukkan kedalam mulut. Tak hanya itu, isiannya yang beragam dan racikan saus cabenya yang sedap membuat perpaduannya susah dihentikan.

Camilan Penggetar Lidah, Choipan Dapurummi4n
Camilan Penggetar Lidah, Choipan Dapurummi4n 
Chaikwe ini makanan yang sangat popular dikalangan orang Pontianak dan Singkawang bahkan sampai keluar wilayah, mampu menggetarkan lidah banyak orang. Makanan yang masuk dalam kategori berbahaya karena membuat tidak bisa berhenti. Mekanisme jepit, celup ke sambal dan benamkan di mulut sunggh membuat makan tak berasa kenyang! Choipan atau chaikwe dapurummi4n ini bikin makan ngga berhenti. Cemilan sekali 'hap' ini bikin ngga berenti makan. Cemilan 1000 rupiah ini punya "candu".

Choipan Chaikwe isi bengkuang keladi dan kacang hijau dapurummi4n
Choipan Chaikwe isi bengkuang keladi dan kacang hijau dapurummi4n
Chai kwe atau choi pan si penggetar lidah adalah makanan selingan tionghoa ini sudah melekat di lidah orang Pontianak. Kulit putih dan tipis terbuat dari tepung beras dan tapioka yang diuleni hingga merata kemudian di bentuk seperti pastel untuk yang di kukus. Bahkan versi Singkawang bentuknya mirip dengan dim sum. Sedangkan untuk yang di goreng, bentuknya seperti koin. Isiannya macam-macam, yang lazim di Pontianak ada kucai, bengkuang, kacang hijau kupas, rebung dan keladi. Bumbunya sederhana, ebi dan bawang putih goreng.

Apa rahasia Choipan Enak?

Dari beberapa pengalaman Tukang Jalan Jajan hunting makanan ini, lidah bergetar biasanya biasanya berawal dari penggunaan ebi pilihan, semakin baik kualitas ebi yang digunakan maka semakin gurih hasil tumisan isiannya. Penggunaan kulit yang tipis juga sanagt diminati oleh kebanyakan orang, walaupun sebenarnya tak semua kulit choipan tipis. Selain itu, bawang putih goreng yang digunakan juga haruslah renyah dan kering. Rasa gurih ini akan semakin menambah citarasa choipan.
Choipan Chaikwe isi kucai dan bengkoang dapurummi4n
Choipan Chaikwe isi kucai dan bengkoang dapurummi4n
Ada lagi faktor yang sangat menunjang kelezatan choipan yaitu sambal yang digunakan untuk cocolan. Beberapa penjual choipan menyiapkan beberapa jenis sambal pilihan. Tapi pilihan yang paling diminati adalah sambal cair yang asam, super pedas dengan rasa bawang putih yang menggigit. Ini jadi pilihan nyata untuk membuat eksekusi choipan dimulut jadi sempurn

Chaikwe dapurummi4n disaat Stay aT Home

Sembari mendukung program pemerintah untuk berdiam diri dirumah. Saya menggerakkan perekonomian lokal dengan memesan choipan/chaikwe dapurummi4n yang memiliki karakter kulit tipis, bawang putih goreng yang gurih dan renyah serta sambal pedas yang mlekoh bawang putihnya.
Nah, jika ingin memesan, kamu harus melakukan preorder terlebih dahulu dengan memesan lewat whatsapp dengan cara mengunjungi profil di instagram dapurummi4n dan camilan lezat ini akan dikirim keesokan harinya.
Camilan choipan/chaikwe khas dapurummi4n ini beneran full isi yang gurih dan bisa di pilih dengan cara pesan pre ordek ke  0813-1491-2009
️ Bengkuang
Paling sweeeeedep karena gurih ebi dan renyah manisnya bengkuang adalah perpaduan yang membahagiakan.
Choipan Chaikwe isi bengkuang dapurummi4n
Choipan Chaikwe isi bengkuang dapurummi4n
️ Kucai
Sedep banget begitu dicocolin ke sambelnya yang pedas, asem dan kenceng bawang putihnya. Passss buanget
Choipan Chaikwe isi kucai dapurummi4n
Choipan Chaikwe isi kucai dapurummi4n
️ Kacang Hijau
Ini beneraaaan sobat ambyaaar begitu dikunyah. Kok ya enak!
Choipan Chaikwe isi kacang hijau dapurummi4n
Choipan Chaikwe isi kacang hijau dapurummi4n
️ Keladi
Siapa yang bisa menolak paduan taro dengan ebi. Juaraaaa banget kan
Choipan Chaikwe isi taro keladi dapurummi4n
Choipan Chaikwe isi taro keladi dapurummi4n
Selain harganya yang 1000an perbuah, adapula paketan gegoleran dirumah, #workfromhome sepaketnya cuman 50ribuan. Puas banget dapet hasil hunting cemilan di @dapurummi4n. Hubungi nomor teleponnya ya untuk preorder. Kamu juga mesti pesan agar bisa menggerakkan perekonomian bangsa disaat menjalankan gerakan #dirumahaja
Sebagai dukungan ekonomi terhadap pedagang kuliner lokal agar terus bisa menggerakkan perekonomian. Semoga kasus ini cepet selesai yaaaa genksss. Kamu mau lidah ikut bergetar? Jangan lupa beli penggetar lidahnya di dapurummi4n. Yuk dukung gerakan #jajandarirumah Pesen cemilannya yak! Selamat bekerja dari rumah, selamat makan dan salam yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

