Tukang Jalan Jajan

Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak, Terbaru dari Pak Usu

Pernahkan kamu sedih ketika sampai ke suatu daerah, ingin menikmati makanan khasnya namun tidak bisa menikmatinya karena tidak Halal? Kebetulan di Kota Pontianak sering sekali kejadian seperti ini terjadi. Misalnya menu Nasi Ayam, Bubur ikan, sampai Bakmie Kepiting Khas Pontianak yang sempat “booming” di film Aruna dan Lidahnya. Perkembangan wisata halal di Indonesia termasuk yang cukup maju, mau tidak mau, pengusaha kuliner lokal berlomba menyajikan menu otentik dan halal agar makin memperluas jangkauan konsumen. Mengetahui pangsa pasar yang luas maka Brand rumah makan Pak Usu menghadirkan outlet terbaru. Bakmie dan Bakso Pak Usu dengan salah satu menu andalannya adalah bakmie kepiting khas Pontianak.
 
Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak, Terbaru dari Pak Usu
Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak, Terbaru dari Pak Usu
Kalau kamu adalah Pecinta mie, pasti tak dapat nolak ketika diiming-iming bakmi kepiting. Seporsi mie dengan tambahan daging kepiting ini memang enak banget. Apalagi ada campuran daging lain yang membuat rasanya makin berwarna. Banyaknya tambahan topping, membuat teksturnyapun berbeda. Selera pun untuk makin menggebu, jika ditawari bakmi kepiting asli dari Pontianak. Masih banyak juga yang salah mengartikan bahwa bakmie kepiting adalah mie yang mempunyai rasa kepiting. Bakmie Kepiting adalah Bakmi dengan topping kepiting. Sesederhana itu? Tentu tidak!

Bakmi Kepiting Halal Pak Usu Khas Pontianak
Sebagai penggemar Bakmi tentu ini menggembirakan, Tukang Jalan Jajan kini tak ragu mengajak seluruh teman se Indonesia raya untuk mampir dan menikmati bakmie kepiting disini. Kenapa Halal? karena sudah ada lembaga yang mensertifikasi MUI. Selama 25 tahun terakhir, kewenangan itu dipegang oleh organisasi massa (ormas) Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tentu hal ini tidak diragukan. Sertifikasi halal itu adalah domain ulama melalui Komisi Fatwa yang beranggotakan ulama dari berbagai organisasi Islam. Sudah ada aturan baku dan jelas.
 
Bakmi Kepiting Halal Pak Usu Khas Pontianak
Bakmi Kepiting Halal Pak Usu Khas Pontianak
Wewenang mengeluarkan sertifikat halal masuk dalam rancangan undang-undang jaminan produk halal yang diajukan sejak delapan tahun lalu. Di RUU ini pemerintah akan membentuk satu badan nasional penjamin produk halal. Lembaga ini nantinya akan menerbitkan sertifikat halal. Namun saat ini tentu saja sertifikasi MUI adalah kunci kenikmatan haqiqi dari Bakmie Kepiting khas Pontianak, umat pun tenang menikmati kelezatannta

Resep Asli Racikan Sendiri

Menikmati mie sendiri adalah kenikmatan yang disukai banyak orang. Bakmie ala Tionghoa punya ciri khas dalam penyajiannya. Disajikan dengan cara yam, tampilannya namun berminyak. Aromanya khas, ada bawang putih goreng, cuka, garam,  dan sedikit kecap ikan. Untuk beberapa daerah diluar Indonesia, menggantikan minyak bawang putih dengan minyak wijen. Jelas letak perbedaannya dengan bakmie ayam jawa yang meletakkan minyak bawang, garam, penyedap dan kuah semur setelah mie ditiriskan.
 
Resep Asli Racikan Sendiri

Resep Asli Racikan Sendiri

Memasak mie susah susah gampang, jika tidak tepat panas air dan waktu pemasakan, jelas tekstur mie tidak bisa didapatkan sesuai keinginan. Bentuk mie yang digunakan untuk bakmie kepiting biasanya lebih kecil, keriting dan “melawan” saat digigit, mirip karet sementara mia ayam Jawa lebih besar ukurannya. Pak Usu pun mengolah sendiri, mi yang mereka gunakan. Ini dilakukan untuk menjaga kehalalan produk pangan. Mie ini tanpa bahan pengawet sehingga dibuat hanya berdasarkan kebutuhan. Tidak ada istilah “menginap” untuk mie yang dibuat.

Begitupun segala macam pelengkap mulai dari bakso ikan tenggiri, kue ikan, telur dadar, pangsit goreng  dan ayam kecap. Semuanya dibuat sendiri demi menjaga kualitas dan kenikmatan rasa. Asal tahu saja, membuat setiap elemen ini membutuhkan teknik yang mumpuni. Seperti fish cake, dibuat dari daging ikan tenggiri yang harus dimatangkan dengan cara di “pan fried” perlahan lahan agar bisa membentuk persegi panjang dengan tekstur renyah diluar dan kenyal serta matang didalam. Proses yang membutuhkan perhatian ekstra.

Semangkuk Bakmi Kepiting, Diaspora Nikmat dalam Satu Suapan

Saya jadi teringat ungkapan William Wongso dan Bondan Winanrno, “Mie itu kalau enak, tidak usah ditambahi topping apa apa lagi”. sebagai penggemar mie berukuran kecil dan membal, saya mengamini statement ini. Balancing antara elemen saus dan minyak untuk menyampur menjadi kunci. Jika semuanya setara dan tak saling mendominasi tentu hasilnya akan ciamik. Asam, manis, asin dan gurih. Semua jadi satu dalam semangkuk kenikmatan
 
Semangkuk Bakmi Kepiting, Diaspora Nikmat dalam Satu Suapan

Semangkuk Bakmi Kepiting, Diaspora Nikmat dalam Satu Suapan

Bakmie Kepiting Pak Usu sudah berada dalam kriteria ini. Tapi topping yang memenuhi permukaan mie menambah nilai plus saat disajikan. Susunan rapi mulai dari bakso ikan, kue ikan, potongan tipis telur dadar, ayam kecap, daging kepiting plus capitnya serta pangsit goreng membuat Bakmie Kepiting Khas Pontianak tampak menggiurkan. Belum lagi taburan daun bawang dan kacang kedelai yang menjadi ciri khas bakmie kepiting Pak Usu. Bukan tanpa alasan, selain menambah gurih juga menciptakan sensasi kunyah berbeda dengan teksturnya. Disajikan bersama kuah kaldu yang hangat menciptakan diaspora kenikmatan dalam satu suapan. semua elemen membuat saya kepincut untuk mencoba lagi.

Menikmatinya bisa dengan kuah dipisah atau kemudian dicampurkan kedalam mie, tentu sebagai warga Pontianak, kurang pas rasanya jika tidak dikucuri dengan lemon cui dan sambal cabe yang bercita rasa pedas dan asam khas kota Pontianak. Cara makan bisa sesuai selera, mau makan diaduk atau masing-masing elemen semua tergantung selera.

Pak Usu, Pelopor Bakmie Kepiting Halal

Sebagai yang pertama, tentu ini jadi keunggulan dari sisi bisnis. Bakmie yang dulu hanya bisa dinikmati kalangan tertentu sekarang bisa dimakan semua orang. Dengan porsi yang cukup mengenyangkan. Bakmie kepiting Biasa 25K sedangkan spesial dengan capit 33K. jauh terjangkau dari bakmie kepiting lain. OutletBakso dan Bakmie Kepiting Pak Usu Berlokasi di jalan Putri Candramidi (Podomoro) Eks Pondok Ale Ale. Buka mulai jam 10 pagi hingga 10 malam dengan nomor telepon 0561-740789. Selamat makan dan salam Yumces!
"Bakso & Bakmi Orang Pontianak | Enak dan Berbumbu (Tasty & Spicy)"
"Bakso & Bakmi Orang Pontianak | Enak dan Berbumbu (Tasty & Spicy)"
"Bakso & Bakmi Orang Pontianak | Enak dan Berbumbu (Tasty & Spicy)"

23 komentar:

  1. Baca nama makanannya aja udah kebayang enaknya bakmie kepiting. Daging kepitingnya yang buat makanan ini jadi tambah spesial ya ...

    BalasHapus
  2. Capit Kepiting memang selalu menggoda ya bang.
    Alhamdulillah sekarang udah ada yg halal, jadi bisa cobain.
    Thanks infonya bang.

    BalasHapus
  3. Suka deh ada yang Hallal jadi aman buat para muslim traveller 😎 terimakasih for mimin infonya..

    BalasHapus
  4. Iya kadang suka sebel kalo jalan-jalan udah ngincer mau makan apa ternyata gak halal heu.
    Bakmiw kepitingnya bikin penasaran banget. Mana topping lainnya numpuk-numpuk juga banyak banget. Puas pasti makannya.

