Tukang Jalan Jajan

Tart Susu Pontianak, Beda Rasa, Beda Rupa


Pie susu atau tart susu? Tidak perlu direpotkan. Yang membedakan buatan Pontianak dengan yang lain adalah ukurannya yang besar dengan custard yang lebih moist. Lembut dan lumer dimulut. Dulu isian tengahnya hanya mengandalkan telur dan susu namun sekarang sudah lebih banyak varian rasa dan aroma yang ditambahkan seperti coklat, pandan, keju sampai oreo. Saya sendiri suka dengan produksi rumahan. Tart Susu ini diproduksi di Jalan Putri Dara Hitam, Gg Ambotin. Mungkin agak susah mencari diantara rumah tradisional tapi saat anda bertanya dengan penduduk sekitar, saya yakin semua serempak akan menunjuk satu rumah. Bisa juga menggunakan indera penciuman aroma panggangan kue yang matang.
Tart Susu Pontianak
Tart Susu Pontianak
Pie susu atau yang memiliki nama ‘londo’ Egg Tart memiliki banyak versi sejarah. Ada yang mengatakan bahwa kue yang sekarang dikenal sebagai jajanan khas Bali ini berasal dari Eropa-lah, Egypt-lah, Yunani-lah, Portugis-lah, dan bahkan Hong Kong. Mana yang benar? Jangan diributkan karena masing-masing tart susu sudah berasimilasi dengan budaya lokal. Tapi jika merujuk ke rata rata pembuat kue ini, bisa jadi kue ini diadopsi dari Tiongkok.

Tart Susu Pontianak
Tart Susu Pontianak
Merujuk kepada Wikipedia, situs ensiklopedia bebas, pie susu disebut-sebut berasal dari Hong Kong. Kue berjenis tart custard ini secara umum ditemukan di Hong Kong dan negara-negara Asia lainnya. Bagian pie susu terdiri dari kerak kue bagian luar dengan isi custard telur dan panggang di bagian tengahnya. Pie susu. Kue ini bisa ditemukan di Hong Kong, Portugal, Inggris, dan beberapa Negara Asia. Nama lain pie susu ini dalam bahasa Inggris : Egg Tart atau biasa dalam bahasa mandarin dikenal sebagai dàn tà.

Tart Susu Pontianak
Tart Susu Pontianak
Sebenarnya pie susu, pertama kali diperkenalkan di Hong Kong, tetapi dibuat pertama kali pada tahun 1920 di Guangzhou. Pada saat ada perang Anglo-Cina, dimana budaya Eropa berkembang di Guangzhou.Dikarenakan terjadi persaingan yang hebat pada pasar dan perdaganan maka mereka membuat dim sum jenis baru untuk memenangkan kompetisi hingga akhirnya pie susu ini terbuat yang mana merupakan perpaduan China dan Portugis pastry.

Tart Susu Pontianak
Tart Susu Pontianak
Menurut beberapa teori, pie susu Hongkong ini pun sebenarnya juga mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris. Hongkong yang merupakan bekas koloni Inggris memang diketahui mengadopsi beberapa makanan dari Inggris. Seiring berjalannya waktu, pie susu Hongkong mengalami banyak perkembangan. Mulai muncul variasi pie seperti pie madu telur, pie putih telur, pie coklat, pie green tea dan pie jahe. Untuk tekstur pinggiran atau kulit puff pastry. Sedangkan isinya saja yang berbeda-beda.

Tart Susu Pontianak
Tart Susu Pontianak
Selain sejarah adopsi pie susu versi Inggris ini, ada juga sejarah pie susu asal Portugis. Di Portugis, kue ini bukan dikenal sebagai pie susu atau egg tart, tapi disebut dengan Pastel De Nata. Makanan ini lalu dikenalkan ke Hongkong via koloni Portugis yang berada di Makau. Pastel De Nata sendiri dibuat pertama kali lebih dari 200 tahun silam oleh suster Katholik di Biara Jeronimos. Adalah Casa Pasteis De Belem, toko kue pertama yang menjual Pastel De Nata pada tahun 1837. Berbeda dengan pie susu Hongkong yang menggunakan pinggiran puff pastry, pinggiran pie susu Portugis ini berupa shortcrust pastry, mirip dengan pinggiran pie susu yang kita kenal sekarang.