40 comments

Ya ampooon pengen banget coba ini :((((( maunya beli langsung di asalnya bair berasa hahahahah

Suka lalu lalang nih gambar choipan dan jujur aku penasaran, sama sekali belum pernah nyoba apakah rasanya seendes ituh? Enaknya nyoba di tempat aslinya jg nih biar makin otentik

Kapan ya aku bisa ke Pontianak lagi? Masih mau nemenin aku jalan jajan ga, kak? Duhhh semoga bisa ke sana lagi, belum puas aku tuh makan makannya.

Wuah kayak dimsum ya.
Chaikwan ini cemilan yg sehat banget. No goreng2 dan minyak2. Hahaha

Ya Tuhan, cobaan apa ini. Aku ketemu pun belum pernah tapi melihat cocolan yg katanya asem super pedes itu uda cleguk2 air liur ku telan

Pengen ke Pontianak deh nyobain makanan enak lainnya ahahaha. Eny tuh ngiler terus klo liat Ig atau blognya Abang wkk

Ini choipan yang dulu pernah dipesenin ya waktu aku main ke pontianak, semoga bisa cobain lagi dengan kondisi perut yang ready.
Waktu itu mngkin masih jetlag, jadi agak kaget si perutnya. hhee

membaca ini hanya bisa menelan ludah :( ini terksturnya kayak somay gak sih? Tapi kulitnya agak tipis ya, rasanya gurih ya. Andai Pontianak tuh dekat, samperin deh :))

Sekilas mirip hakau ya, ternyata di Pontianak namanya Choipan. Murah banget cuma 1000 harganya jadi pingin nyobain nih, aman lah ya dari ebi jadi halal aku makan

Kak, aku baru tau loh nama makanan ini choipan. Kuselalu sebut ini dimsum ya ampun norak banget aku. Trus ini ternyata nama lainnya chaikwe ya. Kupikir bakal bahas cakwe yang modelnya digoreng itu. Jadi kepengen icip, di bekasi ada yang jual ga ya. Dulu cobanya di restoran khas nusantara di jakarta. Tapi lupa nama restorannya apa. Huhuhu kok ngiler aku jadinya

Sering liat chaikwe tapi belum pernah nyicipnya. Berarti chaikwe ini mirip dimsum tapi versi manis ya kak?. Duhh... Ini abis liat fotonya aja langsung ngiler.

Hauh terlihat enak kak dodon. EH itu seriusan kak harganya 1000an? Yaampun kalo ada di Bengkulu udah aku samperin ini

Udah lama nggak makan ini. Unik kuenya sih. Bentuknya mungil, kulit luarnya lembut dan lentur, trus pas digigit terasa kres kres kres karena ada bengkuangnya. Biasanya pake saus wijen

Belum bisa bayangin kenikmatan choipan tapi pengen nyobain, kayaknya enak nih. Kacang ijo dicelup saus sambal, duh segerrr. Harganya murah tapi rasanya nendang ya

Pagi pagi belum sarapan terus baca artikel ini Auto bikin lapar nihh
Aku kira di awal mengapa kok bisa berbahaya sih makanan ini.
Ehh nggak taunya berbahaya karena bikin ga berenti makan 😅😅😅🤭🤭🤭
Ga taunya tampilan choipannya bikin ngiler asliikkk

Wah, saya baru tahu jenis camilan ini. Dari penampakannya, kayaknya enak dan memang akan bikin nagih, apalagi kalau dicocolin sambal. Duh, dari jauh langsung berasa nikmatnya.

Wah kayaknya enak ini, saya belum pernah coba nih. Disini belum ada yang jual hiks, harus bikin sendiri ini sih tp gak bisa masak hehe

Ini enak banget pastinya Choipan ini, apalagi di cocolin ke saus atau sambel pasti mantap. Btw terjangkau banget harganya ya.

