Tukang Jalan Jajan

Mie Sagu Khas Pontianak, Rasa Melayu yang Merindu

Pertama kali makan mie sagu dulu saat baru beberapa bulan di Pontianak. Agak aneh dengan teksturnya namun makin lama makin terbiasa. Bukan makanan utama namun mie sagu khas Pontianak ini memang memiliki rasa Melayu yang merindu. Dulu selalu tersugesti bahwa ini adalah cendol yang diberi kuah kaldu namun sekarang, perlahan semuanya jadi terbiasa. Ini adalah pengayaan pangan dengan tampilan yang dibuat berbeda sedemikian rupa namun intinya,orang Indonesia sangat kreatif mengolah berbagai sumber pangan untuk dijadikan menu yang lezat. Siapa yang tidak bangga? Mi sagu enak khas Pontianak bisa diangkat kekancah kuliner nasional.
Mie Sagu Khas Pontianak, Rasa Melayu yang Merindu
Mie Sagu Khas Pontianak, Rasa Melayu yang Merindu
Tapi sebenarnya, mie sagu ini bukan hal baru. Beberapa daerah didataran tanah melayu memiliki kuliner ini namun penatalaksanaannya berbeda. Ada beberapa “printilan” yang menunjukkan kelokalan suatu kuliner. Belum lagi hobi menciptakan rasa dan membuat resep sendiri selalu dilakukan saatkuliner dibawa berpindah tempat. Ada yang masih belim pernah mencoba? Jika sudah pernah merasa, pasti rindu mau mencoba lagi.

Mie sagu, Kuliner Asli Indonesia

Sejarah  mengatakan Mie sagu adalah kuliner selingan makanan khas masyarakat di Riau khususnya masyarakat Selat panjang, yang berada di Pulau Tebing Tinggi dan sekitarnya, berada di Kabupaten Kepulauan Meranti (pecahan Kab. Bengkalis), Provinsi Riau, Indonesia. Kenapa bisa ada? ini diakibatnya ada banyak pohon sagu dan ada masyarakat yang mengolah pohon sagu untuk diabil tepung sagunya. Tanaman ini tumbuh liar, adapula yang membudidayakannya. Biasanya, penduduk yang tinggal didekat muara satau delta sungai banyak yang mengolahnya


Mie Sagu khas Pontianak harus pakai lemon cui!
Mie Sagu khas Pontianak harus pakai lemon cui!
Jika menilik dari berbagai sumber, jelas sekali kuliner ini bisa menyebar dimana saja, terutama daerah yang memiliki pohon sagu, termasuk Pontianak dan Kalimantan Barat. Namun aneka bumbu dan tambahan didalamnyalah yang membedakan citarasanya. Kita juga mesti berbangga, Mie Sagu adalah makanan asli Indonesia karena pohon sagu ini hanya terdapat di Indonesia, seperti daerah Maluku, Irian Jaya (Papua), Kalimantan dan Riau. Suku Melayu mengolah sagu ini menjadi mie dan tersebar ke penjuru Indonesia.

Mie Sagu Khas Pontianak

Membedah model mie sagu berdasarkan Ciri khasnya gampang – gampang susah. Bentuknya hampir sama karen pengolahan dan pembuatannya tidaklah terlalu sulit. Sama seperti membuat cendol namun berbeda di sentuhan akhirnya. Kekenyalan mie sagu memang sedikit berbeda dari mie lainnya. Lebih lembut dan licin dari pada mie berbagan dasar tepung terigu. Walaupun tidak kenyal, tetap saja saya suka menikmatinya.

