Tukang Jalan Jajan

Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek


Saya @dodon_jerry , Tukang Jalan Jajan mengucapkan Selamat Natal 2017  saudara, Sahabat dan  handai taulan yang merayakan kelahiran Yesus Kristus. Natal bearti berkumpul bersama keluarga dan berdoa ke gereja bagi umat Nasrani. Bagi yang tidak merayakan tentu akan menikmati liburan dan juga berkumpul bersama keluarga untuk menikmati suasana bahagia. Ada yang dirumah saja adapula yang menikmati tempat wisata yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Menikmati natal bagi saya artinya menikmati hidangan buatan nenek dan menikmati berbagai macam kue kering.
 
Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek
Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek 
Apa menu favoritmu selama natal? saya ada beberapa menu Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek yang selalu dicari. Sewaktu masih bisa beraktifitas, nenek selalu menyediakan berbagai macam kue kering sendiri. walaupun sama, pasti rasa akan berbeda karena setiap rumah punya resep dan takaran yang lain. Saya percaya dengan ungkapan beda tangan beda rasa. 

1.     Kue Nastar
Kue sejuta umat yang selalu ada disemua hari raya keagamaan di Indonesia dapat ditemukan disemua rumah dalam toples. Nenek selalu membuat dengan bentuk daun dan diisi dengan selai nanas buatan sendiri. Saya selalu kebagian mencubit bagian atas dengan penjepit bergerigi untuk efek daun tidak lupa mengoleskan kuning telur sebelum dipanggang. Signature nastar Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek.

Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek
Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek 
Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu “Ananas/ nanas” dan “Taart/tart/pie” yang artinya Tart nanas. Kue yang digemari oleh orang Belanda dengan kue pie atau taart eropa yang biasanya diisi blueberry dan apel. Karena di Indonesia, blueberry dan apel amat sulit ditemukan kendati belum adanya infrastruktur supermarket di zaman penjajahan Belanda, nanas dipilih sebagai buah penggantinya. Nastar sendiri bentuknya lebih kecil dibanding pie atau tart eropa pada umumnya. Saat ini, tidak dijelaskan siapakah yang menciptakan nastar dan yang memiliki paten akan kue ini.

2.     Kue Semprong
Ini kesukaan kakek saya, semacam Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek untuk sang suami tercinta. Tidak macam-macam dengan tambahan aroma rasa atau taburan wijen. Nenek akan duduk seharian didepan kompor api kecil dengan cetakan seperti penjepit dengan ujung bulat dan memiliki ulir bunga yang berbeda antara sisi nya. saat matang langsung digulung selagi hangat dan saat dingin akan menjadi keras. Semprong yang renyah dan gurih memang jadi kudapan sepanjang hari raya yang menyenangkan.
Kue semprong adalah makanan kue kering yang berasal dari Indonesia. Kue ini berbentuk selinder atau panjang seperti pipa dengan rasa yang khas dan unik. Kue semprong juga hadir dalam bentuk lain, seperti bentuk segitiga dan persegi panjang. Rasa kue ini tidak terlalu manis dan akan renyah dan gurih ketika digigit. Kue semprong dipercayai pertama kali dibawa oleh bangsa Portugis, karena kue ini mirip dengan kue krumkake yang berasal dari Norwegia. Namun, bahan-bahan dan bentuk kue ini sudah dimodifikasi dari kue asinya.

3.     Pastel Mini isi Abon
Berbentuk seperti pastel namun dibuat mini dengan isian abon. Nenek akan membuat kue ini dengan sangat telaten. Adonan dibuat bulat sama besar lalu diceperkan dengan jempol baru diisi dengan abon. Bagian serunya adalah membuat ulir setelah disatukan membentuk setengah lingkaran. Saya sendiri suka dengan kulit yang diberi potongan daun seledri. Setelah digoreng dan ditiriskan makan kulit akan menjadi renyah. Rasanya mirip dengan kue bawang dan saya pribadi lebih suka pastel mini yang isisnya bawang goreng didalam abon. Cocok banget dengan minuman manis. 