Saya pernah nyicipi choipan buatan teman. Memang enak dan lembuut...pernah nyoba buat, ternyata susah dan lama prosesnya...hihi...

Hooo...namanya choipan ya. Pernah makan ini di resto chinesse food. Emang enak banget. Sekarang kayaknya mesti nyoba bikin sendiri deh, gara-gara lihat foto-foto ini. Mau mesen...beda pulau nih.

Meski berasal dari negeri tirai bambu, tapi kehadiran kuliner Choipan atau Caikwe juga merupakan kekayaan yang layak kita sykuri. Terutama karena menjadi jalan usaha kuliner bagi masyarakat kita.
Trimakasih sudah mengenalkan makanan enak ini. Semoga bisa mencicipinya...

ini kirain empek-empek, mirip ya bentuknya ternyata beda ya, isiannya pun beragam ya, duuhh jadi pengen coba ini :)

Jadi pengin ikutan cocol kak. Belum pernah makan ginian. Aku taunya cuma gorengan bakwan, tahu, pisang 😂

kak Dooon plisss aku dari kapan dong ngidam si Choipan ini, pengennya yg ini order gitu k Tangerang hehe, nikmat bangetttt dislurup selagi hangattt

Bengkuang untuk camilan? Ini belum pernah daku icip, soalnya bengkuang yang sering daku icip dijadikan manisan dan buat merujak. Kapan dekat lokasinya, insya Allah mampir ah cobain bengkuang nya Chaikwe 🥰

Baru denger nama cemilan ini, dari bengkuang itu gmnabya rasanya, wah jadi pengen cobain sendiri

Ya ampuuun kalau saya bukan lidah aja bergetar tapi hati dan dada ikut bergetar haha. Asli mupeng jadi pengen nyicip.

Aku baru ngerti kalau ini namanya choipan. Aku kira pangsit yang dibentuk beda wkwkwkw.. untunf baca artikel ini, jadi ngerti perbedaannya

Chaikwe ini memang makanan yang sangat popular di kalangan orang Pontianak dan Singkawang ya, muridku yang asli Singkawang kadang dibawain mamanya masakan ini ke sekolah. Pernah ngicip dan emang enak hahahhaa. Aku penasaran pengin ke daerah aslinya sana malahan :)

Ya ampuun, saya salah waktu mampir ke blog ini. Abis sahur lihat penampilan camilan choipan ini menggoda sekali, glek!

Aku belum pernah deh makan choi pan ini. Kayaknya enak bangettt.. mana isiannya macam-macam lagi.itu kan ga mungkin ya delivery antar pulau gitu. Jadi cuss cari resepnya ahh

Gimana nih, masih pagi masak ya harus bayangin nggigit Chai kwe (pertama tadi keseleo lidah bacanya cakue hahaha) Di Jombang gak ada kayaknya ini, belum ada. Apa saya aja yang baru denger namanya

Ya ampunnn makanan ini kok bikin aku ngiler, mana lagi puasa lagi. Salah banget nih ngunjungin blognya kak Dodon pas bulan puasa.

Kebayang enak kenyalnya makan choipan ini, apalagi kalau isiannya cocok dengan bumbunya. Enak bangeeet, jadi pengin cobah

Makannya gak cukup sedikit yah,kalo sampe 10 baru udahan berarti enak banget nih. Hmm, ku yang belum pernah coba jadi pengen deh icipin juga biar lidah pun bergetar. Ternyata ada rahasianya yah yang membuat choipan ini enak banget.

tahaannn kyy tahaaannn, buka puasa masih lama wkwkwkwk. BTW jadi penasaran banget sama si choipan ini, aku belum pernah nyobain rasanya gimana ._.

Wii isiannya unik-unik banget ya. Kupikir yang begituan kan kayak dimsum jadi isiannya pasti ya kalau nggak daging sapi ya ayam. Tapi ternyata isiannya bervariasi bahkan bisa ke sayur-sayuran. Mantappp

Ya ampuun, ini makanan kesukaan aku bangeeeet. Choipan, tp belum berani bikin sendiri takut gagal. Padahal klo beli, sekali duduk bisa habis 10 buah hehe

Ya ampun siang-siang baca ini kujadi ngiler, pengen sekali coba choipan ini tapi ntah di Jakarta yang enak di mana. Jadi pengen kepoin @dapurummi4n lokasinya di mana aja

Kak Dodon selalu bisa menggodaku dengan makanan-makanannya euy. Btw aku penasaran pengin cobain semua variannya, enak banget keknya buat buka puasa nih.

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon