Tukang Jalan Jajan

Kawan Kita Kafetaria, Bersahabat di Lidah dan Kantong



Kenikmatan makan bisa datang dari banyak sebab dan banyak hal. Menikmati makanan itu bukan hanya masalah cit rasa tapi juga menyangkut tampilan, porsi, kandungan sehat hingga kehangatan pelayanan serta kenyamanan tempat. Kompleks namun saya bisa menikmati. Tapi mungkin tidak berlaku bagi beberapa tempat yang menyajikan makanan jadul atau juga makanan yang super enak. RAsanya semua kriteria kenikmatan diabaikan. Yang penting masalah rasa. Saya setuju saja apalagi tempat makan yang sudah melewati beberapa generasi. Oh ya, suka makan yam mie? Saya menemukan Bakmi yang sedap di jalan Penjara. Namanya Kawan Kita Cafetaria, Jalan KH Ahmad Dahlan No 61, di samping Fresh Mart No Telp 0852 5074 0168

Bakmie goreng dan ayam rendang Cafetaria Kawan Kita
Bakmie goreng dan ayam rendang Cafetaria Kawan Kita
Konsepnya kantin dan warung kopi sehingga saya merasa santai sembari makan, ada banyak menu disini, berbagai paket nasi dan mie. Tukang Jalan Jajan pecinta bakmi dan jarang sekali menemukan bakmi goreng, begitu mengetahui ada bakmi ukuran kecil yang di goreng tentu membuat hati ini geregetan ingin mencoba. Dalam beberapa bulan ini, saya sudah berkali kali menyambangi tempat ini karena penasaran dengan semua menu jadulnya. 

Paket ayam rendang Cafetaria Kawan Kita
Paket ayam rendang Cafetaria Kawan Kita
Mungkin beberapa jenis menu yang tersaji disini jadul tapi percayalah bahwa rasa dan harganya kebih tinggi dari ekspektasi sebelumnya. Yammie dan bakmie ayamnya juara lokal berbanding lurus dengan harganya dan porsinya. Es campurnya juga membuat saya tak berpikir ulang untuk datang lagi. Paket nasi tersedia juga, ada nasi uduk dengan ayam rending atau ada juga ayam goreng dengan samba terasi yang menggoda selera. Ada juga makanan penutup berupa es potong dan piscok. Kantin ini juga berkolaborasi dengan warung kopi.

Paket Bakmie goreng Cafetaria Kawan Kita
Paket Bakmie goreng Cafetaria Kawan Kita
Bakmie goreng yang digoreng harum dan super gurih disini dipadukan dengan dada ayam goreng tepung lalu disajikan dengan sambal dan lalapan serta telor ceplok. Menurut saya, tanpa tambahan apapun mie ini sudah enak, kenyal dan gurih. Bumbu sederhana tapi rasa boleh tahan. Sebagai penggemar mie, baik yammie maupun bakmie goreng semuanya sedap! Katsunya juga krispi dan bisa menambah protein, cukup menambahkan sayuran saja maka semuanya akn sempurna. Kaldu yammie nya juga sedap, terbuat dari tulang ayam yang benar-benar terasa sumsumnya. dengan taburan daun bawang aroma yang dihasilkan tambah harum. duh! enak banget.

komposisi bakmie ayam dan goreng ini akan lebih sempurna lagi dengan es campur yang super sedap. isiannya cendol, cincau, kacang merah, tapi dan manisan papaya yang sudah langka dan susah membuatnya baru kemudian ditambahkan santan kelapa dan gula merah yang harum dan legit. Ciri khas berupa santan yang tidak dimasak membuat santan tidak pecah dan gurihnya terjaga. jika terkana gula merah dan tapi akan semakin sempurna. kacang merah yang empok juga memberikan tekstur tersendiri saat dikunyah. ini benar-benar es campur klasik ala Pontianak, Membayangkannya saja sudah membuat lapar.

Paket ayam rendang Cafetaria Kawan Kita
Paket ayam rendang Cafetaria Kawan Kita
Lalu bagaimana dengan ayam kari dan ayam rendangnya? semuanya enak tapi saya lebih mencintai rasa kari klasikyang otentik dengan kuah santan yang kental namun rasa bumbu yang tidak mlekoh. ayam yang sudah digoreng setengah matang lalu dimasak dalam kuah santan kari berbumbu bersama kentang. rasanya “padu banget” karena santen selalu cocok dengan protein dan karbo. saya lebih memilih nasi biasa ketimbang uduk untuk menikmati kedua jenis makanan ini. Masih ada menu lain seperti nasi goreng dan kwetiaw goreng yang disajikan ditempat ini, porsinya cukup mengenyangkan dengan harga yang terjangkau karena konsep yang diusung memang kantin buat mengisi waktu luang untuk jajan.

Es campur Cafetaria Kawan Kita
Es campur Cafetaria Kawan Kita
Belum lagi pisang aroma yang manis alami dari coklat dengan pisang yang matang sempurna dan kulit pangsit krispi super renyah, saat dikunyah coklatnya langsung pecah dan meleleh dimulut. belum lagi es potongnya yang terbuat dari berbagai buah-buahan tropis. bukan dari perasa karena memang berasal dari buah pilihan, ada alpukat, strawberry, durian, jeruk hingga coklat. toppingnya juga bermacam-macam sesuai selera seperti taburan sereal krispi dan butiran meises untuk menambah sensasi kunyah. 

tempat makan ini lumayan besar dan nyaman untuk parkir kendaraan. harganya yang bersahabat dengan porsi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Saya memberikan nilai 8,5 untuk semuanya. enak dan sangat bersahabat. komponen enak, murah, banyak sudah terpenuhi. tidak ada alasan untuk tidak mencicipi kelezatannya. Kawan Kita Cafetaria, Jalan KH Ahmad Dahlan No 61, di samping Fresh Mart No Telp 0852 5074 0168. Selamat Makan dan Salam Yumces



3 komentar:

  1. Menarik juga sepertinya, tapi ngomong-ngomong, Jalan Ahmad Dahlan nya di kota mana ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pontianak mas hehehehe. yuk mampir ke sini :)

      Hapus
  2. duhh seger banget itu es campur keliatannya yak hahaha

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.