Kenikmatan Semangkok Bakso Ikan Pontianak

Salah satu makanan favorit saya saat sakit adalah Bakso ikan Pontianak. Kaldunya sederhana, hangat dan membuat tubuh menjadi bergairah. kuahnya bening dengan rasa lite, sedap banget deh.

Salah satu makanan favorit saya saat sakit adalah Bakso ikan Pontianak. Kaldunya sederhana, hangat dan membuat tubuh menjadi bergairah. kuahnya bening dengan rasa lite, sedap banget deh. Bagi orang Pontianak, bakso ikan dapat dengan mudah ditemukan dimana saja. Ada yang menambahkan inovasi seperti memasukkan telur asin kedalam bakso ikan dan banyak ragam yang lain. Bagi saya, Bakso ikan Pontianak punya rasa yang “ringan” dari pada bakso sapi yang cenderung berlemak dan lebih berbumbu tajam. Yuk ikut saya menikmati semangkok Bakso Ikan Pontianak
Bakso Ikan Pontianak
Kenikmatan Semangkok Bakso Ikan Pontianak
Kalau disuruh memilih, kira kira warung bakso ikan mana yang dipilih. Ada bakso Ikan Ahan di Jalan Wolter Mongisidi di belakang Pasar Mawar, Bakso Ikan Athiam di Jalan WR Supratman, Bakso Ikan Akhiong di Jalan Nusa Indah 1 dan masih banyak lagi tempat yang menjual bakso ikan di seputaran Pontianak. Saya sendiri mengenal makanan lezat ini dari Bokap saya. Salah satu menu favorit saat lagi sakit, ngga enak badan dan kehilangan nafsu makan.

Bakso ikan Pontianak punya ciri yang berbeda dikuah kaldunya. Kuahnya ringan dengan mengandalkan gurihnya kaldu yang muncul dari kacang kedelai dan daging ikan yang minim lemak sehingga kuah bening yang dihasilkan benar benar gurih maksimal. Saat ditambahkan potongan daun bawang, bawang putih goreng plus merica bubuk maka rasa lezatnya semakin maksimal. Aroma bawang putih menambah nafsu makan meningkat. Saat diseruput langsung menghangatkan tubuh apalagi rasa manis daun bawang menambah kenikmatan mengunyah bakso ikan. Biasanya jika ditambahkan kwe tiaw atau nasi putih hangat akan cocok sekali.
Bakso Ikan Pontianak
Bakso Ikan Lengkap dengan saos cocolan
Bakso ikan Pontianak juga memiliki beberapa jenis varian, selain yang polos, ada juga yang digoreng sehingga ada tekstur krispi dibagian luar. Bakso ikan cenderung lebih menantang saat dikunyah. Adapula baksu cumi dengan cacahan cumi sehingga ada tekstur saat dikunyah. Perlawanan sedikit liat daging cumi sungguh menggoda dan membuat lupa untuk berhenti. Ada juga tahu isi yang bagian tengahnya disayat kemudian diselipi cacahan daging ikan. Selain itu salah satu favorit saya adalah Pare yang diisi dengan cacahan ikan. Sedap sekali. walaupun pahit sensasi daging ikan justru semakin lezat.

Paling penting untuk menjadi teman terbaik bakso ikan adalah cocolannya. Siapkan wadah kecil lalu masukkan Cabe cair dengan aroma bawang putih yang kuat ditambah dengan kecap asin dan tak lupa dengan perasan jeruk kecil Pontianak akan menjadikan bakso dan teman-temannya semakin sedap. Tinggal mencocolkan bakso lalu dimakan hangat tak lupa dengan menyeruput kuahnya yang gurih. Makanan ini paling pas untuk memperbaiki nafsu makan setelah sakit. Saya bisa menghabiskan sampai kering semangkok Bakso ikan Pontianak.
Bakso Ikan Pontianak
Bakso ikan, bakso ikan goreng, Tahu isi, Pare isi
Selain itu teman lain yang harus disuguhkan bersamaan adalah air tahu atau soya bean dan liang teh. Liang Teh merupakan ramuan tradisional Cina khasiat: menurunkan Panas dalam merupakan masalah yang sering terjadi. Oleh masyarakat China, teh ini biasa diminum di musim panas di mana banyak orang yang menderita panas dalam dan radang tenggorokan. Apalagi ramuan dan bahan-bahan teh liang ini terdiri dari akar-akaran, daun cincau dan beberapa ramuan. Biasanya setiap peracik punya ramuan rahasianya sendiri. Warnany ada yang hitam, ada yang pink ungu dan ada yang seperti teh warnanya. Rasanya yang menyegarkan membuat cocok dinikmati kapan saja.

Saat ke Pontianak jangan lupa untuk menikmati bakso ikan. Saya yakin rasanya baksonya dan kaldunya sangat khas belum lagi cocolan saus cabenya yang menambah kenikmatan. Jangan lupa juga minum liang teh nya. jika beruntung mungkin anda bisa membawa pulang ramuannya untuk diseduh sendiri dirumah. Selamat menikmati makanan di Pontianak. Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.