Tukang Jalan Jajan

Menikmati Kuliner Sintang, Randol dan Bakso Cak Pandu


Beberapa waktu saya pulang kampung dan masih menyisakan banyak tempat makan yang belum sempat saya dokumentasikan di blog Tukang Jalan Jajan. Dengan judul utama menikmati Kuliner Sintang. Salah satunya adalah cendol Randol a.k.a Radja Cendol yang se Kalimantan Barat hanya ada di Sintang. Amazing banget kan ya? 8 jam perjalanan darat dan 1 jam perjalanan udara. Jauh emang tapi beruntungnya saya bisa nyobain. Radja Cendol Sintang beralamat di Jalan MT Haryono deretan Bakso Cak Pandu samping Sintang Permai Hotel (SPH). Berhubung di Sintang, jalan Sungai Durian hanya ada satu dan super Panjang dan satu nama jadi gunakanlah google maps biar gampang. Atau tanya aja ama Tukang Jalan Jajan.

Radja Cendol a.k.a Randol di Sintang
Radja Cendol a.k.a Randol di Sintang
Bukankah cendol itu banyak dan tersebar diseluruh nusantara dan apa perbedaan yang bisa didapatkan dari minuman Radja Cendol? Biasanya saat meneguk segarnya cendol maka santanlah yang jadi “kuah” cendolnya. Berbeda dengan randol yang menggunakan susu sebagai pendampingnya dan juga menggunakan gula merah untuk menambah legit rasanya. Sebagai penggemar jajanan nusantara ada baiknya saya memesan minuman segar ini. Kebetulan siang cukup panas dan dahaga juga menyerang.

Radja Cendol a.k.a Randol di Sintang
Radja Cendol a.k.a Randol di Sintang
Versi originalnya adalah cendol hijau yang kenyal diberi susu dan ditambah gula merah. Kabarnya Danu Sofwan sang pemilik menganggap, penggunaan susu dikarenakan konsumsi susu rang rendah di Indonesia, 12 liter pertahun dibawah Vietnam yang sudah mencapai 14,3 liter pertahun. 


Radja Cendol a.k.a Randol di Sintang
Radja Cendol a.k.a Randol di Sintang
Perhitungan yang briliant untuk sebuah usaha bisnis. Balik lagi ke rasa Randol yang sudah tersaji di atas meja. Rasa gurih susu melingkupi rasa cendol yng kenyal dan yang paling penting rasa manisnya pas dengan rasa legit dan aroma gula merah yang menggoyang lidah. Slurupppssss..... seger ya mak Danu Sofwan. Hancep!

Es duren a.k.a durian di Sintang
Es duren a.k.a durian di Sintang
Pesanan kedua saya adalah es durian dengan taburan almond dan kuah susu. Duh! Bagi penggila durian, mangkuk ini adalah surga yang dirindukan. Tanpa biji, hanya daging durian. Ngga dibohongin dengan biji yang besar. Taburan almondnya mampu memberikan tekstur kunyahan krispi diantara daging durian yang lembut termasuk jelly hijau yang dipotong kecil-kecil. Kuah susu sebagai penambah rasa manis yang mampu membuat seruputan berlanjut hingga tandas didasar gelas. Sedap nih, cocok dengan suasana panas kota Khatulistiwa. Lanjut mampir kesebelahnya. Mari melanjutkan cerita menikmati kuliner Sintang.

akso Malang Cak Pandu di Sintang
Bakso Malang Cak Pandu di Sintang
Bakso Malang Cak Pandu dalam mangkok sudah dipesan, bakso bersama kuah panas menunjukkan kemampuannya menggoda nafsu makan hingga menggelora. Bakso halus dan kasar, tahu basah dan goreng, pangsit basah dan kering serta goreng, mie kuning, bihun dan taburan bawang goreng serta daun bawang. Semuanya mengidentifikasi bahwa bakwan malang ada didepan saya. Kaldunya terasa didalam kuah bakso ini. Bakso membal dengan rasa daging sapi yang tersebar rata ditambah dengan pangsit basah berisi tepung dengan sedikit daging dan serpihan tulang yang terasa saat dikunyah juga sangat khas.

akso Malang Cak Pandu di Sintang
akso Malang Cak Pandu di Sintang
Gigitan saya berlanjut di pangsit goreng yang sengaja dicelupkan kedalam kuah, walapun menjadi basah, rasanya tetap sedap dan memberikan tekstur berbeda. Tahunya pun juga khas, tahu padat yang diisi daging ‘seadanya’ memberikan rasa asap dan sedikit asam saat dmakan, begitupun tahu kosong yang digoreng juga sangat sedap saat seluruh rongga tahu terisi kuah bakso. Begitu dikunyah seluruh kaldu akan keluar membasahi rongga mulut! Enak!

akso Malang Cak Pandu di Sintang
akso Malang Cak Pandu di Sintang
Menikmati kuliner Sintang dan Mengunjungi tempat ini disiang hari dan cuaca panas adalah pilihan tepat. Marilah bersantai dengan bahagia dan menikmati minuman dan makanan disini sambil bernostalgia. Tempat parkirnya luas dan pelayanannya juga cepat. Rasa nya juga pantas diberi nilai 7,5 dari 10. Kalau kamu ke Sintang, cobalah untuk mampir dan merasakan sendiri enaknya. Ayo iut terus petualangan rasa Tukang Jalan Jajan yak. Selamat makan dan salam Yumcez!

2 komentar:

  1. Kalau ga salah di palembang ada randol tp karena abis itu menghilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak ngga langganan sihhhhhh.... coba langganan terusssss

      Hapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.