Selain kue kering Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek, ada beberapa menu yang tidak pernah dilewatkan sampai sekarang. Menu ini selalu dibuat untuk menemani makan nasi dan jadi favorit. Berhubung nenek saya berasal dari Malang, maka citarasa makanan yang dihadirkan pasti “njawani”.

1.     Rendang Daging Sapi
Rendang ini berbeda dengan tampilan Padang maupun Melayu. Rendang nenek adalah kalio dengan tambahan gula merah. Bumbu dasar dan rempah yang digunakan mirip dengan Padang tapi karena menggunakan rasa manis dari gula jawa tampilannya menjadi coklat. Daging sapi akan dimasak hingga empuk lalu dibiarkan hingga santannya mengeluarkan minyak danbumbunya benar-benar meresap. Kuliner Jawa sebenarnya mempunyai cita rasa yang cukup beragam. Mulai dari Jawa Barat yang mempunyai cita rasa sedikit pedas, Jawa Tengah yang bercita rasa manis, dan Jawa Timur yang agak pedas. Namun, satu yang konsisten dari semua kuliner Jawa adalah penggunaan gula Jawa atau gula merah yang ditambahkan sebagai penyedap bumbu, entah di sambal maupun di sayuran.

Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek
Rendang, Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek 

2.     Ayam Goreng Telur
Nenek Suka menggunakan ayam dengan potongan besar, kemudian diungkep dengan berbagai macam bumbu dan rempah seingga warnanya menjadi kuning dengan aroma sereh, salam dan daun jeruk yang menyeruak hidung. Setelah ayam dimasak hingga empuk, baru kemudian dibaluri dengan kocokan telur dan digoreng hingga matang. Sensasi telur garing membuat saya suka ayam ini untuk dicemili begitu saja. Tanpa perlu tambahan apa-apa, sudah sedap, gurih dan mlekoh bumbunya. Ini yang special dari Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek
Untuk mendapatkan ayam ungkep yang enak sebelum digoreng memang harus memperhatikan beberapa, Jangan terlalu banyak menambahkan air ke dalam masakan sehingga proses masak terlalu lama, jangan memasak terlalu lama sehingga daging menjadi kering dan jangan menggunakan api yang besar sehingga proses pematangan sempurna. Pada saat menggoreng gunakan minyak hingaa merendam ayam dan pastikan saat memasukkan ayam, minyak sudah benar benar panas sempurna.

3.     Perkedel Kentang
Perkedel kentang nenek selalu terasa beda. Kentang tidak dikukus melainkan digoreng. baru kemudian dihaluskan. Biasanya ada potongan hati ayam goreng yang dicampurkan kedalamnya. Selain itu bawang goreng dan potongan bawang goreng juga semakin membuat rasanya nikmat. Supaya bumbu merekat sempurna biasanya digunakan telur ayam dalam adonan perkedel kentang dan saat sebelum digorengpun dibaluri dengan telur kocok. Ukuran perkedel kentangnya pun besar besar. Puas untuk dinikmati,
Istilah "perkedel" berasal dari Bahasa Belanda: Frikadel, hal ini menunjukkan pengaruh Belanda dalam seni memasak Indonesia. Versi aslinya di Eropa frikadel dibuat dari daging cincang yang dilumat dan kemudian digoreng, sedangkan di Indonesia perkedel dibuat dengan bahan kentang yang kadang hanya sedikit dibubuhi daging cincang atau kornet.

Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek
Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek 
Ini cerita Hidangan Natal dan Tahun Baru Ala Nenek, Tukang jalan jajan yakin, setiap rumah punya signature dishnya masing-masing yang selalu dirindukan dan membuat pulang kampung adalah hal yang menyenangkan.

2 komentar:

  1. Berkesan sekali pastinya, ya? Jadi rindu hidangan lebaran ala almh. nenekku juga. :)

    BalasHapus
  2. Kek Lebaran jugak ya, Ko. Pokoknya penuh makanan enak yes 😂😂😂

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.