Tukang Jalan Jajan

Telusur Borneo di Negeri Jiran, Sabah dan Sarawak


Melangkahkan kaki siang ini dengan hati yang gembira. Saya akan menikmati liburan sambal bekerja. Seperti biasa saya akan menikmati semua kebahagiaan setelah tiga minggu pontang panting mengumpulkan semua tenaga untuk bisa membagi diri. Saya bukan protozoa tapi beberapa minggu ini memang berat dan benar benar harus dilewati dengan segera. Rehat dengan liburan yang kali ini saya isi bersama dengan Air Asia atas undangan sabah Tourism Board dan Sarawak Tourism Board. itinerary ditangan. Pemandangan Sabah dan Sarawak yang indah sudah di depan mata. Negeri Jiran Menyenangkan sekali.

Genk Jalan Jalan Ceria sebelum Island hoping di Sabah
Genk Jalan Jalan Ceria sebelum Island hoping di Sabah
Kalau biasanya saya hanya membawa diri, kali ini ada 10 orang lagi yang harus digiring menjadi tanggung jawab. Ini pertama kalinya saya mengangkut berbagai orang dari berbagai karakter. Pilihan beragam ini bukan tanpa alasan. Semakin berbeda maka semakin besar jangkauan fanbase yang bisa direngkuh. Informasi yang tersebar juga akan berdampak luas. Ada yang berasal dari Ibu yang doyan traveling, ada entertainer yang super heboh, youtuber sosialita, blogger dan videographer berbagai minat dari berbagai daerah dan jurnalis. Kumpulan beragam ini menjadi PR besar bagi saya bagaimana “menjualnya” sehingga bisa mendapat sepaket perjalanan gratis.

Manukan Island, salah satu Pulau di Tunku Abdul Rahman Park
Manukan Island, salah satu Pulau di Tunku Abdul Rahman Park
Merengkuh maskapai penerbangan dan dua tourism board dalam satu waktu, mencocokan jadwal, melengkapi semua daftar wajib, mengumpulkannya dalam satu bundle lalu menjadikan saya sebagai kabel penghubung sekaligus menjadi bantal saat meredam berbagai macam gejolak membuat perasaan turun naik hingga waktu keberangkatan. Berbagai macam drama sudah saya lewati untuk sampai disatu titik, berakhir dengan ikut ujian susulan dihari terakhir ujian akhir semester. Setelah melewati semua “kebahagiaan” tadi saatnya saya benar-benar menikmati kebahagiaan hakiki dengan memegang tiket dan itinerary Kota Kinabalu dan Kota Kuching

Sapi Island, pantai berpasir putih dengan air yang hiaju kebiruan
Sapi Island, pantai berpasir putih dengan air yang hiaju kebiruan
Sabah, negeri di bawah bayu. Slogan yang sering saya dengar. Lokasi yang berada cantik dibawah gunung Kinabalu yang terpampang indah membiru dengan awan dan kabut yang selalu menutupinya.Jika tak beruntung maka hanya akan terlihat samar-samar. Jika beruntung maka keindahannya tidak akan kalah dengan gunung lainnya. SIapa yang bisa mengelak dari keindahan flora dan fauna pulau Kalimantan. Saya juga akan melihat keindahan sunset di laut Sabah dan masih banyak lagi pengalaman seru yang pastinya membuat saya bahagia.

Pekan Nabalu, melihat gunung Kinabalu dari jauh
Pekan Nabalu, melihat gunung Kinabalu dari jauh
Kota Kinabalu sebagai ibukota distrik Sabah menjadi pusat perjalan wisata kali ini. Ini kali ke tiga saya datang ke sini setelah dua kali saya gagal menikmati keindahan alamnya karena satu dan lain hal. Kota ini sendiri dulu bernama Jesselton sebelum bernama KK atau Kota Kinabalu. Sebagai pusat pemerintahan Pantai Barat negeri Sabah, pembangunannya cukup pesat. Lahan hasil pengurukan tanah ini benar-benar cepat sekali berkembangan, pembangunan pusat perbelanjaan dan pusat perobatan sepertinya ada dimana-mana. Kabarnya KK akan memiliki pelabuhan terbesar untuk wisata dan perdagangan nantinya. Taman nasional, pantai, laut dan gunung jadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewati.

Trakking di Bako National Park, Salah satu taman nasional yang tidak jauh dari Kuching
Trakking di Bako National Park, Salah satu taman nasional yang tidak jauh dari Kuching
Sarawak adalah titik kedua yang akan saya kunjungi dalam famtrip kali ini. Negara bagian yang saya kunjungi lebih dari 5 kali dalam setahun untuk berbagai kegiatan namun tidak pernah bosan untuk dinikmati. Ada saja hal baru yang sepertinya menarik untuk saya ulik. Negara bagian Malaysia yang unik karena memiliki otonomi berbeda, mulai dari pemerintahan, imigrasi hingga yudisier. Tidak sama dengan negara di semenanjung Malaysia sehingga setiap orang yang keluar dan masuk Sarawak butuh paspor bahkan penduduk Malaysia sekalipun.