    BalasHapus
  5. Sebagai penggemar mie, saya jadi kepengen banget. Sayang nun jauh di pontianak. Semoga suatu saat bisa mencobanya langsung. Aamiin

    BalasHapus
  6. Beuh bakmi kepiting, jadi penasaran gimana sih rasanya makan makanan bakmi dengan bahan campuran daging kepitingnya pasti lezat banget

    BalasHapus
  7. seger banget duh liat jeruknya, ditambah sambal pasti tambah enak. penasaran juga deh sama rasa kuah bakmi kepiting ini

    BalasHapus
  8. Aku selalu happy deh dengan tren halal lifestyle yang mulai diperhatikan di Indonesia. Apalagi beberapa rumah makan juga selalu menyediakan musholla sebagai fasilitasnya.

    Kalo aku ke Ponti, ajakin makan disini ya kak*

    BalasHapus
  9. Bakmi kwpiting. Aaah., Jado mouth watering nih pas ngeliat foto sama deskripsinya. Enak banget pastinya

    BalasHapus
  10. Ini yang sama mie sagu itu bukan kak? Dalam satu mangkuk rasanya mewah banget ya, pasti kenyangnya puas itu. Dan rasanya khas krn homemade atau dibikin sendiri

    BalasHapus
  11. Ya ampun, bikin ngiler banget! Ini kalau ke Pontianak kudu coba soalnya aku pecinta mie. Apalagi makannya pas hujan. Anget2 sedap gitu ya

    BalasHapus
  12. Baru tau kalo di Pontianak sering kesusahan cari kuliner halal khas daerah. Mantap Pak Usu. Selain itu kita juga dorong anak-anak muslim pontianak untuk jangan malu buka usaha kulineran halal juga. Kalau persentase pengusaha makanan halal bisa bertambah, ya benefitnya bisa sama-sama dinikmati kan.

    BalasHapus
  13. Wisata kuliner Halal emang sedang digencarkan di berbagai daerah ya mas
    Liat gambarnya bikin kemecer deh ini Bakmie kepiting halalnya, mas

    BalasHapus
  14. Baca ini, aku jadi bersyukur sekali, tinggal di lingkungan yang beragama Islam semua. Bukan berarti membatasi teman. Ada kok, sahabat non muslim. Namun ia juga tahu halal-haram. Jadi rasanya tak pernah khawatir haram. Tapi juga, mungkin karena lebih senang masak sendiri, meniru menu di warung/resto yg pernah kucoba.

    BalasHapus
  15. Sebenarnya yang namanya bakmie pastinya di mana-mana sama aja. Makanan pipih dan berbentuk panjang. Yang membedakan itu toping dan cara mengolahnya ya.
    Kalau di Pontianak, yang membuatnya lebih menarik itu pasti kepitingnya ya..hmmm, pasti yummy, deh!

    BalasHapus
  16. Huaaaa malam-malam begini lihat bakmi kepiting bikin ngiler. Ntar mas kalau mau ke Jakarta titip dua porsi dong nanti dibayar.

    BalasHapus
  17. Duh yaa.. alhamdulillah liat foto2nya pas sudah makan. Jd gak terlalu ngiler. Tapi beber loh, kunci kelezatannya karena dia udah halal. Kaya istri ya.. kalau sudah halal jadi kunci bahagia #apasih wkwkwk

    BalasHapus
  18. Bakmi kepiting..itu makan kepitingnya gak repot ya..,? Biasanya kulit kan keras...

    Aku suka kepiting sup sih .

    BalasHapus
  19. Meski cukup banyak pro kontra tentang penerapan wisata halal, saya tetap mendukung kebijakan itu. Kuliner halal salah satu hal yang menjamin kenyamanan wisatawan selain keramahan, keamanan, dan kebersihan lokasi wisata.

    BalasHapus
  20. Pngn kak Bakmi kepitingnya,
    tapi adanya di potianak iya, seandainya di Jakarta ada, aku coba singgah kesana tuk menikmatinya,

    BalasHapus
  21. Kepiting...
    Aku kalo makan seafood itu paling suka yang ga ribet.
    Kalo uda sama bakmi gini, tinggal hap!
    HIhii...nikmat.

    BalasHapus
  22. Bakmie makanan kesukaan saya, apalagi kalau ada kepitingnya.. kebayang lezatnya nih.
    Ajak-ajak dong ke sini Mas kalau lagi ke Pontianak

    BalasHapus
  23. Kalo di kampung istri saya ada restoran kepiting enak juga, namanya Kepiting Koprol... Beeuuu makan kepiting emang nagiiih...

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.