Udang rebon, kacang tanah dan kucai. Wajib ada di Mie Sagu khas Pontianak
Udang rebon, kacang tanah dan kucai. Wajib ada di Mie Sagu khas Pontianak
Mie sagu bisa disajikan dengan dua cara, berkuah atau digoreng. Kebanyakan di Pontianak disajikan dengan kuah sementara diluar lebih banyak menyajikannya dalam keadaan kering atau ‘nyemek” alias setengah basah. Topping yang digunakan juga berbeda. Pontianak akan menggunakan udang rebon yang digoreng renyah sementara diluar menggunakan ikan teri atau ikan bilis goreng. Tak lupa juga kacang tanah goreng sebagai pelengkap tekstur dan rasa gurih. Sama sama menggunakan daun kucai sebagai sayuran hijau pun adapula yang menambah tauge

Pak Usu mengangkat kembali Mi Sagu Khas Pontianak

Disajikan dengan kaldu sapi, mie sagu khas Pontianak ala Pak Usu mengggunakan mie sagu berukuran sedang. Mie licin ini begitu cocok dinikmati dengan tambahan kucai dan tauge serta taburan udan rebon dan kacang tanah yang sudah digoreng renyah. Saya selalu suka teksturnya apalagi menyeruput kuah kaldu Pak Usu yang terasa sangat spesial. Aromanya sudah sangat gurih, saya menebak, chef merebus tulang sapi dalam waktu lama untuk mendapatkan kaldu yang diinginkan

Mi Sagu Khas Pontianak, Cita rasa asli Indonesia
Mi Sagu Khas Pontianak, Cita rasa asli Indonesia

Menyantap mie sagu tak pas jika tak menambahkan kucuran jeruk kecik Pontianak dengan sambal cabe air yang disiram lebih banyak menguatkan lagi ciri khas Pontianak. Perpaduan rasa ini hanya ditebus 10K saja. Outlet Bakso dan Bakmie Kepiting Pak Usu Berlokasi di jalan Putri Candramidi (Podomoro) Eks Pondok Ale Ale. Buka mulai jam 10 pagi hingga 10 malam dengan nomor telepon 0561-740789. Selamat makan dan salam Yumces!

"Bakso & Bakmi Orang Pontianak | Enak dan Berbumbu (Tasty & Spicy)"
"Bakso & Bakmi Orang Pontianak | Enak dan Berbumbu (Tasty & Spicy)"
"Bakso & Bakmi Orang Pontianak | Enak dan Berbumbu (Tasty & Spicy)"

13 komentar:

  1. Wah kelihatannya enak banget nih Kak makanan yang satu ini. Saya jadi pingin nih hihi

    BalasHapus
  2. Kalau ke Pontianak bisa mencoba makanan yang satu ini nih hihi. Kapan ya ke sana hihi

    BalasHapus
  3. Jadi penasaran nih Mbak saya sama rasa dari mie sagu yang khas dari Pontianak ini

    BalasHapus
  4. Yampun enaknya, benar-benar kuliner khas pontianak yang rekomended ini bang. Gak bingung lagi kalau ada teman dari luar pontianak jika ingin icip-icip kuliner khas pontianak, langsung aja ajak kesini. :D

    BalasHapus
  5. Enak banget liatnya, aku jadi mau cobain. Karena belum pernah cobain makan mie ini. Semoga di Bandung ada yang jualan mie ini ya, hihihi

    BalasHapus
  6. Wow harganya murah ya kak, jadi penasaran mau coba ah kalo pas jalan2 ke pontianak

    BalasHapus
  7. wah iya, daerah asal saya di Riau juga punya macam macam olahan mie sagu juga. terusannya ngiler lihat ini pas lagi hujan nih..wkwkwkw

    BalasHapus
  8. Wawwww aku baru tau ada mie sagu dan bentuknya seperti itu . Kapan" kalau ke pontianak boleh lah cobain ini

    BalasHapus
  9. Ini unik banget pengen cobain. Aku belum nyoba mie sagu. Kepo Maksimal

    BalasHapus
  10. Kayanya enak banget mie sagu baru tau jg ada mie sagu gimn rasanya ya?

    BalasHapus
  11. Mie sagu ada dijual kering ga ya buat masak sendiri kak

    BalasHapus
  12. duhh, malem malem liet ini jadi laper kak.. Jadi penasaran pengen coba mie sagu deh.. 😍💕💕

    BalasHapus
  13. Duh kayaknya enak banget ya kira2 kalo di kota2 lain makanan ini ada ngga yaaa?

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.