Bako National Park, Salah satu taman nasional yang menarik untuk dikunjungi
Bako National Park, Salah satu taman nasional yang menarik untuk dikunjungi
Beribu kota Kuching, yang juga mengandalkan pariwisata sebagai salah satu pemasukan devisa. Selain alamnya yang kaya, mulai dari hutan khas borneo, deretan pegunungan kapur di Mulu dan dataran tinggi Bario juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang sayang untuk dilewatkan. Termasuk festival musik tahunan seperti Borneo Jazz Festival dan Rainforest Music Festival yang sudah masuk daftar festival musik kelas dunia. Masih banyak lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Siniawan Old Market. Salahsatu pusat jajanan di Sarawak
Siniawan Old Market. Salahsatu pusat jajanan di Sarawak
Perjalanan yang memakan waktu seminggu ini mengumpulkan sebelas orang dalam satu tim jalan jalan yang akan terus berbagi informasi di media sosial masing-masing termasuk blog. Ceritanya akan berbeda satu sama lain walaupun satu objek pasti ada sudut pandang lain yang akan ditemukan dalam setiap perjalanan. Tulisan ini hanya pengantar dari tulisan saya berikutnya. Selamat menikmati tulisan saya tentang perjalanan di Sabah dan Sarawak. Saat saya menuliskan ini, tukang jalan jajan sudah benafas lega karena sukses menghantarkan 10 orang berbahagia menikmati liburan gratis berharga lebih dari 20 juta seorang.

30 komentar:

  1. aku mupeng sama perjalanan kalian kali ini.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirimu udah sering jalan jalan Koh.... hehehehehe tapi emang sih! ini genk syuuupeeerrrr kumplit!

      Hapus
  2. Yeeeyyyyy team Cha Cha cha Cha Cha..... ada New Kid oN the Block' dangdut version and Spice Girls KW super!! Wkwkwkkwkwkwk ..... Big Thanks yaaa Kakak Dodon ...jangan kapok ajak aku yang telah memekakkan telinga mu whhahaahha.... hooobaaaahhhj!!!! Duo Desaaahhhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar diajakin lagi ya.... doain jadi genk blogger tetap negeri jiran

      Hapus
    2. kamu dapet spesial jalan jalan ntar, asal bisa bikin happy aja :p

      Hapus
  3. Uwwuw, seringnya jala2 apalagi keluar negeri kak. Aku pengen juga liburan ke luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak Suga, mari kita jalan jalan bersama :)

      Hapus
  4. Pingin deh jalan-jalan kesini. Tapi ntah kapan bisa nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, dimana ada kemauan disitu ada jalan hehehehe

      Hapus
  5. Asik, baru kali ini tau ternyata gunung kinabalu masuknya bukan indonesia yah.. Padahal itu kebanggaan orang kalimantan.. Sampai tau kalau legendanya ada naga disitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuknya Malaysia. ada lagunya juga. enak buat dinyanyikan coba deh searching. enak buat joged joged juga

      Hapus
  6. Balasan
    1. seru dan menyenangkan hehehe. cobain deh!

      Hapus
  7. ini kok air di pantainya menggoda banget yak , pengen jalan jalan juga jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo jalan jalan kakmin, jangan tunggu lama lama

      Hapus
  8. Keren, ya? :D Eh, kupikir Gunung Kinabalu masuk Indonesia

    BalasHapus
  9. Swear!! Perjalanan ini beyond my expectation. Gak membayangkan sebelumnya bakal seseru ini

    BalasHapus
  10. mas aku jaken kapan2, mupeng
    gn kinabalu e apik,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooooooo jalan jalan.... jangan tunggu lama lama

      Hapus
  11. Sepertinya seru juga nih, ikutan jalan-jalan, asyikkkk BTW, salken ya mas dari #DuniaFaisol

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya asik banget dong mas, salam kenal ya :) ayo jalan jalan

      Hapus
  12. Selalu suka melihat keindahan alam di berbagai negeri. Selama ini artikel perjalanan Malaysia lebih banyak mengulas wilayah kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jalannya ke daerah Malaysia sebelah Borneo pasti akan banyak melihat keindahan alam. Menyenangkaan lhoooooooo

      Hapus
  13. Makasi banyak ya bang udah ngajakin dyah dalam famtrip kali ini. maafin kalau ada tingkah dyah yang malu - maluin ya bang. moga abang nggak kapok ehehe

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.