Tukang Jalan Jajan

Menikmati Sore Warna Warni di Kampung Wisata Kuantan



Sore mulai beranjak akan malam, sayapun melepas lelah sejenak di sebuah cafe di ujung berbeda. Tempat ini belum terlalu ramai. Sepertinya cafe ini menjadi altenatif bagi yang tidak mendapat tempat di kampung wisata. Sudah ada puluhan anak muda yang bersantai disini, mungkin ingin melihat matahari terbenam.

Kampung warna warni Kuantan di Tepian Kapuas
Kampung warna warni Kuantan di Tepian Kapuas
Cafe “Pinggir Sungai” ini cukup menarik, dengan papan dan kayu yang disusun artistik sedemikian rupa membuatnya elok untuk dijadikan spot berfoto. Papan tulis hitam bertuliskan kapur dengan bahasa melayu Pontianak menghias dibeberapa sudut. Kalimatnyapun dibuat unik dan menggelitik “Mane can tak singgah sinek, Tak kawanlah kite” yang artinya “Kamu tidak seru dan bukan teman saya kalau tidak mampir kemari”. Masih banyak lagi yang lain.
 
Menikmati cafe di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Menikmati cafe di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Lampu terang warna warni disekeliling tempat yang langsung bersentuhan dengan laut ini juga dihiasi dengan dedaunan plastik. Meja kursi tersusun dipinggir dan menempel dengan dinding yang terbuka dan langsung menghadap kesungai. Kita bisa melihat kapal yang berbalalu lalang dan berbagai macam aktifitas sungai lainnya. Termasuk keadaan kampung seberang. Jika bersantai disini malam hari pasti kerlip lampu akan terlihat bagus sekali.

Anak anak bermain di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Anak anak bermain di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Dinding cafe ini juga tidak mau kalah dengan hiasan tembok 3 Dimensi dengan bermacam macam model, sayang sekali tidak ada titik pengambilan gambar yang jelas sehingga objek foto dapat terlihat menyatu dengan lukisan 3 Dimensinya. Jika menilik makanan dan minuman yang disajikan sangat sederhana. Minuman berbagai warna dengan berbagai lapisan serta makanan ringan menjadi andalan tempat ini.

Photo Prewedding di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Photo Prewedding di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Saya sempat beberapa melirik matahari yang hampir jatuh, namun sayang ternyata posisi tempat ini tidak pas untuk menikmati sunset karena matahari tersembunti dibalik atap-atap rumah penduduk. Semakin sore tempat ini semakin ramai. Seperti matahari yang mulai beranjak menginggalkan langit Pontianak, sayapun beranjak dari Kampung wisata Kuantan.

Pengunjung di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Pengunjung di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Destinasi Baru yang Apik. Kampung wisata Kuantan ini layak menjadi destinasi baru tepian Kapuas. Wisatawan yang bertandang ke Pontianak wajib menikmati warna warni cerah dan keramahan masyarakat yang siap menjawab semua pertanyaan. Walaupun belum sepenuhnya selesai dikerjakan, saya bisa merasakan kebahagiaan di 100 meter langkah saya. Dari banyaknya yang datang, menunjukkan bahwa masyarakat kita butuh tempat untuk mendapatkan kesenangan yang bertemakan alam lengkap dengan interaksi sosialnya tanpa melepaskan kreatifitas.

Photo Shoot di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Photo Shoot di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Tugas masyarakat, wisatawan dan pemerintah untuk menjaga keberlangsungan lokasi kampung wisata ini dengan menyediakan sarana yang nyaman seperti fasilitas parkir kendaraan, toilet umum dan tempat sampah. Mushola dan fasilitas kesehatan untuk mengatasi masalah darurt juga perlu disiapkan dengan baik. Termasuk palang dan tanda informasi disepanjang jalan perlu dipasang. Kalau perlu ada sebuah sudut yang berisihi informasi pariwisata lengkap dengan brosur dan petugas yang siap menjawab semua pertanyaan pengunjung

Bermain layang-layang di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Bermain layang-layang di Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Geliat wisata berbasis pemberdayaan masyarakat patut didukung. Bangga sekali dapat menikmati wisata penuh warna dikampung sendiri. Berharap kedepannya ada 1 kilometer lagi pinggiran sungai kapuas yang disulap menjadi kampung wisata. Sekalian cuci mata, sekalian berolahraga. Ayo main kekampung warna warni di tepian Kapuas dan rasakan bagaimana tepian Kapuas sudah berbenah dan jadi lebih baik.

Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Kampung warna warni Kuantan Tepian Kapuas
Pemerintah harus bisa memberikan support agar tempat ini terus berkembang. Pemberdayaan masyarakat perlu sokongan dengan berbagai macam pelatihan bagaimana menjadikan penduduk menjadi sadar wisata. Semakin banyak tempat bersantai dibarengi dengan pembersihan pinggiran sungai akan menjadikan tempat ini semakin asri dan apik. Ada baiknya juga jembatan semen diperlebar sehingga lengi nyaman untuk berlalu lalang. Semoga kampung wisata ini terus berkembang dan memberi manfaat bagi pengunjung dan masyarakat sekitar.

2 komentar:

  1. Wah, di Malang juga ada kampung warna-warni. ^_^ Jadi pengen mengunjungi yang di sana. Pasti nggak kalah bagus.

    BalasHapus
  2. Cantik banget. :D Bagus pastinya buat foto2.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.