Adv

Kreasi Ketan Susu Ala Tukang Jalan Jajan

Beberapa waktu ini “tansu” alias ketan susu jadi makanan favorit yang sering seliweran di media sosial kota Pontianak. Saya sendiri bukan penggemar ketan hanya sesekali mengkonsumsi berbagai macam olahannya. Olahannya sendiri bermacam-macam, mulai dari pengkang, lemper, bubur, tape, getas, ketan panggang dan masih banyak yang lain. Mau disajikan manis atau asin gurih saya tetap menikmatinya. Beberapa olahan dari negara tetangga juga ada yang enak seperti Mango sticky rice dan coconut ice cream yang menyertakan ketan didalamnya.
 
Kreasi Tukang Jalan Jajan
Berhubung sudah lama tidak masuk kedalam kitchen lab saya maka hari ini dengan semangat 45 saya putuskan untuk pergi kepasar dan membeli ketan hitam serta santan dan sekaleng susu kental manis full cream. Sengaja saya pilih ketan hitam untuk mendapatkan sensasi gurih dan manis serta untuk mendapatkan serat tambahan. Sehat dan lezat. Semua bahan saya siapkan termasuk daun pandan agar ketan susu saya nanti beraroma harum. Persiapan selesai.

Bahan 'tansu’ ala saya. Takaran menyesuaikan ya.
1.    Ketan Hitam 0,5 kg
2.    Santan Kelapa dari 1 butir kelapa
3.    Susu Kental Manis 1 kaleng
4.    Garam secukupnya
5.    Daun Pandan 3 lembar

Cara membuatnya sederhana, saya mencuci bersih beberapa kali ketan lalu merendamnya selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu santan diperas, saya menginginkan santan kental sehingga hanya perasan pertama yang digunakan. Setelah itu ketan saya aron dengan daun pandan hingga setengah matang. Sebelum diangkat saya tambahkan santan dan sejumput garam. Setelah itu kukusan berisi air yang sudah mendidih saya siapkan. Dasarnya saya tambahkan daun pandan dan kemudian ketan hitam setengah matang saya kukus hingga matang kurang lebih 45-60 menit.

TanSu!
Setelah matang tinggal disajikan saja dipiring dan disiram dengan susu kental manis, sebenarnya saya ingin mencoba menggunakan susu kental manis coklat atau nutella atau ovomaltine tapi lupa membelinya termasuk keju cheddar untuk diparutkan diatas ‘tansu’ saya. Tapi sudahlah, rasanya juga tetap enak kok. Gurih, manis serta aroma pandan yang sangat harum. Ketannya sendiri memang sudah punya karakter rasa yang gurih dan pulen.

Selamat Makan
Makanan ini bisa dengan gampang dibuat sendiri dan bisa dikreasikan dengan apa saja. Asal ada waktu dan semangat pasti menu ini bisa selesai dibuat dengan mudah. Memang membutuhkan waktu persiapan dan pemasakan yang cukup panjang. Jadi lebih baik untuk dikerjakan pada saat libur sehingga banyak waktu luang. Selamat mencoba dan lakukan semuanya dengan penuh senyuman dan cinta. Salam Yumces!

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.