Pilih Personal Computer atau Laptop?

Pilihan motherboard yang bisa menjadi rekomendasi adalah msi x570, chipset motherboard baru untuk prosesor tersebut yakni, X570. Chipset ini akan menggunakan teknologi baru, PCIe 4.0. Pilih Personal Computer atau Laptop?
Tukang jalan jajan memang aktif menulis biasanya kalau di rumah lebih nyaman menggunakan PC alias personal komputer. Alasannya sederhana, karena diletakkan diatas meja, biasanya akan membuat duduk nyaman serta bebas dari sakit punggung. Apalagi kalau dalam keadaan terdesak alias sedang dikejar deadline. Lagipula, bekerja diatas meja artinya punya ruangan yang luas untuk menyimpan aneka cemilan dan makanan ringan. Mungkin bisa saja pendapat Tukang Jalan Jajan akan berbeda dengan orang kebanyakan yang lebih menyukai sesuatu yang ringkas dan bisa di bawa kemana mana.
 
Pilih Personal Computer atau Laptop?
Pilih Personal Computer atau Laptop?
Tukangjalan jajan tidak anti dengan komputer jinjing tapi ada beberapa hal yang membuat komputer personal rumahan jauh lebih nyaman digunakan. Unggul dalam beberapa sisi dan mungkin pengalaman pribadi saya, Tukang Jalan Jajan bisa jadi referensi.

Gampang Tambah Spare Part

Penambahan “jeroan” atau spare part sesuai kebutuhan bisa dilakukan dengan mudah, baik upgrade secara menyeluruh, maupun bagian-bagian tertentu saja. Upgrade dapat dilakukan oleh vendor maupun dilakukan secara pribadi atau personal. Namun, beda halnya dengan perangkat mobile atau portable, untuk saat ini masih tidak mungkin melakukan upgrade secara partial, apalagi secara pribadi. Upgrade pada perangkat mobile harus dilakukan dengan mengganti perangkat tersebut dengan perangkat baru yang lebih mutakhir. Perangkat mobile bisanya sudah paten terkait satu sama lain sehingga perlu diganti secara menyeluruh

Harga Jauh Berbeda dan Terjangkau

Harga yang ditawarkan Personal Komputer jauh lebih murah dari pada perangkat portable. Dengan harga yang lebih murah bahkan bisa didapat spesifikasi lebih baik dengan performa kerja jauh lebih baik. Sebagai contoh, dengan budget 5 juta rupiah, hanya bisa mendapatkan laptop atau notebook sekelas dengan prosesor i3, sedangkan untuk PC sudah bisa untuk buliding sekelas i5 bahkan i7.

Lebih Besar dan Lebih Nyaman

Bentuk dan ukuran spare part dapat berdampak pada desain perangkat tersebut. Perangkat mobile dan portable didesain agar dapat bekerja dalam bentuk yang kecil, dengan bentuk yang lebih kecil tentunya desain sistemnya jauh berbeda dengan bentuk yang lebih besar. Dengan ukuran yang kecil, perangkat mobile diharuskan mampu melakukan komputasi yang rumit dengan harga yang pastinya lebih mahal, akibatnya desain dibuat lebih sederhana dengan fitur yang tidak selengkap PC. dari segi kenyaman tukang Jalan Jajan menyukai yang lebih besar karena lebih nyaman digenggam dan mengetik.

Jago dalam Gaming dan Grafis

Editing foto dan video membuat Tukang Jalan Jajan banyak memilih menggunakan Personal Komputer karena kemampuan motherboard yang bisa disesuaikan untuk keperluan grafis atau juga gaming. Harganya juga jauh lebih masuk di kantong tanpa harus menguras biaya. Secara pilihan kualitas pengolahan, PC lebih bervariasi bahkan bisa dilakukan kustomisasi sendiri. Untuk mendapatkan performa gaming dan grafis PC senilai 3 juta, paling tidak memerlukan 8 juta jika diterapkan pada perangkat laptop. Pilihan motherboard yang bisa menjadi rekomendasi adalah msi x570, chipset motherboard baru untuk prosesor tersebut yakni, X570. Chipset ini akan menggunakan teknologi baru, PCIe 4.0. Teknologi ini akan memberikan bandwidth yang lebih besar bagi perangkat yang menggunakan teknologi tersebut. Ditambah dengan prosesor terbaru mereka yakni, Ryzen seri 3000. Jajaran prosesor yang ada di lini tersebut digadang-gadang memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya.

Besar Tebal VS Kecil Tipis

Laptop atau komputer jinjing memang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal itu tak lepas dari bentukan laptop yang semakin ringkas dan ringan. Pilihan model dengan berbagai harga, spesifikasi, dan desain pun bervariatif, belum lagi performanya yang cepat karena spesifikasinya yang makin mumpuni dan mampu mengerjakan banyak program “berat” yang dulunya hanya bisa di komputer dekstop.
Sementara kalau untuk performa, PC desktop atau PC rakitan kebanyakan lebih bisa diandalkan dibandingkan dengan laptop di level harga yang sama. Kelemahan PC sendiri adalah mobilitasnya kurang, karena tidak bisa dibawa-bawa. Dilema ketika hendak beli komputer? bingung mau pilih laptop atau PC? Sebelum lebih jauh, pelajari dulu kebutuhan dan mobilitas kamu sebagai pengguna.

Pilih PC Atau Laptop?

Kembali ke kebutuhan dan kesesuaian pekerjaan. Tentunya kebutuhan dan mobilitas setiap orang akan komputasi berbeda-beda, jadi jangan pernah salah kaprah dan jangan sampai kamu nantinya kecewa. Kamu harus tahu apa alasan kamu membeli komputer, lalu buat aktivitas apa saja, dan seberapa tinggi mobilitas kamu. Niscaya kamu enggak akan bingung lagi deh, pilih laptop atau PC desktop. Sebagai contoh, seorang tenaga marketing yang banyak berada diluar untuk melakukan presentasi tentu lebih memilih menggunaka laptop yang gampang dibawa dan ringan sementara bagian akuntansi akan lebih memilih Personal Computer karena lebih banyak di dalam ruangan.
Apapun pilihanmu, pastikan sesuai kebutuhan

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.