Tart Susu Pontianak
Tart Susu Pontianak
Adonan kulitnya yang renyah dan gurih berpadu dengan custard manis yang khas sekali. Perbedaan tart susu dipontianak dengan versi asli atau daerah lainnya adalah ukuran diameter Loyang dan custardnya yang lebih lembab dan moist, gampang lumer dimulut. Pie Susu Pontianak sendiri sudah banyak varian rasa yang bisa dipilih, mulai dari original telur dan susu, susu dan pandan, atau green tea hingga oreo dan keju. Semua rasa dan aroma memang punya penggemarnya masing-masing. tergantung selera. Saya sendiri tetap suka yang tradisional rasa original ala Tart Susu rumahan yang diproduksi di Jalan Putri Dara Hitam, Gg Ambotin. 8,5 dari 10 untuk rasa dan jangan lupa, beli satu Loyang berhadiah satu piring plastik. Selamat makan dan salam yumcez!

16 komentar:

  1. teksturnya yaampun, ingin makan.
    sepertinya mirip agar-agar.

    BalasHapus
  2. ampun ini bikin mupeng untuk nyicip. ngiler. pasti lumer dimulut waaah

    BalasHapus
  3. (((ukuran diameter Loyang dan custardnya yang lebih lembab dan moist, gampang lumer dimulut. )))

    Aku kok gagal faham dengan kalimat ini ya bang 😢

    Aku belum pernah coba pie susu, apalagi tart susu
    Tart susu ini udah bisa pesan delivery order kah??

    BalasHapus
  4. Yumcez bener ini daah...
    Aku sebenarnya bukan penggemar pie.
    Tapi entah kenapa, kalau pie susu Bali, aku gak bisa berenti makan.

    Apalagi ini yaa... Pie susu Pontianak.
    Heemm, moist.

    BalasHapus
  5. Yumcez bingiit...

    Aku suka pie susu.
    kalau dapat oleh-oleh pie susu Bali, aku gak pernah bisa berenti makan.

    Apalagi pie susu Pontianak yang lebih moist ini yaa...
    Heeumm~~

    BalasHapus
  6. Yaah jauh kalo pesan online ada nggak? Truss basi nggak pas nyampe kalo pie susu pontianak dikirim ke banda aceh

    BalasHapus
  7. Duh pie susunya menggoda banget, suka banget pie susu, apalagi iniukurannya besar-besar,hmm...yummyyy

    BalasHapus
  8. tulisan yang bagus sih, yang kayak gini yang bikin tulisan sesuai pengalaman tapi secara tidak langsung menggoda untuk membeli, ini bisa kirim-kirim ga? bener-bener kegda ama tart susunya

    BalasHapus
  9. Kalau aku bisa pesan dari sini, aku ingin pesan tart susu pontianakn varian oreo. Pasti yumces banget baut cemilan. Tapi kalau porsinya kayak di foto, bagiku sih kurang. Hehe. Pie susu yang lumer di lidah pasti bikin nagih, ya kan.

    BalasHapus
  10. Malah kaya keju dan agar2 ya. Udah bayangin gurih kulitnya terus lembut susunya, hmmm....

    Mgkn bisa dikasih campuran lain biar yg enggak terlalu doyan susu bisa makan

    BalasHapus
  11. Aduh liat makanan..kue manis..susu coklat gitu jadi lapar..hahahaha.., jadi pengen nyicipin ..

    Enak ya..tukang jalan..banyak jajanan enak di cicipi..

    BalasHapus
  12. Ya Allah. Ampunilah aku. Ini kenapa pie susunya menggoda banget. Jujur, aku belum begitu tertarik memahami istilah kuliner. Namun, menarik juga sih jika digunakan untuk referensi ketika menulis sastra gitu. Ah, jadi ingin tulis cerpen lagi nih. Dan, yak, aku envy lagi dengan pie susu. Apalagi dengan adanya efek pewarnaan coklat seperti ini.

    BalasHapus
  13. Gambar pie susunya bikin lapar 😩.
    Wah aku baru tahu sejarah pie susu, terimakasih~

    BalasHapus
  14. Saya suka buat tart susu yang bahannya lebih sederhana, yang berbahan telur dan susu. Alhamdulillah anak suka dengan pie susu seperti itu. Kalau dibuatkan dengan toping coklat, mereka mau, gak, ya..?

    BalasHapus
  15. haduhhh... pie susunya menggoda sekali mas Dodon. Ngiler deh, tapi jauh di Pontianak :(
    Fotonya juga cantik sekali, sangat menggugah selera. Camilan yang sangat mantap sekali ya.

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.