Tukang Jalan Jajan

Menikmati Kuliner Sintang, Warong Kak Ros


Tukang jalan jajan lagi ingin eksplore, menikmati kuliner kota Sintang, salah satu yang diincar adalah warung kak Ros. Nama Kak Ros langsung mengingatkan saya kepada upin dan ipin yang laris manis di TV. Yang ada di benak langsung adalah seketul ayam goreng. Dari beberapa foto IG #KulinerSintang maka menu ayam korea lah yang jadi andalan di sini. Sayangnya setiap sore dan malam selalu di isi dengan hujan padahal jika melihat lokasi warung ini yang berada di pinggiran sungai Melawi, kemungkinan untuk melihat matahari sore bisa jadi indah. Entahlah, tukang jalan jajan belum mencobanya.

Menu Warong Kak Ros di Sintang
Menu Warong Kak Ros di Sintang
Mencari lokasinya bukan perkara mudah, harus menyusuri tepian sungai Melawi dari ujung pasar sampai ujung pasar lainnya. Menikmati kuliner Sintang butuh perjuangan. Hampir putus asa sampai akhirnya melihat plang warong Kak Ros yang berwarna hitam dengan lampu yang menyinari lokasi ini. Tempatnya menjorok ke tepian sungai, ada 3 lokasi duduk yang bisa di pilih. Meja kursi, lesehan atau meja bulat yang berada di pinggir terluar . sebelum masuk, pengunjung harus melepas sendal. Jarang sekali tempat makan yang mengharuskan saya melepas alas kaki.

Memilih duduk di lokasi terluar agar bisa melihat sungai, sayangnya malam ini sungguh gelap dan tidak terlihat apa-apa. Hanya lampu dari seberang yang terlihat berkelap kelip dari kejauhan. Saya tidak sabar untuk segera menikmati kuliner Sintang dan segera memesan. 

Ayam Katsu warong Kak Ros di Sintang
Ayam Katsu warong Kak Ros di Sintang
Ada ayam Korea 20K, Ayam Katsu 20K, Ayam bumbu rujak 20K dan Ayam Taiwan 20K ditambah telur dadar 5K dan tumis tauge 10K. Es Batu coklat 10K, Kopyor 10K, dan timun serut 10K. Lalu saya harus menunggu dan membayangkan masing-masing menu yang berlogo internasional tadi. Mari coba yuk!

Ayam bumbu rujak warong Kak Ros di Sintang
Ayam bumbu rujak warong Kak Ros di Sintang
Ayam katsu pasti sudah sering di makan. Daging ayam tanpa tulang kemudian di balur dengan tebung basah dan kering lalu dilapisi tepung roti dan kemudian baru di goreng biasanya disajikan dengan saus dan di warung Kak Ros di ganti dengan sambal bawang. 

Ayam korea warong Kak Ros di Sintang
Ayam korea warong Kak Ros di Sintang
Lalu ayam Korea merupakan pengembangan ayam katsu yang di tambah dengan saus merah yang sepertinya ingin mirip dengan Gochujang namun saya lebih merasa seperti campuran rasa saus tomat dan cabe namun enak apalagi di tambah taburan wijen. Semakin gurih dan menyenangkan.

Ayam Taiwan warong Kak Ros di Sintang
Ayam Taiwan warong Kak Ros di Sintang
Lain lagi dengan ayam Taiwan yang menggunakan saus yang lebih hitam. Mungkin menggunakan tambahan kecap atau mungkin saus plum beneran? Saya kurang bisa mencicipinya ada potongan daun bawang dansaus disiramkan diatas chicken katsu. Rasanya tidak mengecewakan. Termasuk ayam rujak yang di panggang. Rasanya juga menggoda selera, manis dan gurih serta ada rasa yang mirip dengan rujak namun lidah saya mengidentifikasinya seperti ayam kalasan yang di bakar.

Minuman temen makan di warong Kak Ros
Minuman temen makan di warong Kak Ros
Minuman es baru coklat sungguh membuat saya penasaran. Dalam benak terpikir bahwa es coklat yang dibekukan namun ternyata susu dengan es batu yang ditaburi coklat. Unik sekali namun agak repot mengaduk bubuk coklat dengan air dingin. Perlu usaha ekstra keras untuk mengaduk sebelum mencicipi. Es timunnya juga cukup unik, biasanya hanya serutan timun, sirup melon dan es batu namun di sini ditambahkan soda beraroma lemon. Cukup menyenangkan di lidah.

Tumis tauge warong kak Ros
Tumis tauge warong kak Ros
Oh ya, saya juga memesan pelengkap lain yaitu tumis tauge dengan bawang putih dan sedikit potongan ayam serta telur dadar yang digoreng renyah. Melengkapi ayam dan nasi yang di makan. Tapi penyempurna rasanya yang juara, sambal bawang yang di ulek kemudian di tumis mingga matang, menghadirkn rasa pedas dan manis yang menyatu dengan aroma bawang. Cocok di makan dengan tumis tauge dan telur dadar. Sedaaaapppp!

Menu Warong Kak Ros di Sintang
Menu Warong Kak Ros di Sintang
Saya menikmati bersantai di sini walaupun di tepian sungai Melawi ini suasana sungainya tak terlihat sama sekali. Hanya temaram cahaya yang terlihat dari seberang dan berkelap kelip. Lumayan juga untuk dijadikan tempat bersantai dan menikmati hari sembari menikmati makanan modern dan Melayu Sintang di sini. 7,5 dari 10 untuk menu makanan di sini. Selamat makan dan salam yumcez!

16 komentar:

  1. bubuk coklat biasanya susah larut kl dicampur air dingin... tp tetap aja bikin penasaran nih menu2nya... usaha mencari tempatnya lumayan juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga ngaduknya pake tenaga ama ekspresi namun akhirnya berhasil hehehehehe.

      Hapus
  2. Ayam bumbu rujaknya bikin gua ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas, siang ini boleh hunting ayam bumbu rujak biar semangat

      Hapus
  3. Aku udah sarapan ngebaca ini jadi laper lagi liat menunya hahahaha

    BalasHapus
  4. Keliatannya enak. Menu nya serba ayam semua ya? Coba ada udang digituin pasti sedep kalilah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga sih menu menu lainnya cuman yang kupesan serba ayam karena penasaran ama nama nama nya hehehe

      Hapus
  5. Tumis toge biasanya di kasih nya potongan tahu yaaa, tapi ini pake potongan ayam manja gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di tambahin potongan apa aja kak cum, ikan asin juga enak. asal janan potongan hati yang terluka :p

      Hapus
  6. Kak, Sintang itu daerah mana? maaf, apa aku kelewat bacanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 8 jam perjalanan darat dari Pontianak kak. pelosok kalimantan barat hehehe

      Hapus
  7. dari semua, aku paling suka ama tumis toge :D... itu digadoin gitu aja, ato pake nasi, tetep samaaa enaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih... samaan kita, paling suka tumis toge pake ikan asin plus daun kucai

      Hapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.